Sinergi Antar Komunitas Dalam Melestarikan Sungai Deli

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

ABSTRAK

Nain Marttaty, 130905107, 2017, Judul Skripsi : “SINERGI ANTAR KOMUNITAS DALAM MELESTARIKAN SUNGAI DELI. Skripsi Program Sarjana Departamen Antropologi Universitas Sumatera Utara. Skripsi ini terdiri dari 140 Halaman, 2 Gamabr, 27 Foto, dan 10 Tabel.

Secara umum skripsi ini bertujuan untuk menjelaskan komunitas-komunitas yang peduli terhadap Sungai Deli, sinergi yang dilakukan komunitas-komunitas dalam melestarikan sungai deli dan dampak dirasakan oleh komunitas setelah melakukan sinergi.

Metode pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam serta ditambah dengan studi pustaka. Observasi partisipasi melibatkan peneliti dalam setiap kegiatan dan melakukan observasi terhadap kegiatan mereka untuk melestarikan sungai deli dalam bentuk sinergi yang mereka lakukan dengan pihak lain atau kegiatan yang mereka lakukan dengan sendirinya. Wawancara mendalam yang dilakukan membuat peneliti berinteraksi berlngsung dengan para informan untuk menggali informasi sedalam-dalamnya yang dibutuhkan oleh peneliti dan studi pustaka yang digunakan untuk mendukung dan penguatan data hasil penelitian.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunitas yang berperan aktif dalam melestarikan Sungai Deli yaitu Komunitas Go River dan Komunitas Peduli Anak dan Sungai Deli (KOPASUDE). Kedua komunitas ini memiliki tujuan yang sama yaitu ingin mengembalikan Sungai Deli dan ingin menjadikan Sungai Deli menjadi tempat wisata air. Komunitas Go River lebih terfokus terhadap lingkungan Sungai Deli sendiri dengan program yang mereka miliki yaitu Sekolah sungai, Sungai Deli Membaca dan membersihkan Sungai Deli sekali seminggu sedangkan KOPASUDE terfokus terhadap lingkungan Sungai Deli dan anak-anak yang berada di pinggiran sungai dengan program kegiatan belajar mengajar dengan anak-anak di pinggiran Sungai Deli dan membersihkan Sungai Deli . Kedua komunitas ini saling bersinergi untuk melestarikan Sungai Deli meskipun sinergi yang mereka lakukan sifatnya tidak berkelanjutan hanya selesai disaat itu saja.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Komunitas Go River dan KOPASUDE merupakan komunitas yang berperan dalam melestarikan Sungai Deli dengan program-program yang mereka miliki dan kedua komunitas ini melakukan sinergi dengan sesama komunitas maupun bersinergi dengan pihak luar untuk melestarikan Sungai Deli meskipun sinergi yang mereka lakukan sifatnya tidak berkelanjutan hanya selesai disaat itu saja.

Kata-Kata Kunci : Komunitas, Sinergi

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...