INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN 2017 M/1438 H

20 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

ANALISIS PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK PANIN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK BASED

BANK RATING (RBBR) TERHADAP PROFITABILITAS TAHUN 2011-2015

SKRIPSI

OLEH :

REZKY HAIRUNNISA

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI

BANJARMASIN

(2)

ii

ANALISIS PENGARUH TINGKAT KESEHATAN BANK PANIN SYARIAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE RISK BASED

BANK RATING (RBBR) TERHADAP PROFITABILITAS TAHUN 2011-2015

SKRIPSI

Diajukan kepada Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam untuk Memenuhi Sebagian Syarat

Guna Mencapai Gelar Sarjana dalam Ilmu Ekonomi Islam

Oleh: Rezky Hairunnisa

1301160319

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI

FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM JURUSAN PERBANKAN SYARIAH

(3)
(4)
(5)
(6)

vi ABSTRAK

Rezky Hairunnisa. 2017. Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Panin Syariah dengan Menggunakan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) Terhadap Profitabilitas Tahun 2011-2015. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. Pembimbing: (I) Dr. Syaugi Mubarak Seff, MA. (II) Annisa Sayyid SHI., MSI.

Kata Kunci: Profitabilitas, RBBR, NPF, BOPO.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode Risk Based Bank Rating (RBBR) pengganti analisis CAMELS (Capital, Assets, Management, Earning, Liquidity dan Sensitivity Market Risk) sebagai alat ukur penilaian Kesehatan Bank, sesuai dengan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 10/SEOJK.03.2014. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Panin Syariah Dengan Menggunakan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) Terhadap Profitabilitas. Bagaimana sebenarnya indikator-indikator dari RBBR mempengaruhi Profitabilitas.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh indikator RBBR terhadap Profitabilitas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan keuangan triwulanan Bank Panin Syariah dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. Rasio yang diuji adalah Net Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Net Core Operational Margin (NCOM), Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap Return On Assets (ROA).

Penelitian ini berupa penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil uji t menyatakan bahwa BOPO berpengaruh signifikan terhadap ROA, sedangkan NPF, FDR, NCOM dan CAR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Hasil dari uji F menyatakan bahwa nilai signifikan yang didapat adalah 0,000 sehingga variabel bebas terhadap variabel terikat berpengaruh secara signifikan. Hasil penelitian dari koefisien determinasi (Adjusted R2) menunjukkan model regresi sebesar 96,2%. Hal ini berarti variabel independen dapat

(7)

vii

“MOTTO”

Percayalah bahwa kamu bisa, karena kamu punya Allah yang membuat segalanya

menjadi MUNGKIN

“Man Jadda Wa Jadda”

Jadikan segala apa yang kamu lakukan semata-mata karena Allah Swt. dan orangtua. Jangan lupa bersyukur

(8)

viii

KATA PERSEMBAHAN

ِنَ ْحَْرلا ِالله ِم ْسِب

ِْيِحَرلا

َلَ َسلاَوُة َلَ َصلا َ ْيِْلماَعلا ِّبَر ِلله ُدْمَحْلَأ

َ ْيِْعَ ْجَْأ ِهِباَ ْصَْأ َو ِ ِلَِأ َلََع َو ٌدَّمَحُم َنَ َلَ ْوَم َو َنَِدِّي َ س َ ْيِْل َسْرلما َو ِءاَيِبْهَلأا ِفَ ْشَْأ َلََع ُم

ُدْعَب اَّمَأ .

Sembah sujud serta syukur kepada Allah Swt., yang telah memberikan berjuta-juta kenikmatan, kecintaan, kekuatan serta ilmu yang sangat bermanfaat. Atas karunia serta kemudahan yang Engkau berikan akhirnya skripsi yang sederhana ini dapat terselesaikan. Solawat dan salam selalu tercurah kepada suri tauladan kita Nabi Besar Muhammad Saw. yang telah memberikan ilmu pengetahuan dan membawaku dari jurang kejahilan menuju kehidupan yang terang benderang.

Alhamdulillah dengan ridho-Mu ya Allah. Amanah ini telah selesai, studiku telah usai. Namun ini bukanlah akhir, melainkan awal sebuah perjalanan. Dengan kerendahan hati yang tulus bersama keridhaan-Mu ya Allah, karya ini kupersembahkan untuk motivator terbesarku, Ayahanda H.M Effendi Ibak, SE dan Ibunda Hj.Erliana serta seluruh keluarga tercinta sebagai tanda bakti, hormat dan terimakasih yang tiada terhingga. Atas kasih sayang, dukungan serta doa yang tak henti-hentinya mengiringi setiap langkahku, ampun maaf karena masih belum bisa menjadi apa yang ayahanda dan ibunda harapkan dan sampai sejauh ini belum bisa membuat kalian terkagum dan bangga. Besar harapan semoga kedepannya bisa membuat kalian meneteskan air mata kebahagiaan karena bangga, bukan lagi karena kekecewaan ataupun kesedihan. Aamiin… Mudah-mudahan dengan adanya karya ini mampu membuktikan bahwa jerih payah yang kalian lakukan untukku tidak menjadi sia-sia. Semoga ini awal bagiku untuk membayar semua pengorbanan yang kalian berikan walaupun kutahu apa yang aku lakukan tidak sebanding dengan apa yang kalian berikan.

Untuk kakak-kakak tercinta terimakasih banyak atas segala dukungan, doa dan restu yang kalian berikan sehingga adik bungsu kalian ini mampu menyelesaikan studinya. Sebuah karya sederhana ini kupersembahkan untuk

(9)

ix

kalian. Mohon maaf hingga sampai saat ini hanya ini yang bisa aku berikan. Semoga dengan adanya karya ini mampu membuka jalan bagiku untuk memulai karir dimasa depan yang cerah.

Untuk teman-teman seperjuangan yang ku sayangi, terutama Rizka Karmila, SE dan seluruh keluarga besar lokal Ps’D 2013. Tidak terasa tujuh semester sudah berlalu, pengorbanan yang selama ini dibalut dengan canda, tawa, sedih, bahkan perselisihan telah mengantarkan aku sampai kepada saat ini. Tanpa adanya kalian mungkin aku tidak akan sampai disini, perkuliahan selama 3,5 tahun ini sangat berkesan dan berwarna dengan adanya kalian semua. Semangat terus teman-teman perjalanan yang sesungguhnya baru dimulai.

Untuk kamu, Bayu Krisna Pambudi, A.Md, lelaki terbaik yang sedari kecil telah menjadi bagian penting dalam hidup aku, terimakasih karena sudah menguatkan, menyemangati, menghibur, mendoakan dan segala yang tidak bisa aku sebutkan satu persatu, juga untuk Noor Cahyo Ramadhan, SE, terimakasih banyak atas waktu, hiburan, masukan dan bimbingan yang sangat bermanfaat.

Untuk para dosen, khususnya pembimbingku Bapak Dr.Syaugi Mubarak Seff, MA dan Ibu Annisa Sayyid, S.HI, MSI, terimakasih yang sebesar-besarnya atas bimbingan kalian, maaf jika selama ini banyak menyita waktu dan merepotkan kalian. Serta terimakasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan bantuan dan doa dari awal hingga akhir. Semua jasa-jasa kalian tak akan pernah terlupakan, semoga Allah membalas semua kebaikan yang kalian berikan. Semoga Allah beserta kita semua. Aamiin…

(10)

-x

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-INDONESIA

Fonem konsonan Bahasa Arab yang dalam sistem tulisan Arab dilambangkan dengan huruf, dalam transliterasi ini sebagian dilambangkan dengan huruf dan sebagian dilambangkan dengan tanda, dan sebagian lain lagi dilambangkan dengan huruf dan tanda sekaligus.

Sesuai dengan Lampiran Keputusan Bersama Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 158 Tahun 1987 dan Nomor: 0543 b/U/1987 tanggal 22 Januari 1988, sebagai berikut:

1. Konsonan Tunggal Huruf

Arab Nama Huruf Latin Nama

ا Alif Tidak dilambangkan Tidak dilambangkan

ب Ba' B Be

ت Ta' T Te

ث a' Ṡ es (dengan titik di atas)

ج Jim J Je

ح Ḥa' Ḥ ha (dengan titik di bawah)

خ Kha' Kh Ka dan ha

د Dal D De

(11)

xi

ر Ra' R Er

ز Zai Z Zet

س Sin S Es

ش Syin Sy Es dan ye

ص Ṣad Ṣ es (dengan titik di bawah)

ض Ḍad Ḍ de (dengan titik di bawah)

ط Ṭa' Ṭ te (dengan titik di bawah)

ظ Ẓa' Ẓ zet (dengan titik di bawah)

ع „Ain „ Koma terbalik di atas

غ Ghain G ge ف Fa' F Ef ق Qaf Q Qi ك Kaf K Ka ل Lam L „el م Mim M „em ن Nun N „en و Wau W We ه Ha' H Ha ء Hamzah ' Apostrof

(12)

xii

ي Yā' Y Ye

2. Konsonan rangkap karena syaddah ditulis rangkap

هيدقعتم Ditulis muta’aqqin

ةدع Ditulis ‘iddah

3. Ta’marbutah

a) Apabila dimatikan ditulis h.

تبه Ditulis Hibbah

تيسج Ditulis Jizyah

(ketentuan ini tidak dapat diperlukan bagi kata-kata arab yang sudah terserap kedalam bahasa Indonesia, seperti salad, zakat dan sebagainya, kecuali dikehendaki lafal aslinya).

Bila diikuti dengan kata sandang “al” serta bacaanya kedua itu terpisah, maka ditulis dengan h.

ءبينولأ تمرك Ditulis Karāmah al auliyā‘

b) Apabila ta‟ marbutah hidup atau dengan harakat, fatha, kasrah dan dammah ditulis t. رطفنا ةبكز Ditulis Zakātul-fitri 4. Vokal Pendek ِـــ Kasrah Ditulis I َـــ Fathah Ditulis A ُـــ Dammah Ditulis U

(13)

xiii 5. Vokal Panjang 1. Fathah + alif - تيهه بج Ditulis ā - jāhiliyyah 2. Fathah+ ya‟mati - ىعسي Ditulis ā- yas‘ā 3. Kasrah + ya‟mati - ميرك Ditulis I - karim 4. Dammah + wawumati - ضورف Ditulis

û

- furud 6. Vokal Rangkap

1. Fathah + ya‟ mati - مكىيب

Ditulis ai- Bainakum 2. Fathah + wawumati

لوق

Ditulis au- Qaulun

7. Vokal pendek yang berurutan dalam satu kata dipisahkan dengan apostrof

متوأأ Ditulis a‘antum

ةدعأ Ditulis u‘iddah

مت ركش هئن Ditulis la‘insyakartum

8. Kata sandang alif + lam

a) Apabila diikuti huruf Qomariyyah ditulis dengan menggunakan huruf “al”.

(14)

xiv

شبيقنا Ditulis al-Qiyās

b) Apabila dikuti huruf Syamsiyyah ditulis dengan menggunakan huruf Syamsiyyah yang mengikutinya, dengan menghilangkan huruf “al”nya.

ءبمسنا Ditulis as-Samā

صمشنا Ditulis asy-Syams

9. Penulisan kata-kata dalam rangkaian kalimat

ضورفنا يوذ Ditulis Żawi al-furudatau

Żawilfurud

تىسنا مهأ Ditulis ahl as-sunnahatau

(15)

xv

KATA PENGANTAR

ِب

ْس

ِم

ِالله

َرلا

َْحْ

ِن

َرلا

ِح

ِْي

َأ ْل

َح

ْم ُد

ِلله

َر

ِّب

َعلا

ِلما

َ ْيْ

َصلا

َلَ

ُة َو

َسلا

َلَ

ُم

َع

َلَ

َأ

َ ْشْ

ِف

َلأا

ْه ِب َي

ِءا

َو

ْرلما

َس ِل

َ ْيْ

َ س

ِّي ِد

َنَ

َو

َم

ْو

َلَ

َنَ

ُم

َح

َّم ٌد

َو

َع

َلَ

َأ

ِِلِ

َو

َأ

َ ْصْ

ِبا

ِه

َأ

َْجْ

ِع

َ ْيْ

َأ .

َّم

َب ا

ْع

ُد

Puji syukur kehadirat Allah Swt., atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua berupa akal dan fikiran sehingga manusia mampu merenungi kebesaran dan kuasa-Nya. Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda besar sayyidina Muhammad Saw. Semoga kita termasuk umatnya yang mendapatkan limpahan syafa‟atnya di akhirat kelak.

Dengan penuh kerendahan hati, penulis bersyukur dapat menyelesaikan karya ilmiah yang sederhana berupa skripsi dengan judul “Analisis Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Panin Syariah dengan Menggunakan Metode Risk Based Bank Rating (RBBR) Terhadap Profitabilitas Tahun 2011-2015.”

Penulis menyadari bahwa terselesaikannya ini bukanlah hasil jerih payah penulis secara pribadi. Tetapi semua itu merupakan usaha, bantuan, pertolongan serta do‟a dari berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, sudah sepatutnya penulis menyampaikan terima kasih kepada:

1. Bapak Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, MH., yang telah menerima dan menyetujui skripsi ini untuk dipertahankan di depan Tim Penguji Skripsi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin.

(16)

xvi

2. Tim Penyusun buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, yang sangat membantu penulis dalam penulisan skripsi. 3. Ketua Jurusan Perbankan Syariah Bapak Rahman Helmi, SAg., MSI., yang

telah memberikan persetujuan untuk surat pertimbangan jurusan, dalam pengajuan judul proposal skripsi penulis ke Biro Skripsi Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

4. Dosen pembimbing Bapak Dr. Syaugi Mubarak Seff, MA. dan Ibu Annisa Sayyid, S.HI., MSI., yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan dalam penyusunan dan penyelesaian skripsi ini.

5. Seluruh dosen, karyawan dan karyawati Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin yang telah banyak memberikan ilmu dan layanan yang baik selama penulis menjadi mahasiswa di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

6. Kepala Perpustakaan Daerah Banjarmasin, Kepala Perpustakaan Pusat IAIN Antasari Banjaramasin dan Kepala Perpustakaan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin yang telah membantu penulis dalam peminjaman buku-buku yang penulis perlukan dalam penulisan skripsi ini.

Penulis menyadari skripsi ini tidak akan lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh sebab itu, penulis mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan skripsi ini. Akhirnya, dengan mengharap ridha dan karunia-Nya semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan menjadi amal ibadah. Aamiin.

(17)

xvii DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN ... ii

HALAMAN PERSETUJUAN ... iii

HALAMAN PENGESAHAN ... . iv

ABSTRAK ... .. v

MOTTO ... . vi

KATA PERSEMBAHAN ... vii

PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB-INDONESIA ... ix

KATA PENGANTAR ... xiv

DAFTAR ISI ... xvi

DAFTAR TABEL ... xviii

DAFTAR GAMBAR ... xix

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan Masalah ... 8 C. Tujuan Penelitian ... 9 D. Signifikansi Penelitian ... 9 E. Definisi Operasional... 10 F. Kajian Pustaka ... 11 G. Kerangka Berfikir... 16 H. Hipotesis Penelitian ... 17 I. Sistematika Penulisan ... 18

BAB II LANDASAN TEORI TENTANG METODE RBBR A. Bank Syariah ... 20

1. Pengertian Bank Syariah ... 20

2. Sumber-sumber Dana Bank ... 21

B. Laporan Keuangan ... 23

1. Pengertian Laporan Keuangan ... 23

2. Tujuan Laporan Keuangan ... 25

3. Pihak-pihak Yang Berkepentingan ... 26

4. Jenis-jenis Laporan Keuangan ... 29

C. Kesehatan Bank ... 31

1. Pengertian Kesehatan Bank... 31

(18)

xviii

3. Profitabilitas ... 45

BAB III METODE PENELITIAN A. Jenis dan Sifat Penelitian ... 49

B. Subjek dan Objek Penelitian ... 49

C. Populasi dan Sampel ... 51

D. Teknik Pengambilan Sampling ... 52

E. Data dan Sumber Data ... 53

F. Teknik Pengumpulan Data ... 53

G. Instrumen Penelitian... 54

H. Teknik Analisis Data ... 54

I. Prosedur Penelitian ... 61

BAB IV HASIL PENELITIAN A. Penyajian Data ... 63

B. Analisis Data ... 73

1. Analisis Deskriptif Statistik ... 73

2. Uji Asumsi Klasik ... 74

3. Analisis Regresi Berganda ... 78

4. Uji Hipotesis ... 81 BAB V PENUTUP A. Simpulan ... 86 B. Saran ... 86 DAFTAR PUSTAKA ... 88 LAMPIRAN ... 91

(19)

xix

DAFTAR TABEL

1. Tabel 2.1 Predikat Kesehatan Berdasarkan NPF ... 35

2. Tabel 2.2 Predikat Kesehatan berdasarkan FDR ... 36

3. Tabel 2.3 Aspek Penilaian GCG ... 39

4. Tabel 2.4 Predikat Komposit GCG ... 40

5. Tabel 2.5 Predikat Kesehatan berdasarkan BOPO ... 42

6. Tabel 2.6 Predikat Kesehatan berdasarkan NCOM ... 43

7. Tabel 2.7 Predikat Kesehatan berdasarkan CAR ... 45

8. Tabel 2.8 Predikat Kesehatan berdasarkan ROA ... 48

9. Tabel 3.1 Instrumen Penelitian ... 54

10.Tabel 3.2 Kriteria Pengambilan Keputusan Uji Durbin Watson ... 57

11.Tabel 4.1 Perkembangan dan Predikat Rasio NPF ... 63

12.Tabel 4.2 Perkembangan dan Predikat Rasio FDR ... 65

13.Tabel 4.3 Perkembangan dan Predikat Rasio BOPO ... 67

14.Tabel 4.4 Perkembangan dan Predikat Rasio NCOM ... 68

15.Tabel 4.5 Perkembangan dan Predikat Rasio CAR ... 70

16.Tabel 4.6 Perkembangan dan Predikat Rasio ROA ... 72

17.Tabel 4.7 Hasil Analisis Deskriptif Data ... 73

18.Tabel 4.8 Hasil Uji Normalitas ... 75

19.Tabel 4.9 Hasil Uji Multikolinearitas ... 76

20.Tabel 4.10 Hasil Uji Autokorelasi ... 77

21.Tabel 4.11 Hasil Uji Heteroskedastisitas ... 78

22.Tabel 4.12 Hasil Analisis Regresi Berganda ... 79

23.Tabel 4.13 Hasil Uji Koefisien Determinasi ... 81

24.Tabel 4.15 Hasil Uji t NPF ... 82

25.Tabel 4.16 Hasil Uji t FDR ... 82

26.Tabel 4.17 Hasil Uji t BOPO ... 83

27.Tabel 4.18 Hasil Uji t NCOM ... 83

28.Tabel 4.19 Hasil Uji t CAR ... 84

(20)

xx

DAFTAR GAMBAR

1. Gambar 1.1 Perkembangan Return On Assets Bank Panin Syariah ... 7 2. Gambar 1.2 Kerangka Berpikir ... 17 3. Gambar 1.3 Bagan Kerangka Teoritik ... 17

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :