KATA PENGANTAR RENCANA KERJA. Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Rahmat dan Hidayahnya, sehingga kami dapat menyusun

Teks penuh

(1)

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Rahmat dan Hidayahnya, sehingga kami dapat menyusun Rencana Kerja (Renja) Bagian Kesejahteraan Rakyat Tahun 2015. Sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya Bagian Kesejahteraan Rakyat yang merupakan unsur staf pada Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang .

Rencana Kerja (Renja) merupakan penjabaran dari Rencana Strategis (Renstra) yang selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Kinerja Tahunan ( RKT ) yang merupakan program kegiatan yang jelas, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan yang didukung dengan anggaran yang disetujui.

Rencana Kerja (Renja) pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah kabupaten Lumajang juga dapat pula dipergunakan sebagai umpan balik bagi peningkataan kinerja pada Bagian Kesra sebagai acuan perencanaan berkelanjutan, juga untuk mengetahui dan menilai keberhasilan dan kegagalan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola anggaran dan sumber daya yang ada.

Akhirnya, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian Rencana Kerja (Renja) Tahun 2015.

Lumajang, Januari 2015

KEPALA BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Drs. ABDUL QODIR Pembina Tingkat I NIP. 19590424 198003 1 007

PEMERINTAH

KABUPATEN

LUMAJANG

RENCANA KERJA

( RENJA )

Bagian Kesejahteraan Rakyat

Setda Kabupaten Lumajang

(2)

DAFTAR ISI

Kata Pengantar ……… i Daftar isi ……… ii BAB I : PENDAHULUAN A. UMUM ……… 1 B. KEDUDUKAN ……… 4

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI ……… 5

D. SUSUNAN ORGANISASI ……… 10

E. KONDISI LINGKUNGAN ………. 11

F. FAKTOR KEBERHASILAN ……… 12

BAB II : RENCANA STRATEGIS A. VISI DAN MISI ……… 13

B. TUJUAN DAN SASARAN …..………. 14

C. RENCANA STRATEGIS ………. 15

BAB III : RENCANA KERJA (RENJA) A. PROGRAM UTAMA ……….. 16

B. SASARAN INDIKATOR KINERJA ... 17

C. JUMLAH ANGGARAN YANG DIALOKASIKAN ... 18

BAB IV : PENUTUP PENUTUP ……… 26

LAMPIRAN RENCANA STRATEGIK TAHUN 2015-2019 ………. 27

BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SETDA KABUPATEN LUMAJANG . LAMPIRAN RENCANA KERJA (RKT) --- 29 BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SETDA KABUPATEN LUMAJANG

(3)

B A B I

P E N D A H U L U A N A UMUM

1. Latar Belakang

Dalam rangka otonomi daerah (desentralisasi), Kabupaten Lumajang mempunyai kewenangan yang seluas-luasnya dalam pengaturaan dan penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut menjadi tantangan bagi aparat Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang d im an a d ih a ra pk an d ae r ah m am p u m en y u s un R e n can a St rat e g is k em u d ia n d ij ab ar k an d al am R e n can a Ke rj a y an g ses u a i dengan kondisi spesifik daerahnya guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. D i d al am m en in gk at k an u p a ya pel ayan an yan g m en g ar ah p ad a efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan pelayanan pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang perlu disusun dan ditetapkan kebijakan program kerja baru yang disesuaikan dengan kondisi saat ini. Sesuai dengan pasal 7 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Pasal 151 Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004, setiap satuan kerja perangkat daerah diwajibkan menyusun Rencana Strategis (Renstra SKPD).

Renstra-SKPD yang dijabarkan dalam Rencana Kerja memuat Visi, Misi,Tujuan, Strategi, Kebijakan, Program dan Kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya, berpedoman pada RPJM Daerah dan bersifat indikatif. Dalam ketentuanInpres No. 7/1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah disebutkan bahwa p er en c an a an st rat e g is m e ru p a kan l an g k ah a wal yan g h ar u s d il ak u ka n a ga r m am pu menjawab tuntutan lingkungan strategis lokal, nasional,dan global, dan tetap beradadalam tatanan Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan dokumenR en can a st rat e g is

(4)

s et id akn y a m em uat v is i, m is i, t uj u an , s as ar an , d an s t r at e g i (c ar a mencapai tujuan dan sasaran). Stategi memuat kebijakan, program dan kegiatan. Sesuai dengan ketentuan-ketentuan di atas, maka Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang perlu menyusun dan menetapkan Rencana Strategis (Renstra) Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang Tahun 2015-2019 sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka MenengahD ae ra h (R P J M D ) Ka b up at en L um aj an g T ah un 2 0 1 5- 2 0 19 .

R e n st ra Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang in i merupakan dokumen perencanaan yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu satu sampai dengan lima tahun secara sistematis dan berkesinambungan dengan memperhitungkan potensi, peluang, dan kendala yang ada atau mungkin timbul.

2. Maksud dan Tujuan

Rumusan Rencana Kinerja Tahunan ( RKT ) merupakan rangkaian dari Renstra jangka menengah ( lima Tahunan ) yang merupakan salah satu komponen dari system Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( AKIP ).

RKT yang disetujui anggarannya selanjutnya ditetapkan suatu Penetapan Kinerja yang merupakan kesanggupan Satuan kerja untuk mewujudkan kinerja yang telah direncanakan sesuai dengan programnya .

Penetapan Kinerja merupakan pelaporan selama tahun anggaran berjalan dan rencana kinerja tahunan yang akan dicapai antara Satuan Kerja yang menerima amanah/tanggungjawab kinerja kepada Pihak yang memberi amanah .

a. Maksud

Sebagai bentuk pertanggungjawaban pelaksanaan program kerja yang ditetapkan sehingga program kerja berjalan secara efisien dan efektif .

(5)

b. Tujuan

Adapun tujuan yang hendak dicapai Bagian Kesejahteraan Setda Kabupaten Lumajang sesuai dengan program kerja tahun 2012 sebagai berikut :

1. Memberikan pelayanan kepada masyarakat ;

2. Memberdayakan dan meningkatkan SDM utk mewujudkan mensejahterakan lahir dan bathin ;

3. Memelihara dan memperkuat Keimanan dan Ketaqwaan menuju terwujudnya manusia yang Berakhlqul Kharimah ; 4. Memberdayakan, memanfaatkan potensi dan sumber

-sumber kesejahteraan rakyat yang ada .

3. Ruang Lingkup .

Bagian Kesejateraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang mempunyai tugas membantu Sekretaris Daerah dalam melaksanakan program dan penyusunan program dibidang agama, pendidikan , kebudayaan dan kesra.

Sesuai dengan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah, maka setiap SKPD di Kabupaten Lumajang khususnya Bagian Kesejahteraan Rakyat diwajibkan membuat dokumen Rencana Strategis (Renstra) – dengan tujuan untuk mempertajam visi dan misi serta menyelaraskan tujuan, strategi kebijakan, program dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD berpedoman pada RPJM Kabupaten Lumajang .Bagian Kesejahteraan Rakyat melaksanakan yaitu Program Fasilitasi Kegiatan Keagamaan, Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan , Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dan Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur serta Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.

(6)

4. Dasar Hukum

1. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indinesia Nomor : XI/MPR/1998 tentang Penyelenggara Negara yang bersih dan bebas korupsi, kolusi dan nepotisme ;

2. Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah ;

3. Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah ;

4. Keputusan Presiden RI Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instasi Pemerintah ;

5. Peraturan Mendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan , Tata Cara Penyusunan , pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah

6. Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 7 Tahun 2007 tentang pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah (Lembar daerah Kabupaten Lumajang Tahun 2007 Nomor 11 );

7. Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Rencana Pembanganan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lumajang Tahun 2015-2019 ;

8. Peraturan Bupati Lumajang Nomor 15 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang ;

9. Peraturan Bupati Lumajang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah ( RKPD ) Kabupaten Lumajang Tahun 2012 .

B. KEDUDUKAN BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Peraturan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 15 Tahun 2009 tentang Perubahan Daerah Kabupaten Lumajang Nomor 15 Tahun 2007 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang dan SK Bupati Lumajang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Perubahan Peraturan Bupati Lumajang nomor 15 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang .

(7)

Bagian Kesejahteraan Rakyat dipimpin oleh seorang Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat yang dalam melaksanakan tugas berada dibawah dan bertanggung jawab kepala Sekretaris Daerah melalui Asisten Ekonomi dan pembangunan .

C. TUGAS POKOK DAN FUNGSI 1. Tugas Pokok

Bagian Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas membantu Sekretaris Daerah dalam melaksanakan program dan penyusunan kebijakan di bidang Agama, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan Rakyat.

2. Fungsi

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bagian kesejahteraan Rakyat, mempunyai Fungsi :

a) Perumusan dan penyusunan program kerja Bagian Kesejahteraan Rakyat;

b) Penyediaan data Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan;

c) Penyelenggaraan analisa dan kajian data Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan ;

d) Penyusun petunjuk teknis dalam rangka pembinaan Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan;

e) Penyusunan hasil analisa dan kegiatan Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan Sosial ;

f) Penyedia informasi hasil analisa dan kajian Keagamaan, Pendidikan, Kebudayaan dan Kesejahteraan Sosial;

g) Pengkoordinasian rencana pembinaan Keagamaan, Pendidikan, , Kebudayaan dan Kesejahteraan Sosial ; h) Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Bagian

Kesejahteraan Rakyat ;

i) Pemberian saran dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang perlu diambil di bidang tugasnya kepada Sekretaris Derah melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan ;

(8)

j) Pelaksanaan tugas-tugas lain sesuai bidang tugasnya yang diberikan oleh Sekretaris Daerah serta Asisten Ekonomi dan Pembangunan.

Kepala Bagian Kesejateraan rakyat, membawahi : a. Sub Bagian Agama ;

b. Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan ; c. Sub Bagian Kesejahteraan Rakyat .

Sub Bagian Agama

Mempunyai tugas membantu Bagian Kesejahteraan Rakyat dalam melaksanakan penyusunan Kebijakan di Bidang Keagamaan .

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Sub. Bagian Agama, mempunyai fungsi :

- Penyusunan program kerja Sub Bagian Agama; - Pengumpulan dan menganalisa data Keagamaan; - Penyusunan hasil Analisa data Keagamaan ;

- Penyediaan informasi hasil Pengolahan Data Keagamaan ; - Penyusunan Rumusan bahan kebijakan di bidang

Keagamaan;

- Pemprosesan bantuan-bantuan di bidang Keagamaan ; - Pemprosesan pelayanan administrasi di Bidang

Keagamaan;

- Pengkoordinasian rencana fasilitasi pembinaan Bidang Keagamaan;

- Penghimpun dan memelihara data Keagamaan ;

- Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Sub Bagian Agama;

- Pemberian saran dan pertimbangan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang perlu diambil di bidang tugasnya kepada Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat;

- Pelaksanaan tugas-tugas lain sesuai bidang tugasnya yang diberikan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat.

(9)

Sub. Bagian Kegamaan dipimpin oleh kepala Subgaian Agama yang dalam melaksanakan tugas dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Kesejahteraan :

Sub Bag Agama

- Melaksanakan tugas dan fungsi Sub Bagian Agama ;

- Mengkoordinasikan kegiatan – kegiatan aparat pelaksana dan staf Sub Bagian Agama.

Sub. Bagian Pendidikan dan Kebudayaan

Mempunyai tugas membantu bagian Kesejateraan rakyat dalam menyusun kebijakan di bidang pendidikan dan kebudayaan .

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud bagian Pendidikan dan Kebudayaan, mempunyai fungsi :

- Penyusunan progran kerja Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Pengumpulan dan menganalisa data Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Penyusunan hasil Analisa data Pendidikan dan Kebudayaan; - Penyediaan informasi Hasil Pengolahan Data Pendidikan

dan Kebudayaan ;

- Penyusunan Kebijakan di bidang Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Pemprosesan bantuan-bantuan di bidang Pendidikan termasuk Pondok Pesantren dan Kebudayaan ;

- Pemprosesan pelayanan administrasi di bidang Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Pengkoordinasian rencana fasilitasi pembinaan yang terkait bidang tugasnya ;

- Pengkoordinasian pelaksanaan kebijakan di bidang Pendidikan dan Kebudayaan ;

- penghimpun dan memelihara data di bidang Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan ;

(10)

- Pemberian saran dan pertimbangan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang perlu diambil di bidang tugasnya kepada Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ;

- Pelaksanaan tugas-tugas lain sesuai bidang tugasnya yang diberikan oleh Kepala bagian Kesejahteraan Rakyat.

Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin oleh seorang kepala Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan yang dalam melaksanakan tugas berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian Kesejateraan Rakyat .

Sub Bag Pendidikan Dan Kebudayaan

- Melaksanakan tugas dan fungsi Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan ;

- Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan aparat pelaksana dan staf Sub Bagian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sub Bagian Kesejahteraan Sosial

Mempunyai tugas membantu bagian Kesejahteraan Rakyat dalam merumuskan kebijakan di Bidang Kesejahteraan rakyat . Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bagian Sosial mempunyai fungsi :

- Penyusunan program kerja Sub Bagian Kesejahteraan Sosial ;

- Pengumpulan dan menganalisa data Kesejahteraan Sosial; - Penysunan hasil analisa data Kesejahteraan Sosial ;

- Penyediaan informasi hasil analisa data Kesejahteraan Sosial ;

- Penyusunan Kebijakan di Bidang Kesejahteraan Sosial; - Pemprosesan bantuan-bantuan di Bidang Kesejahteraan

Sosial ;

- Pemprosesan pelayanan administrasi di bidang Kesejahteraan Sosial ;

(11)

- Penghimpunan dan memelihara data bidang Kesejahteraan Sosial ;

- Pelaporan pelaksanaan tugas dan program kerja Sub Bagian Kesejahteraan Sosial;

- Pemberian saran dan pertimbangan mengenai langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang perlu diambil di bidang tugasnya kepada Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat ;

- Pelaksanaan tugas-tugas lain sesuai bidang tugasnya yang diberikan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat.

Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Sub bagian Kesejateraan Sosial yang dalam melaksanakan tugas berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bagian kesejateraan Rakyat ;

Kepala Sub Bag Kesejahteraan Sosial, mempunyai tugas :

- Memimpin dan melaksanakan tugas dan fungsi Sub Bagian Kesejahteraan Sosial ;

- Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan aparat pelaksana dan staf Sub Bagian Kesejahteraan Sosial .

(12)

STRUKTUR JABATAN DAN NAMA PERSONIL BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

SETDA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2014

KEPALA BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

SETDA KABUPATEN LUMAJANG

Drs. ABDUL QODIR

NIP. 19590424 198003 1 007

KEPALA SUB. BAGIAN AGAMA Q O Y Y U M , S H NIP. 19630103 199202 1 002 Pramu Data Bidang Kesos DHIAN PUSPITASARI NIP. 19741004 200604 2 022 Penganalisaan Data dan Program Kerja

Bidang Kesos

HOSISA TATA H, S.Sos

NIP. 19840211 201101 2 001

Pramu Data

Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

IWAN SUPRIYANTO

NIP. 19680425 199403 1 010 Penganalisaan Data dan Program Kerja

Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

RUMAWI, SHI

NIP. 19800711 201001 1 019

KEPALA SUB. BAGIAN KESEJAHTERAAN SOSIAL TRI MULYANI KUSTININGSIH, Amd

NIP. 19650125 1988703 2 010

KEPALA SUB. BAGIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Pemroses Bantuan Bidang Kesos

VIVIN NAHARANI

NIP. 19830430 201001 2 003

Pemroses Bantuan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

PURIYONO NIP. 19701128 199403 1 005 Pramu Data Bidang Keagamaan MUSTAQIM NIP. 19840518 201101 1 014 Penganalisaan Data dan Program Kerja

Bidang Kesos

MOHAMAD RUSDI, SHI

NIP. 19771220 201001 1 009

Pemroses Bantuan Bidang Agama dan Pemroses Pemroses Pelayanan Administrasi Pemroses Pelayanan Administrasi D. SUSUNAN

ORGANISASI

Pemroses Pelayanan Administrasi Bidang Agama

H O P I N NIP. 19680201 200801 1 015

(13)

E. KONDISI LINGKUNGAN

Untuk mewujudkan visi dan merealisasikan misi maka perlu dirumuskan rencana strategis yang dijabarkan dalam program-program pembangunan dan rencana kegiatan dengan mengenali aspek-aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi.

Pencapaian tersebut sangat dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal yang meliputi factor kekuatan dan kelemahan serta factor peluang & tantangan. Indikator dan factor-faktor tersebut adalah :

Kekuatan

1. Rencana Pembangunan Jaka Menengah ( RPJMD ) Kabupaten Lumajang

2. Renstra Bagian Kesejahteraan Rakyat 3. APBD Kabupaten Lumajang

4. Potensi dan posisi strategis

5. Kinerja pembangunan yang baik

6. Pemberdayaan masyarakat yang cukup berhasil

7. Adanya forum independent yang terlibat langsung dalam mekanisme pemerintahan dan pembangunan.

Kelemahan

1. Kondisi masyarakat belum sepenuhnya pulih akibat krisis ekonomi 2. Kualitas sumber manusia yang masih perlu ditingkatkan

3. Masih lemahnya kehidupan toleransi kehidupan umat beragama

Peluang

1. Sumber Daya Manusia yang semakin dewasa dan terbuka terhadap kemajuan kehidupan umat beragama

2. Pengelolaan potensi Sumber daya pengelolaan lembaga keagamaan

3. Pluralisme kehidupan umat beragama

(14)

Ancaman

1. Banyaknya aliran keagamaan yang radikal yang menjurus pada kekerasan antar Amat beragama

2. Arus globalisasi budaya asing

3. Semakin lemahnya Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat

F. FAKTOR-FAKTOR KUNCI KEBERHASILAN

Dalam rangka mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan, tujuan dan sasaran dirumuskan dalam bentuk kegiatan operasional yang lebih nyata dengan didasarkan pada factor-faktor keberhasilan yang telah diidentifikasi sebelumnya dnegan memperhitungkan kendala positif atau negative dan sumber dana yang ada sehingga tujuan yang ditetapkan menjadi lebih rasional diantaranya :

1. Penyusunan RENSTRA - SKPD memuat Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan, Program dan Kegiatan Pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsinya berpedoman pada RPJM Daerah dan bersifat indikatif.

2. Rencana Kerja (Renja) SKPD yang memuat kebijakan, program dan kegiatan pembangunan, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

(15)

B A B II

RENSTRA ( RENCANA STRATEGIK )

BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SETDA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2015 - 2019

A. Visi

“ PENINGKATAN KESEJAHTERAAN RAKYAT DAN TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG BERAKHLAQUL KARIMAH MENUJU KELUARGA YANG SAKINAH YANG DIRIDHOI ALLAH SWT. “

Yang mengadung Makna

1. Peningkatan Kesejahteraan Rakyat mengandung pengertian bahwa Bagian Kesejahteraan Rakyat mengemban tugas untuk melaksanakan kegiatan yang mendorong atau memotivasi masyarakat untuk mempunyai Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat serta pembinaan Sumberdaya manusia .

2. Terwujudnya Masyarakat yang Berakhlaqul Karimah mengandung pengertian bahwa Bagian Kesejahteraan Rakyat mengemban tugas untuk memfasilitasi kegiatan keagamaan. 3. Menuju Keluarga yang Sakinah yang diridhoi Allah SWT

mengandung pengertian bahwa Bagian Kesejahteraan Rakyat mengemban tugas untuk memberikan pembinaan-pembinaan melalui Lembaga keagamaan tradisional (ponpes) atau forum keagamaan lainnya.

Misi

Memberikan pelayanan pada masyarakat dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia serta meningkatkan keimanan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin .

Penjelasan Misi :

1. Memberikan pelayanan pada masyarakat bahwa Bagian Kesejahteraan Rakyat dalam misinya harus mengutamakan pelayanan pada masyarakat yang terbaik melalui kegiatan

(16)

Program Peningkatan Kinerja Aparatur dan Pelayanan Administrasi serta Sarana dan Prasarana Aparatur.

2. Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dengan melaksanakan Program Pembinaan dan Pelatihan pada Lembaga Sosial Keagamaan .

3. Meningkatkan keimanan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin melaksanakan Program Fasilitasi Kegiatan Keagamaan.

4. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat mengandung pengertian

bahwa Bagian Kesejahteraan Rakyat mengemban tugas untuk melaksanakan kegiatan yang mendorong atau memotivasi masyarakat untuk mempunyai Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat serta pembinaan Sumberdaya manusia .

B. Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Bagian Kesejahteraan Rakyat

Adapun tujuan dan sasaran yang akan dicapai dalam pembangunan yang sesuai dengan RPJMD Kabupaten dan Resntra Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda kabupaten Lumajang Tahun 2015 – 2019 berdasarkan Misi sebagai berikut :

a. Menciptakan tertib administrasi kegiatan Kesejahteraan Rakyat meliputi tertib pelayanan kepada masyarakat.

b. Melaksanakan kegiatan fasilitasi kegiatan keagamaan.

c. Kepedulian serta peran serta masyarakat dalam menghadapi masalah-masalah Sosial yang terjadi.

d. Pembinaan pada lembaga keagamaan serta SDM yang sesuai dengan kualitas dan kwantitas yang sesuai dengan tutuan masyarakat

Sasaran

a. Mewujudkan administrasi pelayanan kegiatan bagian kesra yang akuntabel

b. Meningkatkan keimanan masyarakat dengan berdasarkan nilai-nilai yang yang terkandung dalam agama

(17)

c. Membantu dan memotivasi masyarakat untuk saling membantu pada sesama yang lebih membutuhkan

d. SDM Pengelola/Santri Lembaga Sosial Keagamaan yang mandiri dan berdaya saing terhadap dunia pendidikan

C. Strategi dan Kebijakan

Peningkatan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dan ketahanan Pendidikan budaya mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis, utamanya sebagai landasan spiritual, moral, dan etika dalam pembangunan, untuk itu strategi dan kebijakan yang disusun bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang Yaitu :

4.3.1. Program Fasilitasi Kegiatan Sosial Keagamaan 4.3.2. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan ; 4.3.3. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran ;

4.3.4. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur ; 4.3.5. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur.

(18)

RENJA ( RENCANA KERJA )

BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT SETDA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2015

Upaya meningkatkan kualitas urusan otonomi, pemerintahan umum, administrasi keuangan daerah, perangkat daerah dan persandian sepanjang tahun 2015 pada Bagian Kesra Setda Kabupaten Lumajang ditetapkan dalam 5 program dengan 13 kegiatan yang dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Program Utama :

1. Program Fasilitasi Kegiatan Sosial Keagamaan 2. Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan ; 3. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran ;

4. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur ; 5. Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur .

Rencana Kerja Kegiatan Bagian Kesejahteraan Rakyat : a. Fasilitasi Kegiatan Keagamaan ;

b. Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat ;

c. Peningkatan Pengelolaan Ponpes dan TPA ; d. Penyediaan Jasa Surat Menyurat ;

e. Penyediaan Jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik ; f. Penyediaan Jasa administrasi keuangan dan barang daerah ; g. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan ;

h. Penyediaan bahan logistik kantor ;

i. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah ; j. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi dalam daerah

k. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan dan Perlengkapan Kantor ; l. Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional ;

m. Pengiriman Aparatur Dalam rangka Diklat/Sosialisasi/Bintek dan sejenisnya;

(19)

Program Utama dan Kegiatan

Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang Tahun 2015

No. PROGRAM KEGIATAN 1. Program Fasilitasi Kegiatan Sosial

Keagamaan

a. Fasilitasi Kegiatan Keagamaan 2. Program Pengembangan

Wawasan Kebangsaan b. Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat ;

c. Peningkatan Pengelolaan Ponpes dan TPA ;

3 Program Pelayanan Administrasi

Perkantoran d. Penyediaan Jasa Surat

Menyurat ;

e. Penyediaan Jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik ; f. Penyediaan Jasa administrasi

keuangan dan barang daerah ;

g. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan ;

h. Penyediaan bahan logistik kantor ;

i. Rapat-rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah ; j. Rapat-rapat koordinasi dan

konsultasi dalam daerah

4 Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

k. Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan dan Perlengkapan Kantor ;

l. Pemeliharaan Rutin / Berkala Kendaraan Dinas/Operasional 5 Program Peningkatan Kapasitas

Sumber Daya Aparatur m. Pengiriman Aparatur Dalam rangka Diklat/Sosialisasi/Bintek dan sejenisnya

(20)

2. SASARAN DAN INDIKATOR KINERJA :

Sasaran dan Indikator Kinerja

No PROGRAM SASARAN INDIKATOR TARGET

KINERJA 1. PROGRAM FASILITASI KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN 1.1 Fasilitasi Kegiatan Sosial Keagamaan Output : Terlaksananya Kegiatan

1 Peringatan Maulud Nabi

Muhammad SAW. 1 Keg

2 Kegiatan Hari Raya Nyepi,

Galungan & kuningan 1 Keg

3 Peringatan Isro' Mi'roj Nabi Muhammad SAW.

1 Keg

4 Peringatan Nuzulul Qur'an 1 Keg

5 Kegiatan Ramadhan dan Idul

Fitri 1 Keg

6 Silaturrahmi alim ulama 1 Keg

7 Pembinaan karyawan PNS

bulan ramadhan

8 Takbir dan Sholat Idul Fitri

9 Kegiatan Manaqib / Istighotsah 1 Keg

10 Kegiatan Takbir dan sholat Idul Adha

1 Keg

11 Kegiatan Qurban Idul Adha 1 Keg

12 Kegiatan Natal 1 Keg

13 Pembinaan Karyawan PNS per bulan

1 Keg

14 Kegiatan Haji 1 Keg

Out Comes: Terwujudnya kegiatan

1 Peringatan Maulud Nabi

Muhammad SAW. 1 Keg

2 Kegiatan Hari Raya Nyepi,

Galungan & kuningan 1 Keg

3 Peringatan Isro' Mi'roj Nabi

Muhammad SAW. 1 Keg

4 Peringatan Nuzulul Qur'an 1 Keg

5 Kegiatan Ramadhan dan Idul

Fitri 1 Keg

6 Silaturrahmi alim ulama 1 Keg

7 Pembinaan karyawan PNS

bulan ramadhan

8 Takbir dan Sholat Idul Fitri

9 Kegiatan Manaqib / Istighotsah 1 Keg

10 Kegiatan Takbir dan sholat Idul Adha

1 Keg

11 Kegiatan Qurban Idul Adha 1 Keg

12 Kegiatan Natal 1 Keg

13 Pembinaan Karyawan PNS per bulan

1 Keg

14 Kegiatan Haji 1 Keg

2 PROGRAM PENGEMBANGAN WAWASAN KEBANGSAAN 2.1 Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Output : Terlaksananya Kegiatan

(21)

No PROGRAM SASARAN INDIKATOR TARGET KINERJA Masyarakat

1 Kegiatan Silaturrahmi dng Yatim Piatu 1500 orang 2 Khitan massal Untuk keluarga Gakin 200 orang 3 Bingkisan sembako untuk pasukan

oranye SAR, PMK dan Guru PAUD 2000 orang

Outcomes :

Terwujudnya Kegiatan

1 Kegiatan Silaturrahmi dng Yatim Piatu 1500 orang 2 Khitan massal Untuk keluarga Gakin 200 orang 3 Bingkisan sembako untuk pasukan

oranye SAR, PMK dan Guru PAUD 2000 orang

2.3 Peningkatan Pengelolaan Ponpes dan TPA

Output :

Terlaksananya Kegiatan

1 Pembinaan Poskestren/80 orang 80 orang

2 Pembinaan Da'i 40 orang

3 Pembinaan/seleksi calon Kafilah Kabupaten Lumajang mengikuti MTQ Nasional dan Jatim

130 orang

4 Kegiatan MTQ Jatim 70 orang

Outcomes :

Terwujudnya Kegiatan

1 Pembinaan Poskestren/80 orang 80 orang

2 Pembinaan Da'i 40 orang

3 Pembinaan/seleksi calon Kafilah Kabupaten Lumajang mengikuti MTQ Nasional dan Jatim

130 orang

4 Kegiatan MTQ Jatim 70 orang

3 PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 3.1 Pelayanan Administrasi Perkantoran Output : Terlaksananya Kegiatan

1 Penyediaan Jasa Surat Menyurat 12 bulan

2 Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber

Daya Air dan Listrik 12 bulan

3 Penyediaan Jasa administrasi

keuangan dan barang daerah 12 bulan

4 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan ;

12 bulan

5 Penyediaan bahan logistik kantor 6 Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi

ke Luar Daerah 12 bulan

7 Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi

ke Dalam Daerah 12 bulan

Outcomes :

Terwujudnya Kegiatan

1 Penyediaan Jasa Surat Menyurat 12 bulan

2 Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber

Daya Air dan Listrik 12 bulan

3 Penyediaan Jasa administrasi

keuangan dan barang daerah 12 bulan

4 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan ;

12 bulan

5 Penyediaan bahan logistik kantor

(22)

No PROGRAM SASARAN INDIKATOR TARGET KINERJA ke Luar Daerah

7 Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi

ke Dalam Daerah 12 bulan

4 PROGRAM PENINGKATAN SARANA PRASARANA APARATUR 4.1 Pemeliharaan Rutin / Berkala Kendaraan Dinas / Operasional Output : Terlaksananya Kegiatan 1 Pemeliharaan Rutin / Berkala

Kendaraan Dinas / Operasional 1 unit

Outcomes :

Terawatnya

1 Kendaraan Dinas / Operasional 1 unit

4.2 Pemeliharaan/Perb aikan Peralatan dan Perlengkapan Kantor Output : Terlaksananya Kegiatan pemeliharaan 1 Komputer 10 unit 2 Printer 10 Outcomes : Terawatnya 1 Komputer 10 unit 2 Printer 10 5 PROGRAM PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA APARATUR 5.1 Bimbingan Teknis Implementasi Peraturan Perundang-undangan Output :

1 Keikut sertaan Unsur Bagian Kesra 2 orang

Outcomes :

1 Pemahanan perundangan secara teknis implementasinya pada SKPD

2 orang

C. JUMLAH ANGGARAN YANG DIALOKASIKAN DAN TARGET KINERJA

Jumlah anggaran yang dialokasikan untuk mendukung pelaksanaan Program dan Kegiatan pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang Tahun Anggaran 2015 telah ditetapkan, sebesar Rp 3.016.367.799,- yaitu untuk Belanja Langsung / Belanja Kegiatan sebesar Rp. 2.303.785.000,- dan untuk Belanja Tidak Langsung / Gaji Pegawai sebesar Rp. 712.582.799,- adapun untuk perincian kegiatan :

(23)

1) Program Fasilitasi Kegiatan Sosial Keagamaan 1.1 Fasilitasi Kegiatan Sosial Keagamaan

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target

Capaian Program Terlaksananya fasilitasi kegiatan sosial keagamaan

14 kali pelaksanaan kegiatan

Masukan Dana yang tersedia Rp. 875.931.500,-

Keluaran Terlaksananya kegiatan sosial

keagamaan

14 kali pelaksanaan kegiatan

Hasil Ketaqwaan dan keimanan

beragama

100%

2) Program Pengembangan Wawasan Kebangsaan

2.1 Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target

Capaian Program Terlaksananya program

wawasan kebangsaan

3 kegiatan

Masukan Dana yang tersedia Rp. 670.949.000,-

Keluaran Terlaksananya Kegiatan

Peningkatan Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Kalangan Masyarakat

Bantuan sembako 2000 org, khitan massal 200 anak dan bantuan anak yatim 1500 anak

Hasil Meningkatnya kesejahteraan

sosial di masyarakat

100%

2.2 Peningkatan Pengelolaan Ponpes dan TPA

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target

Capaian Program Terlaksananya program

wawasan kebangsaan

4 kegiatan

Masukan Dana yang tersedia Rp. 564.406.000,-

Keluaran Terselenggaranya Kegiatan

peningkatan pengelolaan Ponpes dan TPA

120 org dan 2 kegiatan

Hasil Terpenuhinya kegiatan

peningkatan pengelolaan Ponpes dan TPA

100%

(24)

3.1 Kegiatan Penyediaan Jasa Surat Menyurat ;

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target

Capaian Program Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 21.690.000,-

Keluaran

Terselenggaranya jasa administrasi surat menyurat

12 bulan

Hasil Terpenuhinya administrasi surat

menyurat

100 %

3.2 Kegiatan Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumberdaya Air, dan Listrik ; Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target

Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 18.000.000,-

Keluaran

Terselenggaranya jasa komunikasi dan informasi

12 bulan

Hasil Terpenuhinya jasa komunikasi

dan informasi

100 %

3.3 Kegiatan Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan dan Barang Daerah ;

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 68.420.000,-

Keluaran

Terselenggaranya administrasi keuangan pada bagian Kesra

12 bulan

Hasil Terpenuhinya administrasi

keuangan pada bagian Kesra

100 %

3.4 Kegiatan Penyediaan Barang Cetakan dan Penggandaan ; Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 4.184.000,-

Keluaran

Terselenggaranya Penggandaan foto copy

27892 lembar

Hasil Terpenuhinya Penggandaan

foto copy

(25)

3.5 Kegiatan Penyediaan Bahan Logistik Kantor ;

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 1.755.500,-

Keluaran

Terselenggaranya kegiatan jasa penyediaan bahan logistik kantor

12 bulan

Hasil terpenuhinya penyediaan bahan

logistik kantor

100 %

3.6 Kegiatan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi ke Luar Daerah ; Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 19.011.000,-

Keluaran

Terselenggaranya koordinasi dan konsultasi ke luar daerah

12 bulan

Hasil Terpenuhinya koordinasi dan

konsultasi ke luar daerah

100 %

3.7 Kegiatan Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Dalam Daerah;

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Target Capaian Program

Terlaksananya administrasi perkantoran

100%

Masukan Tersedianya dana Rp 4.000.000,-

Keluaran

Terselenggaranya koordinasi dan konsultasi dalam daerah

12 bulan

Hasil Terpenuhinya koordinasi dan

konsultasi dalam daerah

100 %

4) Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur

4.1 Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Terget

Capaian Program Terlaksananya pemeliharaan

sarana dan prasarana aparatur

100%

Masukan Dana yang tersedia Rp 37.500.000,-

Keluaran Terselenggaranya

pemeliharaan kendaraan dinas operasional

Kendaraan dinas operasional kesra 3200 lt pertamax dan 200 lt solar

Hasil Terpenuhinya pemeliharaan

kendaraan dinas operasional

(26)

4.2 Pemeliharaan Rutin/Berkala Perlengkapan dan Peralatan Kantor

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Terget

Capaian Program Terlaksananya pemeliharaan

sarana dan prasarana aparatur

100%

Masukan Dana yang tersedia Rp 10.000.000,-

Keluaran Terselenggaranya

pemeliharaan peralatan kantor

8 unit computer dan printer

Hasil Terpenuhinya pemeliharaan

peralatan kantor

100%

5) Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur

5.1 Pengiriman Aparatur dalam rangka Diklat/Sosialisasi/Bimtek/dan sejenisnya

Indikator Kinerja Tolok Ukur Kinerja Terget

Capaian Program Terlaksananya pengiriman

aparatur dalam rangka bintek/sosialisasi

100%

Masukan Dana yang tersedia Rp 7.938.000,-

Keluaran Terselenggaranya pengiriman

aparatur dalam rangka bintek/sosialisasi

15 orang

Hasil Terpenuhinya pengiriman

aparatur dalam rangka bintek/sosialisasi

100%

(27)

B A B IV P E N U T U P

Rumusan Rencana Kerja Bagian Kesra merupakan penjabaran yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Lumajang 2015 – 2019 dengan menyesuaikan program Kabupaten berdasarkan kepentingan, tugas pokok dan fungsi SKPD Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang.

RKT yang disetujui anggarannya selanjutnya ditetapkan suatu Penetapan Kinerja yang merupakan kesanggupan Satuan kerja untuk mewujudkan kinerja yang telah direncanakan sesuai dengan programnya .

Dokumen Rencana Kerja ( Renja ) merupakan pelaporan awal tahun anggaran berjalan dan rencana kinerja tahunan yang akan dicapai antara Satuan Kerja yang menerima amanah/tanggungjawab kinerja kepada Pihak yang memberi amanah

Dengan disusunnya Renja SKPD 2015 juga sebagai pedoman untuk dilaksanakannya monitoring dan evaluasi kinerja serta penyusunan LAKIP SKPD Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Lumajang.

Lumajang, Januari 2015

KEPALA BAGIAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Drs. ABDUL QODIR Pembina Tingkat I NIP. 19590424 198003 1 007

Figur

foto copy

foto copy

p.24

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :