• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Impor Mainan Anak Melalui Kebijakan Standar Nasional Indonesia (SNI) Secara Wajib Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Impor Mainan Anak Melalui Kebijakan Standar Nasional Indonesia (SNI) Secara Wajib Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian"

Copied!
7
0
0

Teks penuh

(1)

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PRODUK

IMPOR MAINAN ANAK MELALUI KEBIJAKAN STANDAR

NASIONAL INDONESIA (SNI) SECARA WAJIB DITINJAU

DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG

PERINDUSTRIAN

SKRIPSI

Diajukan Untuk Melengkapi Tugas Akhir dan Memenuhi Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Hukum

Oleh:

INDAH DEWI ELVIKA

NIM: 120200042

DEPARTEMEN HUKUM EKONOMI

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur Penulis panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini untuk dapat menyelesaikan studi di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Medan. Shalawat serta salam tak lupa Penulis kirimkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun umatnya dari alam kebodohan kepada alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti sekarang ini.

Skripsi ini di tulis untuk memenuhi syarat memperoleh Gelar Sarjana Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Adapun Skripsi ini berjudul “ Pembinaan dan Pengawasan Terhadap Produk Impor Mainan

Anak Melalui Kebijakan Standar Nasional Indonesia (SNI) Secara Wajib

Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian”

Penulis telah berusaha semaksimal mungkin dan bekerja keras dalam menyusun skripsi ini. Namun, Penulis masih menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari segi isi maupun penulisan dari skripsi ini. Oleh karenanya Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya untuk membangun guna menuju kearah perbaikan dan penyempurnaan saat ini dan dimasa yang akan datang.

(3)

penyelesaian skripsi ini. Untuk semua ini, Penulis mengucapkan terima kasih kepada;

1. Prof. Dr. Runtung Sitepu, SH. M.Hum selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, Prof. Dr. Budiman Ginting, SH. M.Hum. selaku Wakil Dekan I, Syafruddin Hasibuan, SH. M. Hum. DFM selaku Wakil Dekan II dan Dr. OK. Saidin, SH., M. Hum selaku Pembantu Dekan III.

2. Ibu Windha,S.H., M.Hum. selaku Ketua Departemen Hukum Ekonomi yang telah memberikan bimbingan, arahan, koreksi, penyempurnaan serta tambahan wawasan yang sangat berguna kepada Penulis untuk memperkaya isi dan bahasa skripsi ini.

3. Bapak Boy Laksamana, S.H., M.Hum selaku Dosen Wali Penulis.

4. Kepada Seluruh Dosen, Staf Administrasi dan Pegawai di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara.

5. Kepada kedua orang tua saya, Seger Santoso,Spd. seorang lelaki yang selalu memberikan bimbingan dan semangat untuk anaknya dalam menyelesaikan skripsi ini, berusaha memberikan yang terbaik, dan selalu mendukung apapun yang dilakukan penulis. Kepada mama saya Jariah Spd. yang tak pernah bosan utnuk berdoa yang terbaik untuk anaknya, yang selalu memberikan semangat dan selalu mengingatkan saya untuk terus berjuang dan gigih dalam menyelesaikan skripsi ini. Hanya Skirpsi ini yang bisa Indah persembahkan untuk Bapak dan Mama.

(4)

berusaha dan berdoa untuk kelancaran skripsi ini. Kakak yang selalu menjadi tempat keluh kesah dalam memperjuangkan skripsi ini. Yang selalu mengingatkan untuk tetap sabar dan terus semangat menyelesaikan skripsi ini. 7. Kepada yang tersayang Aulia Rizki, S.H yang tidak pernah bosan untuk selalu

memantau dan memberikan semangat kepada penulis. Memberikan perhatiannya dan kasih sayangnya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi ini.

8. Kepada sahabat-sahabat yang selalu memberikan semangat dan motivasi kepada Penulis, Runi, Lena, Santi, Pram, Mustika, Habibi, Suhaila, Fira, Aulia, Sherly, Lia, Kiki, Asra, Ayu dan sahabat- sahabat lainnya yang tidak bisa saya sebutkan semuanya di sini

9. Kepada Adik-adik pengurus BTM Alladinsyah S.H. Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara semoga selalu berjalan baik di jalan Allah.

10.Kepada Teman-teman Grup F stambuk 2012 dan Teman stambuk 2012 lainnya yang tidak bisa disebutkan namanya.

11.Dan untuk semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

Besar Harapan Penulis, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi Perkembangan Ilmu Hukum, Khususnya Hukum Perdata, baik bagi Penulis sendiri maupun bagi pembaca semua.

Medan, Februari 2016 Penulis,

(5)

DAFTAR ISI

Halaman

KATA PENGANTAR ... i

DAFTAR ISI ... iv

ABSTARAK ... vi

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang ... 1

B. Perumusan Masalah ... 6

C. Tujuan dan Manfaat Penulisan ... 7

D. Keaslian Penulisan ... 8

E. Tinjauan Kepustakan ... 9

F. Metode Penulisan ... 18

G. Sistematika Penulisan ... 21

BAB II PERTIMBANGAN PENERAPAN SNI SECARA WAJIB TERHADAP PRODUK IMPOR MAINAN ANAK ... 23

A. Pengaturan Standar Nasional Indonesia ... 23

B. Regulasi Impor Produk Mainan Anak ... 34

C. Pertimbangan Penerapan SNI Secara Wajib terhadap Produk Impor Mainan Anak ... 37

BAB III PENATAAN KEWAJIBAN SNI TERHADAP PRODUK IMPOR MAINAN ANAK DI INDONESIA ... 60

A. Lingkup Pemberlakuan SNI Mainan Secara Wajib ... 60

(6)

C. Metode Pengambilan Contoh dan Pengujian ... 68

BAB IV PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PRODUK IMPOR MAINAN ANAK MELALUI KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL INDONESIA ... 73

A. Pembinaan Dalam rangka Penerapan SNI Mainan Secara Wajib ... 73

B. Pengawasan penerapan SNI Mainan secara Wajib ... 76

C. Tindak Lanjut hasil Pengawasan ... 81

BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN ... 87

A. Kesimpulan ... 87

B. Saran ... 89

DAFTAR PUSTAKA… ... 90

(7)

ABSTRAK

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN TERHADAP PRODUK IMPOR

MAINAN ANAK MELALUI KEBIJAKAN STANDAR NASIONAL

INDONESIA (SNI) SECARA WAJIB DITINJAU DARI

UNDANG-UNDANG NOMOR 3 TAHUN 2014 TENTANG PERINDUSTRIAN

*) Indah Dewi Elvika

**) Bismar Nasution ***) Mahmul Siregar

Banyaknya produk impor mainan anak yang mnguasai pasar yang keamanannya belum memenuhi standar yang tidak terjamin mutu dan keselamatannya tentunya membuat pelaku konsumen khawatir akan bahaya yang mengancam mereka. Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan salah satu alat ukur atau standar untuk menentukan suatu kelayakan produk agar lebih menjamin keamanan dan keselamatan bagi pelaku konsumen, apalagi produk mainan anak yang berbahan baku plastik kebanyakan impor yang tentu saja bisa mengandung bahan berbahaya seperti logam berat, atau hasil daur ulang.

Metode penulisan yang digunakan untuk menyusun skripsi ini adalah penelitian hukum normatif atau penelitian kepustakaan, yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan dari buku, peraturan perundang-undangan, jurnal dan internet yang erat kaitannya dengan maksud dan tujuan dari penyusunan karya ilmiah ini. Penelitian yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian analisis data kualitatif.

Proses Sertifikasi SNI ini, tentunya harus sejalan dengan adanya pembinaan dan pengawasan yang dilakukan oleh institusi terkait dengan produk yang diberikan sertifikasi SNI. Dalam hal ini kewenangan tersebut di berikan kepada Direktorat Jenderal Pembina Industri dan Manufaktur dimana pembinaan dan pengawasan tersebut dilakukan secara wajib melalui sosialisasi atas pemberlakuan SNI wajib dan/atau terdapat perubahan, verifikasi dan Evaluasi faktor-faktor terkait penerapan SPPT-SNI, dan pembinaan teknis dan konsultasi dalam penerapan SNI. Pembinaan dan Pengawasan ini memiliki tujuan untuk melakukan pemantauan terhadap segala proses mengenai tata cara memperoleh Sertifikat SNI dan juga tindak lanjut dari hasil pengawasan.

Kata Kunci : Mainan Anak, Standar Nasional Indonesia (SNI)

Referensi

Dokumen terkait

Hasil penelitian adalah (1) Terdapat pengaruh positif signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru tetap SMP Muhammadiyah 3 Depok secara parsial, (2)

Yang dimaksudkan dengan kemahiran keibu-bapaan ialah kemahiran ibu bapa dalam aspek interaksi, komunikasi dan mendisiplinkan anak-anak hasil dari sikap dan ilmu tentang asuhan

2015 tentang Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi Usaha Mikro,. Kecil, dan Menengah diubah, sehingga Pasal 8

Membangun web di dunia maya sering kali dianggap sangat rumit, karena harus memiliki kemampuan web programming dan desain grafis pada level mahir Joomla hadir menjawab kebutuhan

[r]

Diharapkan animasi teknik dasar sepakbola ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan bagi para pembaca untuk mengenal sepakbola, terutama dikhususkan untuk anak-anak yang

Kedudukan tradisi lisan dalam ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu budaya, Warta ATL, edisi II/Maret , Jakarta: Asosiasi Tradisi

P SURABAYA 03-05-1977 III/b DOKTER SPESIALIS JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH RSUD Dr.. DEDI SUSILA, Sp.An.KMN L SURABAYA 20-03-1977 III/b ANESTESIOLOGI DAN