Proposal KP PT Badak LNG 2015

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta era perdagangan bebas, maka keunggulan kompetitif SDM Indonesia yang kompeten dan berkualitas sangat dibutuhkan untuk dapat mengelola kekayaan SDA (Sumber Daya Alam) termasuk komoditi migas sebagai keunggulan komparatif yang sudah ada. Proses eksploitasi minyak bumi dan gas merupakan kegiatan yang menggunakan teknologi kompleks serta beresiko tinggi. Sebagaimana diketahui bersama saat ini cadangan migas di Indonesia sudah semakin menipis, sehingga upaya eksplorasi dan eksploitasi yang efektif dan efisien menjadi mutlak dilakukan.

PT. BADAK NGL merupakan perusahaan yang bergerak dibidang industri

minyak dan gas bumi yang telah menggunakan teknologi serta peralatan canggih untuk mendukung proses operasinya. Keahlian dan keterampilan operator pelaksana serta teknisi lapangan merupakan prasyarat yang tidak bisa ditawar agar proses produksi dapat berjalan dengan aman, efektif, efisien dan tidak mencemari lingkungan.

Peningkatan kompetensi tenaga kerja pada saat ini sangat diperlukan dan hal ini dapat dilakukan melalui jalur pendidikan dan latihan. Pendidikan akademis yang ditunjang dari Kerja Praktek di dunia industri merupakan salah satu upaya agar dapat terwujud SDM yang siap pakai.

Seiring dengan pembangunan di Indonesia yang berlangsung begitu pesat disegala bidang, termasuk industri Migas yang menggunakan teknologi canggih dan beresiko tinggi. Dari itu maka sangat diperlukan sekali kelancaran operasi dengan baik sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai.

Dengan sistem pengolahan dan maintenance yang baik akan diperoleh beberapa keuntungan antara lain :

(2)

 Efektifitas meningkat

 Memudahkan pengoperasian  Kenyamanan

 Peningkatan kecermatan

 Kesehatan dan keselamatan kerja yang lebih baik  Untuk menunjang kerja yang lebih baik

 Untuk menunjang produktivitas perusahaan

Mengingat pentingnya pengetahuan dan pemahaman akan sistim pengoperasian proses yang ada, maka saya sangat mengharapkan untuk melakukan Kerja Praktek (KP), sehingga ilmu yang didapat dibangku kuliah dapat diterapkan dilapangan serta Kerja Praktek ini juga merupakan persyaratan kuliah wajib bagi mahasiswa yang sudah hampir menyelesaikan studinya.

Atas dasar pemikiran tersebut, saya selaku mahasiswa Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT-MIGAS) Balikpapan jurusan D3 Teknik Instrumentasi Elektronika MIGAS bermaksud mengajukan permohonan agar dapat melakukan Kerja Praktek di perusahaan yang Bapak pimpin.

(3)

BAB II

MAKSUD TUJUAN DAN MANFAAT KERJA PRAKTEK

2.1

Maksud Dan Tujuan

Mengingat proses belajar mengajar di bangku kuliah yang masih belum mencukupi bekal pengetahuan dan keterampilan, juga kemampuan bagi mahasiswa diwaktu kerja nanti,maka Kerja Praktek (KP) ini merupakan alternatif yang baik. Selain untuk menambah pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kerja, tujuan Kerja Praktek adalah pemahaman tentang konsep dasar proses Instrumentasi Elektronika yang ada pada proses industri MIGAS serta bertitik tolak dari disiplin ilmu yang kami pelajari yaitu D3 Teknik Instrumentasi Elektonika Migas. Oleh sebab itu kami ingin mempelajari serta memahami secara langsung proses operasi dan mekanisme kerja di bidang Instrumentasi Elektronika migas yang telah diterapkan di PT. BADAK NGL, baik itu mengenai sistim pengoperasian, mekanisme kerja suatu alat, karakteristik perangkat-perangkat proses, proses produksi termasuk alat ukur dan kendali mutu. Saya juga berharap untuk bisa mendapatkan gambaran nyata tentang pengoperasian kerja dan penerapan dalam upaya pengoperasian sarana produksi, termasuk pengenalan terhadap.sistim kontrol proses serta peraturan-peraturan kerja yang ada dalam industri perminyakan.

2.2 Manfaat Kerja Praktek (KP)Bagi Mahasiswa

a) Mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama masa perkuliahan.

b) Memenuhi mata kuliah yang diwajibkan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan studi.

c) Mempelajari dan membandingkan secara langsung antara teori yang kami terima dibangku kuliah dengan kegiatan dilapangan.

(4)

e) Memperdalam dan meningkatkan kualitas, keterampilan dan kreatifitas pribadi praktikan.

f) Melatih diri agar tanggap dan peka dalam menghadapi situasi dan kondisi lingkungan kerja.

g) Mengatur kemampuan mahasiswa dalam bersosialisasi dan bekerja dalam suatu perusahaan.

h) Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sebagai generasi terdidik untuk terjun dalam masyarakat terutama dilingkungan industri.

Bagi Sekolah Tinggi Teknologi Minyak Dan Gas Bumi (STT-MIGAS) Balikpapan khususnya Teknik Instrumentasi Elektronika Migas

a) Mencetak tenaga kerja yang terampil dan jujur dalam menjalankan tugas. b) Sebagai bahan masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana

kurikulum yang telah diterapkan sesuai tenaga kerja yang terampil dibidangnya.

Bagi Perusahaan yang Bersangkutan

a) Memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang pontensial.

b) Membantu menyelesaikan pekerjaan yang terdapat dalam perusahaan tempat mahasiswa tersebut melaksanakan Kerja Praktek (KP).

c) Sebagai sarana untuk menjembatani hubungan kerjasama antara perusahaan dan instansi pendidikan dimasa yang akan datang, khususnya mengenai recruitment tenaga kerja.

d) Sebagai sarana untuk mengetahui kwalitas pendidikan yang ada di instansi pendidikan.

BAB III

METODOLOGI

(5)

3.1 Jenis Kegiatan

Jenis/tahapan kegiatan Kerja Praktek (KP) yang akan dilakukan antara lain terdiri dari :

1. Pengarahan oleh pembimbing dari perusahaan. 2. Terjun langsung ke proses.

3. Pemberian tugas oleh pembimbing dari perusahaan. 4. Diskusi

5. Evaluasi hasil Kerja Praktek (KP)

Untuk pelaksanaan tahapan-tahapan tersebut disesuaikan dengan kondisi perusahaan yang bersangkutan.

3.2 Bidang Kerja Praktek Lapangan

1. Pengenalan umum tentang PT. BADAK NGL 2. Pengenalan proses secara umum.

3. Melakukan Kerja Praktek Lapangan sesuai dengan instruksi pembimbing (perusahaan), meliputi observasi (pengamatan lapangan), pengumpulan data dan studi literature.

4. Saya mengharapkan perusahaan dapat menempatkan saya pada bidang yang sesuai dengan disiplin ilmu yang kami pelajari, sehingga pelaksanaan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.

5. Penyusunan laporan.

BAB IV

(6)

4.1 WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Kerja praktek akan dilaksanakan pada :

Waktu : 1 Maret s/d 31 April 2015. Nama Instansi/Perusahaan : PT. BADAK NGL

PLANT SITE BONTANG

4.2 TAHAP PELAKSANAAN KERJA PRAKTEK

Pelaksanaan Kerja Praktek akan di bagi dalam beberapa tahapan kegiatan antara lain :

a. Pengarahan pelaksanaan Kerja Praktek oleh dosen pembimbing. b. Pelaksanaan kegiatan Kerja Praktek di lapangan (perusahaan). c. Pembuatan laporan Kerja Praktek beserta bimbingan laporan. d. Penyerahan laporan Kerja Praktek di perusahaan.

Pada proses pelaksanaan Kerja Praktek di lapangan pihak perusahaan mempunyai wewenang penuh terhadap proses pendidikan mahasiswa, terutama penyerapan pengetahuan aplikatif di perusahaan. Setelah Kerja Praktek di lapangan selesai mahasiswa wajib membuat laporan Kerja Praktek yang dibimbing oleh dosen pembimbing Kerja Praktek.

4.3 PESERTA KERJA PRAKTEK

Peserta Kerja Praktek adalah:

Nama : Patricia Sashawarissa Hutabarat NIM : 12.02.084

(7)

Jurusan : D3. Teknik Instrumentasi Elektronika Migas Alamat : Jl. Prapatan Dalam No 60 RT 06

Kec. Balikpapan Kota No. HP : 085753320114

Email : patrichiiafreakz@ymail.com

Nama : Annida Nurlaily NIM : 12.02.082

Jurusan : D3. Teknik Instrumentasi Elektronika Migas Alamat : Jl. Mayjen Soetoyo Blok e-108 RT 31

Kec. Balikpapan Selatan No. HP : 082354544642

Email : nidanurlaily108@gmail.com

Nama : Tya Ayuningrum NIM : 12.02.071

Jurusan : D3. Teknik Instrumentasi Elektronika Migas Alamat : Jl. MT.Haryono No 30 RT 39

Kel. Damai Balikpapan No. HP : 085248781142

Email : tyaayuningrum@yahoo.com

BAB V

PENUTUP

(8)

berkompetensi sehingga dapat menjawab tantangan dan kebutuhan dunia industri di era globalisasi khususnya di bidang minyak dan gas bumi serta membandingkan antara teori yang pernah kami dapat dengan keadaan yang ada di lapangan.

Demikian proposal permohonan ini saya buat untuk dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan saya agar kiranya dari pihak PT. BADAK

NGL bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk melaksanakan Kerja

Praktek (KP) di perusahaan yang Bapak pimpin. Apabila ada kekurangan atau kekeliruan yang terdapat dalam proposal ini, saya selaku mahasiswa yang masih dalam tahap belajar ini agar dapat dimaklumi. Atas bantuan dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih.

Lampiran : 1. Surat keterangan dari institusi STT MIGAS Balikpapan 2. Foto Copy Transkrip sementara yang telah dilegalisir 3. Foto Copy KTM yang telah dilegalisir

4. Foto Copy Surat Aktif Kuliah yang telah dilegalisir 5. Foto Copy Takaful

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :