SKRIPSI. Diajukan untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Teks penuh

(1)

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI TUGAS PIKET MENGGUNAKAN MEDIA TUGASKU TANGGUNG JAWABKU DI SD NEGERI 2 KECILA

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Oleh:

SEPTI NUGRAHENI 1301100028

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

(2)
(3)
(4)
(5)

ABSTRAK

Pendidikan karakter adalah pembentukan kepribadian dan nilai-nilai atau norma-norma hidup di dalam kehidupan manusia. Pendidikan karakter menjadi pembentukan watak dan sikap seseorang untuk mencapai karakter yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan tugas piket untuk mengembangkan karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab, bentuk perkembangan karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab setelah melaksanakan kegiatan tugas piket menggunakan media tugasku tanggung jawabku, faktor penghambat kegiatan tugas piket dan upaya mengatasi hambatan pelaksanaan tugas piket di SD Negeri 2 Kecila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Proses pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumen. Partisipan penelitian yaitu kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua peserta didik SD Negeri 2 Kecila. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan tugas piket untuk mengembangkan karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab dilakukan melalui penerapkan kegiatan tugas piket menggunakan media tugasku tanggung jawabku pada kelas-kelas. Hambatan kegiatan tugas piket adalah peserta didik yang malas dan keluhan orang tua. Upaya mengatasinya dengan menasehati, memotivasi, memberi perhatian, teguran dan berkomunikasi dengan orang tua.

Kata kunci : pendidikan karakter mandiri, pendidikan karakter disiplin, pendidikan karakter tanggung jawab, tugas piket, media tugasku tanggung jawabku.

(6)

MOTTO

,

,

"Barang siapa menginginkan soal-soal yang berhubungan dengan dunia, wajiblah ia memiliki ilmunya ; dan barang siapa yang ingin (selamat dan berbahagia) di akhirat, wajiblah ia mengetahui ilmunya pula; dan barangsiapa yang menginginkan kedua-duanya, wajiblah ia memiliki ilmu kedua-duanya pula" (HR.Bukhari&Muslim)

“Jangan pernah membanggakan orang lain, sebelum anda membanggakan diri anda sendiri”

(7)

PERSEMBAHAN

Alhamdulillah segala puji bagi Alloh SWT yang selalu memberikan kemudahan dalam mengerjakan skripsi ini. Dengan tulus dan ikhlas kupersembahkan skripsi ini kepada :

 Kedua orang tuaku tercinta

Ibu Yatmi dan Bapak Salman yang selalu mendo’akan, memberikan kasih sayang dan memberikan kecupan semangatnya untukku dalam mengerjakan skripsi ini dengan penuh keoptimisan.

 Kakakku dan adiku tersayang

Beti Nurjanah dan Lestari Handayani yang selalu memberikan dukungan dan motivasi-motivasi kecilnya dalam setiapku melangkah.

(8)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh,

Alhamdulillahirabbil’alamin, puji syukur peneliti panjatkan ke hadirat

Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga sampai saat ini masih memberikan kesempatan untuk dapat menyelesaikan skripsi dengan judul “Penguatan Pendidikan Karakter Mandiri, Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Tugas Piket Menggunakan Media Tugasku Tanggung Jawabku di SD Negeri 2 Kecila”. Shalawat serta salam peneliti panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW, sang revolusional sejati yang selalu menjadi teladan bagi setiap umat manusia. Skripsi ini disusun sebagai persyaratan memperoleh gelar sarjana pendidikan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Pendidikan karakter adalah proses pembentukan kepribadian yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku. Kepribadian itu merupakan abstraksi dari individu dan kelakuannya sebagaimana halnya dengan masyarakat kebudayaan. Seseorang baru bisa disebut orang yang berkarakter (a person of

character ) apabila tingkah lakunya sesuai kaidah moral. Karakter peserta didik

dapat dibentuk melalui keteladanan dan pembiasaan. Pembiasaan dan keteladanan yang dilakukan di SD Negeri Kecila yaitu melalui tugas piket. Kegiatan tugas piket dirancang menggunakan media “Tugasku Tanggung jawabku” yang mana media tersebut dapat menanamkan karakter mandiri, disiplin dan tanggung jawab.

(9)

Media piket ini mempunyai dampak yang melebar. Siswa dapat mengerjakan tugas piketnya sendiri sesuai dengan kemampuannya. Siswa datang lebih awal untuk melaksanakan tugasnya masing-masing karena sudah menganggap bahwa itu adalah sebuah kewajiban.

Skripsi ini terdiri dari 5 bab. Bab 1 menjelaskan latar belakang masalah, pertanyaan penelitian, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Bab 2 mengkaji teori yang digunakan untuk dasar analisis hasil penelitian dan penelitian yang relevan. Bab 3 menjelaskan tentang metode penelitian, tempat penelitian, instrumen penelitian, partisipan penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan pengujian keabsahan data. Bab 4 memaparkan hasil penelitian dan pembahasan. Bab 5 menyampaikan kesimpulan dan saran. Peneliti menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih jauh dari sempurna karena keterbatasan kemampuan dan pengetahuan. Skripsi ini dapat selesai tidak lepas dari dari pihak-pihak yang membantu. Pada kesempatan ini peneliti menyampaikan terimakasih kepada:

1. Dr.H. Syamsyuhadi Irsyad, S.H., M.H., Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto,

2. Drs. Pudiyono, M.Hum., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwokerto,

3. Drs. Sony Irianto, M.Pd., Ketua Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Dosen Pembimbing 1 yang telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan, motivasi, arahan, dan masukan dalam penyusunan skripsi ini,

(10)

4. Dr Sriyanto, M.Pd., Dosen Pembimbing II yang juga telah meluangkan waktu untuk memberikan bimbingan, motivasi, arahan, dan masukan dalam penyusunan skripsi ini,

5. Segenap dosen PGSD UMP, yang telah memberikan ilmu dan pengalaman yang luar biasa,

6. Khasanatun, S.Pd., Kepala Sekolah SD Negeri 2 Kecila, yang telah memberikan ijin penelitian dan membantu peneliti dalam melaksanakan penelitian.

7. Moh Durori, S.Pd., Guru SD Negeri 2 Kecila, yang telah membantu peneliti dalam melaksanakan penelitian,

8. Semua pihak yang telah membantu melaksanakan penelitian.

Semoga Alloh SWT senantiasa membalas kebaikan beliau semua. Peneliti berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat, diterima, dan menambah wawasan bagi semua pihak khususnya pada dunia pendidikan sekolah dasar. Tidak ada yang dapat peneliti berikan selain ucapan terimakasih dan semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran dalam menurut ilmu.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh.

Purwokerto, 15 Juni 2017

(11)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

SURAT PERNYATAAN... iv

ABSTRAK ... v

MOTTO ... vi

PERSEMBAHAN ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

DAFTAR ISI ... xi

DAFTAR TABEL ... xiii

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR LAMPIRAN ... xv BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang... 1 B. Rumusan Masalah ... 5 C. Tujuan Penelitian ... 5 D. Manfaat Penelitian ... 6

BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Landasan Teori ... 7

1. Pendidikan Di Sekolah Dasar ... 7

2. Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar ... 7

3. Media Tugasku Tanggung jawabku ... 8

4. Pendidikan Karakter ... 9

5. Karakter Mandiri ... 23

6. Karakter Disiplin ... 25

7. Karakter Tanggung jawab ... 26

8. Piket ... 28

(12)

BAB III METODOLOGI PENELITIAN

A. Metode Penelitian ... 34

B. Tempat Penelitian ... 34

C. Instrumen Penelitian ... 35

D. Partisipan Penelitian ... 36

E. Teknik Pengumpulan Data ... 36

F. Teknik Analisis Data ... 41

G. Pengujian Keabsahan Data ... 43

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A. Implementasi Kegiatan Tugas Piket Untuk Mengembangkan Karakter Mandiri, Disiplin dan Tanggung jawab di SD Negeri 2 Kecila ... 45

B. Faktor Penghambat Kegiatan Tugas Piket di SD Negeri 2 Kecila ... 56

C. Upaya Mengatasi Hambatan Dalam Kegiatan Tugas Piket di SD Negeri 2 Kecila. ... 58

BAB V SIMPULAN DAN SARAN A. Simpulan ... 60

B. Saran ... 61

DAFTAR PUSTAKA ... 62

(13)

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1 Indikator kemandirian dalam penelitian ... 24

Tabel 2.2 Indikator disiplin dalam penelitian ... 26

Tabel 2.3 Indikator tanggung jawab dalam penelitian ... 28

Tabel 2.4 Indikator tugas piket dalam penelitian ... 31

Tabel 3.1 Daftar partisipan penelitian ... 36

Tabel 3.2 Kisi-kisi observasi ... 37

Tabel 3.3 Kisi-kisi wawancara kepala sekolah ... 39

Tabel 3.4 Kisi-kisi wawancara guru ... 39

Tabel 3.5 Kisi-kisi wawancara peserta didik ... 40

(14)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1 Komponen dalam analisis data ... 42

Gambar 3.7 Triangulasi data dengan tiga sumber ... 44

Gambar 4.1 Media Tugasku Tanggung Jawabku ... 45

Gambar 4.2 Peserta didik sedang mengambil kartu tugas dan buku tugas ... 49

Gambar 4.3 Peserta didik membacakan di depan kelas dan dipasang sesuai namanya masing-masing. ... 50

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Pedoman Wawancara

Lampiran 2 Pedoman Observasi Kegiatan Tugas Piket Lampiran 3 Kisi-Kisi Observasi dan Wawancara Lampiran 4 Reduksi Data

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :