BURUNG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

BURUNG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN

KARYA SENI LUKIS

PENGANTAR TUGAS AKHIR MINAT UTAMA SENI LUKIS

Diajukan untukMemenuhi Sebagian Persyaratan Guna Meraih Gelar Sarjana Seni

Prodi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Negeri Sebelas Maret

Surakarta

Oleh: Cepy Pradikta

C0612009

FAKULTAS SENI RUPA DAN DESAIN UNIVERSITAS SEBELAS MARET

(2)

PERSETUJUAN

BURUNG SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

Disusun Oleh: Cepy Pradikta NIM.C.0613052

Telah disetujui oleh pembimbing Tanggal : ...

Kepala Program Studi Seni Rupa Murni Koordinator Tugas Akhir/ Skripsi Fakultas Seni Rupa dan Desain Program Studi Seni Rupa Murni Universitas Sebelas Maret

(3)

PENGESAHAN

BURUNG SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

Disusun Oleh: Cepy Pradikta NIM.C.0612009

Telah disetujui oleh Tim Penguji Program Studi Seni Rupa Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Pada Tanggal:………..

Dewan Penguji,

Jabatan Nama Tandatangan

Ketua Joko Lulut Amboro, S.Sn., M.Sn. ……… NIP. 198003032008121002

Sekretaris Novita Wahyuningsih, S.Sn., M.Sn. ……… NIP. 197907122005012002

Penguji I Dr. Setyo Budi, M.Sn. ……… NIP. 196706041994031006

Penguji II Novita Wahyuningsih, S.Sn., M.Sn. ……… NIP. 197907122005012002

Dekan

Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret,

(4)

PERNYATAAN

Nama : Cepy Pradikta NIM : C.0612009

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa pengantar tugas akhir berjudul

BURUNG SEBAGAI SUMBER IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS”adalah betul-betul karya sendiri. Hal-hal yang bukan karya saya, dalam penulisan konsep pengantar tugas akhir ini diberi citasi (kutipan) dan ditunjukan dalam daftar pustaka.

Apabila di kemudian hari terbukti pernyataan ini tidak benar, maka saya bersedia menerima sanksi akademik berupa pencabutan konsep pengantar tugas akhir dan gelar yang diperoleh dari konsep pengantar tugas akhir ini dicabut.

Surakarta, 16 Agustus 2017 Yang membuat pernyataan,

(5)

MOTTO

“Dunia sementara Akherat selamanya” (Penulis)

“Tak harus istimewa, kalau sederhana saja luar biasa” (penulis)

“Kenapa kita terjatuh? Supaya kita belajar untuk bangkit lagi” (penulis)

(6)

PERSEMBAHAN

Karya Tugas Akhir ini dipersembahkan:

(7)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji syukur penulis panjatkan hanya kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga dapat menyelesaikan tugas akhir ini.

Tugas akhir dengan judul “BURUNG SEBAGAI IDE PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS” sebagai salah satu syarat untuk mencapai gelar Sarjana Seni, Prodi Seni Rupa Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Negeri Sebelas Maret.

Pada kesempatan ini penulis bermaksud menyampaikan terima kasih atas segala doa, petunjuk, binaan, serta kerja sama dari segala pihak sehingga Tugas Akhir ini dapat terselesaikan. Maka dari itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1. Drs. Ahmad Adib, M.Hum, Ph.D selaku Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

2. Joko Lulut Amboro, S.Sn., M.Sn. selaku Kepala Program Studi Seni Murni Fakultas Seni Rupa dan Desain, sebagai Pembimbing Akademik yang selalu memberikan motivasi.

3. Dr. Setyo Budi, M.Sn.selaku pembimbing I dan Dyah Yuni

Kurniawati,S.Sn.,M.Sn. selaku pembimbing II yang sangat membantu perjalanan proses Tugas Akhir serta atas segala masukan dan bimbingan yang membangun dalam pembuatan karya dan tulisan.

4. Prof. Dr. Narsen Afatara, M.S., Dr. Agus Purwantoro, M.Sn., Dr. Setyo Budi, M.Sn., serta Yayan Suherlan, S.Sn., M.Sn.selaku pengampu minat utama studio lukis yang memberikan pelajaran serta bimbingan dalam membuat karya seni lukis yang baik.

5. Bapak dan Ibu Dosen, yang telah memberikan ilmunya, sehingga dapat menjadi bekal dikemudian hari.

(8)

7. Teman-teman Seni Rupa Murni yang telah berjuang bersama-sama dalam menimba ilmu di Universitas Sebelas Maret.

8. Semua pihak yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.

Surakarta, 16 Agustus 2017

Penulis,

(9)

DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL ………...... i

HALAMAN PERSETUJUAN………...... ii

HALAMAN PENGESAHAN………...………. iii

HALAMAN PERNYATAAN………..……... iv

MOTTO ………...….……… v

PERSEMBAHAN ………...….………. vi

KATA PENGANTAR………...….…… vii

DAFTAR ISI………..…………. ix

2. Referensi (Kajian Teoritis Seni Rupa) ... 8

Seni Lukis ... 8

(10)
(11)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Kuas... 14

Gambar 2. Palet... 15

Gambar 3. Easel... 16

Gambar 4. Cat/Tinta... 17

Gambar 5. Kanvas... 18

Gambar 6. Karya 1... 29

Gamabr 7 Karya 2... 31

Gambar 8. Karya 3... 33

Gambar 9. Karya 4... 35

Gambar 10. Karya 5... 37

Gambar 11. Karya 6... 39

(12)

ABSTRAK

BURUNG SEBAGAI SUMBER IDE DALAM

PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS

Cepy Pradikta. C. 0612009. 2012. BURUNG SEBAGAI SUMBER IDE

DALAM PENCIPTAAN KARYA SENI LUKIS. Pengantar Karya Tugas Akhir (S-1). Jurusan Seni Rupa Murni. Fakultas Seni Rupa dan Desain. Universitas Sebelas Maret.

Tugas Akhir ini memvisualisasikan gagasan pemikiran penulis dalam bentuk karya lukis, yang menjadikan karakter bentuk burung sebagai sumber ide. Permasalahan yang dibahas dalam Tugas Akhir ini, yaitu; 1. Bagaimana karakter bentuk burung? 2. Bagaimana mengolah atau mengembangkan bentuk burung kedalam karya seni lukis? 3. Bagaimana memvisualisasikan keindahan bentuk burung kedalam karya seni lukis? Tujuan Tugas Akhir ini adalah 1. Mendeskripsikan ragam bentuk burung. 2. Mengolah susunan ragam bentuk burung ke dalam konsep karya seni lukis.3. Memvisualisasikan gagasan estetika ragam bentuk burung ke dalam karya seni lukis menggunakan teknik sapuan kanvas Pembentukkan karya seni lukis dengan konsep burung berdasarkan pengalaman dan pengamatan penulis melihat burung dari sudut pandang yang berbeda.

Burung secara visual terlihat sangat menarik mulai dari bulunya yang indah dan suaranya yang merdu ketika di dengarkan. Teknik yang digunakan dalam pembuatan karya seni lukis ini adalah teknik sapuan kuas diatas kanvas. Teknik ini dipilih penulis karena menyesuaikan objek yang telah dipilih. Untuk itu teknik ini mempermudah penulis dalam mengaplikasikan konsep ke dalam karya.

(13)

ABSTRACT

BIRD AS A SOURCE OF IDEA IN

CREATION WORKS PAINTING ART

Cepy Pradikta. C. 0612009. 2012.BIRD AS A SOURCE OF IDEA IN CREATION WORKS PAINTING ART. Introduction to Final Project(S-1). Fine Arts Department. Faculty of Fine Art And Design. Universitas Sebelas Maret.

This final project visualize The idea of the author in the form of a painting, which makes the shape of the bird as the source of the idea. The problems that discussed in this Final Project, are : (1) How is the characters of birds? (2) How to process or develop the shape of birds into the work of painting art? (3) How to visualize the beauty of a bird's shape into a work of painting art? The purpose of this final project are (1) describe variety of shape of bird. (2) Process The arrangement of various forms of birds into the concept of works painting art. (3) Visualize the aesthetic ideas of birds' variety into paintings work art Using canvas sweep techniques The formation of painting with the concept of birds based experience and observation of writer see the bird from different point of view.

Bird visually looks very interesting start from it beautiful feather and from beautiful voice when in listen. The technique that use in creation of works painting art is Brushstrokes technique on canvas. This technique is selected by the author because it adjusts the selected object. Meanwhile, this technique is to make easier the writer in aplication of concept in work art.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...