gambar dan nama pakaian adat di indonesi

18  25 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Pakaian Adat 33 Provinsi Di Indonesia

lihat ( http://x338.blogspot.com/2014/01/foto-dan-gambar-pakaian-adattradisional.html)

• Nanggroe Aceh Darussalam / NAD (Daerah Istimewa)

Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam atau yang lebihdikenal dengan Serambi Mekah mempunyai kekayaan budaya yang banyak dipengaruhi oleh agama Islam.Provinsi yang pusat pemerintahannya berada di BandaAceh ini telah melahirkan beberapa Pahlawan Nasionalyang jasa dan namanya masih terus dikenang hingga saatini, seperti : Cut Nyak Dhien, Cik Ditiro, Cut Nyak Meutia, dll. Pakaian adat di sebut BAJE MEUKASAH

• Sumatera Utara /Sumut

Propinsi Sumatera Utara beribukota Medan, Terletak antara10 40 LU, 980 -1000 B.T. Batas wilayahnya sebelahutara propinsi Aceh dan Selat Sumatera, sebelah barat berbatasan dengan propinsi Sumatera Barat dan Riau,sedangkan sebelah Timur di batasi oleh Selat Sumatera.

• Sumatera Barat /Sumbar

Pakaiaan adat khas sumatra barat sangatlah feminim biladilihat dari sudut busananya. Pakaian Khas sumatra baratdi bagi menjadi dua yaitu : Pakaian Tradisional dariMinangkabau dan Pakaian Bundo Kanduang. Produk yang kami iklankan ini merupakan bagian dari PakaianBundo Kanduang. Seorang bundo kandung mengenakantengkuluk tanduk atau tengkuluk ikek sebagai penutupkepala. Bahannya berasal dari kain balapak tenunanPandai Sikat Padang Panjang . Bentuknya seperti tanduk kerbau dengan kedua ujung runcing berumbai dari emasatau loyang sepuhan. Pemakaian tengkuluk inimelambangkan bahwa perempuan sebagai pemilik rumahgadang.

• Bengkulu

Pakaian Adat Indonesia Busana Tradisional DaerahIndonesia - Dalam hal pakaian tradisional, ada beragam

pakaian adat Indonesia

(2)

wisata di Indonesia saja yang menarik untuk di kunjungi, tapi pakaian tradisional juga menambahkekayaan dan keaneka ragaman budaya yang ada diIndonesia.

• Riau

Adat istiadat tentu tidak terlepas dari Pakain Adat, itusebuah ciri khas suatu daerah dengan adat istiadatnyasesuai dengan Hukum dan Norma Adat yang berlaku.Berikut beberapa foto pakaian adat, tradisional MelayuRiau. Pakain Adat ini adalah pakaian tradisional Riau,walaupun ada beberapa macam-macam namun hanya satu pakaian adat untuk daerah Riau, yaitu pakaian adat MelayuRiau.

• Kepulauan Riau / Kepri

Indonesia terdiri dari beragam adat istiadat yangmemperkaya kebudayaan bangsa kita Mulai dari, rumahadat, tarian adat, alat musik tradisionalnya, senjatatradisional dan juga pakaian adat. Poin yang terakhir adalah poin yang sangat penting, karena dari pakain adat ini, kitamengetahui betapa leluhur kita memiliki nilai seni yangtinggi. Sebelum muncul pakaian modern, pakaian adatmuncul dengan desain dan kekhasan tersendiri, denganornamen-ornamen etnis yang melengkapi keseluruhanya.Termasuk pakaian adat Kepulauan Riau pengantin pria memakai jubah yang dilengkapi celana panjang, kain selempang, dan ikat pinggang. Ia punmenggunakan tutup kepala yang disebut Baju Kurung untuk Wanita Riau.Untuk kaum wanita memakai atasan berupa baju kurung dan kain selempang yang telah disuji. Bawahnyaadalah kain songket dengan motif-motif yang cantik. Pakaian inidilengkapi dengan perhiasan berupa anting, gelang,

• Jambi

(3)

lebih mewah daripada pakaian sehari-hariyang dihiasi dengan sulaman benang emas dan pemakaian perhiasan sebagai pelengkapnya.

• Sumatera Selatan / Sumsel

sumatra selatan propinsi di selatan pulau sumatra masihdipengaruhi budaya melayu sumatra selatan jugamempunyai budaya yang unik, ciri khas tersendiri , ciriwong kito galoh kalau mereka bilang berikut beberapafoto dari budaya sumatra selatan

• Lampung

Sebagai penutup badan dikenakan kawai, yaitu baju berbentuk teluk belanga belah buluh atau jas. Baju ini terbuat dari bahankain tetoron atau belacu dan lebih disukai yang berwarnaterang. Tetapi sekarang banyak digunakan kawai kemija, yaitu bentuk kemeja seperti pakaian sekolah atau moderen.Pemakaian kawai kemija ini sudah biasa untuk menyertai kaindan peci, ketika menghadiri upacara adat sekalipun. Bagian bawah mengenakan senjang, yaitu kain yang dibuat dari kainSamarinda. Bugis atau batik Jawa. Tetapi sekarang telahdikenal adanya celanou (celana) pendek dan panjang sebagai penganti kain. Kaum wanita Lampung sehari-hari memakaikanduk/ kakambut atau kudung sebagai penutup kepala yang dililitkan. Bahannya dari kain halus tipis atau sutera.

• Kepulauan Bangka Belitung / Babel

Pakaian adat pengantin Kota Pangkalpinanguntuk perempuan adalah baju kurung merah yang biasanya terbuat dari bahan sutra atau beludruyang jaman dulu disebut baju Seting dan kainyang dipakai adalah kain bersusur atau kainlasem atau disebut juga kain cual yangmerupakan kain tenun asli dari Mentok. Padakepalanya memakai mahkota yang dinamakan³Paksian´. Bagi mempelai laki-laki memakai³Sorban´ atau disebut ³Sungkon´.

• DKI Jakarta / Daerah Khusus Ibukota Jakarta

(4)

stelancelana panjang Melengkapi pakaian adat pria Betawi ini,selembar kain batik dilingkari pada bagian pinggang dansebilah belati diselipkan di depan perut. Para wanita biasanya memakai baju kebaya, selendang panjang yamgmenutup kepala serta kain batik. Pada pakaian pengantin,terlihat hasil proses asimilasi dart berbagai kelompok etnis pembentuk masyarakat Betawi. Pakaian yangdigunakan pengantin pria, yang terdiri dari: sorban, jubah panjang dan celana panjang banyak dipengaruhi olehkebudayaan Arab. Sedangkan pada pakaian pengantinwanita yang menggunakan syangko (penutup muka), bajumodel encim dan rok panjang memperlihatkan adanya pengaruh kebudayaan Cina Uniknya, terompah (alas kaki)yang dikenakan oleh pengantin pria dan wanitadipengaruhi oleh kebudayaan Arab.

• Jawa Barat / Jabar Provinsi Jawa Barat

Yang ibukota Provinsi nya terletak diBandung mempunyai beberapa suku, diantaranya SukuSunda sebagai suku mayoritas dan suku Badui yangdibedakan menjadi Suku Badui Dalam dan Suku BaduiLuar. Beikut ini adalah informasi penting mengenai pakaian adat Jawa Barat untuk pria dan wanita : Terdiridari baju jas dengan kerah menutup leher yang biasadisebut dengan JAS TAKWA.untuk priaBaju kebaya motif polos dengan hiasan sulam ataumanik-manik, untuk wanita

• Banten

• Jawa Tengah / Jateng

(5)

• DI Yogyakarta / Daerah Istimewa Yogyakarta

Pakaian adat tradisional masyarakat Yogyakarta terdiridari seperangkat pakaian yang memiliki unsur unsur yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya.Kelengkapan berbusana tersebut merupakan ciri khusus pemberi identitas bagi pemakainya yang meliputi fungsidan peranannya. Oleh karena itu, cara berpakaian biasanya sudah dibakukan secara adat, kapandikenakan, di man dikenakan, dan siapa yangmengenakannya.

• Jawa Timur / Jatim

Pakaian adat jawa timur ini disebut mantenan. pakaian ini seringdigunakan saat perkawinan d masyarakat magetan jawa timur

• Kalimantan Barat / Kalbar

• Kalimantan Tengah / Kalteng

Pakaian pria Kalimantan Tengah memakai celana panjangsampai lutut, selempit perak atau tali pinggang dan tutupkepala. Perhiasan yang dipakai adalah inuk atau kalung panjang, cekoang atau kalung pendek dan kalung yangterbuat dari gigi binatang. Pengantin wanita memakai kain berupa rok pendek, rompi, ikat kepala dengan hiasan buluenggang, kalung dan subang.

• Kalimantan Selatan / KalselPakaian Adat

Lihat pula: Busana Pengantin BanjarPakaian Pengantin Suku Banjar ada 4 jenis, yaitu:

• Pengantin Bagajah Gamuling Baular Lulut

• Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari

• Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan

• Pangantin Babaju Kubaya Panjang

• Kalimantan Timur / Kaltim

• Bali

(6)

umur penggunanya. Status sosial dan ekonomi seseorang dapatdiketahui berdasarkan corak busana dan ornamen perhiasanyang dipakainya.

• Nusa Tenggara Barat

Memasuki lantai pertama bangunan Istana ini, Anda akandiajak mengenal budaya suku bangsa yang ada di NTB,seperti suku Sasak (Lombok), Mbojo (Dompu dan Bima)dan suku Samawa (Sumbawa) melalui berbagai hasilkaryanya; misalnya di bagian balairung terdapat berbagai benda budaya tradisional, antara lain pakaian adat sehari-hari, gerabah, kain songket, wadah yang terbuat dari perak dan kuningan, peralatan berburu dan menangkap ikan, dansenjata tradisional.Sebahagian dari ribuan khas bakaian adat, rumah adat /Tradisional bangsa Indonesia. Semoga Klip ini bermanfaatagar tak di klaim sebagai milik.

• Nusa Tenggara Timur

• Sulawesi Barat / Sulbar

• Sulawesi Utara / Sulut

• Sulawesi Tengah / Sulteng

Baju NggembeBaju Nggembe adalah busana yang dipakai oleh remajaputri untuk Upacara Adat atau pesta. Baju Nggembeberbentuk segi empat, berkerah bulat berlengan selebarkain, panjang blus sampai pinggang dan berbentuk longgar.

• Sulawesi Selatan / Sulsel

Konon dahulu kala, ada peraturan mengenai pemakaian baju bodo. Masing-masing warna manunjukkan tingkat usia perempuan yang mengenakannya.1. Warna jingga, dipakai oleh perempuan umur 10 tahun.2. Warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuanumur 10-14 tahun.3. Warna merah darah untuk 17-25 tahun.4. Warna putih digunakan oleh para inang dan dukun.5. Warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan6. Warna ungu dipakai oleh para janda.

(7)

• Gorontalo

• Maluku

Baju cele ini bermotif garis ± garis geometris/berkotak ± kotak kecil. Baju cele in biasanya dikombinasikan dengankain sarung yang warnanya tidak terlalu jauh berbeda, harusseimbang dan serasi.Baju cele ini dipakai juga dalam upacara ± upacara adat(acara pelantikan raja, acara cuci negeri, acara pesta negeri,acara panas pela dll.) dan di kombinasi dengan kain yang pelekat yang disalele yaitu disarung dari luar dilapisi sampai batas lutut dan dipakai lenso (sapu tangan yang diletakan di pundak).Pakaian ini dipakai tanpa pengalas kaki atau boleh juga pakaiselop. Konde/sanggul yaitu konde bulan yang diperkuat lagidengan tusukan konde yang disebut haspel yang terbuat dari emas atau perak.

• Maluku Utara

Ada beberapa jenis busana yang dikenakan dalam upacara-upacara adat. Busana yang dikenakan oleh sultan disebutmanteren lamo yang terdiri atas celana panjang hitam dengan bis merah memanjang dari atas ke abawah, baju berbentuk jas tertutup dengan kancing besar terbuat dari perak berjumlah sembilan . Sementara itu, leher jas, ujung tangan,dan saku jas yang terletak di bagian luar berwarna merah.Konon warna tersebut melambangkan keperkasaan dari pemakainya. Selain itu, penampilan busana yang dikenakanoleh sultan tersebut dilengkapi dengan destar untuk menutupkepala. Busana yang dikenakan oleh istri sultan terdiri ataskebaya panjang atau kimun gia, yang terbuat dari kain satin berwarna putih dengan pengikat pinggang yang terbuat dariemas, serta kain panjang. Perhiasan lainnya yang dikenakanoleh permaisuri tersebut meliputi kalung, bros, dan penitiyang terbuat dari intan, berlian, atau emas. Di samping itu,mereka juga mengenakan hiasan lainnya yang berupa konde yang berukuran besar,sedangkan konde kecil biasanya dipakai oleh pembantu permaisuri.

• Papua Barat

(8)

pada pergelangan kaki. Bentuk pakaian yang terlukis di sinimerupakan ciptaan baru. Biasannya tak lupa dengantombak/panah dan perisai yang dipegang mempelai laki-lakimenambah kesan adat Papua.

• Papua

Pakaian adat pria dan wanita di Papua hampir sama bentuknya.Mereka memakai baju dan penutup badan bagian bawah denganmodel yang sama. Mereka juga sama-sama memakai hiasankepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai padapergelangan kaki. Bentuk pakaian yang terlukis di sini merupakan ciptaan baru. Dengan tombak/panah dan perisai yang dipegang mempelai laki-laki menambahkesan adat Papua.

Provinsi Nanggro Aceh Darussalam (NAD) Ibukota nya

adalah Banda Aceh

Tarian Tradisional : Tari Seudati, Tari Saman Meuseukat

Rumah Adat : Rumah Krong Bade

Senjata Tradisonal : Rencong

Lagu Daerah :Bungong Jeumpa, Lembah Alas, Piso Surit

Julukan : Kota Serambi Mekkah

2.Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) Ibukota nya adalah Medan

Tarian Tradisional : Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor

Rumah Adat : Rumah Bolon

Senjata Tradisonal : Piso Surit

Lagu Daerah : Anju Ahu, Bungo Bangso, Cikala Le Pongpong,

Bungo Bangso, Butet, Dago Inang Sarge, Lisoi, Madekdek

Magambiri, Mariam Tomong, Nasonang Dohita Nadua,

Rambadia, Sengko-Sengko, Siboga Tacinto, Sinanggar Tulo,

Sing Sing So, Tapian Nauli

Julukan : Kota Melayu Deli

3. Provinsi Sumatera Barat (SUMBAR) Ibukota nya adalah

Padang

(9)

Rumah Adat : Rumah Gadang

Senjata Tradisonal : Karih

Lagu Daerah : Ayam Den Lapeh, Barek Solok, Dayung

Palinggam, Kambanglah Bungo, Kampuang Nan Jauh Di Mato,

Ka Parak Tingga, Malam Baiko, Kampuang nan Jauh di Mato,

Kambanglah Bungo, Indang Sungai Garinggiang, Rang Talu

4.Provinsi Riau Ibukota nya adalah Pekan Baru

Tarian Tradisional : Tari Joged Lambak, Pedang Jenawi

Rumah Adat : Rumah Melayu Selaso Jatuh Kembar

Senjata Tradisonal : Badik

Lagu Daerah :Soleram, Kebangkitan Melayu, Tanjung Katung,

Bungo Cempako, Lancang kuning, Ayam Putih Pungguk, Makan

Sirih, Uyang Bagan Tak Ondak Belaya, Mak Long, Tuanku

Tambusai, Pak Ngah Balek, Puteri Tujuh, Dedap Durhaka,

Kutang

Barendo.

Julukan : Kota Bertuah

5.Provinsi Kepulauan Riau Ibukota nya adalah Tanjung Pinang

Tarian Tradisional : Tari Tandak

Rumah Adat : Rumah Selaso Jatuh Kembar

Senjata Tradisonal : Ulu Kundit

6.Provinsi Jambi Ibukota nya adalah Jambi

Tarian Tradisional : Tari Sekapur Sirih, Tari Selampit Delapan

Rumah

Adat

:

Rumah

Panjang

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Batanghari, Soleram, Injit-Injit Semut, Pinang

Muda,

Selendang

Mayang

7.Provinsi Sumatera Selatan (SUMSEL) Ibukota nya adalah

Palembang

(10)

Rumah

Adat

:

Rumah

Limas

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Cuk Mak Ilang, Dek Sangke, Gending Sriwijaya,

Kabile-bile,

Tari

Tanggai

Julukan

:

Kota

Pempek

8.Provinsi Bangka Belitung (BABEL) Ibukota nya adalah Pangkal

Pinang

Tarian

Tradisional

:

Tari

Puteri

Bekhusek

Rumah Adat : Rumah Rakit, Rumah Limas

Senjata

Tradisonal

:

Siwar

Kecil

9.Provinsi Bengkulu Ibukota nya adalah Bengkulu

Tarian Tradisional : Tari Andun, Tari Bidadari

Rumah

Adat

:

Rumah

Rakyat

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu

Daerah

:

Lalan

Belek

10.Provinsi Lampung Ibukota nya adalah Bandar Lampung

Tarian Tradisional : Tari Jangget, Tari Melinting

Rumah

Adat

:

Rumah

Rakyat

(11)

NAMA

PROVINSI

DI

JAWA

INDONESIA

11.Provinsi DKI Jakarta Ibukota nya adalah Jakarta

Tarian Tradisional : Tari Ronggeng, Tari Yapong

Rumah

Adat

:

Rumah

Kebaya

Senjata

Tradisonal

:

Golok

Lagu Daerah :Kicir-kicir, Jali-jali, Lenggang Kangkung,

Keroncong Kemayoran, Surilang, Terang Bulan

Julukan

:

Kota

Metropolitan

12.Provinsi Jawa Barat (JABAR) Ibukota nya adalah Bandung

Tarian Tradisional : Tari Topeng Kuncaran, Tari Merak, Tari

Jaipong

Rumah Adat : Rumah Kasepuhan Cirebon

Senjata

Tradisonal

:

Kujang

Lagu Daerah :Bubuy Bulan, Cing Cangkeling, Es Lilin,

Karatagan Pahlawan, Manuk Dadali, Panon Hideung, Peuyeum

Bandung,

Pileuleuyan,

Tokecang

Julukan : Kota Kembang / Paris Van Java

13.Provinsi Banten Ibukota nya adalah Serang

Tarian

Tradisional

:

Tari

Topeng

Rumah

Adat

:

Rumah

Kesepuhan

Senjata

Tradisonal

:

Kujang

Lagu

Daerah

:

Dayung

Sampan

(12)

14.Provinsi Jawa Tengah (JATENG) Ibukota nya adalah

Semarang

Tarian Tradisional :Tari bambangan Cakil, Tari Gandrung, Tari

sintren

Rumah

Adat

:

Rumah

Joglo

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Gambang Suling, Gek Kepriye, Gundul Pacul,

Ilir-ilir, Jamuran, Bapak Pucung, Yen Ing Tawang Ono Lintang,

Stasiun

Balapan

Julukan

:

Kota

Lumpia

/

Kota

Jamu

15.Provinsi Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta Ibukota nya

adalah

Yogyakarta

Tarian Tradisional : Tari Serimpi Sangupati, Tari Bedaya

Rumah Adat : Rumah Bangsal Kencono, Rumah Joglo

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Pitik Tukung, Sinom, Suwe Ora Jamu, Te Kate

Dipanah

Julukan : Kota gudeg, kota pelajar, kota Seni dan Budaya

16.Provinsi Jawa Timur (JATIM) Ibukota nya adalah Surabaya

Tarian Tradisional : Tari Remong, Tari Reog Ponorogo

Rumah

Adat

:

Rumah

Joglo

Senjata

Tradisonal

:

Clurit

Lagu Daerah : Keraban Sape, Tanduk Majeng

(13)

NAMA PROVINSI DI NUSA TENGGARA DAN BALI INDONESIA

17.Provinsi Bali Ibukota nya adalah Denpasar

TarianTradisional : Tari Legong, Tari Kecak, Tari Pendet

Rumah Adat : Rumah Gapura Candi Bentar

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu

Daerah

:

Mejangeran,

Ratu

Anom

Julukan

:

Pulau

Dewata

18.Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Ibukota nya adalah

Mataram

Tarian Tradisional : Tari Mpaa Lenggogo, Tari Batunganga

Rumah Adat : Rumah dalam Loka Samawa

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Helele U Ala De Teang, Moree, Orlen-Orlen, Pai

Mura

Rame,

Tebe

Onana,

Tutu

Koda

19.Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Ibukota nya adalah

Kupang

TarianTradisional : Tari Perang, Tari Gareng Lameng

Rumah

Adat

:

Rumah

Musalaki

Senjata

Tradisonal

:

Sundu

Lagu Daerah :Anak Kambing Saya, Oras Loro Malirin, Sonbilo,

Tebe Onana, Ofalangga, Do Hawu, Bolelebo, Lewo Ro Piring

Sina, Bengu Re Le Kaju, Aku Retang, Gaila Ruma Radha,

(14)

NAMA

PROVINSI

DI

KALIMANTAN

INDONESIA

20.Provinsi Kalimantan Barat (KALBAR) Ibukota nya adalah

Pontianak

Tarian Tradisional : Tari Monong, Tari Zapin Tembung

Rumah Adat : Rumah Istana Kesultanan Pontianak

Senjata

Tradisonal

:

Mandau

LaguDaerah : Cik-Cik Periuk, Cak Uncang, Batu Ballah, Alok

Galing, Tandak Sambas, Sungai Sambas Kebanjiran, Alon-Alon

Julukan

:

Kota

Katulistiwa

21.Provinsi Kalimantan Tengah (KALTENG) Ibukota nya adalah

Palangkaraya

Tarian Tradisional : Tari Balean Dadas, Tari Tambun & Bungai

Rumah

Adat

:

Rumah

Bentang

Senjata

Tradisonal

:

Mandau

Lagu

Daerah:

Kalayar

22.Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL) Ibukota nya adalah

Banjarmasin

Tarian Tradisional : Tari Baksa Kembang, Tari Radap Rahayu

Rumah Adat : Rumah Banjar Bubungan Tinggi

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah :Ampar-Ampar Pisang, Paris Barantai, Saputangan

Bapuncu

Ampat

(15)

23.Provinsi Kalimantan Timur (KALTIM) Ibukota nya adalah

Samarinda

Tarian Tradisional : Tari Perang, Tari Gong

Rumah

Adat

:

Rumah

Lamin

Senjata

Tradisonal

:

Mandau

Lagu

Daerah

:

Indung-Indung

Julukan

:

Kota

Tepian

NAMA

PROVINSI

DI

SULAWESI

INDONESIA

24.Provinsi Sulawesi Utara (SULUT) Ibukota nya adalah Manado

Tarian Tradisional : Tari Maengkat, Tari Polo-palo

Rumah

Adat

:

Rumah

Pewaris

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu Daerah : Esa Mokan, O Ina Ni Keke, Si Patokaan, Sitara

Tillo

Julukan

:

Kota

Tinutuan

(16)

Tarian Tradisional : Tari Patuddu, Tari Kondo Sapata

Rumah

Adat

:

Rumah

adat

Mamuju

Senjata

Tradisonal

:

-Lagu Daerah : Bulu Londong, Malluya, Io-Io, Ma'pararuk

26.Provinsi Sulawesi Tengah (SULTENG) Ibukota nya adalah

Palu

Tarian Tradisional : Tari Lumense, Tari Pule Cinde, Tari

Torompio,Tari

Dero

Poso

Rumah

Adat

:

Rumah

Pewaris

Senjata

Tradisonal

:

Pasatimpo

Lagu Daerah : Tondok Kadadingku, Tope Gugu

27.Provinsi Sulawesi Tenggara (SULTRA) Ibukota nya adalah

Kendari

Tarian Tradisional : Tari Dinggu, Tari Balumpa, Tari Lumense,

Tari

Manguru

Rumah

Adat

:

Rumah

Istana

Buton

Senjata

Tradisonal

:

Keris

Lagu

Daerah

:

Peia

Tawa-Tawa

28.Provinsi Sulawesi Selatan (SULSEL) Ibukota nya adalah

Makassar

Tarian Tradisional : Tari Bosara, Tari Kipas

Rumah

Adat

:

Rumah

Tongkonan

Senjata

Tradisonal

:

Badik

Lagu Daerah : Angin Mamiri, Pakarena, Sulawesi Parasanganta,

(17)

Julukan

:

Kota

Daeng

29.Provinsi Gorontalo Ibukota nya adalah Gorontalo

Tarian

Tradisional

:

Tari

Paule

Cinde

Rumah

Adat

:

Rumah

Dulohupa

Senjata

Tradisonal

:

-Lagu Daerah : Hulondalo li Pu'u , Bulalo Lo Limutu , Wanu

Mamo

Leleyangi

NAMA PROVINSI DI MALUKU DAN PAPUA INDONESIA

30.Provinsi Maluku Ibukota nya adalah Ambon

Tarian Tradisional : Tari Lenso, Tari Cakalele

Rumah

Adat

:

Rumah

Baileo

Senjata

Tradisonal

:

Parang

Salawaku

Lagu Daerah :Rasa Sayang-sayange, Ayo Mama, Buka Pintu,

Burung Tantina, Goro-Gorone, Huhatee, Kole-Kole,

Mande-Mande, Ole Sioh, O Ulate, Sarinande, Tanase

Julukan

:

Kota

Amon

Manise

31.Provinsi Maluku Utara Ibukota nya adalah Ternate sekarang

Sofifi

30.

Provinsi

Maluku

Utara.

Tarian

Tradisional

:

Tari

Lenso

Rumah

Adat

:

Rumah

Baileo

(18)

32.Provinsi Papua Barat Ibukota nya adalah Kota Manokwari

Tarian

Tradisional

:

Tari

Perang

Rumah

Adat

:

Rumah

Honai

Senjata

Tradisonal

:

Pisau

Belati

Lagu Daerah : Apuse, Yamko Rambe Yamko

33.Provinsi Papua Ibukota nya adalah Jayapura

Tarian Tradisional : Tari Selamat datang,Tari Musyoh

Rumah

Adat

:

Rumah

Honai

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...