• Tidak ada hasil yang ditemukan

MANUAL PENGGUNAAN SOFTWARE SIPENA PADA ADMINISTRASI SOAL EXIT EXAM (ITEM BANKING ADMINISTRATION)

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "MANUAL PENGGUNAAN SOFTWARE SIPENA PADA ADMINISTRASI SOAL EXIT EXAM (ITEM BANKING ADMINISTRATION)"

Copied!
63
0
0

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

MANUAL PENGGUNAAN

SOFTWARE SIPENA™ PADA

ADMINISTRASI SOAL EXIT EXAM

(ITEM BANKING ADMINISTRATION)

Oleh: Anas Tamsuri Kontributor : Abdul Ghofar Edy Prawoto Muhidin Yufi Aris L.

SUPLEMEN PELATIHAN

ITEM DEVELOPMENT, ITEM REVIEW DAN

ITEM BANKING ADMIMISTRATION

AIPDIKI REG. VI JAWA TIMUR

2013

(4)
(5)

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Alloh SWT sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan pedoman penggunaan aplikasi komputer dalam uji kompetensi kesehatan yang kami beri judul ”MANUAL PENGGUNAAN SOFTWARE SIPENA PADA ADMINISTRASI SOAL EXIT EXAM (ITEM BANKING ADMINISTRATION). Manual ini kami susun dengan harapan dapat digunakan sebagai pedoman bagi dosen maupun praktisi item bank administrator dalam melakukan input data dan soal kompetensi, pemrosesan soal kompetensi hingga sebagai media ”komunikasi” dan transfer data antar soal sehingga soal-soal yang terdistribusi memiliki keamanan dan fleksibilitas dalam mobilisasi dan transfer soal-soal kompetensi.

Kami menyadari bahwa manual yang tersusun masih sangat sederhana dan tentu saja, masih banyak hal yang belum kami tuangkan dalam buku sebagai bekal untuk menjadi seorang item bank administrator, untuk itu disamping mempelajari buku ini, tentunya diharapkan adanya pelatihan dan ’sharing’ pengalaman dari sesama pengguna aplikasi SIPENA merupakan modal yang sangat berharga bagi pengembangan kemampuan administrasi soal exit exam.

Akhirnya, kami sangat mengharapkan adanya masukan, kritik dan saran dari berbagai pihak dengan harapan semoga pada masa yang akan datang buku ini menjadi lebih sempurna. Kami juga menyampaikan terimakasih kepada segenap pihak atas segala bantuan baik teknis/ material maupun moral demi hadirnya buku ini dihadapan kita semua.

(6)
(7)

SAMBUTAN KETUA AIPDiKI REGIONAL VI JAWA TIMUR

Puji Syukur Kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Sehingga Penulisan Buku Pedoman Item Development, Item Review dan

Item Bank Administration dapat selesai pada waktunya.

Uji Kompetensi Secara Nasional akan diberlakukan pada Tahun 2013 bagi para kelulusan D III Keperawatan, merupakan uji kompetensi yang diselenggarakan secara serempak di seluruh Indonesia. Uji Kompetensi ini bertujuan agar para lulusan memiliki standard kelulusan yang sama yaitu Standard Perawat Nasional Indonesia. Dalam menghadapi uji kompetensi tersebut Institusi Pendidikan mempersiapkan sebaik mungkin agar para lulusannya dapat mencapai hasil yang maksimal. Salah satu upaya AIPDIKI regional VI adalah dengan menyusun Buku Pedoman ini disusun dalam Rangka Pelaksanaan Program Kerja 2011-2015.

Diharapkan buku pedoman ini memudahkan para Dosen untuk dapat mengembangkan lebih lanjut, sehingga mampu menciptakan lingkungan yang mendukung untuk terciptanya pembuatan soal yang bermutu dan mengaplikasikannya kedalam sistem Pendidikan yang terintegrasi di institusi masing masing. Kepada Pengarang Buku ini kami menyampaikan terima kasih yang tak terhingga. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Surabaya, 8 Januari 2013 Ketua AIPDiKI Jatim

(8)
(9)

MENGENAL SIPENA DAN ITEM BANKING ADMINISTRATION

SIPENA adalah kepanjangan dari : Sistem Informasi Uji Kompetensi Nasional, yaitu sebuah software (piranti lunak komputer) yang digunakan untuk melakukan administrasi (pengumpulan, review serta penyajian) soal-soal yang digunakan pada ujian kompetensi bidang kesehatan. Software ini dikembangkan oleh UKDI dan dalam perkembangannya, software ini tidak hanya digunakan oleh kedokteran, namun juga oleh tenaga kesehatan lainnya.

Alasan utama penggunaan aplikasi ini adalah untuk memudahkan proses penyajian soal berbasis komputer (computer based test/ CBT) serta memfasilitasi kegiatan administrasi soal (item banking administration). Pun demikian aplikasi ini juga memiliki beberapa keunggulan antara lain :

1. Mudah diaplikasikan

Sipena dapat diinstalasi dengan mudah, dan dapat menjadi aplikasi yang bersifat portable (plug and play). Sipena dapat dijalankan melalui komputer maupun flashdisk serta media penyimpanan data lainnya. Pelatihan untuk menggunakan aplikasi ini juga relatif tidak memakan waktu lama dan terbilang sederhana. Aplikasi Sipena juga merupakan aplikasi dengan ukuran file relatif kecil (Sekitar 250 MB) serta dapat dijalankan pada komputer dengan spesifikasi yang tidak terlalu tinggi.

2. Memiliki keamanan data yang baik

Aplikasi Sipena merupakan aplikasi berbasis web yang dilengkapi dengan sistem enkripsi data, hasil input data secara otomatis terenskripsi, dan proses export maupun import data juga berupa file yang terenkripsi, sehingga

(10)

sangat sulit bagi non pengguna Sipena untuk mengakses informasi/ soal-soal yang terdapat dalam system.

3. Memudahkan komunikasi

Melalui penggunaan Sipena ™ dapat terjalin komunikasi yang relatif mudah antara penyusun soal (item developer), peninjau soal (item reviewer) serta administrator soal (item bank administrator). Proses transfer data dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan file data yang relatif kecil.

Dengan menggunakan aplikasi SIPENA, data-data dapat dikirim menggunakan flashdisk, atau file ditransfer melalui e-mail, Bluetooth dan sebagainya. Proses pembuatan, review serta penyusunan paket soal juga dapat dilakukan secara terjamin karena tidak ada kertas/ dokumen yang akan tampak dari kegiatan diatas.

Gambaran tentang bagaimana komunikasi antar item developer, item reviewer serta item bank administrator adalah sebagai berikut:

Item developer Item developer Item developer Item developer

(11)

INSTALASI SIPENA

Untuk melakukan instalasi pada komputer atau flashdisk adalah sebagai berikut:

1. ekstraksi atau copy file SIPENA installer

2. Hasil ekstraksi atau copy file installer SIPENA-IBA-FLASH-D3Perawat-1211.exe adalah sebagai berikut:

(12)

3. Klik dua kali (double klik) file tersebut untuk melakukan instalasi

4. Pilih ‘Next’ pada dialog box diatas, lalu akan muncul pilihan seperti lokasi penyimpanan.

(13)

Jika ingin melakukan instalasi pada komputer, sebaiknya letakkan pada folder khusus (tidak di Program Files) misalnya hanya di drive C:/ atau drive D:/ saja. Sedangkan jika akan melakukan instalasi di Flashdisk dapat diarahkan di root flashdisk (misalnya drive F:/ ). Arahkan lokasi instalasi dengan klik Browse sehingga muncul dialogbox untuk mengarahkan lokasi instalasi.

(14)

5. Apabila telah dilakukan pemilihan lokasi, klik ‘Next’ sehingga muncul display instalasi sebagai berikut:

6. Instalasi selesai dengan munculnya dialogbox sebagai berikut:

Klik ‘Finish’ untuk mengakhiri proses instalasi. Hasil dari instalasi adalah terdapat folder bernama

(15)
(16)

‘SIPENA-MENG-COPY PROGRAM SIPENA

Sebagaimana dijelaskan diatas, Program SIPENA bersifat Plug and Play, artinya aplikasi ini dapat digunakan tanpa harus melakukan instalasi pada sistem komputer. Karena itu, kita dapat saja menjalankan program SIPENA tanpa melalui proses instalasi. Aplikasi SIPENA dapat dijalankan dengan flashdisk tanpa perlu dilakukan instalasi dan karenanya akan memudahkan pengguna yang awam sekalipun untuk menjalankan program SIPENA.

Kita dapat sharing program SIPENA dengan cara salin tempel (copy-paste), misalnya dari komputer ke flashdisk atau dari flashdisk satu ke flashdisk lainnya. Selama prosedur copy-paste yang kita lakukan benar dan file program masih utuh, maka dapat dipastikan bahwa hasil copy- program tersebut tentu dapat dijalankan.

Berikut adalah contoh kegiatan copy-paste program SIPENA dari satu flashdisk ke flashdisk lainnya:

1. Siapkan flashdisk yang telah terisi dengan aplikasi SIPENA, masukkan pada port USB komputer, dan tampilkan pada windows explorer

2. Copy (salin) seluruh folder yang berisi program SIPENA kedalam harddisk komputer, dengan cara klik kanan folder program SIPENA lalu pilih copy, atau dengan cara lain yaitu klik kiri folder program SIPENA lalu tekan CTRL + C

(17)

3. Arahkan windows explorer pada drive yang akan diletakkan tempat penyimpanan (sementara) program SIPENA, lalu pada sisi kanan jendela explorer klik kanan lalu pilih paste, atau tekan CTRL+V sehingga muncul proses salin file seperi berikut.

4. Tunggu sampai seluruh proses salin file selesai, Selanjutnya masukkan flashdisk yang akan diisi dengan program SIPENA, lalu copy-kan seluruh folder SIPENA ke dalam flashdisk yang akan diisi. Tunggulah sampai seluruh proses copy selesai

(18)

Kegiatan copy-paste program dapat dilakukan dari computer ke flasdisk, dari flashdisk ke flahsdisk atau dari flashdisk ke computer. Aplikasi ini dapat dijalankan selama kegiatan copy-paste dilakukan secara lengkap, dan computer yang digunakan untuk menjalankan memiliki support yang baik.

(19)

MEMBUKA DAN MENUTUP SIPENA

Untuk menjalankan aplikasi SIPENA, caranya adalah sebagai berikut:

1. Bukalah lokasi folder program SIPENA dengan windows explorer

2. Lakukan klik dua kali pada file IBA2GO.exe pada folder SIPENA-IBA-FLASH, atau klik kanan lalu pilih open pada file IBA2GO.exe

3. Selanjutnya akan muncul tampilan flash gambar seperti dibawah ini, tunggulah sampai gambar hilang dan komputer akan membuka aplikasi internet browser (misalnya firefox, internet explorer, dll)

(20)

Untuk menjalankan, silahkan masukkan username dan password yang sesuai.

Untuk melakukan penutupan aplikasi, lakukan klik file Exit pada internet browser :

(21)

Atau dengan cara klik tanda silang pada sudut kanan atas dari jendela internet browser ( ) sehingga jendela internet browser tertutup dan selanjutnya muncul tampilan sebagai berikut:

Tunggulah sampai proses selesai sebelum menggunakan komputer untuk kegiatan lainnya atau mematikannya.

(22)

USER MANAGEMENT

Saat Anda membuka aplikasi ini pertama kali, akan muncul halaman login dimana Anda diminta untuk mengisi username dan password dari aplikasi tersebut. Anda hanya dapat membuka aplikasi jika mengisi username dan password dengan benar sesuai dengan database user yang ada dalam sistem.

Bahasan berikut akan menguraikan tentang bagaimana cara membuat sebuah pengguna (user) baru, mengaktifkan pengguna (user), memodifikasi user, serta menghapus user.

Membuat User Baru

Untuk membuat user baru, Anda harus login dengan username dan password lama yang telah diberikan kepada Anda sehingga masuk ke menu utama dari program SIPENA:

(23)

Untuk membuat username baru, lakukan langkah berikut: 1. Klik User Admin Data Pengguna

2. Klik untuk menambah username baru sehingga muncul tampilan isian, selanjutnya isikan seperti contoh berikut:

(24)

3. Setelah seluruh isian diisi, klik ‘save’ sehingga muncul pada menu user admin adanya user baru seperti yang telah diisikan sebelumnya.

Jika ingin menambah user lagi, ulangi langkah-langkah diatas.

(25)

Mengaktifkan User

Sebuah user yang telah ditambahkan dalam program tidak serta merta dapat digunakan untuk login. Agar username dan password dapat digunakan dalam login, maka harus diaktifkan terlebih dahulu. Langkah aktivasi pengguna adalah sebagai berikut:

1. Pada menu utama, klik User Admin Aktivasi Pengguna

2. Muncul tampilan sebagai berikut, lakukan klik tulisan ‘aktifkan’ pada kolom paling kanan dari username yang akan diaktifkan

3. Akan muncul confirmasi aktifasi pengguna, klik OK

(26)

4. Tanda username telah aktif adalah status menjadi ‘sudah aktif’ seperti berikut:

5. Untuk memastikan bahwa username tersebut telah aktif, lakukan logout dan login kembali dengan nickname dan password yang barusaja dibuat. Jika muncul dialogbox seperti berikut, berarti kita berhasil login dengan username baru tersebut.

Memodifikasi User

Pada saat kita membuat sebuah user baru, bisa jadi kita tidak mengisi secara lengkap sehingga perlu bagi kita untuk melengkapi data tersebut, atau karena satu dan lain hal kita perlu melakukan perubahan isian data. Untuk melakukan perubahan / modifikasi user, maka dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

(27)

2. Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut:

3. Pada username yang akan kita ubah, misalnya pada nama BEJO SLAMET WIDODO, kita akan melakukan perubahan isian data, klik pada gambar pensil ( )

4. Selanjutnya akan muncul isian data, lakukan penyesuaian seperlunya

(28)

Menghapus User

Kita dapat menghapus user dengan cara sebagai berikut: 1. Dari menu utama, klik User Admin Data Pengguna

2. Selanjutnya muncul menu daftar user seperti berikut:

3. Untuk menghapus, klik tanda silang ( ) dari user yang akan dihapus tersebut.

(29)

MANAJEMEN SOAL

Pada bahasan ini pembahasan akan menekankan pada teknik penulisan soal (input soal) ke dalam program. Terdapat berbagai teknik yang dapat dilakukan untuk input soal, yaitu seperti mengetik soal secara langsung, atau mengcopy-paste dari aplikasi lain (misalnya Ms. Word, Ms. Excell atau Wordpad, dan sebagainya.

Input Soal Secara Langsung

Untuk melakukan input soal kedalam SIPENA dilakukan kegiatan sebagai berikut:

1. Dari menu utama sipena pilih Item Bank Data Soal

2. Klik untuk menambah soal baru

3. Masukkan jenis tinjauan pada kolom tinjauan dengan cara memilih pilihan yang tersedia pada combobox. Lalu tuliskan vignette pada kolom vignette yang tersedia dengan cara mengetik langsung.

(30)

4. Masukkan pertanyaan dan isilah seluruh (5) opsi jawaban yang tersedia

(31)

7. Selanjutnya tekan ‘save’ sehingga muncul tampilan seperti berikut:

8. Untuk menulis soal baru, tekan tombol dan lakukan langkah nomor 3 – 7 diatas.

(32)

Input Soal dari Ms. Word

Kita mungkin saja sudah membuat soal yang ditulis dengan Ms. Word. Kita dapat menyalin data dari Ms. Word kedalam program denganc ara yang lebih mudah, seperti berikut:

1. Pastikan program SIPENA telah aktif

2. Buka file soal yang berformat Ms.Word, misalnya seperti berikut:

3. Pada program SIPENA (Internet Browser), klik item bank Data soal, klik sehingga muncul jendela input soal

(33)

5. Selanjutnya untuk memasukkan vignette dari Ms. Word ke SIPENA, tekan sehingga muncul kotak isian sebagai berikut:

(34)

6. Arahkan mouse pada Ms. Word, seleksi soal yang akan dimasukkan, lalu tekan CTRL+C

7. Pindahkan mouse / aktifkan SIPENA, lalu tekan insert atau CTRL+V, selanjutnya tutup jendela Paste From Word sehingga tampilan seperti berikut:

8. Selanjutnya lakukan penyesuaian, hapus tulisan yang tidak diperlukan lagi atau pindahkan (copy-paste) tulisan sesuai dengan lokasi; misalnya : tulisan vignette, tulisan

(35)

soal, lalu tekan CTRL+X, arahkan mouse pada kolom pertanyaan soal, paste dengan CTRL+V.

10. Pindahkan kalimat/ kata-kata untuk jawaban soal kedalam masing-masing kolom jawaban soal dengan cara seleksi opsi jawaban soal, lalu tekan CTRL+X, arahkan mouse pada kolom jawaban soal, paste dengan CTRL+V.

11. Jika telah selesai, tekan ‘save’

12. Untuk membuat soal berikutnya, klik dan ulangi langkah nomor 4 sampai 11 diatas.

Mengimport Gambar

Program SIPENA memungkinkan untuk memasukkan gambar sebagai bagian dari soal (vignette). Adapun teknik untuk memasukkan gambar adalah sebagai berikut:

1. Masuklah pada menu item bank Data soal, klik sehingga muncul jendela input soal

2. Tuliskan tinjauan dan vignette soal yang akan dibuat (bisa langsung atau copy-paste dari Ms. Word)

3. Untuk memasang gambar, klik icon insert/edit picture ( ) sehingga muncul jendela insert picture seperti berikut:

(36)

4. Klik icon Browse ( ) pada Image URL, sehingga muncul jendela seperti berikut:

(37)

6. Klik untuk melakukan pemilihan file yang akan dimasukkan kedalam aplikasi. Arahkan lokasi penyimpanan gambar dan gambar yang akan dimasukkan, lalu klik OPEN

(38)

8. Klik untuk mengupload gambar ke server, sehingga muncul jendela berikut:

(39)

10. Klik tanda dari gambar yang akan diinsert sehingga muncul pilihan seperti gambar disamping. Klik Insert

(40)

12. Klik OK, sehingga gambar muncul pada area vignette seperti berikut:

(41)

Mengimport Tabel

Untuk memasukkan table, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Masuklah ke Item Bank Data Soal, buatlah sebuah soal baru

2. Pada vignette tempat akan meletakkan table, klik icon insert table ( ) sehingga muncul jendela sebagai berikut:

3. Masukkan jumlah kolom dan baris, dan lakukan pengaturan seperlunya pada alignment, maupun pada tab

(42)

4. Setelah selesai, klik insert sehingga muncul tabel

5. Isikan tabel yang telah ada, sehingga kira-kira seperti berikut:

(43)

Mengedit Soal

Untuk melakukan editing soal, maka dapat dilakukan langkah sebagai berikut:

1. Klik Item Bank Data Soal, sehingga muncul jendela seperti berikut:

2. Pilih soal yang akan diedit dengan melakukan klik pada nomor soal pada sisi kanan seperti berikut:

3. Setelah dipilih soal yang akan diedit, selanjutnya klik

gambar

4. Soal akan terbuka, dan kita dapat melakukan perbaikan/ editing soal tersebut.

5. Pastikan kita telah menyimpan dengan menekan ‘save’ sebelum keluar

(44)

Menghapus Soal

Untuk menghapus soal, maka dapat dilakukan langkah sebagai berikut:

1. Klik Item Bank Data Soal, sehingga muncul jendela seperti berikut:

2. Pilih soal yang akan dihapus dengan melakukan klik pada nomor soal pada sisi kanan seperti berikut:

3. Setelah dipilih soal yang akan diedit, selanjutnya klik gambar

4. Akan muncul konfirmasi penghapusan soal seperti berikut:

(45)

MELAKUKAN EKSPORT SOAL

Jika kita ingin memasukkan soal ke SIPENA Regional, maka kita harus melakukan eksport soal dengan langkah sebagai berikut:

1. Buka Item Bank Eksport Soal Institusi sehingga terbuka tampilan seperti berikut:

2. Klik untuk melakukan backup data, sehingga muncul tampilan seperti berikut:

(46)

4. Klik Save File OK, sehingga muncul dialogbox penyimpanan file. Tentukan lokasi penyimpanan dan ubah nama file (bila perlu).

(47)

Soal-soal yang ada dalam paket soal seperti diatas yang dikirimkan ke regional atau dieksport untuk direview (ditelaah).

Proses pengiriman data ke regional atau ke administrator yang lebih tinggi dilakukan dengan mengirim file berekstensi .kt8 menggunakan data flashdisk, CD atau dikirim via email.

Untuk menghindari adanya duplikasi soal, terutama pada saat melakukan item banking ke level yang lebih tinggi, sebaiknya soal-soal yang sudah dibackup dan dikirimkan segera dihapus dari SIPENA.

Perlu diperhatikan, bahwa pada saat melakukan pengiriman paket soal dalam bentuk .st8, seluruh soal yang ada dalam program SIPENA akan terbackup dan tidak mungkin untuk melakukan seleksi soal, oleh karenanya bisa jadi soal yang sudah terkirimkan (ke regional misalnya) akan terkirimkan lagi pada paket soal berikutnya karena belum terhapus.

(48)

MENYIAPKAN PAKET SOAL

Program SIPENA memungkinkan bagi pengguna untuk menyiapkan paket soal secara spesifik, artinya bahwa paket soal tersebut tidak memuat seluruh butir soal yang ada dalam program, namun mungkin hanya memuat beberapa butir soal yang terseleksi.

Kegiatan penyiapan paket soal ini juga memungkinkan untuk membuat soal berbasis kertas (Paper base-test).

Terdapat dua jenis paket soal yaitu paket soal total (disebut juga paket selesai) dan paket sebagian (disebut juga paket parsial). Paket selesai adalah paket dimana seluruh soal yang ada dalam aplikasi SIPENA akan dibuat menjadi paket, sedangkan paket parsial adalah paket soal yang dimungkinkan untuk dikustomasi sehingga hanya soal-soal tertentu saja yang dimasukkan dalam paket soal tersebut.

Menyiapkan Paket Soal Selesai

Untuk menyiapkan paket soal, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

(49)

2. Akan muncul tampilan berikut; klik TAMBAH

3. Tentukan jenis kiriman, tanggal pengiriman dan nama paket. Tentukan status paket, yaitu paket partial (hanya terdiri atas beberapa item soal) atau paket selesai (seluruh item soal)

(50)

4. Jika sudah dilakukan pengisian klik ‘save’ sehingga muncul tampilan seperti berikut:

(51)

gambar panah kebawah ( ) sehingga muncul tampilan seperti berikut:

Klik file paket sehingga muncul

dialogbox seperti berikut:

Lakukan penyimpanan file dengan mengatur lokasi dan nama file tersebut.

6. Jika kita ingin mencetak paket soal sehingga menjadi paket soal berbasis kertas (PBT) maka dapat dilakukan langkah sebagai berikut:

(52)

Klik gambar printer( ) sehingga muncul tampilan seperti berikut:

Pilih ‘Kirim ke MSWord’ sehingga muncul dialogbox penyimpanan file seperti berikut:

(53)

Tentukan nama file dan lokasi penyimpanan. Hasil dari proses ini adalah didapatkan paket soal berbentuk file Ms. Word yang dapat dicetak untuk menjadi soal.

(54)

Menyiapkan Paket Soal Parsial

Menyiapkan paket soal parsial digunakan untuk membuat paket soal dengan item soal khusus yang dikustomasi oleh user SIPENA (misalnya hanya memilih soal nomor 1,2,3,5,7,9,21 dsb) atau misalnya hanya dipilih soal KMB saja.

Cara menyiapkan paket soal parsial adalah sebagai berikut: 1. Klik Item Package Daftar Paket Untuk Regional

(55)

4. Jika sudah dilakukan pengisian klik ‘save’ sehingga muncul tampilan seperti berikut:

5. Untuk paket soal yang baru dibuat diatas, sifatnya masih “kosong” sehingga perlu dilakukan seleksi soal secara manual, dengan cara klik gambar pensil ( ) sehingga muncul tampilan berikut:

(56)

6. Klik sehingga muncul tampilan berikut

Perhatikan bahwa jumlah soal yang ada (soal sisa yang belum masuk paket soal ada 16 buah, dan belum ada

(57)

warna lebih gelap), lalu klik tanda sehingga soal masuk ke kolom sisi kanan, missal seperti berikut :

Dari report didapatkan soal yang terpilih sudah ada 2 soal dan sisa soal yang belum diproses ada14 buah.

Jika sudah masuk beberapa soal klik Process.

Misalnya kita akan memasukkan soal khusus (dengan katogori tinjauan tertentu) ke dalam paket soal, maka caranya :

Klik Kriteria Pencarian

Muncul opsi pilihan criteria pencarian, lalu klik jenis tinjauan yang diharapkan muncul untuk memfilter. Jangan lupa di klik (beri tanda centang) pada kriteria yang akan digunakan untuk filter.

(58)

Lalu Klik , Hasil sebagai berikut :

Hasil penyaringan, dari 14 soal yang belum dimasukkan dalam paket soal, terdapat 8 soal dengan tinjauan muskuloskeletal.

Selanjutnya untuk memasukkan kedalam paket soal, caranya dengan menggunakan tanda (` ) sehingga soal

(59)

8. Selanjutnya klik Menu Item Package > Daftar Paket Untuk Regional, hasilnya sebagai berikut:

9. Selanjutnya lakukan klik gambar printer sehingga muncul tampilan soal, tarik ke halaman paling bawah sehingga ada pilihan tampilan :

(60)

dialogbox penyimpanan. Lakukan penyimpanan dengan klik save file.

(61)

MELAKUKAN REVIEW SOAL

Untuk melakukan review dari soal yang telah ada, dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Klik Item Bank Telaah Soal

2. Pilih soal yang akan direview/ ditelaah dengan memilih nomor soal yang ada disisi kanan dari tampilan

3. Klik gambar untuk mulai melakukan review. Lakukan telaah soal dengan mengisi format yang telah disediakan pada halaman tersebut, dan apabila memungkinkan kita dapat memberikan komentar untuk perbaikan atau rekomendasi tertentu.

(62)

4. Pastikan jika seluruh komponen telah terisi, tekan ‘save’ untuk kembali ke menu soal.

(63)

Gambar

gambar panah kebawah ( ) sehingga muncul tampilan  seperti berikut:

Referensi

Dokumen terkait

Yang utama adalah segera mengqadha saat sudah tidak ada lagi halangan, karena ia lebih segera kepada kebaikan dan membebaskan jaminan. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak

Rencana pembahasan merupakan prediksi hasil yang akan diperoleh dalam pelaksanaan penelitian. Dalam konteks ini, calon peneliti dapat.. menguraikan tentang rencana dan

Manfaat teoritik dari konsep diri adalah apabila dari hasil penelitian ini di temukan hasil ada hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan intensi

Statuta FIFA sebagai bagian dari sistem hukum FIFA dengan karakteristik- karakteristiknya tersebut dengan demikian menjadi bagian dari Lex Sportiva dan merupakan

Program difusi Batan-2DIFF dalam geometri reaktor 2-D X-Y dimanfaatkan untuk mendapatkan spektrum neutron 69 kelompok energi dari teras ke sepuluh RSG-GAS pertengahan

Tugas akhir ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalah pemasangan DG yaitu penentuan letak dan kapasitas DG menggunakan metode Hybrid Particle Swarm Optimization (HPSO)

Oleh itu, sistem ini akan menjadi insentif kepada syarikat konsesi untuk menyediakan perkhidmatan yang memenuhi piawai yang ditetapkan sepanjang tempoh projek bagi memastikan

Saran dan usulan peserta Sidang Umum Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Kuningan Tahun 2005 dalam pembahasan Amanademen Anggaran Dasar, Anggaran Rumah