• Tidak ada hasil yang ditemukan

BAB 2 LANDASAN TEORI. melakukan pengiriman dan penerimaan (meski path itu berupa wireless). (Tittel,

N/A
N/A
Info

Unduh

Protected

Academic year: 2021

Membagikan "BAB 2 LANDASAN TEORI. melakukan pengiriman dan penerimaan (meski path itu berupa wireless). (Tittel,"

Copied!
17
0
0
Menampilkan lebih banyak ( Halaman)

Teks penuh

(1)

BAB 2

LANDASAN TEORI

2.1.Topologi

Topologi adalah tipe-tipe physical path yang menghubungkan unit yang melakukan pengiriman dan penerimaan (meski path itu berupa wireless). (Tittel, 2002:50).

Topologi jaringan adalah pola tata letak interkoneksi atau sambungan antara berbagai macam elemen dan perangkat untuk jaringan komputer. (Anonim1, akses tanggal : 8 Oktober 2012)

Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.

Keuntungan menggunakan topologi Tree, yaitu:

• Kontrol manajemen lebih mudah karena bersifat terpusat dan terbagi dalam tingkatan jenjang.

(2)

Kelemahan menggunakan Topologi Tree yaitu:

• Jika salah satu node rusak, maka node yang berada di jenjang bagian bawahnya akan rusak.

Dapat terjadi tabrakan file data (collision).

• Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain

(Anonim2. (2008), akses tanggal : 8 Oktober 2012)

Gambar 2.1 Topologi Tree

(3)

2.2.Jaringan Komputer

Bedasarkan jarak, jaringan LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk memungkinkan berbagi informasi. Biasanya, LAN mencakup lokasi terbatas, contohnya dalam sebuah gedung.

(Anonim3, akses tanggal : 4 Oktober 2012)

2.2.1. Client-Server

Dalam kondisi sederhana, sebuah perusahaan memerlukan satu atau lebih database yang perlu diakses oleh para karyawannya secara jarak jauh. Karena itu, data perlu disimpan didalam satu atau lebih komputer yang disebut server. Biasanya server bersifat sentral dan dijalankan oleh system administrator. Sebaliknya, para karyawan memiliki mesin yang lebih sederhana, yang disebut client, pada meja mereka. Client dan server dihubungkan oleh jaringan.

(4)

Gambar 2.2 Client-Server (sumber: Tanenbaum, 2003:4) DHCP

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) memungkinkan IP Address ditentukan secara manual atau otomatis. Server DHCP tidak perlu berada di LAN yang sama dengan host yang melakukan request. (Tanenbaum, 2003:453)

Pada saat kedua DHCP client dihidupkan, maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP Server untuk mendapatkan nomor IP. DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP Server setelah memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP Client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway.

Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP Client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP Server,

(5)

dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya. Jangka waktu disebut leased period.

(Fitri, akses tanggal : 10 Oktober 2012)

2.2.2. Media Transmisi

Jika sebuah jaringan membutuhkan kabel penghubung untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain, maka jaringan tersebut dinamakan jaringan berkabel atau wired network dan dalam transmisi (penerimaan dan pengiriman) data pada jaringan, salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah bandwidth.

Di dalam jaringan komputer, bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik. Dikenal juga dengan perbedaan atau interval, antara batas teratas dan terbawah dari suatu frekuensi gelombang transmisi dalam suatu kanal komunikasi.

Satuan yang digunakan Hertz untuk sirkuit analog dan detik dalam satuan digital. Jalur lebar analog diukur dalam unit Hertz (Hz) atau kitaran second. Jalur lebar digital merujuk kepada jumlah atau volume data yang dilewatkan melalui satu saluran komunikasi yang diukur dalam unit bit per second (bps) tanpa melibatkan gangguan.

(6)

2.2.3. Perangkat Jaringan 2.2.3.1. Switch

Switch adalah perangkat/komponen jaringan yang berperan sebagai jembatan untuk perangkat-perangkat jaringan sehingga masing-masing perangkat dapat terhubung satu dengan yang lain (menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya). Switch memiliki sejumlah port ethernet untuk menghubungkan dirinya dengan perangkat-perangkat lain di jaringan.

(Anonim5. (2012), akses tanggal : 4 Oktober 2012)

Gambar 2.3 Switch

(7)

2.2.3.2. Router

Router adalah peralatan yang bekerja pada layer 3 Open System Interconnection (OSI) dan sering digunakan untuk melakukan segmentasi layer 3 di LAN. LAN beroperasi di layer 1, 2 dan 3 OSI sehingga router yang digunakan untuk menyambungkan LAN harus mampu mendukung.

(Anonim7, akses tanggal : 8 Oktober 2012)

Gambar 2.4 Router

(8)

Sebuah router mampu mengirimkan data/informasi dari satu jaringan ke jaringan lain yang berbeda. Router akan mencari jalur terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasarkan atas alamat tujuan dan alamat asal. Router mengetahui alamat masing-masing komputer di lingkungan jaringan lokalnya dan router lainnya. Router juga dapat mengetahui keseluruhan jaringan dengan melihat sisi mana yang paling sibuk dan bisa menarik data dari sisi yang tidak sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih/clean.

Beberapa kemampuan yang dimiliki router, antara lain:

−Router dapat menerjemahkan informasi antara LAN dengan internet.

−Router akan mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.

−Mengatur jalur sinyal secara efisien dan dapat mengatur data yang mengalir di antara dua buah protokol.

−Dapat mengatur aliran data melalui kabel twisted pair.

(9)

2.2.4. Ethernet

Ethernet adalah perangkat sederhana yang memungkinkan seorang peneliti secara mudah dapat membagi data selagi mengembangkan teknologi yang sebenarnya. (Norton, Kearns, 1999:158)

Sistem komunikasi Ethernet membagi aliran data ke dalam paket individual yang disebut frame. Setiap frame berisi alamat sumber dan tujuan dan pengecekan error data sehingga data yang rusak dapat dideteksi dan dikirim kembali.

(Anonim9, akses tanggal : 9 Oktober 2012)

Salah satu jenis Ethernet adalah 10BaseT. 10 berarti jaringan beroperasi pada 10 Mbps, Base merujuk pada kabel yang digunakan berada di sistem baseband, dan T yang adalah singkatan dari Twisted Pair. Segmen 10BaseT biasanya memiliki panjang yang terbatas, yaitu dibawah 100 m. (Peterson, Davie, 2000:118-119)

Kelebihan teknologi Ethernet, antara lain:

• Relatif murah jika komputer-komputer letaknya tidak berjauhan.

• Sangat handal. • Mudah dioperasikan.

• Jumlah perangkat yang dapat dihubungkan tidak terbatas. • Dukungan teknis yang luas dan mudah didapat.

(10)

Kekurangan teknologi Ethernet, antara lain: • Pengaturan dan konfigurasi tidak mudah.

• Relatif mahal jika komputer letaknya berjauhan.

(Coral Reef Information and Training Center, akses tanggal : 10 Oktober 2012)

2.3.Model Referensi 2.3.1. OSI

International Organization for Standarization (ISO) mengembangkan Open Systems Interconnection (OSI) Reference Model untuk memfasilitasi interkoneksi terbuka di sistem komputer. Interkoneksi terbuka adalah satu yang bisa didukung dalam lingkungan multivendor. Model ini membangun standar global untuk mendefinisi layer fungsional untuk mendukung koneksi antara komputer-komputer. (Norton, Kearns, 1999:10)

(11)

Gambar 2.5 OSI Layer

(sumber : Bina Nusantara Computer Network, edisi September 2011)

Berdasarkan gambar, Layer Physical, Data Link, dan Network menyediakan akses jaringan, sedangkan Layer Transport, Session, Presentation, dan Application didedikasikan untuk logistik yang mendukung komunikasi end-to-end.

1. Layer 2: Data Link

Lapisan ini menyediakan transfer data frame yang bebas kesalahan dari satu node ke node lain dalam lapisan physical dan memungkinkan lapisan di atasnya bisa berasumsi transmisi hampir bebas kesalahan.

(12)

2. Layer 3: Network

Lapisan ini mengontrol operasi subnet, menentukan physical path dari data berdasarkan kondisi jaringan, prioritas layanan, dan faktor lainnya.

(Anonim10. (2010), akses tanggal : 4 Oktober 2012)

2.3.2. TCP/IP

Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) adalah salah satu perangkat lunak jaringan komputer (networking software) yang terdapat dalam sistem dan dipergunakan dalam komunikasi data dalam LAN maupun internet.

TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data. TCP/IP saat ini dipergunakan dalam banyak LAN yang terhubung ke internet dan memiliki 5 layer.

(13)

Gambar 2.6 TCP/IP Layer

(sumber : Anonim11, akses tanggal : 8 Oktober 2012)

1. Layer 2: Network Interface

Menspesifikasikan detail bagaimana data secara fisik dikirim melalui jaringan, termasuk bagaimana bits secara elektrikal diberi sinyal oleh perangkat hardware yang berhadapan langsung dengan medium jaringan, seperti kabel.

2. Layer 3: Internet

Data dipaket menjadi IP datagram, yang berisi sumber dan tujuan informasi alamat yang digunakan untuk meneruskan datagram antara host dan antar jaringan. Melakukan routing pada IP datagram.

(14)

2.4.IP Address

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address, yaitu suatu identitas numerik yang dilabelkan kepada suatu alat, misalnya komputer atau printer, yang terdapat di dalam suatu jaringan komputer yang menggunakan IP sebagai sarana komunikasi.

IP Address memiliki dua fungsi. Pertama, sebagai alat identifikasi host atau network interface. Kedua, sebagai alamat lokasi jaringan.

IP Address biasa dibagi menjadi 5 kelas, yaitu kelas A,B,C,D, dan E. Perbedaan tiap kelas tersebut adalah pada ukuran dan jumlahnya. IP kelas A dipakai oleh sedikit jaringan, namun memiliki anggota banyak.

Pembagian kelas IP Address didasarkan pada dua hal, yaitu network ID dan host ID. Network ID adalah bagian dari IP Address yang menunjukkan di jaringan mana komputer tersebut berada sedangkan host ID menunjukkan workstation, server, router, dan semua host lainnya dalam jaringan tersebut.

(Anonim13, akses tanggal : 8 Oktober 2012)

2.5.Mikrotik

Mikrotik RouterOS™ adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

(15)

Mikrotik didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunannya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows application (WinBox). Selain itu, instalasi dapat dilakukan pada komputer standar.

(Anonim15, akses tanggal : 11 Oktober 2012)

WinBox

Winbox merupakan utility kecil yang digunakan untuk konfigurasi RouterOS. WinBox berjalan di Windows.

(Anonim16. (2011), akses tanggal : 16 Oktober 2012)

WinBox konsol digunakan untuk mengakses fitur-fitur Router Mikrotik, yaitu konfigurasi dan manajemen, dengan menggunakan Graphic User Interface (GUI). Semua fungsi antarmuka WinBox adalah sedekat mungkin dengan fungsi Console : semua fungsi WinBox yang persis dalam hirarki yang sama di Terminal Konsol dan sebaliknya, kecuali fungsi yang tidak diimplementasikan di WinBox. Itu sebabnya tidak ada bagian WinBox di manual. WinBox plugin di-cache pada disk lokal untuk setiap versi Mikrotik Router OS. Plugin yang tidak diunduh, jika mereka dalam cache, dan router belum diperbaharui sejak terakhir kali diakses.

(Jurnal Pambudi, 2011:6)

WinBox dapat mendeteksi Mikrotik yang sudah diinstal asal masih berada dalam satu network, yaitu dengan mendeteksi Media Access Control Address (MAC Address) dari ethernet yang terpasang di Mikrotik.

(16)

2.5.1. Jenis Mikrotik

Mikrotik Router OS adalah versi Mikrotik dalam bentuk perangkat lunak yang dapat diinstal pada komputer rumahan (PC) melalui CD. Untuk dapat menggunakannya secara lengkap, harus membeli license key dengan catatan satu lisensi hanya untuk satu harddisk.

Bulid in Hardware Mikrotik, merupakan Mikrotik dalam bentuk perangkat keras yang khusus dikemas dalam router board yang di dalamnya sudah terinstal Mikrotik Router OS. Untuk versi ini, lisensi sudah termasuk dalam board Mikrotik.

2.5.2. Fasilitas Mikrotik

Beberapa fasilitas yang disediakan oleh Mikrotik: − DHCP Support

Remote control dengan menggunakan Windows Application (WinBox)

Simple Queue Firewall and NAT Web-proxy

(17)

2.5.3. Level Mikrotik

Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis, jika ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari Mikrotik untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah level pada lisensinya. Tersedia mulai dari level 0 kemudian 1, 3 hingga 6.

1. Level 1 (demo): pada level ini Mikrotik dapat digunakan fungsi routing standar dengan satu pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.

2. Level 3: sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolaan perangkat wireless tipe klien.

3. Level 4: sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.

4. Level 5: mencakup level 1, 3, dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.

Gambar

Gambar 2.1 Topologi Tree
Gambar 2.2 Client-Server  (sumber: Tanenbaum, 2003:4)  DHCP
Gambar 2.3 Switch
Gambar 2.4 Router
+3

Referensi

Dokumen terkait

• Kegunaan Data : Dasar suatu perencanaan ◦ Bertujuan agar perencanaan sesuai dengan kemampuan supaya dapat dihindari perencanaan yang sulit untuk dilaksanakan (ambisius).

Puji syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat dan penyertaan-Nya sehingga penulis berhasil menyelesaikan Laporan Perancangan Proyek Akhir 06

Diharapkan orang tua meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang toilet training yang lebih baik agar orang tua dapat melakukan praktik toilet training dengan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang bermakna ( p value 0,143) , yaitu berarti tidak terdapat perbedaan pengaruh minuman beroksigen dengan

Budaya organisasi terbentuk oleh kelompok orang secara kolektif (bukan individual) yang secara bersama-sama berdasarkan pengalamannya, dari hari ke hari di dalam lingkungan

Skripsi berjudul: Analisis Fungsi Produksi Padi di Indonesia , telah diuji dan disahkan oleh Fakultas Pertanian pada:.. Hari :

Berdasarkan Berita Acara Hasit Peletangan Nomor : 05/Pokja-PLUT/ULP/lXI1014 tanggat 15 September 2014, bersama ini kami sampaikan Hasil Evatuasi Pelelangan untuk seluruh peserta

[r]

Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah

Namun, dalam artikel ini saya menggabungkannya menjadi satu istilah yang sama, yakni “masyarakat adat.” Alasan saya dalam melakukan hal ini antara lain adalah: Pertama,

Jika telah menerima dana PKH, apakah besaran bantuan tunai sesuai dengan kriteria Peserta. Jika tidak mematuhi, apakah Peserta menerima pemotongan bantuan

(1996) melaporkan bahwa hasil perkawinan antara induk Rambouilet normal dengan pejantan Dorset pembawa sifat fenotipik Callipyge menghasilkan anak yang memiliki kemampuan

Dari kajian di atas maka dapat dijadikan acuan dalam penyusunan instrumen penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data pemahaman mata pelajaran gambar teknik dan kreativitas

yang Terjadi Selama Koneksi Tersambung Pada percobaan ini, didapatkan hasil untuk 2 kategori pengujian yaitu pengujian pengaruh banyaknya node dan hop terhadap

sesuai dengan ketentuan Pasal 71 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah sebagaimana telah diubah dengan Peraturan

Peningkatan proses ditunjukkan dari sikap siswa, aktivitas siswa, dan suasana pembelajaran, yaitu siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis teks

Menurut kutipan dari Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas (2003) menyebutkan bahwa visi mata pelajaran TIK yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan

menghubungkan pelajaran yang lalu dengan yang akan dipelajari. Kemudian guru memberikan motivasi kepada siswa agar serius mengikuti pelajaran, dan menanyakan apakah

Sama seperti fitur Kenal Angka dan Kenal Gambar, terdapat tombol untuk mengakses menu utama, menu navigasi fitur lain , tombol audio, dan gambar serta navigasi

Sebanyak 36 isolat lapang Streptococcus agalactiae asal sapi penderita mastitis subklinis di daerah Bogor diamati ekspresi fenotipnya yang meliputi tipe hemolisis

Sistem manajemen basis data (Database Management System/DBMS) adalah suatu mekanisme dalam mengelola data dan informasi sedemikian rupa sehingga data dan

orang lain didalam maupun di luar lingkungan kerjanya dengan tujuan untuk keuntungan pribadi, golongan, atau pihak lain, yang secara langsung atau tidak langsung merugikan

Hal ini dikarenakan adanya ion-ion logam yang terkandung dalam air PAM cukup besar dan dengan kandungan tersebut mampu untuk membantu melakukan pemecahan emulsi pada krim