KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas)

17  Download (0)

Full text

(1)

KOPKARPEL

(Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas)

SKRIPSI

Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat Untuk Memperoleh

Gelar Sarjana Sosial Dalam Bidang Antropologi Sosial

Oleh :

DENY SUHENDAR NASUTION

100905041

DEPARTEMEN ILMU ANTROPOLOGI SOSIAL

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

(2)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

HALAMAN PERSETUJUAN

Skripsi ini disetujui dan dipertahankan oleh: Nama : Deny Suhendar Nasution NIM : 100905041

Departemen : Antropologi Sosial

Judul : KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas)

Medan, Oktober 2016

Pembimbing Skripsi Ketua Departemen

Drs. Agustrisno M.SP Dr. Fikarwin Zuska NIP. 196008231987021001 NIP. 196212201989031005

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

(3)

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

PERNYATAAN ORIGINALITAS

“ KOPKARPEL”

(Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas ) SKRIPSI

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam Skripsi ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh Gelar Kesarjanaan disuatu Perguruan Tinggi, dan sepanjang sepengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebut dalam Daftar Pustaka.

Apabila dikemudian hari terbukti lain atau tidak seperti yang saya nyatakan ini, saya bersedia diproses secara hukum dan siap menanggalkan Gelar Kesarjanaan saya.

Medan, Oktober 2016 Penulis

(4)

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas). Koperasi Karyawan Pelabuhan (KOPKARPEL) adalah unit usaha jasa bongkar muat yang dimiliki oleh PELINDO I sebagai penyedia tenaga kerja ahli dalam menjalankan tugasnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang KOPKARPEL, proses kerja, pelayanan jasa bongkar muat di dalamPelabuhan Internasional dan Antar Pulau dermaga BICT Belawan. Termasuk tata cara pelaksanaan Impor dan Ekspor serta proses bongkar muat yang dilakukan di dermaga antar pulau hingga menjelaskan aturan-aturan main yang diterapkan pekerja KOPKARPEL dan berlaku dilapangan.

Tulisan ini menggunakan pendekatan etnografi dengan teknik pengumpulan data observasi non-partisipasi didukung dengan metode wawancara mendalam yang dilakukan kepada beberapa informan yang dinilai punya informasi tentang pokok tulisan yang diteliti serta di dukung dengan studi histori berdasarkan kajian pustaka dan didukung dengan Peraturan Perundang-Undangan sebagai acuan dasar perbandingan fakta dilapangan.

Hasil tulisan ini mendapati adanya aturan-aturan diluar peraturan yang berlaku didalam lingkungan pekerja pelabuhan antara Telly, ekspedisi muatan kapal laut serta para supir pengangkutan. Tulisan ini juga mendapati adanya strategi yang dilakukan dalam mensiasati aturan yang ada guna mempermudah dalam mempertahankan tradisi lama yang telah berjalan turun temurun.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah ditemukan adanya penyebab kecurangan-kecurangan yang dipraktekkan di lapangan. Serta bagaimana strategi adaptasi yang dilakukan para pekerja Telly untuk mempertahankan kekompakan dan keberlangsungan aturan-aturan di luar aturan kerja yang telah berlaku sebelumnya.

Kata Kunci : Kopkarpel, Telly, Proses Kerja, Hubungan Kerja, Strategi

(5)

UCAPAN TERIMAKASIH

Puji dan syukur peneliti panjatkan kepada Allah SWT, Karena atas izin dan karunianya, sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penulisan Skripsi dengan judul “KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan

Tugas). Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mencapai Gelar Sarjana S1 Antropologi Sosial di Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara.

Dalam penyelesaian Skripsi ini penulis menaruh rasa terimakasih yang sebesar – besarnya kepada pihak yang telah memberikan bantuan baik berupa arahan maupun bimbingan dari berbagai pihak untuk itu perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelesaian Skripsi ini.

Kepada Kedua Orang Tua Tercinta, Ayahanda Imron Nasution, Ibunda Shofiyatun Adinda Gustina Hastijah Nasution yang telah mendidik dengan penuh rasa kasih sayang dan selalu memberi dukungan moril dan material kepada penulis untuk menyelesaikan studi. Tidak terlupa kepada Lina Christiani Sianturi yang selalu memberi semangat kepada penulis.

(6)

Dosen Pembimbing yang telah bersedia membimbing penulis selama mengikuti studi.

Kepada Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Bapak Dr. Muryanto Amin, S.sos, M.Si yang telah memimpin seluruh Civitas Akademika Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial serta Pembantu Dekan beserta seluruh Staf – stafnya.

Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dr. Fikarwin Zuska, selaku Ketua Departemen Antropologi yang memberikan banyak arahan dan pembelajaran yang sangat berharga buat kedepan yang tentunya arahan, nasehat dan ilmu yang diberikan menjadi bekal peneliti dalam membentuk kepribadian yang lebih baik.

Kepada Staf Administrasi Departemen Antropologi Kak Nurhayati serta Kak Sofi yang telah banyak memberikan bantuan baik dalam mengurus berkas dan memberikan kelancaran administrasi selama dalam masa perkuliahan.

(7)

Kepada PT. BTSA Logistic yang telah memberikan pengalaman bekerja dalam dunia Ekspedisi Muatan Kapal Laut, Terutama kepada Kak Tien Cosvany, Kak Fenny, Bang Eka, Bang Freddy, Viko, Bang Ardiansyah, serta staf-staf import BTSA lainnya.

Kepada Seluruh Staf Instalasi Dinas Karantina Tumbuhan Belawan, Terkhusus Pak Imam Nasution, Pak Jumiadi, Akang, Bang Rizal, Rifo, dan kawan-kawan.

Kepada rekan-rekan Ekspedisi seprofesi dan Anggota Ikatan Solidaritas Ekspedisi Belawan, Para Mandor Angkutan, Para Pejabat PELINDO I, Telly BICT, Supir-supir trucking, dan seluruh keluarga Pangkalan Buk Ross di Gabion Belawan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Terimakasih kepada semuanya semoga Allah SWT senantiasa memberikan kebahagiaan bagi semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan Skripsi ini.

Medan, Oktober 2016 Penulis

(8)

RIWAYAT HIDUP

Deny Suhendar Nasution lahir di Jombang Jawa Timur pada tanggal 23 Februari 1992. Anak Pertama dari 2 (Dua) bersaudara dari pasangan Imron Nasution dan Shofiyatun.

Menyelesaikan Pendidikan dasar di SD Swasta Muhammadiyah 04 Kota Belawan Pada Tahun 2003, pendidikan menegah pertama diselesaikan penulis pada tahun 2006 di SMP Swasta Hangtuah1 Belawan, dan pendidikan menengah atas di SMA Hangtuah Belawan pada tahun 2009.

(9)

Penulis bekerja diperusahaan Ekspedisi Berlian Transtar Abadi (BTSA) Sejak 2014 sampai sekarang dan pernah menduduki beberapa jabatan selama masa kerja diantaranya :

1. Staf Pengawasan Instalasi Karantina Tumbuhan 2. Staf Pengurusan Dokumen Balai Besar Karantina 3. Staf Pengeluaran Kontainer Divisi Import

4. Asisten Kepala Operasional Lapangan Divisi Import 5. Koordinator Lapangan Divisi Import

Penulis juga pernah bekerja diperusahaan Pengangkutan Kokoh Sejahtera Jaya Abadi (KSJA) Pada Tahun 2016 dan menduduki jabatan sebagai Mandor Operasional Lapangan Di Pelabuhan Belawan.

(10)

KATA PENGANTAR

Pertama-tama saya mengucapkan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas Berkat, Anugerah, dan Kehendak-Nya, saya bisa menyelesaikan Skripsi ini yang berjudul KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam

Melakukan Tugas). Skripsi ini disusun untuk memenuhi syarat mendapatkan

Gelar Sarjana dalam bidang Ilmu Antropologi Sosial, Universitas Sumatera Utara. Skripsi ini mencoba membahas secara menyeluruh mengenai Koperasi Karyawan Pelabuhan (KOPKARPEL). Pembahasan tersebut diuraikan dari Bab 1 sampai dengan Bab 5. Penguraian yang saya lakukan pada skripsi ini adalah sebagai berikut :

Bab pertama menguraikan secara garis besar penulisan Skripsi secara menyeluruh, antara lain dikemukakan latar belakang penelitian, perumusan masalah penelitian untuk mengetahui hal apa yang dikemukakan di dalam penulisan Skripsi ini. Selanjutnya akan diuraikan juga tujuandan manfaat penelitian, tinjauan pustaka, metode yang dipakai dalam penelitian dan pengalaman lapangan. Penguraian dalam Bab ini, dimaksudkan agar dapat memberikan gambaran secara keseluruhan mengenai materi penulisan yang dimaksud dalam penelitian skripsi.

(11)

pelabuhan Belawan, letak geografis, fasilitas yang dimiliki serta kegiatan yang dilakukan.

Bab ketiga menjelaskan secara khusus tentang aktifitas dermaga Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Penumpukan Kontaier Domestik (TPKD). Pada Bab ini dijelaskan tentang proses pemuatan dari dan kedalam kapal, serta proses pengeluaran kontainer baik Domestik maupun Internasional. Pada Bab ini juga dibahas tentang pembagian kerja, sistem kerja, sistem gaji, penerimaan dan pengangkatan serta bonus yang diterima para pekerja di Dermaga BICT dan TPKD.

Bab keempat menjelaskan tentang peraturan-peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis, aturan main dilapangan, kebiasaan yang menjadi kewajiban, sampai cara-cara untuk mendapatkan hal lebih di lapangan. Bab keempat ini lebih menjelaskan tentang aturan main yang berlaku dan tidak tertulis lapangan serta strategi-strategi adaptasi di lapangan

Bab kelima merupakan suatu kumpulan dari penjelasan Bab-Bab sebelumnya. Dalam Bab ini menyimpulkan tentang KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Melakukan Tugas). Dalam Bab kelima ini juga disertakan saran untuk fakta yang didapati dilapangan.

(12)

dan masukan yang bersifat membangun dari pembaca. Besar harapan saya skripsi ini dapat berguna bagi seluruh pembacanya.

Medan, Oktober 2016 Penulis

(13)

DAFTAR ISI

BAB II KOPERASI KARYAWAN PELABUHAN ... 2.1. Sejarah Pembentukan Koperasi Karyawan Pelabuhan ... 12

(14)

2.1.1. Letak Geografi ... 21

(15)

4.4.3. Dampak Bagi Ekspedisi ... 84

4.4.4. Dampak Bagi Supir Angkutan ... 85

4.5. Harapan Para Pekerja Dalam Bekerja ... 85

BAB VI PENUTUP ... 5.1. Kesimpulan ... 88

5.2. Saran ... 89

DAFTAR PUSTAKA ... 91

DATA INFORMAN ... 93

(16)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 Struktur Organisasi Koperasi Karyawan Pelabuhan ... 20

Gambar 2 Peta Kecamatan Medan Belawan ... 22

Gambar 3 Lokasi Areal Pelabuhan – pelabuhan di Belawan. ... 34

Gambar 4 Container Crane ... 42

Gambar 5 Rubber Tired Gantry (Tenggo) ... 44

Gambar 6 Contoh Surat SP2 ... 46

Gambar 7 Diagram Proses Bongkar Muat. ... 62

Gambar 8 Jadwal Kerja ADM Operasi dan Foreman ... 95

Gambar 9 Jadwal Koordinator CC dan RTG ... 96

Gambar 10 Jadwal Kerja Operator Head Truck ... 96

Gambar 11 Jadwal Kerja Operator CC dan RTG... 96

Gambar 12 Jadwak Kerja Operator Alat ... 96

(17)

DAFTAR TABEL

Tabel 1 Data Agregat Kependudukan Per Kecamatan (BPS) ... 23

Tabel 2 Jumlah Pegawai Penanggung Jawab Operasional ... 63

Tabel 3 Jumlah Petugas Pelaksana Kegiatan Operasional ... 64

Figure

Updating...

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in