PREDIKSI SOAL UN & US TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SOAL UN PAKET 1 BIN

13  274  Download (9)

Teks penuh

(1)

SOAL PREDIKSI UN 2016-2017 PAKET 1

1. Cermati teks berikut!

Kepergian sang Proklamator sekaligus Bapak Bangsa Indonesia ke pangkuan Yang Mahakuasa menyisakan lukayang dalam bagi rakyat Indonesia pada waktu itu. Jenazah Bung Karno, kemudian dibawa ke Wisma Yaso, Jakarta. Setelah itu, jenazahnya kemudian dibawa ke Blitar, Jawa Timur untuk dikebumikan dekat dengan makam ibunya Ida Ayu Nyoman Rai. Gelar “Pahlawan Proklamasi” diberikan oleh pemerintah karena jasa-jasanya kepada rakyat Indonesia.

Makna kata yang dicetak miring pada teks tersebut adalah …. A. kesedihan

B. kesakitan C. kehabisan D. kekurangan

2. Cermati teks berikut!

Dampak globalisasi terjadi pada semua aspek kehidupan. Salah satu dampaknya kebiasaan membeli barang dengan mendapat potongan harga. Kebiasaan membeli barang diskonan tersebut tidak hanya menjadi budaya, tetapi berkembang menjadi gaya hidup. Gaya hidup tersebut dianggap penting dalam pembentukan identitas diri seseorang.

Kalimat bercetak miring tersebut memiliki makna …

A. Salah satu bentuk gaya hidup seseorang dengan membeli barang diskonan. B. Gaya hidup seseorang tergantung pada kebiasaan membeli barang diskonan. C. Seseorang suka membeli barang diskonan karena akan menghemat pengeluaran. D. Barang diskonan sangat menarik seseorang sehingga seseorang menjadi konsumtif.

3. Cermatilah teks berikut!

Dewi Sartika dilahirkan dari pasangan ningrat yang bernama Nyi Raden Rajapermas dan Raden Somanagara dengan didikan beraneka ragam budaya, mulai dari didikan budaya Sunda hingga didikan barat. Kegemarannya dalam hal membaca, menulis, dan mengajar sudah terlihat sejak kecil dengan mempraktikkan bersama anak-anak pembantu di pepatihan. Papan bilik kandang kereta, arang, dan pecahan genting dijadikannya alat bantu belajar. Semakin banyak ilmu yang digali di masa dewasanya, Dewi Sartika semakin gencar dalam mewujudkan cita-citanya dengan bantuan pamannya Bupati Martanegara. Pada 16Januari 1904, Dewi Sartika membuka sekolah perempuan atau sekolah isteri pertama se-Hindia Belanda setelah konsultasi dengan Bupati R.A.A. Martanagara. Keberhasilan sekolah perempuan Dewi Sartika adalah dapat mencetak lulusan-lulusan bermartabat yang haknya sama dengan kedudukan laki-laki.

Keistimewaan tokoh Dewi Sartika pada teks tersebut adalah .... A. memiliki kegemaran membaca, menulis, dan mendengar B. memanfaatkan tempat sederhana untuk belajar

C. keturunan pasangan keluarga bangsawan D. membuka sekolah perempuan pertama

4. Cermatilah teks berikut!

Sudirman yang dilahirkan di Bodas Karangjati, Purbalingga, 24 Januari 1916 memperoleh pendidikan formal dari sekolah Taman Siswa, sebuah sekolah yang terkenal berjiwa nasional yang tinggi. Kemudian, ia melanjutkan ke HIK ( sekolah guru ) Muhammadiyah. Sudirman muda yang terkenal disiplin dan giat di organisasi Pramuka Hizbul Wathan ini kemudian menjadi guru di sekolah HIS Muhammadiyah di Cilacap. Kedisiplinan, jiwa pendidik, dan kepanduan itulah yang menjadi bekal pribadinya hingga bisa menjadi pemimpin tertinggi Angkatan Perang.

Hal yang bisa diteladani dari tokoh pada teks tersebut adalah .... A. menjadi pemimpin Angkata Perang

(2)

5. Cermati teks berikut!

(1) Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan banyak orang. (2) Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun telah diketahui dengan jelas. (3) Bukti kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit juga telah dipublikasikan. (4) Namun, aktivitas merokok tetap terjadi di berbagai tempat meskipun membahayakan kesehatan tubuh.

Kalimat utama teks tersebut ditunjukkan pada nomor .... A. (1)

B. (2) C. (3) D. (4)

6. Cermati teks berikut!

Subsidi tidak dapat diberlakukan terus - menerus. Kalau subsidi terpaksa diberikan, harus diberlakukan secara adil, selektif, dan tepat sasaran dengan jangka waktu terbatas. Subsidi harus dikurangi secara bertahap, sampai akhirnya dihapus. Masyarakat berani mendorong pemerintah mengurangi subsidi BBM disertai penjelasan yang mudah dipahami oleh masyarakat.

Kutipan teks tersebut merupakan bagian …. A. tesis

B. argumen C. kesimpulan D. penegasan ulang

7. Cermatilah teks berikut!

Majalah dinding memiliki berbagai manfaat bagi siswa. Majalah sekolah ini dapat dijadikan sebagai ajang pendidikan mengasah otak dan hiburan sekolah bagi para siswa. Selain itu, majalah dinding dimanfaatkan pula sebagai alat penguji kreativitas siswa. Kreativitas dalam menentukan ide tulisan yang menggugah minat baca dan menyusunnya menjadi artikel yang menarik, dan merupakan bagian tak terpisahkan dalam aktivitas menyusun majalah di sekolah pada saat ini.

Ide pokok teks tersebut adalah .... A. manfaat majalah dinding B. sarana pendidikan otak C. alat uji kreativitas siswa D. penemuan minat baca

8. Cermati paragraf berikut!

Kehidupan masyarakat banyak yang berada di bawah garis kemiskinan. Kehidupan mereka yang serba kekurangan sangat membutuhkan berbagai, sedangkan harga kebutuhan pokok semakin mahal, sehingga kehidupan mereeka semakin terhimpit. Bahkan di antara mereka tidak dapat bertahan dengan kondisi seperti ini. Akhirnyakondisi tersebut memunculkan pemikiran yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya.

Kondisi seperti ini akhirnya menimbulkan berbagai peristiwa kriminalitas baik itu pencurian maupun perampokan yang dilakukan oleh masyarakat yang terhimpit ekonomi. Dampak dari gejala ini merupakan pemicu tingginya tingkat kriminalitas yang terjadi di negara kita.

Simpulan paragraf tersebut adalah …

A. Pencurian dan perampokan dapat menjadi solusi kemiskinan. B. Masyarakat miskin mudah memperoleh uang dengan merampok.

C. Kondisi ekonomi masyarakat miskin mendorong pencurian dan perampokan. D. Hampir setiap hari masyarakat miskin melakukan pencurian dan perampokan.

9. Cermati teks berikut!

Buku ini berisi cara budidaya gurami yang baik dan pemaparan berbagai kendala yang akan dihadapi beserta solusinya. Dengan bahasa yang mudah dimengerti, penulis banyak memberi informasi mengenai budi daya gurami antara lain: tentang pengenalan kerabat gurami, pemeliharaan gurami pada kolam khusus, dan kolam campuran serta cara menghilangkan bau lumpur, pengalengan gurami, dan analisis usaha pembesaran gurami secara intensif.

(3)

lahan bisnis.

Simpulan pendapat positif pada teks tersebut adalah ...

A. Penulis menjelaskan cara membudidayakan gurami disertai gambar yang menarik. B. Bahasa yang digunakan penulis kurang komunikatif sehingga sulit untuk dipahami. B. Buku tata cara budi daya gurami sangat berguna bagi orang yang memulai usaha di

bidang itu.

C. Kekurangan buku tersebut, yaitu gambar-gambar yang yang ditampilkan tidak Berwarna.

10. Cermati ilustrasi berikut!

Sebagian besar remaja selalu mengubah penampilan mereka sesuai dengan perkembangan jaman. Menurut mereka, penampilan adalah nomor satu. Jika kita lihat, remaja Indonesia cenderung mengenakan pakaian modern dan mengikuti gaya berpakaian orang barat. Sebagian besar dari mereka melupakan budaya sendiri. Bagi mereka berpakaian bukan melindungi tubuh dari panas, dingin, dan gigitan serangga, melainkan terkait dengan status sosial dan identitas.

Kalimat tanggapan negatif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A. Menurut saya, remaja Indonesia dalam berpakaian sudah melupakan budaya kita. B. Menurut saya, remaja Indonesia saat ini suka memburu pakaian impor untuk

penampilannya.

C. Menurut saya berpakaian modern sangat cocok untuk remaja Indonesia masa kini. D. Menurut saya berpakaian modern merupakan salah satu pemborosan.

11. Cermati ilustrasi berikut!

Penetrasi pasar minuman ala luar negeri mengancam keberadaan minuman tradisional. Kemasan dan strategi pemasaran minuman ala luar negeri lebih menarik. Minuman tradisional kalah bersaing dengan minuman ala luar negeri. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional tanpa bahan pengawet. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman kemasan ala luar negeri. Bahannyapun mudah didapatkan.

Kalimat tanggapan positif berdasarkan ilustrasi tersebut adalah …

A. Saya setuju mengonsumsi minuman tradisional karena dikemas menarik dan mudahdidapatkan di toko-toko.

B. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena tidak perlurepot membuat sendiri.

C. Saya lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri karena kemasannyalebih menarik dan bergengsi.

D. Saya lebih suka mengonsumsi minuman tradisional karena tanpa bahan pengawetdan lebih menyehatkan.

12. Cermatilah teks eksposisi berikut ini!

Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral mulai vitamin A, C, E, asam folat, zinc, magnesium, kalsium, dan potassium. Kedua sumber nutrisi juga mengandung antioksidan, serat baik yang larut maupun tidak larut, serta zat-zat gizi dari tumbuhan.

Adapula kandungan serat,vitamin, mineral, enzim pencernaan, dan air yang tidak dapat ditemukan pada suplemen atauproduk makanan lain. Dengan demikian, penting untuk mengonsumsi minimal dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah …

A. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting. B. Sayur dan buah merupakan sumber nutrisi yang penting untuk dikonsumsi. C. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral sehingga penting dikonsumsi. D. Sayur dan buah mengandung vitamin dan mineral serta sebagai sumber nutrisi yang

(4)

13. Cermati kedua teks berikut ini! Teks 1 (Teks Prosedur)

Petunjuk Mengakses ke Internet 1). Hidupkan komputer

2). Hubungkan komputer dengan jaringan internet 3). Buka program pembaca internet

4). Masukkan alamat website yang diinginkan

5). Tekan tombol enter kemudian akan muncul permintaan alamat

Teks 2 ( Teks laporan hasil observasi)

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Tenggara menyurvei dua satwa endemik Sulawesi, yakni anoa dan burung maleo. Aktivitas itu dimaksudkan untuk mengetahui jumlah pasti populasi kedua hewan dilindungi tersebut. Survey menggunakan metode sampling di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa dan Buton Utara.

Perbedaan penggunaan bahasa antara teks eksposisi dengan teks laporan hasil observasi….

14. Cermatilah kutipan teks berikut!

Opening cukup menarik, dengan menampilkan konflik Talitha yang kondisinya berada di ujung tanduk. Ia terjepit antara keluarga dan karier. Di satu sisi, ia hampir terdepak dari pekerjaannya, tetapi pada saat yang sama, keluarganya sangat membutuhkan biaya. Lalu muncul solusi yang ditawarkan rekan kerjanya.

Kutipan teks ulasan tersebut termasuk struktur teks bagian …. A. gambaran umum

B. keunggulan C. kekurangan D. kenafsiran

15. Cermatilah kutipan teks berikut!

Pilihan untuk jadi ibu rumah tangga berlaku bagi mereka yang merasa tiada kebahagiaan lain kecuali melihat anak-anak tumbuh didampingi seorang ibu yang dapat membimbing dan menemani sang anak sepanjang waktu. Itu artinya, rasa bahagia seorang wanita akan benar-benar terasa bila dapat memenuhi perannya sebagai ibu. The real mother for their children, seorang ibu yang benar-benar hadir untuk anaknya. Namun, ada pula wanita yang berpendapat tak perlu harus meninggalkan dunia kerja sepanjang keluarga dan anak-anak dapat menerima hal tersebut. Pendapat ini menegaskan harus ada usaha untuk memenuhi keinginan agar dua unsur penting dalam hidup wanita yang telah berumah tangga itu berjalan harmonis.

Pilihan untuk tetap bekerja bukan berarti melupakan keluarga. Karena pekerjaan yang diambil adalah paruh waktu (part time), seorang wanita dapat mengerjakan pekerjaan itu di rumah. Segalanya memang antara keluarga dan karier.

Kalimat yang menyatakan pendapat pro adalah …

A. Pilihan untuk tetap bekerja bukan berarti melupakan keluarga.

B. Wanita tidak perlu meninggalkan kariernya ketika memasuki jenjang rumah tangga.

C. Rasa bahagia seorang wanita akan benar-benar terasa bila dapat memenuhi perannya sebagai ibu.

D. Namun, ada pula wanita yang berpendapat tak perlu harus meninggalkan dunia kerja sepanjang keluarga dan anak-anak dapat menerima.

TEKS 1(PROSEDUR) TEKS 2(OBSERVASI)

A. menggunakan kalimat perintah yang menyatakanlarangan atau keharusan melakukan sesuatu

menggunakan kalimat kalimat yang menyatakan fakta-fakta apa adanya

B. isi teks menyatakan hasil pengamatan menunjukkan urutan dalam melakukan sesuatu

C. informasi yang disajikan bersifat umum informasi yang disajikan berupa petunjuk melakukan sesuatu

D. menggunakan istilah atau kata yang bersifat

(5)

16. Cermatilah teks fabel berikut!

Belalang itu terhanyut oleh kata-kata sanjungan Burung Hantu Tua. Akhirnya dia melompat ke sarang Burung Hantu Tua. Ketika Belalang cukup dekat jangkauan penglihatan, Burung Hantu Tua itu menerkam dan memakannya.

Makna kata terhanyut pada teks tersebut adalah … A. Jangan mudah percaya oleh tipuan.

B. Jangan mudah menyerah oleh keadaan. C. Jangan mudah memperdaya orang lain.

D. Jangan berpura-pura untuk menipu orang lain.

17. Cermatilah teks berikut!

Sepulang sekolah, aku melihat seorang pengemis yang duduk di tepi jalan. Penampilannya sangat mengenaskan. Ia menggunakan baju yang compang camping. Kaki kanannya terbalut perban berwarna kumal. Sambil menadahkan tangan, ia berkata, “Kasihani saya, Dik…Saya butuh uang untuk mengobati kaki saya.” Sepertinya, kakinya terluka parah. Karena kasihan, aku memberinya uang pecahan Rp. 10.000.00. Sesaat setelah aku memberi uang pengemis tersebut, mobil pengawas Satpol PP yang sedang berpatroli kemudian bergerak menuju ke arah kami. Aku terkejut karena pengemis yang kupikir kakinya terluka tersebut tiba-tiba bangkit dan berlari menghindari Satpol PP. Ternyata, kakinya sehat! Aku merasa menyesal karena sudah mengasihani pengemis penipu seperti pengemis tersebut.

Makna tersurat dari teks tersebut adalah … A. Kita tidak boleh berbohong.

B. Kita harus mengasihani pengemis.

C. Kebaikan yang kita lakukan pasti berbalas kebaikan. D. Berpikir sebelum bertindak agar tidak terjadi penyesalan.

18. Cermati kutipan teks fabel berikut!

Para penghuni rimba merasa kurang senang. Keangkuhan si merak semakin menjadi-jadi. Setiap berjumpa penghuni rimba lainnya, merak selalu memamerkan bulu-bulunya itu. “Siapa yang bisa menandingi keelokan diriku?” kata merak berulang kali tanpa bosan Tentu saja teman-temannya kian jengkel kepada si merak.

Pagi itu merak kembali pamer kepada teman-temannya. Jalannya dibuat miring-mirang agar bagian bulunya dapat dilihat siapa saja.

“Ah, aku ada akal untuk menyadarkan si merak,” pikir kancil suatu hari.

Lantas kancil membisiki beberapa teman lain. Di antaranya kijang, kelinci, dan tupai.

Makna simbol bulu dalam kutipan fabel tersebut adalah .... A. kebaikan

B. kekayaan C. keindahan D. kesombongan

19. Cermati kutipan cerpen berikut! “Untuk apa bunga ini, heh.”

Aku tidak tahu karena apa, telah mencintai bunga di tanganku ini.

Ayah meraih. Merenggutnya dari tanganku. Kulihat bungkah otot tangan ayah menggenggam bunga kecil-kecil itu. Aku menahan untuk tidak berteriak.

“Laki-laki tidak perlu bunga, Buyung. Kalau perempuan, bolehlah. Tetapi engkau laki-laki.”Ayah melemparkan bunga itu. Aku menjerit. Ayah pergi. Ibu masih berdiri. Aku membungkuk, mengambil bunga itu, membawanya ke kamar.

Isi yang tersirat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ...

A. Ayah tidak ingin Buyung memiliki sifat lembut seperti perempuan. B. Ayah tidak ingin Buyung menyukai bunga seperti dirinya.

(6)

20. Cermati kutipan cerpen berikut!

Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah...

A. Piyun membeli sepatu baru dari hasil jerih payahnya sendiri.

B. Ibu tidak memiliki cukup uang untuk membelikan Piyun sepatu baru. C. Piyun selalu direpotkan oleh sepatu barunya yang ternyata mudah rusak.

D. Piyun tidak hati-hati ketika berjalan sehingga sepatunya rusak karena tersandung.

21. Cermati kutipan teks fabel berikut!

Akibat konflik dalam kutipan fabel tersebut adalah ... A. Seekor elang menyambar dan menerkam ayam jantan. B. Seekor ayam jantan mengepak-ngepakkan sayapnya. C. Kedua ayam berkelahi dan saling mencakar.

D. Seekor ayam jantan naik ke atap kandang

Cermati kedua kutipan teks berikut untuk menjawab nomor 22 dan 23! Kutipan I (cerpen)

Mereka tinggal di ceruk gua-gua purba. Kesanalah butir-butir air mata yang dipetik itu dibawa. Diselir ulir batu air, diantara galur batu kapur berselubung tirai marmer bening yang licin dan basah, dijelujur akar-akar kalsit yang bercabang di langit-langit stalagtit, peri-peri itu membangun sarang. Butir-butir air mata itu ditata menjadi sarang mereka, serupe istana-istana kecil yang saling terhubung jembatan gantung yang juga terbuat dari untaian air mata. Di langit-langit gua itu pula butir-butir air mata itu di ronce terjuntai menyerupai jutaan lampu kristal yang berkilauan

Ketika pulang sekolah, Piyun berjalan kurang hati-hati. “Aduh...!!!”Piyun menjerit kesakitan.Kaki kanannya tersandung gundukan aspal, yang biasa disebut polisi tidur.Ia memegangi ujung sepatunya, memijit-mijit ibu jari kakinya yang berdenyut-denyut nyeri. Mulutnya meringis menahan sakit.

Setelah agak reda, Piyun berjalan lagi.Langkahnya tertatih-tatih. Baru beberapa meter ia merasakan sesuatu yang aneh. Ada yang tak beres di sepatu kanannya.Ia berhenti, lalu menengok ke sepatunya.

“Ya, ampuun..., lepas lagi!” Gumam Piyun. Matanya memelototi sol sepatunya yang lepas.Bagian depan sepatu itu menganga lebar. Belakangan ini Piyun selalu direpotkan sepatu ini.Padahal sepatu itu milik Piyun satu-satunya.“Mau beli yang baru? Ah, rasanya tidak mungkin. Ibu belum punya uang untuk membeli sepatu baru.”

Ketika melewati pertigaan, ia melihat Pak Kiran sedang mengecat rumah besar. Biasanya Pak Kiran mengecat bersama Pak Narto.Tapi hari ini Narto tak kelihatan.“Ahai, tiba-tiba terlintas ide cemerlang. Piyun akan membantu pekerjaan Pak Narto sehingga memperoleh uang untuk membeli sepatu baru.

Di suatu daerah pertanian hiduplah dua ekor ayam jantan yang saling bermusuhan.Mereka sering berkelahi antara keduanya.Pada suatu hari mereka memulai pertengkaran dan kembali berkelahi, saling mematuk dan mencakar.Mereka berkelahi terus hingga salah satunya dikalahkan dan lari menjauh ke sudut untuk bersembunyi.

Ayam jantan yang memenangkan perkelahian itu dengan bangganya terbang ke atas atap kandang.ia mengepak-ngepakkan sayapnya, berkokok dengan sangat bangga dan keras seolah-olah dia ingin memberitahukan ke seluruh dunia tenteng kemenangannya.Namun, saat itu seekor burung elang yang terbang di udara mendengar dan akhirnya melihat ayam tersebut di atas atap.Burung elang tersebut akhirnya turun menyambar dan menerkam ayam jantan tersebut.Ayam itu dibawa ke sarangnya.

(7)

Kutipan II (fabel)

Setelah lama terdiam, “Hmm, aku ada ide,” kata si Kancil tiba-tiba. “Tapi kau harus menolongku,” lanjut Kancil.

“Begini, kau bilang pada harimau kalau aku telah menghajarmu karena telah menggangguku. Katakan juga pada si Harimau bahwa aku akan menghajar siapa saja yang berani menggangguku, termasuk harimau, karena aku sedang menjalankan tugas penting, “kata Kancil kepada Kelinci.

“Tugas penting apa, Cil?” tanya Kelinci heran.

“Sudah, bilang saja begitu, kalau si harimau nanti mencariku , antarkan ia ke bawah pohon besar di ujung jalan itu. Aku akan menunggu harimau disana.

“ Tapi aku takut, Cil. Bener nih rencanamu akan berhasil?” tanya Kancil. “Percayalah padaku,kalau gagal jangan sebut aku si Kancil yang cerdik.”

“Iya, iya. Aku percaya, tapi kamu jangan sombong, nanti malah kamu jadi lebih sombong dari si harimau.”

(8)

a i a n

23. Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut adalah ….

Kutipan I Kutipan II

A. Menggunakan ungkapan B. Menggunakan bahasa kias C. Bahasanya mudah dipahami D. Kalimat menggunakan majas

Tidak menggunakan ungkapan Menggunakan bahasa lugas Bahasanya sulit dipahami

Kalimat tidak menggunakan majas

24. Bacalah kutipan cerpen berikut!

(1)Dengan memberanikan diri, aku pun bertanya, "Apa Ibu kenal dengan seorang anak bernama Eric yang dulu tinggal di sana itu?" Ia menjawab, "Silakan masuk, Nyonya! Kalau Anda ibunya Eric, sungguh Anda tak punya hati!”. Ia membuka pintu tempat tinggalnya. (2)"Tolong katakan, di mana ia sekarang? Saya janji menyayanginya dan tidak akan meninggalkannya lagi!” (3)Aku berlari memeluk tubuhnya yang bergetar keras. "Nyonya, semua sudah terlambat. Sehari sebelum nyonya datang, Eric telah meninggal dunia. Jasadnya ditemukan di kolong jembatan,” jawabnya dengan suara terbata-bata. (4)”Eric... maafkan Ibu, Nak!” Aku sungguh menyesal, mengapa anakku Eric, dulu kutinggalkan.

Bukti latar tempat pada kutipan cerita tersebut ditandai nomor .... A. (1)

B. (2) C. (3) D. (4)

25. Cermati kutipan fabel berikut!

Seekor beruang mengelilingi hutan mencari buah-buahan.Ia menemukan pohon tumbang. Pohon tersebut terdapat sarang tempat lebah menyimpan madu.Beruang itu mulai mengendus-endus dengan hati-hati disekitar pohon tumbang tersebut.Ia ingin mencari tahu apakah lebah-lebah sedang berada di dalam sarang tersebut. Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah-lebah terbang pulang dengan membawa banyak madu. Lebah-lebah tersebut tahu maksud sang beruang. Mereka terbang mendekati sang beruang, lalu menyengatnya dengan tajam.Kemudian, mereka terbang ke dalam lubang batang pohon.

Beruang tersebut sangat marah. Seketika itu juga, ia meloncat ke atas batang yang tumbang tersebut. Dengan cakarnya, ia menghancurkan sarang lebah. Akibatnya, seluruh kawanan lebah yang berada di dalam sarang keluar dan menyerang sang beruang. Beruang yang sial itu akhirnya lari terbirit-birit menyelamatkan dirinya ke dalam danau.

Bukti bahwa tokoh lebah suka berkerja sama dalam kutipan tersebut ditunjukan pada pernyataan... A. Mereka terbang ke dalam lubang batang pohon.

B. Lebah-lebah tersebut tahu maksud sang beruang.

C. Seluruh kawanan lebah yang berada di dalam sarang keluar dan menyerang sang beruang. D. Tepat pada saat itu, sekumpulan kecil lebah terbang pulang dengan membawa banyak madu. 26. Cermati kutipan fabel berikut!

Kupu-kupu akhirnya lolos dari anak kecil tersebut. Namun, ia merasakan sayapnya sakit akibat terbang terlalu kencang. Ia pun merasakan kepalanya sangat pusing. Ia meminta bantuan kepada hewan lainnya, namun mereka semua enggan menolong kupu-kupu. Akhirnya, ia pingsan dengan sayapnya yang patah.

Kupu-kupu tersadar dari pingsannya. Namun, ia terkejut saat ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan.Tiba-tiba lalat datang membawa obat-obatan. Syukurlah kau sudah pulih” ujarnya senang. Kupu-kupu terkejut karena yang menolongnyaadalah hewan yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berhutang budi padanya.

“Mm.. terima kasih ya kau mau menolongku,padahal aku telah menghinamu,” ujarnya malu-malu.

“ Tidak apa kok, sudahlah kau tiduran saja. Biar aku dapat mengobati sayapmu yang patah.”Kupu-kupu menurut, lalu ia diobati oleh lalat.

(9)

telah menyadari bahwa kecantikannya itu hanya pemberian semata dari Allah SWT.Ia mau berteman dengan siapa saja karena tanpa teman ia tak bisa berbuat apa-apa.

Komentar yang tepat terhadap isi fabel tersebut adalah ... A. Isi cerita bagus hanya tidak ada pesan moralnya.

B. Isi cerita kurang menarik karena mencertakan yang sesungguhnya.

C. Isi cerita tidak masuk akal sehingga tidak patut ditru dalam kehidupan nyata. D. Isi cerita bagus karena mengajarkan kepada pembaca supaya tidak sombong.

27. Cermatilah kalimat berikut!

Kekeringan yang terjadi terlalu lama dapat berdampak pada turunnya [...] tanaman dan merugikan petani

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah .... A. produksi

B. produsen C. konsumsi D. konsumen

28. Cermati paragraf berikut dengan seksama!

Di kawasan Parangkusuma, Bantul ternyata pernah (...) gunung api. Hal ini (...) dengan adanya lava yang membatu di kawasan tersebut.Kebanyakan orang menyebutnya sebagai Watu Gilang. Jika berdiri di kawasan tersebut, sesungguhnya kita sedang berada di atas puncak gunung api. Watu Gilang, lava yang membeku, (...) oleh tim Geologi UPN Yogyakarta.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut adalah.... A. berada; terbukti; meneliti

B. terdapat; terbukti; diteliti C. terdapat; dibuktikan; diteliti D. berada; membuktikan; peneliti

29. Cermati teks prosedur berikut! Cara Mematikan Komputer

1. Tutup semua program atau aplikasi yang sedang aktif 2. Klik menu “Turn Off Computer”

3. Klik tombol “Start” dengan mouse pada menu Dekstop 4. Diamkan beberapa saat hingga komputer padam.

5. Pada kotak dialog “Turn Off Computer”, klik tombol “Turn Off” 6. Cabut kabel listrik dari jala-jala listrik

7. Tekan tombol OFF pada monitor untuk memadamkan monitor 8. Tutup dengan penutup

Kalimat-kalimat tersebut dapat disusun menjadi teks laporan yang padu dengan urutan nomor… A. 1-3-2-4-5-7-6-8

B. 1-3-2-5-4-7-6-8 C. 1-2-3-4-5-7-6-8 D. 1-2-4-3-6-5-7-8 30. Cermatilah teks berikut!

Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahari selama 12 jam penuh sepanjang tahun. [...] Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ... A. Sinar matahari berperan dalam penyerbukan bunga. B. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman. C. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah. D. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

31. Cermati teks peosedur berikut! Membuat Puding Kelapa Muda

(1) Sediakan agar-agar, gula,santan, kelapa muda,vanili, dan telur lalu kocok. (2) [...]

(10)

dikocok.

(4) Biarkan sampai mendidih kembali, lalu angkat. (5) Tuanglah ke dalam cetakan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ... A. Biarkan dingin dalam lemari.

B. Masak air sampai mendidih. C. Masak adonan dengan api sedang. D. Biarkan mengeras, kemudian sajikan.

32. Cermati teks berikut!

Di tengah kondisi perlambatan ekonomi, peluang tetap harus dicari. Untuk Indonesia, peluang itu tersimpan dalam beberapa sektor ekonomi. (...) Dalam dunia pariwisata, keindahan serta kekayaan alam dan budaya Indonesia sudah banyak diakui masyarakat internasional.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah... A. Salah satunya kegiatan pariwisata.

B. Destinasi wisata Indonesia bervariasi. C. Menteri Pariwisata sangat mendukung. D. Pariwisata penyumbang devisa terbesar.

33. Perhatikan Kalimat berikut!

Fatimah menjahit baju untuk pesta ulang tahunnya.

Kalimat yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah... A. Kemarin pohon pisang itu tumbang.

B. Syarifah memiliki saudara kembar. C. Bibi sedang menggendong Rasya.

D. Syahrini menyanyikan lagu dengam merdu.

34. Perhatikan data buku berikut!

Judul : Mengarang, Apa Susahnya? Pengarang : Saya Harto

Penerbit : Pustaka Cahaya Tahun terbit : 2015

Tebal : 180 halaman

Kelebihan : Mampu menyajikan ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang

Kekurangan : Buku tersebut terkesan mahal

Paragraf yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah ...

A. Buku ini telah menjadi pedoman awal bagi orang yang ingin belajar. Ada beberapa teori yang menjadi acuan dalam mengarang bisa gampang.

B. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.

C. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik sebagai acuan dalam mengarang. Tiap bagiannya pun dijelaskan dengan baik.Idenya kreatif, tapi harganya mahal.

D. Buku setebal 180 halaman ini sangat baik. Ide-ide kreatif dan motivasi dalam proses belajar mengarang disajikan dengan baik pula. Sayangnya, buku ini terkesan mahal.

35. Cermatilah cerpen berikut!

''Aaaah... Apa harus terus hidup seperti ini. Ketika hari libur seperti ini tiba. aku hanya duduk duduk santai tidak jelas di depan teras sambil ditemani air kopi hitam pahit dan pisang goreng saja. Ada libur dua hari.''

Laki -laki muda itu megubah posisi duduknya, agak menyamping.

''Aaah ... aku mungkin selamanya bekerja di sana. Gajinyapun hanya cukup untuk sehari-hari saja."

Laki-laki tua mulai me1irik koran disampingnya, kemudian ia membaca sebuah artikel yang terpampang di halaman paling depan.

“Era pasar bebas, siapkah Anda?” Hmm…. Hmmm… Hmm… sang laki-laki terus membaca artikel sampai habis.”

Pengubahan cerpen tersebut agar menjadi teks eksposisi yang tepat adalah ...

(11)

ini kita dituntut lebih kreatif dan lebih maju, baik dari segi pendidikan maupun segi ekonomi. Salah satu cara untuk meningkatkan taraf ekonomi adalah dengan mernbuka usaha sendiri.

B. Siapa pun yang hidup sendiri akan kesepian. Kesepian yang mendera bisa memunculkankan pemikiran untuk mencan mitra Mencari mitra tidaklah mudah. Harus ada pertimbagan-pertimbangan matang sehingga menemukan kecocokan.

C. Seorang lelaki yang termenung sendiri sampai pada sebuah pemikiran. Pemikiran untuk mencari kesibukan yang lebih berarti. Dia sudah muak hanya dengan memikirkan tentang ekonomi atau pasar bebas yang menghadang di depan mata.

D. Lelaki tua sepertinya Lupa bahwa dia sore itu tertidur di kompleks pekuburan di pojok kota. Dia telah melupakan berita tentang makin luasnya areal pekuburan untuk jenazah orang-orang yang tak dikenal.

36. Perhatikan kalimat berikut!

Kebutuhan gizi yang optimal dapat mendukung aktifitas anak selama satu hari penuh.

Kata yang salah ejaannya pada kalimat tersebut adalah.... A. gizi

B. optimal C. aktifitas D. mendukung

37. Perhatikan kalimat berikut!

Tas cantik ini terbuat daripada barang-barang bekas yang didaur ulang.

Ketidakefektifan kalimat tersebut karena.... A. penggunaan kata cantik

B. penggunaan kata ulang C. penggunaan kata daripada D. kata terbuat bermakna dapat

38. Perhatikan kalimat berikut!

Sampah di bumi akan terus (...) selama masih ada kegiatan yang dilakukan oleh alam danmanusia.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah... A. menumpuk

B. bertumpuk C. bertambah D. menambah

39. Cermati teks berikut!

[... ]berteriak tidak dijadikan senjata oleh anak, para ahli menyarankan [...]orang tua tidak langsung merespon teriakan anak,[ ...] memberitahukannya bahwa berteriak bukan cara berkomunikasi yang tepat.

Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah.... A. setelah, untuk, sebab

B. jika, agar, tetapi C. sebelum, andai, sebab D. sesudah, jika, tetapi

40. Perhatikan kalimat berikut!

Penduduk desa Makmur mulai berkarya (1) di sawah. Mereka akan menumbuhkan (2) padi.Karena musim penghujan sudah hadir (3). Mereka berharap panen tahun ini lebih baik.

Perbaikan pilihan kata pada paragraf tersebut adalah ... A. membajak, bertanam, ada

B. membajak, ditanam, datang C. membajak, menanamkan, ada D. membajak, menanam, datang

(12)

Para hadirin semua yang sangat terhormat, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi yang telah diberikan. Semoga amal budi para ibu/bapak mendapat imbalan dari Tuhan.

Agar kalimat menjadi kalimat efektif, kata yang harus dihilangkan adalah... A. hadirin, sangat, dan yang

B. para, semua, dan sangat C. hadirin, yang, dansangat D. para, sangat, danterhormat

42. Perhatikan kalimat berikut!

Menejemen rsiko adalah pendekatan proaktif untuk mengidentifikasi,menilai, dan menyusun prioritas resiko,dengan tujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan dampaknya.

Perbaikkan yang tepat untuk kata yang dicetak miring adalah... A. manajer,riskan

B. managemen,riskan B. menejemen,risiko D. manajemen, risiko

43. Perhatikan kalimat berikut!

Menejemen rsiko adalah pendekatan proaktif untuk mengidentifikasi,menilai, dan menyusunprioritas resiko,dengan tujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan dampaknya.

Penulisan kata bercetak miring pada kata di atas tidak tepat karena.... A. kata tersebut merupakan kata serapan dari bahasa asing

B. kata tersebut tidak baku dan tidak sesuai dengan KBBI C. kata tersebut merupakan kata kajian dalam suatu keilmuan D. kata tersebut merupakan kata yang termasuk istilah khusus

44. Perhatikan kalimat berikut!

Reyka menanam berbagai bunga,seperti bunga alamanda, bunga amarilis, bunga bungur, bunga anggrek, dan bunga begonia.

Kalimat di atas tidak efektif karena... A. tidak terdapat subjek

B. penggunaan kata yang berlebihan C. penggunaan predikat yang tidak pararel

D. makna kalimat yang tidak logis dan tidak sesuai konteks umum.

45. Perhatikan kalimat berikut!

(1) Pada suatu hari ada seekor kancil berjalan-jalan di sekitar ladang milik Pak Tani.(2) Dia menginginkan buah ketimun milik Pak Tani.(3)Namun Pak Tani selalu siaga dan berjaga-jaga mengawasi kebunnya,sehingga sulit bagi hewan itu untuk mencari ketimun.(4) Si kancil pun berjalan mengendap-endap menunggu pak Tani lengah.

Perbaikkan ejaan untuk kalimat nomor 4 adalah...

A. Si kancilpun berjalan mengendap-endap menunggu Pak tani lengah. B. Si kancil pun berjalan mengendap-endap menunggu pak Tani lengah. C. Si Kancil pun berjalan mengendap-endap menunggu Pak Tani lengah. D. Si Kancilpun berjalan mengendap-endap menunggu Pak tani lengah.

46. Perhatikan kalimat berikut!

Koko tolong ambilkan ember cangkul dan serokan sampah kata ayah kepada Koko.

Penggunaan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah …

A. “Koko tolong ambilkan ember, cangkul dan serokan sampah!” kata ayah kepada Koko.

B. “Koko tolong! Ambilkan ember cangkul, dan serokan sampah,” kata ayah kepada Koko.

(13)

D. “Koko, tolong ambilkan ember, cangkul, dan serokan sampah!” kata ayah kepada Koko.

47. Cermatilah kutipan teks di bawah ini !

(1)Kemudian, pukul dan pipihkan biji setelah kulit terkelupas. (2) Biji yang masih hangat segera diletakkan di atas plastic yang menggunakan bantalan batu. (3) Biji melinjo dipukul, pukul kembali dan dipipihkan menggunakan palu hingga rata. (4) Jika ingin membuat mping melinjo yang lebih besar, pukul biji melinjo yang lain berdekatan dengan biji pertama hingga bundar.

Kesalahan penggunaan ejaan pada kutipan teks tersebut ditunjukkan oleh nomor….

A. (1) B. (2) C. (3) D. (4)

48. Cermatilah kutipan teks di bawah ini!

(1)Kemudian, pukul dan pipihkan biji setelah kulit terkelupas. (2) Biji yang masih hangat segera diletakkan di atas plastic yang menggunakan bantalan batu. (3) Biji melinjo dipukul, pukul kembali dan dipipihkan menggunakan palu hingga rata. (4) Jika ingin membuat mping melinjo yang lebih besar, pukul biji melinjo yang lain berdekatan dengan biji pertama hingga bundar.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada kutipan teks tersebut ditunjukkan oleh nomor… A. (1)

B. (2) C. (3) D. (4)

49. Cermati teks berikut!

Dodo adalah anak lebah yang telah di tinggal mati ibunya. Ia memutuskan untuk mengembara hingga ia sampai di gurun pasir yang luas. Di tengah gurun itu, Dodo merasa haus dan lapar. Ia berpikir di mana dapat menemukan makanan.

Dodo bersikeras untuk mendapatkan makanan. Ia terbang ke sana ke mari mengitari gurun pasir. Dari kejauhan, Dodo melihat air dan makanan. Namun, setelah didekati ternyata hanya hamparan pasir yang luas. Kemudian, Dodo terbang kembali sampai dia mendapatkan makanan.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan tersebut adalah... A. di tengah gurun dipisah karena sebagai kata depan B. di tinggal digabung karena sebagai imbuhan C. didekati digabung karena sebagai imbuhan D. di mana dipisah karena sebagai kata depan

50. Cermatilah kalimat tersebut!

Ayah dari Sudirman merupakan seorang pekerja di pabrik gula sedangkan, ibunya merupakan keturunan Wedana Rembang.

Penggunaan tanda bacakoma (,) pada kalimat di atas tidak tepat karena… A. tanda koma seharusnya dihilangkan pada kalimat pertentangan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di