6.1.4.1 Panduan Dan Instrumen Survei, Bukti Pelaksanaan Survei Untuk Memperoleh Masukan Dari Tokoh Masyarakat, Lsm, Dan Atau Sasaran.

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PANDUAN

PANDUAN

SURVEI UNTUK MEMPEROLEH MASUKAN DARI

SURVEI UNTUK MEMPEROLEH MASUKAN DARI

TOKOH MASYARAKAT, LEMBAGA SWADAYA

TOKOH MASYARAKAT, LEMBAGA SWADAYA

MASYARAKAT DAN ATAU SASARAN

MASYARAKAT DAN ATAU SASARAN

UPT PUSKESMAS JIPUT

UPT PUSKESMAS JIPUT

KABUPATEN PANDEGLANG

KABUPATEN PANDEGLANG

TAHUN 2018

TAHUN 2018

(2)

BAB I

PENDAHULUAN

 A. Latar Belakang

Dalam melaksanakan kegiatan sebagai penyelenggara upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama di wilayah kerjanya, salah satu wewenang puskesmas sesuai PERMENKES Nomor 75 Tahun 2014 pasal 6 adalah melaksanakan perencanaan berdasarkan analisis masalah kesehatan masyarakat dan kebutuhan-kebutuhan pelayanan yang diberikan. Masalah kesehatan serta kebutuhan-kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap kegiatan dan progam upaya kesehatan masyarakat di identifikasi sebagai salah satu dasar perencanaan progam dan kegiatan upaya kesehatan masyarakat di puskesmas.

Identifikasi tersebut dilakukan melalui metode antara lain :

1.  Penyebaran kuisioner untuk perbaikan mutu dan kinerja yang diperoleh dari

tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

2. Diskusi dan penyampaian informasi tentang masukan perbaikan mutu dan

kinerja Puskesmas Jiput pada kegiatan lokakarya mini lintas sektor dan tokoh masyarakat.

Untuk menjamin perbaikan mutu dan peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat di Puskesmas Jiput maka perlu adanya pemberdayaan sasaran dalam perbaikan kinerja dengan memberikan masukan yang diperoleh dari survei.

B. Tujuan

Sesuai dengan prinsip perbaikan mutu dan kinerja yang berfokus pada perbaikan, maka melalui masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran diharapkan berperan serta dalam upaya perbaikan mutu dan kinerja. Kegiatan pemberdayaan pengguna dan masyarakat tidak hanya terbatas pada kegiatan pelaksanaan upaya puskesmas,tetapi juga terhadap upaya perbaikan mutu.

1. Tujuan umum

Mengetahui masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran tentang perbaikan kinerja progam dan kegiatan di Puskesmas Kabere.

(3)

Mengetahui jenis pelayanan dan kegiatan progam yang diharapkan mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

C. Sasaran

Sasaran panduan ini adalah petugas Puskesmas Jiput sebagai pelaksana pengambilan data melalui survei untuk memperoleh masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup kinerja Puskesmas Jiput meliputi penilaian pencapaian hasil pelaksanaan pelayanan kesehatan, manajemen puskesmas dan mutu pelayanan. Penilaian terhadap kegiatan upaya kesehatan wajib puskesmas yang telah ditetapkan dan kegiatan upaya kesehatan pengembangan dalam rangka penerapan tiga fungsi puskesmas yang diselenggarakan melalui pendekatan masyarakat, dengan tetap mengacu pada kebijakan dan strategi untuk mewujudkan SDGs melanjutkan konsep pembangunan millenium development goals.

E. Batasan Operasional

Survei untuk memperoleh masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran adalah kegiatan pengumpulan dan pengkajian informasi dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran untuk perbaikan tingkat keberhasilan program secara keseluruhan dengan periode tertentu.

(4)

BAB II

PENGORGANISASIAN DAN JADWAL KEGIATAN

 A. Ketenagaan

Pengorganisasian tenaga yang dibutuhkan dalam pelaksanaan survei yaitu:

1. Tim perencana survei, bertugas untuk :

- Menyusun rencana survei

- Membuat, menyusun dan menggandakan kuisioner

- Mendistribusikan kuisioner pada jejaring Puskesmas

- Menganalisa data dan menyusun laporan hasil survei

2. Tim pelaksana survei, meliputi:

Petugas pada masing-masing jejaring Puskesmas yang bertugas untuk memberikan survei kepada tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

B. Fasilitas dan kelengkapan

Dalam pelaksanaan survei diperlukan kelengkapan sebagai berikut :

-  Instrumen

- Alat tulis

- Laptop/notebook

- Dokumentasi foto C. Jadwal kegiatan

Survei untuk memperoleh masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran yang dilaksanakan sekali dalam setahun.

(5)

BAB III

TATA LAKSANA SURVEI

Survei untuk memperoleh masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran terhadap kegiatan, progam dan layanan di Puskesmas Jiput yang di lakukan sekali dalam setahun dibawah tanggung  jawab tim survei manajemen mutu puskesmas. Dilakukan penentuan dan pembuatan instrumen berupa kuisioner mengenai masukan tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran terhadap pelayanan dan kegiatan progam. pengumpulan data kuisioner, analisis dan evaluasi data kuisioner perbaikan kinerja terhadap pelayanan dan kegiatan progam Puskesmas Jiput .

Lokakarya mini lintas sektor sebagai forum untuk menyampaikan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran terhadap program dan kegiatan upaya kesehatan masyarakat di Puskesmas Jiput .

1. Pelaksanaan survei a. Metode survei

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan survei adalah dengan wawancara dan sasaran dibantu petugas mengisi kuisioner.

b. Instrumen survei

Instrumen survei berupa Kuisioner Survei untuk memperoleh masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran untuk perbaikan kinerja.

(6)

Model Kuisioner Survei :

KUISIONER PERBAIKAN KINERJA UPAYA KESEHATAN MASYARAKAT PUSKESMAS JIPUT

Data responden Nama

Umur : Jenis

Kelamin : Laki-laki Perempuan

Pendidikan : SD SMP SMU D1-D3 S1 S2 Lainnya Tempat

Tugas : Pekerjaan / Jabatan : Pertanyaan :

Berilah tanda ceklis pada kolom puas dan tidak puas dan tulislah saran untuk perbaikan kinerja masing-masing program.

No Kegiatan Tahu Tidak Tahu Puas Tidak Puas Saran 1 Perbaikan Gizi 2 Kesehatan Lingkungan 3 Promosi Kesehatan 4 Kesehatan Ibu, Anak

dan KB 5 Posbindu PTM 6 Survailans 7 TB-Kusta 8 Malaria 9 Imunisasi 10 Ispa 11 Typoid 12 Diare 13 Demam Berdarah (DBD) 14 Rabies/Gigitan Anjing 15 Perkesmas 16 Kesehatan Jiwa

17 Kesehatan Lanjut Usia 18 UKS/UKGS 19 Kesehatan Indera 20 Kesehatan Tradistional 21 Kecacingan / Filariasis 22 Kesehatan Kerja 23 Kesehatan Olahraga 24 HIV-AIDS 25 Kesehatan Haji 26 Hepatitis

Survei dilakukan setiap sekali dalam setahun.

(7)

Besar sampel tiap tahun yang diambil dalam pelaksanaan survei adalah dengan menggunakan metode slovin yaitu dengan rumus :

n = N / (1+Ne2)

Keterangan :

n = Besar sampel,

N = Jumlah Populasi yang akan disurvei e = Sampling error (5%)

Jumlah Populasi di kecamatan Jiput adalah 8.833 orang, jadi dengan menggunakan rumus di atas maka diperoleh jumlah sampel yang dibutuhkan adalah 382 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara acak.

d. Lokasi pengambilan data

Pengambilan data responden dilaksanakan di 7 (tujuh) desa di wilayah kerja Puskesmas Jiput dengan mendatangi tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

e. Teknik pengambilan data

Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang berisi daftar tentang kegiatan program Puskesmas Jiput . Kuisioner didistribusikan ke tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran.

Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara:

- Responden mengisi sendiri kuesioner (jika mampu) dan setelah selesai langsung dikumpulkan kepada petugas.

- Dalam hal responden tidak dapat mengisi sendiri, petugas membantu pengisian dengan melakukan wawancara (indepth interview ) dan responden memilih jawaban yang sesuai

f. Analisa dan penyajian data

Data yang terkumpul kemudian di entry   pada software  yang sudah ada kemudian di olah sebagai berikut:

- Data karakteristik responden disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi menggunakan tabel atau grafik

- Data pendapat responden terhadap unsur-unsur pelayanan di Puskesmas dilakukan tabulasi dan skoring kemudian dimasukkan dalam form  unsur U1 sampai dengan U9

- Pada hasil akhir nantinya akan keluar hasil rata rata indeks masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan sasaran.

(8)

Prosedur operasional Survei untuk mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran ditampilkan dalam bagan berikut :

BAB IV

Membuat Laporan Hasil Survei Pemberitahuan kepada Kepala Desa

Pelaksanaan Survei

Analisa Dan Penyajian Data Menentukan Jadwal Survei

(9)

BAB IV LOGISTIK

Logistik kebutuhan survei kepuasan masyarakat antara lain:

-  Kuesioner

- Alat tulis

(10)

BAB V

KESELAMATAN KERJA PETUGAS SURVEI

Dalam pelaksanaan survei untuk mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran, petugas Puskesmas Jiput memperhatikan keselamatan kerja meliputi :

- Senantiasa mengkomunikasikan maksud dan tujuan survei dan pemilihan responden

- Pengambilan sampel atas persetujuan responden

- Pengambilan data dilakukan saat petugas tidak sedang melakukan tindakan atau sedang melakukan tugas yang berisiko terjadi kesalahan

(11)

BAB VI

PENGENDALIAN MUTU

Sasaran mutu pelaksanaan Survei untuk mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran yang ditetapkan, dipantau dan dievaluasi oleh Tim Mutu Puskesmas Jiput . Pencapaian sasaran mutu dibahas dalam rapat tinjauan manajemen dan dilaporkan kepada Kepala Puskesmas Jiput.

(12)

BAB VII PENUTUP

Survei untuk mendapatkan masukan dari tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat dan atau sasaran pada akhirnya akan digunakan sebagai acuan perbaikan pelayanan dan meningkatkan mutu pelayanan Puskesmas Jiput.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :