• Tidak ada hasil yang ditemukan

PERBEDAAN LOYALITAS KERJA PERAWAT DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE A DAN KEPRIBADIAN TIPE B DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UMBU RARA MEHA WAINGAPU SKRIPSI

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "PERBEDAAN LOYALITAS KERJA PERAWAT DITINJAU DARI KEPRIBADIAN TIPE A DAN KEPRIBADIAN TIPE B DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UMBU RARA MEHA WAINGAPU SKRIPSI"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

PERBEDAAN LOYALITAS KERJA PERAWAT DITINJAU

DARI KEPRIBADIAN TIPE A DAN KEPRIBADIAN TIPE B

DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UMBU RARA MEHA

WAINGAPU

SKRIPSI

Disusun oleh: Vinie Ruth Alvionita

462009206

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

2014

(2)

PERBEDAAN LOYALITAS KERJA PERAWAT DITINJAU

DARI KEPRIBADIAN TIPE A DAN KEPRIBADIAN TIPE B

DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UMBU RARA MEHA

WAINGAPU

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan Dalam Memperoleh Gelar Sarjana Keperawatan

Disusun oleh : Vinie Ruth Alvionita

462009026

PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN

FAKULTAS ILMU KESEHATAN

UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

SALATIGA

(3)
(4)
(5)

PERNYATAAN KEASLIAN KARYA TULIS TUGAS AKHIR Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Vinie Ruth Alvionita

NIM : 462009026

Program Studi : Ilmu Keperawatan Fakultas : Ilmu Kesehatan-UKSW

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa skripsi dengan judul: Perbedaan Loyalitas Kerja Perawat Ditinjau Dari Kepribadian Tipe A dan Kepribadian Tipe B Di Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha Waingapu, yang dibimbing oleh:

Enjang Wahyuningrum, M.Si., Psi adalah benar hasil karya saya.

Didalam skripsi ini terdapat keseluruhan atau sebagian tulisan atau gagasan orang lain yang saya ambil dengan cara menyalin atau meniru dalam bentuk rangkaian kalimat atau gambar serta simbol yang saya akui seolah-olah sebagian karya saya sendiri tanpa memberikan pengakuan pada peneliti atau sumber aslinya.

Salatiga, Mei 2014

Yang memberikan

pernyataan,

(6)
(7)
(8)

PERSEMBAHAN DAN MOTTO

Skripsi ini sepenuhnya penulis persembahkan kepada:

Tuhan Yesus Kristus Raja Diatas Segala Raja

Untuk Papa, Mama, K Fanny, Fenty, Festy dan Ponakan

Tersayang Nadha Bait yang selalu memberikan DOA,

SEMANGAT, KASIH SAYANG, dan DUKUNGAN yang tak

terhingga.

“Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena

hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan

sehari cukuplah untuk sehari” (Matius 6 : 34)

“Segala perkara dapat kutanggung didalam Dia yang

memberi kekuatan kepadaku” ( Filipi 4 : 13)

(9)
(10)

Vinie Ruth Alvionita, 462009026, Perbedaan Loyalitas Kerja Perawat Ditinjau dari Kepribadian Tipe A dan Kepribadian Tipe B di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu Sumba Timur, Skripsi, Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Kristen Satya Wacana

Pembimbing : Enjang Wahyuningrum, M.Si., Psi.

Loyalitas lebih mengacu pada sikap atau perilaku tentang kesetiaan, mencintai dan kepercayaan terhadap suatu pekerjaan yang dilakukan dalam memberikan pelayanan yang baik. Loyalitas karyawan/pekerja (biasanya identik dengan komitmen) kepada organisasi, kadang-kadang dipandang sebagai sikap (Meyer & Allen, 1991). Salah satu faktor yang memengaruhi loyalitas kerja adalah tipe kepribadian. Kepribadian menurut Robbins & Judge (2008) adalah cara di mana seorang individu dapat bereaksi dan berinteraksi dengan individu lainnya dan kepribadian dapat dilihat atau nampak dari sifat individu yang bisa diukur dari apa yang ditunjukkan oleh seseorang. Tipe kepribadian yang dipakai dalam penelitian ini adalah kepribadian tipe A dan tipe B. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan loyalitas kerja perawat ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B di RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu Sumba Timur. Sampel yang diambil sebanyak 60 perawat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif komparatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada perawaperawat di RSUD Umbu Rara Meha, Waingapu. Hasil uji t-test didapat bahwa nilai t hitung 2,093 (nilai signifikansi 0,041) < 0,05 sehingga uji statistik yang diambil Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan loyalitas kerja perawat ditinjau dari kepribadian tipe A dan tipe B dan rerata loyalitas kerja perawat adalah sangat tinggi dengan jumlah perawat kepribadian tipe A paling banyak.

Kata Kunci : Loyalitas Kerja Perawat, Kepribadian Tipe A dan Tipe B, Perawat.

(11)

KATA PENGANTAR

Segala puji, syukur serta hormat penulis hantarkan kepada Yang Maha Pengasih dan Penyayang Tuhan Yesus Kristus, yang atas hikmat, pengetahuan dan kebijaksanaanNya yang Ia anugerahkan, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir pembuatan skripsi dengan judul “ Perbedaan Loyalitas Kerja Perawat Ditinjau Dari Kepribadian Tipe A dan Kepribadian Tipe B di Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha Waingapu”.

Penulisan skripsi ini merupakan salah satu syarat bagi penulis untuk menyelesaikan pendidikan Keperawatan dan memperoleh gelar Sarjana Keperawatan. Dalam penyelesaian tugas akhir ini, banyak tantangan yang penulis alami. Akan tetapi atas dukungan berbagai pihak, maka penulis dapat menyelesaikan pembuatan skripsi dengan baik.

Dengan segala kerendahan hati, penulis ingin menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memberi support/semangat, membimbing, memberi saran, dan dukungan moril maupun materi bagi penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini. Pihak-pihak tersebut antara lain:

1. Enjang Wahyuningrum, M.Si., Psi selaku pembimbing I yang selalu mengarahkan, membimbing dan memberi semangat serta motivasi bagi penulis dalam penyelesaian tugas akhir ini. Terima kasih buat waktu, kesabaran dan ide-ide yang sudah ibu berikan kepada penulis dalam penyelesaian skripsi ini.

2. Desi, S.Kep selaku pembimbing II yang telah bersedia membimbing dan meluangkan waktu dan kesabaran dalam membimbing penulis walaupun ditengah perjalanan penyelesaian skripsi ini ibu harus melanjutkan studinya.

(12)

3. Ir. Ferry F. Karwur, M.Sc.,Ph.D selaku dekan Fakultas Ilmu Kesehatan yang sudah mengijinkan penulis untuk melakukan penelitian melalui surat pengantarnya.

4. All Dosen, Staf Academika dan Staf non-academika FIK UKSW. Terima kasih untuk semua ilmu dan bantuan yang diberikan kepada penulis. Terkhusus buat wali studi dan mantan wali studi penulis:

Priska S. Pulungan S.pd., M.M dan Yulius Y. Ranimpi, M.Si.,Psi.

terima kasih sudah menjadi orang tua yang baik yang selalu membimbing penulis.

5. Dr. Lely Harakai, M.Kes selaku Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Umbu Rara Meha Waingapu yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk melakukan penelitian.

6. Staf Keperawatan, Medical Record, dan semua Perawat di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu yang telah banyak membantu penulis dalam proses penelitian. Terkhusus terima kasih banyak buat Mama

Rambu Lunga dan Kakak Rambu Yani yang sudah membantu

penulis dari awal hingga selesainya penelitian.

7. Buat orang-orang terkasih: Bapak Kahumbu Namu Tana, Mama

Rambu Kahi Emba Hamanay, Kakak Stefanie Rambu Thida, Adik Cyndie Devita Gloria & Shyane Devesti Natalia terima kasih

banyak untuk segala bentuk dukungan moril maupun materi, kasih sayang, perhatian, dukungan doa dan semangat yang tidak pernah putus untuk penulis sehingga penulis dapat bertahan dan menyelesaikan penelitian ini. Terima kasih karena sudah menjadi orang tua yang luar biasa dan menjadi saudara yang hebat buat penulis. Tuhan Yesus senantiasa memberkati kalian. Love you guys.

Buat keluarga besar di Melolo, Waingapu dan Bidipraing: Nenek Toda, Kakek & Nenek Bidipraing, Bapa & Mama Tina, Mama Oy, Mama Fritz dan Kakak Tina. Terima kasih untuk dukungan doa dan

(13)

capek dalam memberi nasihat dan motivasi buat penulis agar tidak mudah putus asa.

8. K Ardhy Bait, K Fanny dan malaikat kecil Nafeeza Nadha Bait. Terima kasih buat segala bentuk dukungan dan doa untuk penulis. Tuhan memberkati keluarga kecil kalian.

9. Sahabat-sahabat SMA: Alethia E. Siahainenia, Dwi March

Yayuniarni, Anis Wandal, Ambu D. Putri, Erick Kanatalo, Etri Gah, Imelda Maramba, Via Djara, Yuliastin R.R. Bubu. Terima

kasih buat semangat yang diberikan kepada penulis.

10. Keluarga Besar Perwasus: Itting (Paulus Runuwali), K Yayie,

Joan Manapa, Diche, Nice, Astrid, Dorlin, Diane Nuhamara, Sari, Andri Sabarua, Rian, Asih, Umbu Andry, K Fredy Guty, K Eny, K Dolly, K Rinda, K Ichy, K Shinta. Terima kasih buat kebersamaan

dan kekeluargaan kita ditanah rantau ini.

11. Teman-teman seperjuangan angkatan 2009 FIK UKSW: Rush,

Ellen Nu, Ling-Ling, Nally, Hanes, Feibi Lepe, Ebhy Sadja, Kalista, Apsari, Siti, Berthy, Oliv, Helen M, Chepy, Diane, Watty, Dian, Isna, Marlina. Terima kasih untuk kebersamaan dan terima

kasih karena sudah memberikan kesempatan pada penulis untuk mengenal kalian. Tetap semangat dan kalian luar biasa.

12. Teman-teman kost 421: Astri Anggar, Dina, Nurul, Feby, Ayuk. Terima kasih buat dukungan semangat kalian selama ini. Bakalan kangen dengan kebersamaan dan cerita kita selama ini.

13. Kk Gw Nance Mehang, terima kasih kasih banyak karena sudah bersedia meluangkan waktu dan tenaga dalam membantu penulis. Terima kasih karena tidak pernah bosan membimbing penulis dan memberikan segala perhatian dari kk gw buat penulis. Tidak lupa juga buat Adik Gw Puspita Kamulung dan Berlian Rambu P.

Kondi. Terima kasih buat doa, semangat, semua bantuan dan

sudah mau meluangkan waktu untuk mendengarkan keluh kesah penulis. Sukses terus dan Tuhan berkati.

(14)

14. Buat sahabat Anggreni Puspita N. Marthen yang selalu ada entah kapan, dimana dan dalam kondisi apapun bersedia membantu penulis. Terima kasih buat segala bantuan, dalam bentuk apapun itu. “saya bukan tipe orang yang pandai berkata-kata manis atau bersikap baik, tapi saya masih tahu caranya berterima kasih”.

FIGHTING. Love you girl.

15. Untuk semua pihak yang telah membantu penulis menyelesaikan tugas akhir ini penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan penulis memohon maaf bagi semua pihak yang membantu dan tidak sempat penulis sebutkan namanya satu persatu.

Salatiga, Mei 2014 Penulis,

(15)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

LEMBAR KEASLIAN ... ii

HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ... iii

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING ... iv

HALAMAN PERSEMBAHAN DAN MOTTO ... v

HALAMAN PENGESAHAN ... vi

ABSTRAK ... vii

KATA PENGANTAR ... viii

DAFTAR ISI ... xii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1 Latar Belakang Masalah ... 1

1.2 Rumusan Masalah ... 7

1.3 Tujuan Penelitian ... 7

1.4 Manfaat Penelitian ... 7

BAB II LANDASAN TEORI ... 9

2.1 Loyalitas Kerja Perawat ... 9

2.1.1 Pengertian Loyalitas Perawat ... 9

2.1.2 Aspek-aspek Loyalitas Kerja ... 11

2.1.3 Faktor-faktor yang mempengaruhi Loyalitas Kerja... 12

(16)

2.2.1 Pengertian Kepribadian Tipe A dan Tipe B ... 13

2.2.2 Ciri-ciri Kepribadian Tipe A dan Tipe B 15 2.2.3 Faktor-faktor yang memengaruhi Kepribadian ... 17

2.3 Kerangka Konsep dan Hipotesis ... 19

2.3.1 Kerangka Konsep ... 19

2.3.2 Hipotesis ... 20

BAB III METODE PENELITIAN ... 22

3.1 Jenis Penelitian ... 22

3.2 Identifikasi Variabel Penelitian ... 22

3.3 Definisi Operasional Variabel Penelitian ... 23

3.4 Responden Penelitian ... 24

3.5 Teknik Pengumpulan Data ... 25

3.6 Validitas dan Reliabilitas ... 27

3.7 Analisis Data ... 29

3.8 Etika Penelitian ... 30

BAB IV. Hasil Penelitian dan Pembahasan ... 32

4.1. Gambaran Tempat Penelitian ... 32

4.2 Gambaran Responden Penelitian ... 33

4.3 Karakteristik Responden Penelitian ... 34

4.4. Prosedur Penelitian ... 36

(17)

4.4.2 Pelaksanaan Penelitian ... 39

4.5 Uji Validitas dan Reliabilitas Alat Ukur ... 40

4.5.1 Uji Validitas ... 40

4.5.2 Uji Reliabilitas ... 41

4.5.3 Uji Normalitas ... 42

4.5.4 Uji Homogenitas ... 44

4.6 Hasil Analisa Deskriptif ... 44

4.7 Pembahasan Hasil Penelitian ... 50

4.8 Keterbatasan Penelitian ... 51 BAB V. Penutup ... 53 5.1. Simpulan ... 53 5.2. Saran ... 53 DAFTAR PUSTAKA ... 55 LAMPIRAN ... 58

Referensi

Dokumen terkait

Dynamic calibration of the sensor-based coil is done in two ways (Figure 1(c)), namely: 1) by pressing one end attached to the end plate to the other plate. The distance between

minimal 30% dari keseluruhan mahasiswa yang diterima. Jalur mandiri dan sejenisnya dapat diselenggarakan bagi Poltekkes yang akan melaksanakan dengan menggunakan Panduan

Pada soalan penulis adakah anime tidak membantu beliau dalam menguasai bahasa Jepun, responden menjawab bahawa banyak kosa kata dipelajari melalui anime tetapi untuk tujuan

Cad.. Setelah ditaksir, maka harga pasar wajar kendaraan tersebut senilai Rp 7.850.000,-. Buat jurnal untuk mencatat transaksi tersebut, baik dengan metode langsung maupun

Membantu Direktur Jenderal Pembina Profesi Jabatan Fungsional/Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum, Pejabat eselon II yang membidangi Pekerjaan Umum

Secara umum untuk tahun anggaran 2015 Kantor Informasi dan Komunikasi Kabupaten OKU TIMUR telah dapat melaksanakan target sasaran yang ingin dicapai, yang

Dalam tahap pertama ini dilakukan beberapa tahapan yang harus diperhatikan yaitu Seed opportunity in existing new value system ( kesempatan pasar yang

ARAM II Tahun 2012 diprediksi produksi beberapa komoditi palawija NTT tahun 2012 menurun bila dibandingkan dengan ATAP 2011 yaitu kacang tanah dan ubi kayu, sementara komoditi