Perbedaan Prosesor 32 bit dan 64 bit Ars

14 

Teks penuh

(1)

Perbedaan Prosesor 32-bit dan 64-bit, Arsitektur Memori

RAM dan ROM serta Spesifikasi Smartphone Himax Polymer

Arief Wijaya Kusuma (11351102898)

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Pekanbaru - Riau

E-mail : arief.wijaya.kusuma@students.uin-suska.ac.id

Latar Belakang

Inovasi teknologi lahir disebabkan bertambahnya ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan ini manusia dapat mengembangkan segala macam penemuan-penemuan baru yang dapat memberikan manfaat dan memudahkan setiap kebutuhan manusia. Pesatnya perkembangan teknologi memacu manusia untuk selalu berinovasi agar terciptanya teknologi baru agar menjadi lebih baik lagi.

Sebagai contoh, perkembangan prosesor computer yang bersifat dinamis seperti pada saat ditemukannya computer hingga saat ini mengalami perkembangan yang sangat drastic, seperti perkembangan terbaru prosesor 64-bit dari yang sebelumnya prosesor 32-bit.

Dalam makalah ini tidak hanya menjabarkan tentang arsitektur prosesor computer 32-bit dan 64-bit saja, teteapi juga menjelaskan mengenai perbedaan RAM dan ROM dan Spesifikasi Smartphone Himax Polymer yang bersifat dinamis.

(2)

Mikroprosesor 32-bit memiliki kecepatan mikroprosesor yang lebih tinggi dari 16-bit, tahun 1986 intel mengembangkan 80386 yang merupakan mikroprosesor 32-bit pertama Intel yang mempunyai bus data 32-32-bit dan alamat memori 32-32-bit yang mapu mengalamati memori hingga 4G byte dan menyimpan 1.000.000 ketikan, page spasi gantda teks ASCII.

Seperti yang telah diketahui, arsitektur 32-bit memiliki jalur pita data sebesar 32-bit dan memiliki register prosesor sebesar 32-bit, begitu pula dengan arsitektur bit yang memiliki jalur pita data sebesar bit dan register prosesor sebesar 64-bit.

Register merupakan sejumlah kecil memorikomputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan Register prosesor inilah yang digunakan untuk melakukan macam-macam operasi.

Pengaruh ukuran register terhadap kecepatan. Secara teori, pada saat memori melakukan proses baca-tulis ( load-store ) maka register 64-bit mampu melakukan proses 2x kecepatan register 32-bit, tetapi ini hanya teoritis saja, pada kenyataannya prosesor juga menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal lain selain baca-tulis, proses matematis, proses vector, dan lain-lain.

(3)

Pengaruh ukuran register terhadap ukuran memori. Pada arsitektur 32-bit, register alamat mampu menunjukkan posisi memori dari 0 s/d 4’294’967’295 ( 4 GiB – 1 ). Maka dari itu pada arsitektur 32-bit muncul batasan 4 GiB pada sistem arsitektur. Pada arsitektur 64-bit, register alamat mampu menunjukkan posisi memori dari 0 s/d 18’446’744’073’709’551’615 ( 16 EiB – 1 ). sehingga bisa dikatakan tidak ada lagi batasan 4 GiB pada sistem berbasis arsitektur 64-bit.

Pengaruh ukuran register terhadap dataset. Dataset adalah istilah ukuran seperangkat data yang diload ke dalam memory untuk diproses dan ditulis kembali ke harddisk. System 32-bit terbatas pada dataset sebesar ( 2^32 ) – 1 , atau ( 4GiB – 1 ) . Mengingat sebagian memory harus digunakan untuk OS dan program database ybs, maka biasanya dataset hanya sebesar 1-2 Gib saja. Artinya, sebuah database yang berukuran 20 Gib harus diproses 10-20x, sedangkan pada sistem 64-bit tidak memiliki batasan di atas dan dapat meload dataset sebesar ketersediaan memory, maka database yang berukuran 20 Gib dapat diload keseluruhnya ( tergantung dari kapasitas memory ).

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemrosesan (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

(4)

II. Arsitektur RAM dan ROM A. RAM

Pengertian RAM. RAM (Random-Acces Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat.

RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.

Semua data yang dimasukkan lewat alat input akan disimpan terlebih dahulu di main memory, khususnya di RAM. RAM merupakan memori yang dapat di akses yaitu dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer.

Struktur dari RAM terbagi menjadi 4 bagian, yaitu :

1. Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.

2. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diproses.

3. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.

4. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

(5)

1. DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.

2. SDRAM (Synchronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang paling umum digunakan pada PC masa sekarang. RAM ini disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tanggi dari pada DRAM.

3. SRAM (Statik RAM) adalah jenis memory yang tidak perlu penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat didalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM.

4. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM.

5. EDORAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memory yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium.

RAM mempunyai kemampuan untuk melakukan pengecekan dari data yang disimpannya, yang disebut dengan istilah parity check. Bila data hilang atau rusak, dapat diketahui dari bit tambahan yang disebut parity bit.

B. ROM

(6)

Instruksi yang terimpan di ROM disebut microinstructions atau microcode atau disebut juga firmware, karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. ROM pada komputer diguanakan untuk sebagai penyimpan BIOS (Basic Input Output System). BIOS adalah bagian yang sangat kritis dari suatu sistem operasi, yang berfungsi memberi tahu bagaimana caranya dapat mengakses disk drive. Ketika komputer dihidupkan dalam kondisi RAM masih kosong maka perintah pada ROM BIOS yang digunakan oleh CPU, kemudian baru memindahkan file-file tersebut ke dalam RAM dan menjalankannya.

Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak, bila terjadi demikian, maka system computer tidak akan bias berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya, pabrik computer merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bias dibaca saja. Tidak dapat diisi oleh programmer supaya tidak terganti oleh isi yang lain yang dapat menyebabkan rusaknya ROM. ROM bersifat non-volatile, supaya isinya tidak hilang bila listrik di computer dimatikan.

(7)

memory tetap dapat menyimpan data tanpa memerlukan penyediaan listrik. Penulisan ke dalam flash memori dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut EEPROM Writer atau software yang dapat menulisi Flash ROM. Sedangkan penghapusan datanya dapat dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut EEPROM Writer, atau langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan software Flash BIOS Programmer. Memori jenis ini banyak digunakan dalam kartu memori, drive flash USB, kamera digital, pemutar MP3, hingga telepon genggam.

C. Pengalamatan RAM dan ROM

Mikroprosesor 8088 16 bit, 16 jalur alamat, 8 jalur data. Kedua jalur tersebut menghubungkan memori dg mikroprosesor memiliki kombinasi keadaan saluran tersendiri. Mikroprosesor dapat memproses alamat sampai dengan 16 bit(saluran)

Tempat simpan tiap 1 byte data pada RAM & ROM diberi nomer urut, alamat(address)

 Cara pengalamatan yg dilakukan oleh komputer : pengalamatan logika,relatif  Cara pengalamatan yg dilakukan diruang memori : pengalamatan fisik, mutlak

Mikroprosesor 8088 tdk menggunakan pengalamatan absolut tapi pengalamatan bersegmen, Tiap segmen menjangkau 64 Kb (lokasi)

64 x 104 lokasi

(8)

Dan jangkauan tersebut disebut dengan offset

Pengalamatan yagn dilakukan oleh komputer disebut pengalamatan logika/relatif.

Mikroprosesor 8088 dapat menggarap memori maksimum 1 MB

1 MB = 1024 x 1024 = 1048576 byte

maka alamat memori :

0 00000 H

1048576 FFFFF H

Alamat memori maksimum pada mikroprosesor 8088 memerlukan 5 digit heksa ( 20 bit) sedangkan register pada 8088 maksimum berukuran 16 bit. Oleh karena itu dilakukan penomeran memori dengan menggunakan 2 buah register 16 bit yaitu register segmen dan register offset, dengan aturan penulisan :

Segmen : Offset Pengalamatan logika

Yang berarti menunjuk alamat memori

(Segmen 0 + 0 Offset) Pengalamatan fisik

(9)

Layar IPS Resolusi HD nyaman dibawa digenggam dan dibawa berpergian kemana-mana. Tipe layarnya juga unggul dan jernih serta sudut pandang yang lebih luas karena Himax Polymer Octa Core ini menggunakan layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 X 720 pixels. Tampilan In Plane Switch (IPS) ini memiliki resolusi warna yang tinggi sehingga tampilan grafis pada smartphone ini menjadi lebih baik. Untuk melindungi layarnya dari goresan ada fitur Corning Gorilla Glass 2 pada spesifikasi Himax Octa Core ini sehingga anda tak perlu takut jika ponsel anda disimpan dalam saku maupun tergores.

Spesifikasi Gahar

(10)

menggunakan samartphone ini dengan lancar dan tanpa lag. Selain itu pada sektor GPUnya Himax Polymer Octa Core juga dilengkapi dengan kualitas tinggi yaitu MALI 450 MP4 (Quad Core @700Mhz) untuk memproses kebutuhan performa HD Gaming dengan cepat dan tampilan yang istimewa. Pada sektor RAM ini juga diatas ekspektasi yaitu sebesar 2 GB DDR 2 yang sangat memudahkan dalam proses multitasking dalam gadget ini. Spesifikasi Himax Octa Core ini juga menggunakan sistem operasi terbaru Android KitKat v.4.4.2 yang termutakhir dan banyak aplikasi-aplikasi yang dapat mengoptimalkan kinerja smartphone anda.

Kamera Resolusi Tinggi

Pada sektor kameranya spesifikasi Himax Polymer Octa Core dilengkapi dengan dua tipe kamera yaitu kamera depan dan kamera belakang. Pada kamera depannya sendiri resolusinya jauh diatas smartphone lain yaitu 5 MP yang dapat menghasilkan kualitas yang jernih dan detail tinggi ketika melakukan aktivitas video call dan selfie. Selain itu pada kamera belakang Himax Polymer Octa Core ini justru setara dengan kamera Fotografi dengan resolusi 13 MP. Smartphone ini dapat anda jadikan alternatif kamera fotografi dalam mengabadikan berbagai momen-momen penting yang terjadi dalam kehidupan anda. Selain itu anda dapat membawa ponsel pintar Himax ini untuk sarana kamera hunting foto ditempat-tempat yang sesuai dan memiliki panorama yang indah karena spesifikasi Himax Octa Core dari segi kameranya mempunyai spesifikasi yang mantap.

Kapasitas Memori diatas Ekspektasi

(11)

dan berbagai HD Gaming yang dapat mengisi waktu senggang anda. Belum cukup sampai disitu smartphone Himax Polymer Octa Core ini masih dapat diekspansi dengan kartu Micro SD yang mencapai 32 GB. Tentunya ini adalah kapasitas memori yang luar biasa jika dilihat harganya bahwa ponsel ini mengincar kelas menengah kebawah. Vendor-vendor unggulan seperti Samsung, HTC, dan Sony rasanya perlu untuk mencermati Himax ini karena spesifikasi Himax Octa Core memiliki spesifikasi yang tiada duanya.

Konektivitas 2G & 3G Memadai

Spesifikasi Himax Polymer Octa Core juga sudah dilengkapi fitur Dual SIM yang dapat menunjang dua kartu GSM bersamaan dalam satu smartphone. Sedangkan pada sektor konektivitas smartphone ini dilengkapi dengan jaringan 2G GSM 850 / 900/ 1800 / 1900 dan 3G WCDMA, selain itu Himax Polymer Octa Core juga dilengkapi jaringan Wifi yang dapat mengcover kebutuhan akses internet anda pada tempat-tempat yang tersedia konesi Wi-Fi. Smartphone ini juga terdapat Bluetooth untuk transfer antar perangkat dengan kecepatan yang tinggi dan fitur GPS untuk mendeteksi dimanapun lokasi anda berada dan tempat lokasi yang hendak anda tuju. Dengan kelengkapan konektivitas yang super lengkap pada spesifikasi Himax Octa Core menjadikan handphone Himax ini sebagai sosok yang sempurna.

Kapasitas Baterai Membuatnya Sempurna

(12)

mendengarkan musik, menonton film dan berbagai aktivitas lainnya selama seharian penuh tanpa takut terusik baterai anda cepat habis. Dengan daya baterai kapasitas 2500 mAh rasanya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan mobile anda. Dengan spesifikasi Himax Octa Core yang begitu sempurna menjadikannya sebagai ponsel yang patut anda perhitungkan untuk dimasukkan dalam keranjang belanja anda. Susah rasanya menemukan ponsel dengan spesifikasi gahar seperti ini dengan harga super miring.

REFERENSI

B.Brey. Barry, 2003, Mikroprosesor Intel, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Hartono, Jogiyanto, 2000, Pengenalan Komputer, Yogyakarta : Andi Yogyakarta https://www.academia.edu/5224525/Pengertian_Jenis_Jenis_dan_Fungsi_ROM_Rea d_Only_Memory_

http://www.begawei.com/2014/08/spesifikasi-harga-himax-polymer-octa-core.html

http://himaxlovers.blogspot.com/2014/08/review-himax-polymer-android-octacore.html

Perbedaan Prosesor 32-bit dan 64-bit, Arsitektur Memori RAM dan

ROM serta Spesifikasi Smartphone Himax Polymer

(13)

Oleh

Arief Wijaya Kusuma

(11351102898)

TIF 3 B

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2014

Perbedaan Prosesor 32-bit dan 64-bit, Arsitektur Memori RAM dan

ROM serta Spesifikasi Smartphone Himax Polymer

(14)

Oleh

Javier Ferdano Putra

(

11351102707

)

TIF 3 B

Jurusan Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...