Program Kerja Ipa Club

20 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PROGRAM KERJA

PROGRAM KERJA

“SAINS CLUB”

“SAINS CLUB”

SMP NEGERI 2 PARIGI

SMP NEGERI 2 PARIGI

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA

KABUPATEN PANGANDARAN

KABUPATEN PANGANDARAN

2017/2018

2017/2018

(2)

KATA PENGANTAR KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan program kerja

karunianya kami dapat menyelesaikan program kerja “Sains Club”“Sains Club”. Tidak lupa shalawat. Tidak lupa shalawat serta salam bagi junjungan alam nabi besar Muhammad SAW serta bagi para pengikutnya serta salam bagi junjungan alam nabi besar Muhammad SAW serta bagi para pengikutnya hingga akhir zaman.

hingga akhir zaman.

Pelaksanaan kegiatan suatu organisasi tentu diperlukan suatu program sebagai Pelaksanaan kegiatan suatu organisasi tentu diperlukan suatu program sebagai acuan dan target. Program Kerja ini dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan acuan dan target. Program Kerja ini dijadikan sebagai pedoman dalam menjalankan  program “Sains

 program “Sains Club”Club”. Harapan kami semoga kegiatan yang direncanakan dapat berjalan. Harapan kami semoga kegiatan yang direncanakan dapat berjalan sesuai yang telah diprogramkan dan memperoleh hasil yang maksimal.

sesuai yang telah diprogramkan dan memperoleh hasil yang maksimal.

Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun kami harapkan demi sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun kami harapkan demi kesempurnaan program kerja “

kesempurnaan program kerja “Sains ClubSains Club””. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat  bagi kita semua

 bagi kita semua

Parigi, 14 Agustus 2017 Parigi, 14 Agustus 2017

(3)

A. Latar Belakang

Sekolah menengah pertama merupakan sekolah formal yang memberikan ilmu pengetahuan dasar dan bekal untuk pedidikan selanjutnya. Melalui KBM,  peserta didik dditransfer ilmu pengetahuan secara teori dan praktik. Selain itu merka  juga dididik oleh guru yang menyangkut budi pekerti dan kepribadian. Guru

mendidik tidak hanya sebatas transfer ilmu tetapi harus membimbing peserta didik melalui keteladanan dan uswah (contoh) yang berkesinambungan.

Tahun pelajaran 2017/2018, SMPN 2 parigi menerapkan Kurikulum 2013 untuk kelas VII dan kelas VIII. Pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan  pada aspek afektif atau perubahan perilaku kompetensi yang ingin dicapai adalah

kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan, disamping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan. Dalam kurikulum 2013, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik, yang menggunakan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan. Kurikulum 2013 memberikan peluang dan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh wawasan yang lebih luas, tidak hanya memperoleh pengajaran dan dan pendidikan, tetapi peserta didik juga memperoleh  pengajaran dan pendidikan melalui kegiatan ekstrakulikuler dan pengembangan diri. Tujuannya dalah peserta didik memperoleh pengalaman langsung di dunia nyata dan untuk menggali potensi dan bakat yang dimilikinya. Oleh karena itu, kegiatan pengembangan diri sangat penting keberadaannya dalam organisasi sekolah.

Sesuai dengan kurikulum 2013, visi, misi dan tujuan satuan pendidikan SMPN 2 Parigi, maka dibentuklah “Sains Club” sebagai salah satu kegiatan ekstrakulikuler pengembangan diri. Program “Sains Club” pada dasar nya bertujuan untuk mengembangkan dan mewujudkan nilai-nilai keterampilan proses ilmiah  berbasis teknologi modern, baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya. Selain itu, program “Sains Club” juga mengarahkan agar peserta didik mampu memiliki kemampuan yang bisa bersaing di tingkat global di dunia sains. Salah satunya melalui ajang Olimpiade Sains nasional (OSN).

(4)

B. Tujuan

1. Tujuan Umum

Secara umum program “Sains Club” bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik yang tertarik di dunia sains untuk mengembangkan minatnya, meningkatkan mutu pendidikan sains melalui penumbuh kembangan budaya  belajar, kreatifitas dan motivasi untuk bersaing dan berprestasi di bidang sains,

dengan kompetisi yang sehat serta menjunjung nilai-nilai sportivitas. 2. Tujuan Khusus

a. Menyediakan wahana bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Sains khususnya IPA sehingga dapat berkreasi dan berinovasi sesuai dengan kemampuannya.

 b. Memotivasi siswa agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan norma-norma yang sehat sehingga dapat memacu kemampuan berfikir nalar.

c. Menjaring bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta Olimpiade Sains Nasional (OSN)

C. Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan pada program “Sains Club” terbagi menjadi dua bagian,

yaitu:

1. Kegiatan pengembangan diri

2. Kegiatan Pembinaan Prestasi (Bimbingan Olimpiade)

D. Sasaran

Sasaran program “Sains Club”SMPN 2 Parigi adalah pemberdayaan potensi  peserta didik kelas VII dan kelas VIII, diutamakan yang memiliki prestasi dan minat di bidang sains. Adapun jumlah siswa yang mengikuti program ini berjumlah 24 dengan rincian masing-masing 2 orang/kelas dari kelas VII dan kelas VIII.

(5)

BAB II

PROGRAM “SAINS CLUB”

A. JENIS KEGIATAN DAN SILABUS KEGIATAN

Jenis kegiatan meliputi kegiatan pengembangan diri, penerapan nilai-nilai keterampilan proses sains, dan pembinaan prestasi untuk persiapan mengikuti OSN 2018.

1. Kegiatan pengembangan diri

Jenis kegiatan ini meliputi kegiatan-kegiatan pengembangan diri dan penerapan nilai-nilai keterampilan proses sains. Kegiatan diarahkan untuk para peserta didik yang memiliki minat di bidang sains.

Jenis kegiatan pengembangan diri program “Sains Club” SMPN 2 Parigi:

a. Pengenalan ruang lingkup sains

Adalah kegiatan yang dilakukan sebagai sarana pengenalan peserta didik terhadap ruang lingkup sains. Kegiatan ini dilakukan di awal pertemuan dalam bentuk dialog interaktif.

 b. Pembuatan kliping artikel sains

Sebagai tindak lanjut dari pengenalan peserta didik terhadap bidang sains, mereka diberi tugas untuk membuat kliping artikel sains secara

 berkelompok. Peserta didik ditugaskan untuk menganalisis dan

mengomentari salah satu artikel yang disukai, kemudian dipresentasikan di depan kelas. Peserta didik yang lain memberikan komentar sehingga

terjadi diskusi interaktif. c. Mading Sains

Yaitu pembuatan mading yang berisi informasi-informasi hangat dan aktual seputar sains, poster-poster sain, dan karya karya kreatif lain yang  berbau sains.

d. Diskusi sains

e. Mendiskusikan topik tertentu yang sedang hangat, seperti isu pemanasan global, teknologi pembuatan bahan bakar terbarukan dan lain2.

(6)

Melakukan percobaan ilmiah sederhana menggunakan bahan-bahan yang ada di laboratorium dan yang tersedia di lingkungan sekitar. Percobaan  bisa dilakukan melalui metode demonstrasi atau perkelompok. Percobaan

yang bisa dilakukan antara lain, percobaan memasukkan telur dalam botol,  percobaan newton, dan lain-lain.

g. Praktek kecakapan hidup ( Life Skill)

Yaitu mengaplikasikan beberapa contoh penerapan bioteknologi sederhana, seperti praktek membuat yogurt, tempe, tape, pengolahan limbah, dll.

h. Observasi lingkungan/ praktik lingkungan

Misalnya mengobservasi berbagai ekosistem; sawah, sungai, taman, dll. i. Penghijauan

Kegiatan ini bertujuan untuk memperindah dan mempercantik lingkungan SMPN 2 parigi, sekaligus dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran mata pelajaran IPA khususnya biologi.

 j. Bimbingan dan pengayaan materi pelajaran, Terutama mata pelajaran IPA.

k. Pembuatan karya ilmiah/produk ilmiah

Seperti pembuatan kamus biologi, kumpulan rumus fisika, membuat artikel ilmiah, praktek membuat alat penjernih air, pembuatan lilin aroma terapi, dll.

l. Piket kebersihan laboratorium Silabus terlampir.

2. Kegiatan Pembinaan Prestasi (OSN)

Sasaran dari program pembinaan ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang unggul dikelasnya terutama pada mata pelajaran IPA. Kegiatannya berupa bimbingan dan latihan soal-soal OSN. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan peserta didik agar termotivasi dan memiliki mental yang kuat untuk menjadi yang terbaik di ajang OSN. Silabus dan ruang lingkup materi dalam kegiatan pembinaan prestasi (OSN) disesuaikan dengan kurikulum SMP dan mengacu pada silabus OSN sains tahun-tahun sebelumnya. Adapun silabus Pembelajaran terdapat pada Lampiran.

(7)

B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Kegiatan pengembangan diri “Sains Club” dilaksanakan sekali dalam seminggu,

yaitu setiap hari Rabu pukul 14.00-15.30, sedangkan kegiatan pembinaan prestasi (OSN) dilaksanakan rutin seminggu sekali (senin-sabtu), waktu bisa bersamaan dengan kegiatan pengembangan diri atau disesuaikan dengan kesepakatan peserta dan guru pembimbing. Adapun tempat kegiatannya adalah di kampus SMPN 2 Parigi. Tabel 1. Jadwal Pelaksanaan

 No Kegiatan Pelaksanaan

1. 2. 3. 4.

Seleksi tingkat sekolah tahap awal Pembinaan dan pemberian materi

Seleksi tingkat sekolah tahap 2 Pembinaan Intensif

Agustus sd September 2017 September-Desember 2017

- Materi yang disampaikan mengacu pada silabus (jadwal dan materi pembelajaran terlampir.) Januari 2018

Januari-Maret 2018

- Penguatan materi, latihan soal dan  pembahasan soal-soal OSN IPA.

C. Anggaran Dana

Untuk menjamin kelangsungan dan kelancaran program kegiatan yang direncanakan tentu saja harus didukung dengan adanya keuangan. Adapaun keuangan organisasi diperoleh dari:

1. Iuran anggota (Swadaya), 2. Bantuan/ subsidi dari sekolah,

3. Bantuan dari pihak lain yang tidak mengikat.

D. Tata Tertib Peserta

1. Peserta hadir 10 menit sebelum kegiatan ekstrakurikuler dimulai

2. Kegiatan diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh masing  –   masing  pembimbing

3. Peserta mengikuti kegiatan dengan tertib

4. Jika ada hal –  hal yang ditanyakan maka peserta mengacungkan tangan 5. Selama kegiatan berlangsung peserta tetap menjaga kebersihan ruangan

6. Ak Bagi peserta yang berhalangan hadir wajib meminta ijin kepada pembimbing 7. Sebelum kegiatan ditutup diakhiri dengan doa bersama

(8)

8. Peserta meninggalkan ruangan dengan tertib , meja dan kursi dirapikan kembali jika kegiatan menggunakan metode diskusi atau permainan atau metode yang lain

(9)

BAB III PENUTUP

Sekian Program Kerja “Sains Club” ini kami susun agar dapat ditindaklanjuti. Semoga dengan adanya program kerja ini bisa menjadi masukan untuk pembinaan dan  pengembangan diri siswa terutama di bidang sains. Kami menyadari bahwa program kerja

ini belum sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kami harapkan.

Parigi, 14 Agustus 2017

Pembimbing,

Atin Tamimi, S.Pd. NIP. 19890617 201503 2 002

Mengetahui,

Pembina, Pembina II,

Hj. Karnih Ayuningsih, S.Pd Sutikno, S.Pd

NIP. NIP.

Mengesahkan,

Kepala SMPN 2 Parigi,

Drs. Muslihin, M.Pd NIP.

(10)

Lampiran 1. Program kerja dan silabus

RINCIAN PROGRAM SAINS ClUB

No. Jenis Kegiatan Tema Periodisasi Alokasi

waktu

1 Penghijauan 1. Penanaman tanaman hias 1 tahun sekali Semester 1 2. Pengklasifiasian tanaman dan pemberian

label tanaman di lingungan sekolah 1 kali Semester 1 2. Percobaan ilmiah

sederhana

Melakukan percobaan-percobaan ilmiah

sederhana menggunakan alat-alat yang tersedia di laboratorium 2 minggu sekali Semester 1 dan 2 3 Pembuatan  produk ilmiah

a. Penyusunan kamus Biologi SMP 1 tahun sekali Semester 2  b. Pengumpulan dan penyusunan

Rumus-rumus Fisika 1 tahun sekali Semester 2 c. Pembuatan alat penjernih air(demo) 1 tahun sekali Semester 2 d. Membuat lilin terapi 1 tahun sekali Semseter 2

4

Life skill (Bioteknologi sederhana

1. Yoghurt 1 tahun sekali Semester 1 2. Tape singkong 1 tahun sekali Semester 1 3. Nata de coco 1 tahun sekali Semester 1 5 Observasi alam Mengenal lebih dekat alam (ekosistem) 1 tahun 2 kali Semester 1

dan 2 6 Pengayaan dan

Bimbingan (Les)

1. Bimbingan tadik pada kegiatan Olimpiade

sains dan matematika - Semester 1

2. Les Jika ada

7 Mading Sains Pembuatan Mading sains 1 bulan sekali kontinu 9 Piket kebersihan 1. Lingkungan sekolah Kontinu

(11)

Silabus

Semes

ter Tema Kompetensi Dasar Indikator Pembelajaran Keterangan

1 Peghijauan Melakukan penanaman dan  penghijauan

1. Menginventarisir dan

mengklasifikasikan tumbuhan yang sudah terdapat di Kampus SMP Negeri 2 Parigi

2. Pemberian label pada tumbuhan/ tanaman yang sudah ada di lingkungan sekolah

3. Penanaman tumbuhan baru yang  belum ada dan diperlukan 4. Pemeliharaan dan perawatan

tanaman  Nama dengan menggunakan dua bahasa; Indonesia dan ilmiah. 2 Menjaga

kebersihan Mengolah Sampah

1. Pemisahan sampah berdasarkan  jenisnya: sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya 2. Daur ulang kertas

3. Daur ulang sampah plastik  4. Memusnahkan sampah Aplikasi dari ikrar hidup  bersih 1 dan 2 Observasi lingkungan

Pengamatan ekologi di lingkungan luar sekolah

1. Menjelaskan tentang jenis-jenis ekosistem

2. Pengenalan flora dan fauna 3. Penyegaran dan olah raga

Belajar sambil hiburan

Semes

ter Tema Kompetensi Dasar Indikator Pembelajaran Keterangan 1 Menjernihkan air  Menjernihkan air dengan alat

sederhana

1. Membuat alat filtrasi

2. Memperagakan proses destilasi. 2

Membuat produk IPA sederhana

Membuat alat pembelajaran sederhana

1. Membuat charta sistem  pencernaan, sistem pernapasan,

dan sistem gerak.

2. Membuat manometer/ pesawat hartl

1 karya ilmiah

Membuat produk Ilmiah yang  berhubungan dengan sain teknlogi

dan lingkungan hidup sekitarnya

1. Menyusun tulisan / karya ilmiah/ kliping tentang lingkungan hidup 2. Menyusun kamus IPA;

Kamus Fisika dan Kamus Biologi 3. Kampanye mengenai lingkungan

hidup, melalui tulisan di majalah dinding, Memanfaatkan mading dan internet sebagai media komunikasi

1 Bioteknologi  pembuatanmakanan hasilbioteknologi

1. Membuat tape singkong 2. Membuat yoghurt 3. Membuat nata de coco

1 Internet Pemanfaatan internet

1. Megumpulkan berbagai informasi dari media cetak, elektronik, dan internet yang berhubungan dengan lingkungan

2. Pembuatan e-mail dan blog KIR SMP Negeri 1 Ciamung

(12)

Semes

ter Tema Kompetensi Dasar Indikator Pembelajaran Keterangan 1 Menjernihkan air  Menjernihkan air dengan alat

sederhana

1. Membuat alat filtrasi

2. Memperagakan proses destilasi. 2

Membuat produk IPA sederhana

Membuat alat pembelajaran sederhana

1. Membuat charta sistem  pencernaan, sistem pernapasan,

dan sistem gerak.

2. Membuat manometer/ pesawat hartl

1 karya ilmiah

Membuat produk Ilmiah yang  berhubungan dengan sain teknlogi

dan lingkungan hidup sekitarnya

1. Menyusun tulisan / karya ilmiah/ kliping tentang lingkungan hidup 2. Menyusun kamus IPA;

Kamus Fisika dan Kamus Biologi 3. Kampanye mengenai lingkungan

hidup, melalui tulisan di majalah dinding, Memanfaatkan mading dan internet sebagai media komunikasi

1 Bioteknologi  pembuatanmakanan hasilbioteknologi

1. Membuat tape singkong 2. Membuat yoghurt 3. Membuat nata de coco

1 Internet Pemanfaatan internet

1. Megumpulkan berbagai informasi dari media cetak, elektronik, dan internet yang berhubungan dengan lingkungan

2. Pembuatan e-mail dan blog KIR SMP Negeri 1 Ciamung

Lampiran 2. Silabus Pembinaan OSN

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

No. Materi Lingkup Materi

1. Besaran pokok dan besaran turunan. 2. Satuan pokok dan satuan turunan. Pengukuran

3. Sistem satuan

1. 4. Standar satuan

5. Konversi satuan

6. Alat ukur dasar: mistar, jangka sorong, mikrometer, amperemeter, voltmeter. 7. Ketidakpastian hasil pengukuran. 1. Zat dan wujudnya :

a. Wujud zat dan perubahan wujud zat. b. Titik lebur dan titik beku, titik didih dan

titik embun, titik sublim.

2. Atom, unsur, molekul dan senyawa.

3. Larutan, campuran, asam, basa dan garam. 2. Zat dan kalor 4. Zat aditif dan adiktif/ psikotropika.

5. Perubahan fisika :

(13)

Lampiran 2. Silabus Pembinaan OSN

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

No. Materi Lingkup Materi

1. Besaran pokok dan besaran turunan. 2. Satuan pokok dan satuan turunan. Pengukuran

3. Sistem satuan

1. 4. Standar satuan

5. Konversi satuan

6. Alat ukur dasar: mistar, jangka sorong, mikrometer, amperemeter, voltmeter. 7. Ketidakpastian hasil pengukuran. 1. Zat dan wujudnya :

a. Wujud zat dan perubahan wujud zat. b. Titik lebur dan titik beku, titik didih dan

titik embun, titik sublim.

2. Atom, unsur, molekul dan senyawa.

3. Larutan, campuran, asam, basa dan garam. 2. Zat dan kalor 4. Zat aditif dan adiktif/ psikotropika.

5. Perubahan fisika :

a. Kalor dan perubahan temperatur (kalor enis dan kapasitas kalor).

b. Kalor dan perubahan wujud. c. Pemuaian.

6. Perubahan kimia

a. Konsep reaksi kimia sederhana . b. Kimia dalam kehidupan sehari-hari. 7. Perpindahan kalor :

a. Konduksi b. Konveksi c. Radiasi

(14)

No. Materi Lingkup Materi 1. Sumber energi 2. Usaha

3. Energi kinetik 4. Energi potensial Energi 5. Transformasi energi

3. 6. Hubungan usaha dan perubahan energi mekanik

7. Daya

8. Metabolisme (respirasi, fotosintesis) 9. Pencernaan makanan 10. Homeostasis 1. Besaran-besaran gerak 2. Gerak lurus 3. Gerak melingkar 4. Gerak parabolik

4. Gerak dan Gaya 5. Hukum-hukum Newton tentang gerak 6. Gaya dan tekanan

7. Pesawat sederhana

8. Sistem gerak pada makhluk hidup

9. Pengaruh gaya pada gerak makhluk hidup

1. Fluida statis:

a. Tekanan hidrostatis b. Prinsip Pascal

c. Prinsip Archimedes Fluida d. Tegangan permukaan 5. e. Meniskus dan kapilaritas

2. Fluida dinamis

3. Aliran fluida pada sistem makhluk hidup (peredaran darah, pernapasan, transport pada tumbuhan)

1. Getaran harmonik sederhana 2. Gelombang mekanik

6. Getaran, gelombang 3. Bunyi

dan Bunyi 4. Pendengaran

5. Sistem sonar hewan

6. Navigasi dalam migrasi hewan

(15)

No. Materi Lingkup Materi 1. Cahaya

2. Optik geometrik 7. Cahaya dan Optika 3. Optik fisik

4. Alat-alat optik

5. Mata dan mekanisme kerja mata

8. Kelistrikan dan 1. Listrik statis

Kemagnetan a. Gejala elektrifikasi b. Muatan listrik c. Hukum Coulomb

2. Konduktor, isolator, dan semikonduktor 3. Sumber gaya gerak listrik (ggl) primer

dan sekunder

4. Arus dan hambatan listrik 5. Rangkaian hambatan 6. Rangkaian arus searah 7. Hukum Kirchhoff 8. Energi dan daya listrik 9. Magnet dan sifat-sifatnya 10. Medan magnet di sekitar

penghantar berarus listrik

11. Gaya magnet pada muatan yang bergerak dalam medan magnet

12. Gaya magnet pada penghantar berarus yang berada dalam medan magnet 13. Ggl induksi

14. Transformator

9. IPBA 1. Sistem Tata Surya

2. Matahari, Bumi, dan Bulan 3. Struktur Bumi

4. Fenomena gempa dan gunung api

10. Ciri makhluk hidup 1.Asal usul makhluk hidup

2.Ciri-ciri makhluk hidup

3.Perbedaan makhluk hidup dan benda mati 4.Pengukuran faktor abiotik dan biotik

(16)

No. Materi Lingkup Materi 1. Dasar-dasar klasifikasi

2. Keanekaragaman tingkat gen, spesies, Keanekaragaman ekosistem

3. Lima dunia makhluk hidup (Regnum) 11. dan pengelompokan

4. Penyebab terjadinya keanekaragaman makhluk hidup

mahkluk hidup 5. Evolusi

6. Usaha-usaha dan pentingnya pelestarian 1. Struktur (bagian utama dan fungsi organel)

dan fungsi sel

12 Organisasi kehidupan 2. Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan (Eukariota) serta sel bakteri (Prokariota) 3. Konsep tingkatan organisasi kehidupan

(sel-aringan-organ-sistem organ-individu) 1. Konsep spesies, populasi, komunitas,

ekosistem dan biosfer.

2. Peran dan saling ketergantungan organisme dalam ekosistem.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelangsungan makhluk hidup 4. Siklus biogeokimia

5. Peranan organisme tanah 6. Pengukuran kesuburan tanah

7. Habitat dan adaptasi makhluk hidup 8. Konsep seleksi alam

13. Ekologi 9. Konsep pencemaran lingkungan dan usaha-usaha penanggulangannya

10. Hubungan kepadatan manusia terhadap kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan, lahan.

11. Pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kerusakan lingkungan

12. Pemanasan global dan dampak bagi ekosistem

13. Pentingnya tanah dan organisme yang hidup di tanah untuk keberlanjutan kehidupan

14. Konservasi lingkungan

(17)

No. Materi Lingkup Materi

1. Sel, jaringan dan organ pada tumbuhan 2. Struktur serta fungsi organ tubuh tumbuhan Struktur dan fungsi 3. Pemanfaatan prinsip tekanan pada fisiologi

14. tumbuhan tumbuhan

4. Difusi dan osmosis

5. Jenis hama dan penyakit yang umum menyerang tumbuhan

1. Sistem pencernaan 2. Sistem ekskresi 3. Sistem pernapasan 4. Sistem peredaran

5. Sistem saraf dan indera 15. SistemMakhluk hidup  –sistem pada 7. Sistem imun6. Sistem gerak

8. Sistem reproduksi 9. Homeostasis

10. Keterkaitan antar sistem makhluk hidup 11. Kelainan dan penyakit pada sistem

makhluk hidup

1.Konsep materi genetik (genom, kromosom, DNA, dan gen)

Pewarisan sifat 2.Konsep resesif, dominan, dan intermediet (dominansi tak lengkap)

16. 3.Prinsip dasar persilangan menurut hukum

Mendel

4.Penyakit genetik

5.Penerapan pewarisan sifat pada pemuliaan makhluk hidup

1.Konsep bioteknologi dan cabang-cabang ilmu biologi yang berperan di dalamnya 2.Produk bioteknologi konvensional dan

17. Bioteknologi modern yang ramah lingkungan

3.Manfaat dan dampak bioteknologi 4.GMO (genetically modified organisms) 5.Aplikasi teknologi reproduksi

6.Aplikasi bioteknologi pada sektor pangan

(18)

No. Materi Lingkup Materi

1. Penerapan sains untuk pengungkapan kasus kriminal

2. Sidik jari

3. Identifikasi dalam forensik 4. Penentuan jenis kelamin 18. Forensik 5. Tanda-tanda kematian

6. Jenis-jenis kematian

7. Penyebab dan cara kematian 8. Perkiraan waktu kematian korban 9. Pemeriksaan korban kriminalitas 10. Pengambilan sampel

1. Merancang percobaan

2. Menggunakan alat ukur sederhana 3. Merangkai alat percobaan

4. Melakukan observasi 19. Keterampilan Ilmiah 5. Mengumpulkan data

6. Mengolah data

7. Menginterpretasi data 8. Menarik kesimpulan

9. Memahami dan menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja

(19)

Lampiran 3.

RENCANA ANGGARAN KEGIATAN PROGRAM SAINS CLUB

1. Penggandaan soal-soal OSN 150.0000 2. Biaya operasional kegiatan selama 1 tahun 200.0000

(20)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :