t mtk 0907963 chapter5

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

95 BAB V

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

A. Kesimpulan

Berdasarkan hasil pengukuran, pengamatan, pengujian hipotesis dan pengkajian terhadap penerapan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing yang difokuskan untuk peningkatan kemampuan koneksi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA, maka terdapat beberapa hal penting yang dapat disimpulkan dari penelitian ini.

(1) Siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatan kemampuan koneksi matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajar matematika dengan pembelajaran konvensional. (2) Siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing memperoleh peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik dibanding siswa yang belajar matematika dengan pembelajaran konvensional

(3) Terdapat hubungan yang saling mempengaruhi antara kemampuan koneksi dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran melalui metode penemuan terbimbing.

B. Rekomendasi

(2)

96

Beberapa rekomendasi yang dapat disampaikan penulis dalam laporan penelitian ini adalah sebagai berikut:

1. Pembelajaran matematika melalui metode penemuan terbimbing sebaiknya terus dilakukan agar peran siswa dalam pembelajaran lebih dominan dari pada guru.

2. Dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing, diskusi kelompok hendaknya diupayakan secara optimal agar siswa lebih leluasa mengeksplorasi pengetahuannya dan saling berinteraksi dalam kelompoknya untuk menemukan konsep atau menyelesaikan persoalan yang diberikan oleh guru atau dari Lembar Kegiatan Siswa.

3. Metode pembelajaran ini merupakan suatu cara untuk menyampaikan ide/gagasan melalui proses menemukan dan membiasakan peserta didiknya mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.

4. Dalam melakukan kegiatan pembelajaran menggunakan metode penemuan terbimbing, usahakan siswa berani tampil mengemukakan pendapat atas jawaban yang ia peroleh baik secara individu maupun dari hasil kerja kelompoknya.

5. Beberapa aspek kemampuan matematis seperti kemampuan koneksi dan pemecahan masalah, penting diberikan kepada siswa agar mereka terbiasa menyelesaikan persoalan matematis dalam kehidupan sehari-hari.

(3)

97

maka ia bertindak hanya mengarahkan saja tanpa mengurangi aktivitas menemukan oleh siswa itu sendiri.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...