PEMBONGKARAN KARYA BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2002 TENTANG HAK CIPTA DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2010 TENTANG CAGAR BUDAYA.

Teks penuh

(1)

iv ABSTRAK

PEMBONGKARAN KARYA BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2002

TENTANG HAK CIPTA DAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2010 TENTANG

CAGAR BUDAYA

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh bangunan-bangunan bersejarah yang dibongkar atau dialihwujudkan diIndonesia khususnya di Bandung. Bangunan yang seharusnya dilindungi sesuai dengan peraturan perundangan-undangan, yaitu Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Tujuan Penelitian ini untuk memahami dan menentukan serta mengkaji karya bangunan bersejarah di Indonesia yang telah diakui sebagai warisan budaya. serta mengkaji perlindungan bagi bangunan bersejarah di Indonesia sebagai warisan budaya yang di bongkar berdasarkan Undang-undang Hak Cipta dan Undang-undang Cagar Budaya.

Penulisan ini menggunakan deskriptif analitis, Metode pendekatan yang dilakukan ialah yuridis normatif, tahap penelitian menggunakan penelitian kepustakaan yaitu, bahan hukum primer dan sekunder, serta menggunakan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan studi dokumen dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis normatif kualitatif.

Hasil penelitian penulis adalah banyaknya Bangunan cagar budaya yang seharusnya dilestarikan dan dijaga tetapi pada kenyatannya dibongkar, dialihfungsikan dan dibongkar. Bangunan bersejarah tersebut telah sesuai dengan kriteria bangunan cagar budaya dan wajib dilestarikan tanpa berdasarkan pertimbangan teknis sesuai dengan Undang-undang Hak Cipta. Adapun penyebab terjadinya pelanggaran

tersebut karena kurang efektifnya peraturan

(2)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...