Dalam kedudukan dan jabatannya tersebut bertindak untuk dan atas nama LSM KOBRA yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Teks penuh

(1)

KESEPAKATAN KERJASAMA ( MOU )

PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY Dengan

LSM KOBRA Tentang

PROGRAM PENGENTASAN PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN WILAYAH JATENG NO. 017 / MOU CAB – IKS / VI / 2013.

Pada hari ini Senin tanggal Satu bulan Februari tahun Dua Ribu Enam Belas( 2016 ) di Sukoharjo, menerangkan bahwa yang bertanda tangan dibawah ini:

1. Nama : Darnas Ana K.S

Jabatan : Pimpinan PT. Investama Komando Security Alamat : Jl. Jendral ahmad yani No.357 Kartasura,

Sukoharjo, Jawa Tengah

Dalam kedudukan dan jabatannya tersebut bertindak untuk dan atas nama PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

1. Nama : Rahadian Bagas Nirmala TTL : Demak, 22 Juni 1978

Alamat : Jl. H. Baserin RT 013/ Rw 005, Kel.Ulujami, Kec. Pesanggrahan, Kab. Jakarta Selatan,

Provinsi DKI Jakarta

Dalam kedudukan dan jabatannya tersebut bertindak untuk dan atas nama LSM KOBRA yang selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.

Pihak Pertama dan Pihak Kedua selanjutnya secara bersama-sama didalam Perjanjian ini akan disebut sebagai “Para Pihak”.

Selanjutnya PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA secara bersama-sama disebut PARA PIHAK dan secara sendiri-sendiri disebut PIHAK, dalam kedudukannya masing-masing sebagaimana tersebut diatas menerangkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa Pihak PERTAMA adalah PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY berdomisili di Sukoharjo, Jawa Tengah yang memiliki kepentingan untuk pengembangan PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY yang bergerak dalam bidang usaha jasa Pengamanan/ security, diklat, BUJP dan pekerja/ buruh, Penempatan tenaga kerja.

2. PIHAK PERTAMA dalam perjanjian ini adalah direktur: Darnas Ana Kristina Setyowati

3. Bahwa PIHAK PERTAMA menunjuk PIHAK KEDUA sebagai Mitra dalam program kepedulian LSM KOBRA terhadap rakyat tidak mampu

4. PIHAK KEDUA dalam perjanjian ini adalah sebagai Organisasi kemasyarakatan ( LSM KOBRA )

5. Bahwa PIHAK KEDUA adalah LSM KOBRA yang merupakan bagian dari Organisasi kemasyarakatan.

(2)

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas selanjutnya PARA PIHAK sepakat dan menyetujui mengadakan kerja sama dalam program pengentasan pengangguran dan kemiskinan.

PASAL 1

RUANG LINGKUP

1. PIHAK PERTAMA sepakat dengan PIHAK KEDUA untuk mengembangkan program pihak kedua.

2. PIHAK KEDUA menerima dan sepakat kerja sama dari PIHAK PERTAMA berkenaan dengan pengembangan outsourcing satpam, BUJP dan pekerja/ buruh PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah.

3. Dalam pelaksanaan operasionalnya PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY bersama-sama LSM KOBRA melakukan : Kegiatan diklat satpam, penyediaan satpam, BUJP dan pekerja/ buruh (outsourcing) dibawah naungan Kantor Pusat PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY Jawa Tengah.

PASAL 2

MAKSUD

Maksud dari kerja sama ini adalah:

1. Untuk menyamakan persepsi serta komitmen dalam melaksanakan operasional kegiatan penyedia dan pengelolaan tenaga satpam, diklat satpam, BUJP dan pekerja/ buruh (outsourcing).

2. Untuk menyelenggarakan jasa penyedia dan pengelolaan tenaga satpam, diklat satpam, BUJP dan pekerja/ buruh (outsourcing).

3. Menyelenggarakan kegiatan Diklat, BUJP dan pekerja/ buruh dengan orientasi profit dan saling menguntungkan pada PARA PIHAK dengan tidak mengabaikan nilai-nilai kwalitas dan kemanusiaan.

PASAL 3

TUJUAN

1. Terjalinnya kemitraan yang harmonis pada PARA PIHAK untuk terwujudnya penyelenggaraan Jasa penyedia tenaga satpam, Diklat satpam, BUJP dan pekerja/buruh yang berkualitas.

2. Agar didapatkan persamaan persepsi dalam menyelenggarakan Jasa penyedia tenaga satpam, Diklat satpam, BUJP dan pekerja/ buruh. 3. Untuk melakukan pengembangan dan koordinasi di seluruh instansi

(3)

PASAL 4

HAK – HAK

1. PIHAK PERTAMA berhak:

a. Memberikan pembinaan yang berorentasi pada kepentingan manajemen PIHAK PERTAMA agar tidak terjadi sesuatu yang menyimpang dari perjanjian ini.

b. Mengadakan evaluasi terhadap penyelenggaraan operasional PIHAK KEDUA

c. Memperoleh bagi hasil 40% Pihak PERTAMA dan 60% Pihak KEDUA dari keuntungan pada setiap bulan atas setiap penyelenggaraan pengelolaan jasa pengamanan, BUJP dan Pekerja/ buruh yang di hasilkan oleh pihak kedua

2. PIHAK KEDUA berhak:

a. Menggunakan nama dan legalitas PIHAK PERTAMA untuk keperluan pengembangan.

b. Mengembangkan PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

c. Mengajukan dukungan personil SATPAM PEKERJA /BURUH serta pengadaan kepada PIHAK PERTAMA setiap saat.

d. Memperoleh bagi hasil 40% Pihak pertama dan 60% Pihak kedua dari keuntungan pada setiap bulan atas setiap penyelenggaraan pengelolaan jasa pengamanan yang tidak melibatkan pihak I dalam proses assesment sampai dengan finishing. Apabila melibatkan pihak I maka pihak ke II mendapatkan hak dan kewajibannya mendapat Rp 50.000 per peserta dari manajemen fee selama kontrak berlangsung.

e. Program

diklat

Pihak ke II mendapatkan sucses fee Rp. 500,000,00 (lima ratus ribu per peserta) apabila pengirimannya diatas 20 peserta dan jika kurang dari 20 peserta mendapatkan sucses fee Rp. 250.000 per peserta.

f. Program penempatan tenaga kerja berkewajiban membayar ke pihak pertama sebesar 10% dari nilai transaksi dan di bayarkan setiap bulannya melalui rekening BRI PT INVESTAMA KOMANDO SECURITY dengan NO Rekening 018201000333302 cabang kartasura.

PASAL 5

KEWAJIBAN 1. PIHAK KEDUA Berkewajiban:

a. Bersama-sama dengan PIHAK PERTAMA menyusun program kegiatan dan menentukan harga jual Outsourcing Satpam dan pekerja/ buruh. b. Menjalin kemitraan dengan user / perusahaan pengguna jasa

security dan pekerja/ buruh diwilayah Negara kesatuan Republik Indonesia.

(4)

c. Melakukan marketing kepada perusahaan pengguna security dan pekerja/ buruh dengan berbagai pola dan cara.

d. Menjaga nama baik PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY di setiap langkah yang diambil.

PASAL 6

PEMBIAYAAN

1. Segala hal yang menyangkut pembiayaan operasional PIHAK KEDUA menjadi tanggung jawab PIHAK KEDUA.

2. Dalam menentukan besaran management fee terhadap pihak pengguna jasa disepakati oleh PARA PIHAK berkisar antara 10% (sepuluh persen) sampai 30% (tiga puluh persen) dari seluruh nilai kontrak.

3. Mekanisme pembayaran dari semua pihak pengguna jasa atas seluruh nilai kontrak pada setiap bulannya dilakukan melalui Bank BRI nomor Rekening : 018201000333302 atas nama PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY, yang kemudian akan dikembalikan/dibayarkan ke PIHAK KEDUA yang telah disepakati KE DUA BELAH PIHAK .

PASAL 7

PEMBERITAHUAN

Setiap pemberitahuan, termasuk perubahan pemegang saham maupun pengurus Para Pihak, tagihan, dokumen dan komunikasi lainnya yang dibuat berdasarkan Perjanjian ini harus dibuat secara tertulis dan memberitahukan kepada masing-masing pihak dengan alamat sebagai berikut :

A. Nama : PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY PUSAT Alamat : JL.Jendral ahmad yani No.357 Pucangan

Kartasura Sukoharjo Telephone : 081393450488/ 0271-733128 Fax : 0271-731049 Up. : - Jamal, SH - Darnas Anna K S. Email : iks.indonesia@gmail.com

B. Nama : Rahadian Bagas Nirmala

Alamat : Jl. H. Baserin Rt 013/ Rw 005, kel. Ulujami. Kec. Pesanggrahan, Kab. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta

Telephone : 085200600088

Atau kepada alamat lain atau nomor lain sebagaimana diberitahukan dari waktu ke waktu oleh masing-masing pihak kepada lainnya dengan cara sebagaimana disebutkan di atas.

(5)

Pasal 8

JANGKA WAKTU

1. Kesepakatan ini berlaku SAMPAI tiap-tiap titik projek memutuskan hubungan kerja dengan pihak pertama dan berlaku sejak ditandatanganinya oleh PARA PIHAK dan akan dilakukan evaluasi setiap 1 ( satu ) tahun.

2. Periode kontrak dan perpanjangan / pemutusan kontrak akan dilakukan selambat-lambatnya 3 ( tiga ) bulan sebelum masa kontraknya berakhir.

Pasal 9

SANKSI ORGANISASI 1. Sebab-sebab Sanksi

PIHAK PERTAMA berhak memberikan sanksi organisasi kepada PIHAK KEDUA apabila terjadi hal-hal sebagai berikut :

a. PIHAK KEDUA melanggar ketentuan-ketentuan di dalam butir-butir Perjanjian Ini.

b. PIHAK KEDUA menyalahgunakan wewenang yang diberikan PIHAK PERTAMA untuk kepentingan di luar management PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY.

c. PIHAK KEDUA mengambil keputusan mendasar tanpa koordinasi dengan PIHAK PERTAMA sehingga merusak kredibilitas perusahaan. 2. Sanksi Organisasi

a. Pembinaan

- Teguran lisan - Teguran tertulis

b. Batalnya kesepakatan bersama ( MOU ) antara PARA PIHAK.

3. Apabila dalam pelaksanaan Kesepakatan Kerjasama ini tidak sesuai dengan yang disepakati PARA PIHAK, maka masing-masing PIHAK berhak untuk memutuskan Kesepakatan kerjasama ini sebelum masa berlakunya selesai.

PASAL 10

KETENTUAN TAMBAHAN

Segala hal yang belum diatur dan timbul sebagai akibat dan atau dalam pelaksanaan kesepakatan ini akan diatur lebih lanjut sesuai aturan dan ketentuan terbaru yang dengan mengutamakan musyawarah mufakat, serta menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari perjanjian ini.

(6)

PASAL 11

PENUTUP

1. Kesepakatan ini dinyatakan syah dan mengikat terhitung sejak ditanda tangani oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

2. Perjanjian ini dibuat rangkap 2 (dua),tidak di ijinkan di tambahi atau di kuranggi isi dari mou ini penambahan dan pengurangan secara tertulis serta dibubuhi materai sehingga masing-masing memiliki kekuatan hukum yang sama selanjutnya untuk disimpan sebagai dokumen oleh PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

Sukoharjo, 1 Februari 2016

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

PT. INVESTAMA KOMANDO SECURITY LSM KOBRA DPD JAWA TENGAH

DARNAS ANA K.S R.BAGAS NIRMALA Direktur Utama 3175102206781001

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :