Sistem Pengawasan Pabrik Etil Alkohol oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta Halaman Awal

14 

Teks penuh

(1)

SISTEM PENGAWASAN PABRIK ETIL ALKOHOL OLEH

KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN

CUKAI TIPE MADYA PABEAN B SURAKARTA

Tugas Akhir

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam

Memperoleh Sebutan Vokation Ahli Madya (A.Md.)

dalam Bidang Manajemen Administrasi

Oleh :

Riski Widityas Kusuma Ratih

D1513087

PROGRAM STUDI DIPLOMA III MANAJEMEN ADMINISTRASI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(2)
(3)
(4)
(5)

MOTTO

“Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah”

(Thomas Alva Edison)

“Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun karena yang menyukaimu tidak butuh itu, dan yang membencimu tidak percaya itu”

(Ali bin Abi Thalib)

“Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat, karena tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras”

(6)

PERSEMBAHAN

Tugas akhir ini penulis persembahkan kepada :

1. Bapak dan Ibu tercinta yang telah mendukung penulis untuk membuat tugas akhir ini.

2. Kakak-kakakku beserta keluarga besar penulis tersayang yang mampu menasehati penulis untuk tetap semangat menyelesaikan tugas akhir ini.

3. Seluruh Dosen D3 Manajemen Adiministrasi yang telah memberikan ilmu sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini tepat waktu.

(7)

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdulliah penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “Sistem Pengawasan Pabrik Etil Alkohol oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya

Pabean B Surakarta” sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya Jurusan Manajemen Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Terlepas dari kekurangan yang ada, Tugas Akhir ini tidak dapat selesai tanpa bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :

1. Bapak Djoko Purwoko, SS., MH. selaku Dosen Pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan penulis selama dalam penyusunan Tugas Akhir

2. Ibu Dra. Hj. Lestariningsih, M.Si selaku penguji

3. Bapak Riis Turyono Selaku Kepala Sub Bagian Umum Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta, Atas izin yang telah diberikan untuk melakukan magang kerja.

4. Bapak Bambang Irawan Selaku Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai (PKC) II Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta yang telah mengizinkan penulis untuk melakukan pengamatan.

5. Seluruh pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Mvdya Pabean B Surakarta yang telah memberikan bantuan selama kegiatan magang berlangsung dan pencarian data-data yang penulis butuhkan

6. Prof. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

7. Bapak Drs. Ali, M.Si. selaku Ketua Program Diploma III Manajemen

(8)

9. Seluruh dosen pengajar studi Manajemen Administrasi yang telah memberikan ilmunya kepada penulis.

10.Seluruh karyawan perpustakaan fakultas dan pusat atas bantuan dan informasinya.

11.Kedua orangtua serta kedua kakak yang selalu mendoakan penulis, memberikan dukungan dan motivasi serta semangat untuk menyelesaikan Tugas Akhir ini.

12.Sahabat Teletubies Ayu, Erza, Putri yang selalu memberi dukungan,

penyemangat kita semua.

13.Teman-teman seperjuangan magang kemarin Faska, Nila, Febri, Putri yang telah memberikan banyak motivasi dalam membantu menyelesaikan tugas akhir ini.

14.Semua teman-teman Manajemen Administrasi 2013 atas kebersamaan dan persahabatan selama ini.

15.Semua pihak yang belum penulis sebutkan satu persatu yang juga ikut membantu dalam penyusunan Tugas Akhir.

Penulis berharap Tugas Akhir ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan para pembaca maupun pihak-pihak yang berkepentingan dengan penulisan Tugas Akhir ini.

Surakarta, 25 Mei 2016

(9)

DAFTAR ISI

BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN METODE PENGAMATAN ... 10

(10)

B. Visi dan Misi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan

Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta ... 29

C. Struktur Organisasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta ... 30

D. Deskripsi Pekerjaan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta ... 31

E. Kinerja Pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Surakarta ... 40

BAB IV HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN ... 41

A. Sistem Pengawasan Barang Kena Cukai ... 41

1. Sistem Pengawasan Secara Fisik ... 44

2. Sistem Pengawasan Secara Administratif ... 46

B. Hambatan – hambatan yang terjadi pada proses Pengawasan Pabrik Etil Alkohol ... 77

C. Solusi atas hambatan yang terjadi pada Pengawasan Pabrik Etil Alkohol ... 78

BAB V PENUTUP ... 80

A. Kesimpulan ... 80

B. Saran ... 81

(11)

DAFTAR TABEL

Halaman

Tbel Realisasi Penerimaan DJBC 5 Tahun Terakhir... 2 Tabel Jumlah Kasus atau Penindakan di Indonesia... 4 Tabel Tarif Cukai Etil Alkohol ... 5 Tabel Target dan Realisasi Penerimaan KPPBC TMP B

(12)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar Bagan Struktur Organisasi KPPBC TMP B Surakarta ... 30

Gambar Bagan Jenis Sistem Pengawasan BKC ... 42

Gambar Bagan Pengawasan Secara Administratif ... 46

(13)

DAFTAR LAMPIRAN

1. Lampiran 1 Surat Izin Magang 2. Lampiran 2 Form absensi Magang 3. Lampiran 3 Form Monitoring Magang 4. Lampiran 4 Form Penilaian Magang

5. Lampiran 5 Surat Keterangan Selesai Magang 6. Lampiran 6 Contoh Form NPPBKC

7. Lampiran 7 Contoh Form CK-4 Hal pertama

8. Lampiran 8 Contoh Form CK-4 Hal kedua 9. Lampiran 9 Contoh Form LACK-1

10.Lampiran 10 Contoh Form LACK-3 11.Lampiran 11 Contoh Form LACK-4 12.Lampiran 12 Contoh Form LACK-5 13.Lampiran 13 Contoh Form LACK-6

(14)

ABSTRAK

RISKI WIDITYAS KUSUMA RATIH D1513087, SISTEM PENGAWASAN PABRIK ETIL ALKOHOL OLEH KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN B SURAKARTA. Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, ProgramDiploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2016, 83 Halaman.

Dengan banyaknya masalah yang ditimbulkan seperti penyelundupan etil alkohol, peredaran bebas etil alkohol dan penyalahgunaan etil alkohol membuat pemerintah susah untuk mengendalikan hal tersebut. Bahan etil alkohol tersebut sangat berbahaya apabila digunakan secara liar. Etil alkohol disebut juga alkohol padi-padian atau alkohol minuman karena dapat dihasilkan dari frementasi gula alam dan tepung yang dihidrolisa yang terdapat pada anggur dan padi-padian. Seseorang mengkonsumsi dengan konsentrasi alkohol dalam darahnya mencapai 0,3% jelas terlihat mabuk, mereka yang mengkonsumsi dengan konsentrat mencapai 0,4% akan tidak sadar atau tidak mampu merespon tindakan dan mereka yang mengkonsumsi dengan konsentrasi 0,5% - 1% akan menyebabkan koma maupun kematian. Maka dari itu, pemerintah membuat pengawasan terhadap pabrik etil alkohol dengan itu proses dari sebelum produksi hingga pengangkutan akan selalu terpantau oleh pemerintah. Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai sebagai alat pengawasan bagi pabrik etil alkohol. Dengan adanya pengawasan tersebut membantu pemerintah untuk mengamankan Negara.

Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pengawasan pabrik etil alkohol dari sebelum produksi hingga pengangkutan etil alkohol oleh Kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan penulis adalah deskriptif kualitatif. Pengamatan ini mengambil lokasi di Dinas Perindustrian dan Perdagangan kota Surakarta. Sumber data diperoleh dari narasumber (informan), peristiwa atau aktifitas, dokumen dan arsip, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan dan verifikasi.

Figur

Tabel  Jumlah Kasus atau Penindakan di Indonesia........................         4
Tabel Jumlah Kasus atau Penindakan di Indonesia 4 . View in document p.11
Gambar  Bagan Struktur Organisasi KPPBC TMP B Surakarta .........          30
Gambar Bagan Struktur Organisasi KPPBC TMP B Surakarta 30 . View in document p.12

Referensi

Memperbarui...