BAB III METODE PENELITIAN. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode ini

Teks penuh

(1)

BAB III

METODE PENELITIAN

A. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode ini dianggap tepat untuk menggambarkan dan mengintrepetasikan secara sistematis fakta dan karakteristik masalah yang diteliti. Informasi – informasi faktual yang terkait dengan penelitian dicari dengan cara mendeskripsikan data – data dari peristiwa yang ada, khususnya dalam pembelajaran efek stompbox di sekolah musik Yumi. Hal ini sejalan dengan pendapat Sukardi (2003:157) bahwa “Penelitian deskriptif merupakan metode peneltian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek atau subjek sesuai dengan apa adanya”. Data diolah dengan menggunakan penelitian kualitatif lalu kemudian dianalisis dengan tujuan untuk menguraikan masalah – masalah sehubungan dengan penelitian, untuk selanjutnya diverifikasi dan dapat diambil kesimpulannya sesuai dengan data yang dibutuhkan. Penggunaan metode deskriptif diharapkan dapat menggali data – data tentang proses pembelajaran efek stompbox di sekolah musik Yumi, khususnya yang berhubungan dengan materi yang diajarkan, metode dan media yang digunakan, serta sistem evaluasi yang digunakan di dalam proses pembelajaran efek stompbox untuk siswa usia 13 - 18 tahun di Sekolah Musik Yumi.

(2)

Setelah seluruh data diperoleh, diolah, dianalisis, dan diverifikasi, langkah selanjutnya adalah menyusun hasil penelitian dengan membuat laporan dalam bentuk skripsi. Masalah yang diteliti adalah tentang bagaimana proses pembelajaran efek stompbox untuk siswa usia 13 - 18 tahun di Sekolah Musik Yumi dengan pola keterlibatan langsung antara pengajar dan siswa dilapangan.

B. Teknik Pengumpulan Data

Dalam melakukan pengumpulan data untuk dapat menghasilkan data penelitian yang diperlukan, peneliti menggunakan teknik – teknik pengumpulan data yaitu :

1. Observasi

Observasi dilakukan untuk memperoleh data – data secara umum tentang situasi dan kondisi serta untuk mendapatkan gambaran secara jelas tentang objek yang diteliti. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengamatan secara langsung mengenai proses pembelajaran efek stompbox untuk siswa usia 13 - 18 tahun di Sekolah Musik Yumi. Penelitian ini dilakukan setiap hari sabtu pukul 13.00 – 15.00 WIB. Waktu penelitian ini disesuaikan dengan jadwal pembelajaran untuk siswa usia 13 - 18 tahun di Sekolah Musik Yumi. Kegiatan observasi ini dilakukan dari awal bulan Agustus 2011 sampai dengan akhir bulan November 2011.

(3)

2. Wawancara

Wawancara dilakukan untuk mendapatkan penjelasan informasi yang lebih mendalam dari orang – orang yang dianggap lebih tahu tentang bahan kajian yang sedang diteliti. Wawancara dilakukan pada saat narasumber memiliki waktu yang luang. Wawancara awal dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2011 dan selanjutnya dilakukan dengan situasi dan kondisi yang tepat. Wawancara pertama dilakukan kepada Ari Suwignyo selaku pengajar gitar di Sekolah Musik Yumi. Wawancara selanjutnya dilakukan juga kepada siswa yang terkait.

3. Studi Pustaka

Studi pustaka ini dikaitkan pada sumber – sumber pustaka yang membahas masalah pembelajaran, khususnya pembelajaran musik. Media untuk studi pustaka yang digunakan oleh peneliti yaitu: buku, majalah, jurnal, laporan hasil penelitian, dan berbagai artikel di internet yang dianggap terpercaya. Hal ini dilakukan untuk membantu peneliti dalam menentukan landasan berfikir dan sebagai pijakan yang kuat dalam membangun kerangka berfikir. Acuan yang digunakan oleh penulis diantaranya adalah:

3.1. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi ( Wina Sanjaya, Kencana Jakarta )

Buku ini berisi tentang tinjauan teoritis mengenai bagaimana seharusnya guru melaksanakan pembelajaran dalam kerangka implementasi kurikulum berbasis kompetensi.

(4)

3.2. Gitar Plus edisi 54 ( Daniel, Grego Media Group )

Majalah Gitar Plus edisi 54 ini berisi tentang cara mengenali jenis-jenis efek stompbox dan juga menjelaskan fungsi dari setiap efek stompbox.

3.3. Gitarpedia ( Jubing Kristianto, Gramedia Pustaka Utama )

Buku ini berisi tentang pengetahuan dasar yang sangat diperlukan para pemain gitar, baik akustik maupun elektrik, yaitu mengenai tehnik permainan, peranti pendukung, teori musik dasar, dan sejarah gitar.

4. Studi Dokumentasi

Studi dokumentasi yang dilakukan dalam penelitian ini menunjang kekuatan hasil observasi dan wawancara. Dokumentasi yang digunakan sebagai data penelitian berbentuk tulisan dan gambar.

C. Teknik Pengolahan Data

Pengolahan data dilakukan setelah proses pengumpulan data selesai. Agar proses pendeskripsian berjalan secara terarah dan sistematis, pengolahan data penelitian ditempuh dengan langkah – langkah sebagai berikut :

1. Mengumpulkan dan mengklasifikasikan data dari hasil observasi dan wawancara dengan para narasumber mengenai pembelajaran efek stompbox lalu memilah dan memilih mana data primer dan data sekunder, setelah itu diolah sesuai dengan kebutuhan penelitian. Kemudian hasilnya dipaparkan lagi ke dalam laporan skripsi.

(5)

2. Penyajian data dengan maksud melakukan pembahasan dan menganalisis berdasarkan permasalahan yang dirumuskan, yaitu mengenai materi, metode, media dan evaluasi pembelajarannya.

3. Penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh selama penelitian, kemudian ditinjau ulang secara seksama dengan cara membandingkan data yang diperoleh untuk menemukan kekurangan dan kelebihan serta keunikan yang dapat menghasilkan kesimpulan.

D. Prosedur Penelitian

Langkah – langkah yang dilakukan peneliti dalam pelaksanaan penelitian proses pembelajaran efek stompbox sebagai media pelengkap dalam bermain gitar elektrik untuk siswa usia 13 - 18 tahun di sekolah musik Yumi Cimahi yaitu:

1. Tahap Persiapan

Peneliti mengumpulkan beberapa topik penelitian untuk diajukan kepada dewan skripsi jurusan Pendidikan Seni Musik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Indonesia. Kemudian dewan skripsi yang terdiri dari para dosen-dosen jurusan Pendidikan Seni Musik menetapkan satu judul yang terpilih. Judul yang ditetapkan adalah “Pembelajaran efek stompbox sebagai media pelengkap dalam bermain gitar elektrik untuk siswa usia 13 - 18 tahun di sekolah musik Yumi Cimahi”. Setelah judul tersebut ditetapkan, peneliti menyusun sebuah proposal penelitian yang diuji pada bulan Oktober tahun

(6)

penelitian diajukan ke fakultas dengan surat pengantar dari jurusan Pendidikan Seni Musik dan ditentukan dua orang dosen pembimbing. Kemudian fakultas mengeluarkan surat keputusan tentang legalitas penelitian ini. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti melakukan survey dan observasi awal terhadap lokasi penelitian.

2. Tahap Pelaksanaan

Pelaksanaan penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh dan mengumpulkan data dan informasi melalui teknik wawancara dan observasi. Peneliti merancang jadwal pengambilan data di Sekolah Musik Yumi Cimahi dengan menyesuaikan jadwal guru dan murid yang akan dijadikan sebagai objek penelitian. Peneliti adalah sebagai observer pasif. Disela proses pembelajaran, peneliti melakukan pengambilan data dengan mewawancara narasumber, yaitu Ari Suwignyo selaku pengajar gitar dan kedua orang murid yaitu Vicky dan Aldi. Hasil observasi dan wawancara dilengkapi oleh pengumpulan data lainnya sehingga peneliti mencapai data yang cukup. Disamping melakukan pengumpulan data, penelitipun melakukan proses bimbingan kepada dosen pembimbing dari jurusan Pendidikan Seni Musik yang telah ditentukan.

3. Tahap Penyusunan Laporan Penelitian

Dalam tahap ini peneliti melakukan pengumpulan, pemilahan, verifikasi, pengolahan, penganalisaan, penyusunan dengan dibimbing oleh dosen

(7)

menyelesaikan bab 1 sampai bab 4. Hasil dari ujian prasidang adalah peneliti harus melakukan revisi - revisi pada bagian yang masih dianggap kurang tepat. Akhirnya peneliti harus menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan dituangkan ke dalam bab 5. Setelah itu sebagai tahap akhir peneliti mengikuti ujian sidang skripsi.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :