• Tidak ada hasil yang ditemukan

PEMANFAATAN PEMANDIAN UMUM UNTUK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MIKROHIDRO ( PLTMh ) Pemanfaatan Pemandian Umum Untuk Pembangkit Tenaga Listrik Mikrohidro (PLTMH) Menggunakan Kincir Tipe Overshot.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "PEMANFAATAN PEMANDIAN UMUM UNTUK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MIKROHIDRO ( PLTMh ) Pemanfaatan Pemandian Umum Untuk Pembangkit Tenaga Listrik Mikrohidro (PLTMH) Menggunakan Kincir Tipe Overshot."

Copied!
16
0
0

Teks penuh

(1)

i

PEMANFAATAN PEMANDIAN UMUM UNTUK

PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MIKROHIDRO ( PLTMh )

MENGGUNAKAN KINCIR TIPE

OVERSHOT

TUGAS AKHIR

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Akhir dan Memenuhi Syarat-syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Teknik Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Diajukan oleh:

Aryo Hendarto P

D400100065

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hidayah dan inayahNYA, sehingga sampai detik ini masih diberi kesempatan untuk menjalankan perintahNYA dan menjauhi laranganNYA. Sholawat serta salam bagi Nabi Muhammad SAW beserta, keluarga, sahabat dan pengikutnya yang selalu ditunggu dan dinanti syafa’atnya dihari akhir nanti, amin.. yaa robbal allamin.

Alhamdulillah hanya padaMU ya Allah, dengan hidayahMU penulis dapat menyelesaikan dan menyusun laporan tugas akhir ini. Tugas akhir ini disusun dan diajukan sebagai syarat untuk kelulusan dan mendapatkan gelar Sarjana Teknik di Jurusan Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta. Adapun judul yang penulis ajukan adalah : PEMANFAATAN PEMANDIAN UMUM UNTUK PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK MIKROHIDRO (PLTMh)

MENGGUNAKAN KINCIR TIPE OVERSHOT Penyusunan tugas akhir ini penulis mendapatkan dukungan dan saran dari berbagai pihak, guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada :

1. Bapak Ir. Agus Riyanto, MT selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiayah Surakarta.

(5)

v

3. Bapak Hasyim Asy’ari, ST. MT, selaku Pembimbing II yang telah memberikan bimbingan, dukungan, dan pengarahan kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir ini.

4. Bapak Hasyim Asy’ari, MT Bapak Umar, ST. MT, dan Bapak Agus Supardi, ST. MT selaku penguji Tugas Akhir.

5. Bapak Agus Supardi, ST. MT selaku Pembimbing Akademik yang telah banyak membimbing selama menempuh studi di Teknik Elektro UMS 6. Segenap dosen dan karyawan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

7. Ayahanda (alm) dan Ibunda tercinta “terimah kasih atas do’a, kasih sayang, dukungan, dan materi yang senantiasa tercurah untuk Ananda”

yang selalu memberikan “segalanya “ untuk kehidupan dan keberhasilan

Ananda.

8. Kakak-adikku tersayang”terimah kasih atas dukungan, nasehat dan kebersamaanya”.

9. Keluarga Besar di Kudus dan Surakarta terima kasih semuanya atas dukungan dan semangat.

(6)
(7)

vii

MOTTO

 "Live good, honorable life. Then when you get older and think back, you'll be able to enjoy it a second time. - Hiduplah dengan baik dan penuh arti.

Supaya kelak di saat Anda tua dan mengingatnya kembali, Anda akan

menikmatinya kembali selama beberapa saat."

(Dalai Lama)

 berjuang dan selalu bersabar (jangan pernah menyerah) adalah kunci keberhasilan

(Penulis)

 The future is not about tomorrow, the future is about what you are doing today.- Hari esok Anda ditentukan oleh semua yang Anda lakukan hari ini.

Hari ini adalah persiapan untuk hari esok.

(Penulis)

 …H y y e e y

(Q.S. 39 Az-Zumar : 10)

 Bahwa tiada yang orang dapatkan, kecuali yang ia usahakan

(Q.S. An Najm : 39)

(8)

P.E.R.S.E.M.B.A.H.A.N

Allah Azza wa Jalla yang senantiasa melimpahkan nikmat-nikmatnya kepadaku, bersama Sang Uswatun Khasanah, Rasulallah SAW.

 Pemilik Cinta Yang Sejati

Ayahanda (alm) I unda y g u i g y

untuk kehidupan dan keberhasilan anak-anaknya

 Keluarga Besar

Di Kudus dan Surakarta

 Kotaku Tercinta Kudus (Jawa Tengah)

 Sahabat-Sahabatku Seperjuangan, Ruki, Bayu, Reval, Arya, Budi, Eko Prasetyo, Zainal Rifai, Agus Widodo dan Laru.

 Sahabat-Sahabatku Di Kota Kudus, Semarang dan Kota Solo

 Keluarga Mahasiswa Teknik Elektro (KMTE)

(9)

ix

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1. Telaah Penelitian ... 4

2.2. Landasan Teori ... 5

(10)

2.2.2. Kincir Air (Water Wheel) ... 8

BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3.1. Prosedur Penelitian ... 21

BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN 4.1. Hasil Penelitian ... 27

(11)

xi BAB V PENUTUP

5.1. Kesimpulan ... 35 5.2. Saran ... 35 DAFTAR PUSTAKA

(12)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1. Kincir Air Overshot ... 8

Gambar 2.2. Kincir Air Undershot ... 9

Gambar 2.3. Kincir Air Breastshot ... 10

Gambar 2.4.Kincir Air Tub ... 10

Gambar 3.1. Diagram Alur Penelitian Pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro ... 26

Gambar 4.1. Diagram Batang Pengukuran Tegangan Terhadap Beban Pada Debit 0,017427 m3/s dan Debit 0,005228 m3/s ... 28

Gambar 4.2. Diagram Batang Hasil Penelitian Kecepatan Turbin air Terhadap Tegangan Pada Beban Tertentu ... 29

Gambar 4.3. Diagram Batang Perbandingan Daya Alternator Menurut Perhitungan ... 31

(13)

xiii

DAFTAR TABEL

Tabel 2.1. Data Potensi dan Kapasitas Daya Kincir ... 11

Tabel 2.2. Pengelompokan Turbin ... 12

Tabel 2.3. Daerah Operasi Turbin ... 12

Tabel 3.1. Spesifikasi Alternator ... 22

Tabel 3.2. Rincian Rencana Penelitian dan Pembuatan Laporan ... 23

Tabel 4.1. Pengukuran Turbin Air Pada Diameter 10 cm dan Kecepatan Air 2,22 m/s ... 27

Tabel 4.2. Pengukuran Turbin Air Pada Diameter 6 cm dan Kecepatan Air 1,85 m/s ... 28

Tabel 4.3. Daya Alternator Pada Diameter 10 cm dan Kecepatan air 2,22 m/s Menurut Perhitungan ... 30

Tabel 4.4. Daya Alternator Pada Diameter 6 cm dan Kecepatan air 1,85 m/s Menurut Perhitungan ... 30

Tabel 4.5. Daya Kinetik Air Pada Diameter 10 cm dan Kecepatan air 2,22 m/s ... 30

(14)

DAFTAR KONTRIBUSI

Tugas Akhir ini terrwujud setelah mendapatkan inspirasi dan topik yang akan dituang ke dalam Tugas Akhir, penulis berkonsultasi dengan Bapak Hasyim Asy’ari S.T, M.T,. Beliau menawarkan untuk membuat energi alternatif

terbarukan, khususnya energi tersebut mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan energi terutama di daerah pedesaan.

Setelah berkonsultasi dengan Bapak Hasyim Asyi’ari, S.T, M.T mengenai judul Tugas Akhir dan beliau bersedia untuk membimbing penulis dalam menyusun laporan Tugas Akhir ini. Beliau juga menyarankan untuk dosen pembimbing I Tugas Akhir ini adalah Bapak Ir. jatmiko, M.T. Setelah seminar Proposal Tugas Akhir ada beberapa saran dan masukkan dari dosen penguji demi perbaikkan Tugas Akhir ini.

Penelitian ini dilakukan di Pemandian Umum Jolotundo, desa Susuhan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah penulis mencari alat dan bahan yang sesuai dengan rancangan. Setelah alat dan bahan terkumpul kemudian melakukan perancangan kerangka penyangga, dan kincir. Dalam perancangan dan perakitan penulis melakukan beberapa kali eksperimen / percobaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan alat bisa dilakukan pengujian.

(15)
(16)

ABSTRAKSI

Pembuatan pembangkit listrik tenaga mikrohidro ini bertujuan untuk mengetahui keluaran tegangan yang dihasilkan dari pemanfaatan kincir tipe overshot pada pemandian umum di daerah Jatinom, Klaten, Jawa Tengah dan sekaligus memanfaatan energi terbarukan secara optimal terutama air.

Pemanfaatan Pemandian Umum Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro ini menggunakan kincir tipe overshot. Desain kincir dibuat sedemikian rupa agar dapat memutar rotor alternator secara maksimal, karena kincir digunakan sebagai penggerak awal. Sistem pembangkit ini memanfaatkan alternator sebagai pembangkit listrik, kemudian diubah dengan memakai inverter untuk mendapatkan keluaran AC.

Tegangan yang dihasilkan alternator tergantung pada diameter pipa dan kecepatan air, untuk diameter 10 cm dan kecepatan air 2,22 m/s mampu memutar turbin dengan kecepatan sebesar 3230 rpm. Debit air sebesar 0,017427 (m3/s) jika dibebani lampu 14 watt, 23 watt, dan 37 watt mampu mengeluarkan tegangan rata-rata sebesar 11,3 volt sebelum inverter dan 216,67 volt setelah inverter, sedangkan dengan diameter 6 cm dan kecepatan air 1,85 m/s mampu memutar turbin dengan kecepatan sebesar 1600 rpm. Debit air sebesar 0,005228 (m3/s)jika dibebani lampu 14 watt, 23 watt, dan 37 watt mampu mengeluarkan tegangan rata-rata sebesar 12,4 volt sebelum alternator dan 212,67 volt setelah inverter.

Referensi

Dokumen terkait

Penyebaran tarekat Naqsyabandiyah di Tapanuli Bagian Selatan hampir langsung mengikuti para juru dakwah Islam pertama, yang pengaruhnya datang dari dua sumber, yaitu dari

Pneumonia atau radang paru merupakan salah satu penyakit yang diperkirakan telah mengakibatkan 4 juta anak balita meninggal tiap tahun.. Pneumonia menjadi penyebab tunggal

Lampiran B Tabulasi Data Kuesioner .... Lampiran C Uji

Strategi promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara diantaranya seperti merek dan kemasan ( brand), melalui media sosial, menggunakan leaflet, Penjualan tatap

Hasil evaluasi pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat (ppm) Ipteks bagi masyarakat (I b M) ini dapat dikatakan berhasil dengan indikator berdirinya jaringan sekunder

[r]

[r]

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayahNya sehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiah tertulis yang berjudul “ Analisis Usahatani