• Tidak ada hasil yang ditemukan

Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas Tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita Di Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas Tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita Di Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

1

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PELAKSANA GIZI PUSKESMAS TENTANG PENILAIAN STATUS GIZI ANAK BALITA

DI KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2015

TESIS

Oleh

AISYA JUELIS PUTRI 137032192 / IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PELAKSANA GIZI PUSKESMAS TENTANG PENILAIAN STATUS GIZI ANAK BALITA

DI KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2015

TESIS

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat

untuk Memperoleh Gelar Magister Kesehatan (M.Kes) dalam Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Studi Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat

pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Oleh

AISYA JUELIS PUTRI 137032192 / IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(3)

Judul Tesis : PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PELAKSANA GIZI PUSKESMAS TENTANG PENILAIAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI

KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2015 Nama Mahasiswa : Aisya Juelis Putri

Nomor Induk Mahasiswa : 137032192

Program Studi : S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Minat Studi : Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat

Menyetujui Komisi Pembimbing

(Ir. Etti Sudaryati, M.K.M, Ph.D) (

Ketua Anggota

Ernawati Nasution, S.K.M, M.Kes)

Dekan

(Dr. Drs. Surya Utama, M.S)

(4)

Telah diuji

Pada Tanggal : 20 Agustus 2015

PANITIA PENGUJI TESIS

Ketua : Ir. Etti Sudaryati, M.K.M, Ph.D

(5)

PERNYATAAN

PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA TENAGA PELAKSANA GIZI PUSKESMAS TENTANG PENILAIAN STATUS GIZI ANAK BALITA

DI KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN 2015

T E S I S

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tesis ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Medan, Agustus 2015

(6)

ABSTRAK

Kompetensi tenaga pelaksana gizi yang baik menjadi sangat berguna untuk membantu puskesmas menciptakan budaya kinerja tinggi. Kompetensi sangat diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan program perbaikan gizi masyarakat. Semakin baik kompetensi maka akan meningkatkan kinerja tenaga pelaksana gizi di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi (pengetahuan, sikap, dan keterampilan) terhadap kinerja tenaga pelaksana gizi puskesmas tentang penilaian status gizi anak balita di Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015.

Jenis penelitian adalah survei bersifat analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh tenaga pelaksana gizi yang bertugas di puskesmas di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang yang berjumlah 25 orang, dan seluruhnya dijadikan sampel penelitian ini (total sampling). Analisis data bivariat menggunakan Uji Exact Fisher dan multivariate menggunakan Uji Regresi Logistik Berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pengetahuan dan keterampilan terhadap kinerja tenaga pelaksana gizi puskesmas. Pengetahuan merupakan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kinerja dengan nilai koefisien regresi 2,385 dan Exp (B) 10,863; dimana tenaga pelaksana gizi yang memiliki pengetahuan yang baik mempunyai peluang 10,863 kali lebih besar mempunyai kinerja yang baik.

Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang untuk mengadakan pelatihan tentang pemantauan pertumbuhan anak balita kepada setiap tenaga pelaksana gizi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengukuran status gizi sehingga dapat mengurangi angka kesalahan dalam menganalisa dan menginterprestasikan data. Perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara kontinyu untuk peningkatan kinerja tenaga pelaksana gizi puskesmas dan perbaikan data oleh koordianator gizi di Dinas Kesehatan.

(7)

ABSTRACT

Good competence of nutrition practitioners is very useful to help public health centre create high performance culture. Competence is highly needed in implementing the activity of people’s nutrition improvement program. The better the competence is, the more improving the performance of nutrition practitioners at public health centre. The objective of the research was to analyze the influence of competence (knowledge, attitude, and skill) on the performance of nutrition personnel at public health centre in assessing the nutrition of children under five year in Aceh Tamiang District, in 2015.

The research was an analytic survey with design cross sectional. The population was 25 nutrition practitioners who worked at the Health Service of Aceh Tamiang District, and all of them were used as the samples (total sampling). Analysis bivariate using Exact Fisher test and multivariate Using Multiple Linear Logistic.

The result of the research showed that there was correlation of knowledge and skill with the performance of nutrition practitioners at public health centre of Aceh Tamiang District with coefficient regression 2.385 and Exp (B) 10.863 ; where the nutrition practitioners that has the right knowledge has probability 10.863 times more than less has the good performances.

It is recommended that the Health Service of Aceh Tamiang District provide training about monitoring the development of children under five year, every nutrition practitioner should improve his or her knowledge and skill in assessing nutrition status so the error can be reduced in analyzing and interpreting the data. Continuous monitoring and evaluation should be done to improve the performance of nutrition practitioners at public health center and nutrition coordinator at the Health Service should improve the data.

(8)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat, rahmat serta pertolonganNya yang berlimpah penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penyusunan tesis ini yang berjudul “Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita di Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015” ini.

Penulisan tesis ini merupakan salah satu persyaratan akademik untuk menyelesaikan pendidikan pada Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Studi Adimistrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

Dalam penyusunan tesis ini, penulis banyak mendapat bantuan, dukungan, bimbingan dan kerjasama dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada :

1. Prof. Subhilhar, Ph.D selaku Pejabat Rektor Universitas Sumatera Utara.

2. Dr. Drs. Surya Utama, M.S, selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

(9)

4. Ir. Etti Sudaryati, M.K.M, Ph.D, selaku Ketua Komisi Pembimbing yang dengan penuh perhatian dan kesabaran membimbing, mengarahkan dan meluangkan waktu untuk membimbing penulis mulai dari pengajuan judul hingga selesainya penulisan tesis ini.

5. Ernawati Nasution, S.K.M, M.Kes, selaku Pembimbing Kedua yang telah meluangkan waktu dan memberi motivasi, bimbingan, arahan dan petunjuk hingga selesainya penulisan tesis ini.

6. Dr. Ir. Evawany Y Aritonang, M.Si dan Dra. Jumirah, Apt, M.Kes, selaku Komisi Penguji yang telah banyak memberikan arahan dan masukan demi kesempurnaan penulisan tesis ini.

7. Para Dosen dan Staf di Lingkungan Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

8. Ayahanda Darwis dan Ibunda Dra. Suriani Ismail juga adik yang telah memberikan dukungan moril serta doa dan motivasi selama penulis menjalani pendidikan.

9. Teristimewa buat suami tercinta Rusli untuk semua do’a, dukungan, dan pengorbanan yang telah diberikan dan kedua putraku Altamis Ahnaf dan Fathurrahman Arsyad yang selalu mengerti dan menerima kekurangan waktu dan perhatian serta sebagai sumber semangat selama penulis mengikuti pendidikan. 10.Teman-teman seperjuangan di Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat,

(10)

11.Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam proses penyelesaian tesis ini.

Penulis menyadari bahwa tesis ini masih jauh dari kesempurnaan dari segi bahasa maupun isinya, sehingga saran dan masukan sangat diharapkan untuk kesempurnaan tesis ini. Akhirnya penulis berharap semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas semua kebaikan dengan melimpahkan berkat dan rahmat-Nya. Semoga tesis ini bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian selanjutnya.

Medan, Agustus 2015 Penulis

(11)

RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama Asiya Juelis Putri dilahirkan di Kuala Simpang pada tanggal 21 Juli 1977, anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Darwis dan Suriani Ismail. Penulis menikah tahun 2000 dan mempunyai dua orang putra, bertempat tinggal di Jl. Puskesmas Dusun Al-Ikhsan Desa Kota Lintang Bawah Kecamatan Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.

Penulis menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 1 Kuala Simpang tahun 1989, selanjutnya menamatkan Sekolah Menengah Pertama di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur tahun 1992, kemudian melanjutkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri Kuala Simpang tamat pada tahun 1995, tahun 1995 melanjutkan ke perguruan tinggi DIII Akademi Gizi Depkes RI Banda Aceh, tahun 2003 melanjutkan ke perguruan tinggi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Banda Aceh. Tahun 2013 penulis melanjutkan pendidikan ke Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Minat Studi Administrasi dan Kebijakan Gizi Masyarakat pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara Medan.

(12)

DAFTAR ISI

2.1. Kompetensi Tenaga Pelaksana Gizi ... 9

2.1.1. Karakteristik Kompetensi ... 18

2.1.2. Peran Kompetensi bagi Tenaga Pelaksana Gizi ... 21

2.2. Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 23

2.2.1. Penilaian Kinerja ... 28

2.2.2. Syarat Penilaian Kinerja ... 30

2.2.3. Faktor-faktor yang Memengaruhi Pencapaian Kinerja . 30 2.2.4. Strategi Meningkatkan Kinerja ... 32

2.3. Penilaian Status Gizi ... 34

2.4. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja ... 44

2.5. Landasan Teori ... 46

3.4.2. Uji Validitas dan Reliabilitas ... 51

3.5. Variabel dan Definisi Operasional ... 52

(13)

3.5.2. Variabel Dependen (Terikat) ... 52

4.1. Gambaran Umum Kabupaten Aceh Tamiang ... 56

4.2. Karakteristik Tenaga Pelaksana Gizi ... 57

4.3. Pengetahuan Tenaga Pelaksana Gizi ... 58

4.4. Sikap Tenaga Pelaksana Gizi ... 59

4.5. Keterampilan Tenaga Pelaksana Gizi ... 62

4.6. Kompetensi Tenaga Pelaksana Gizi ... 63

4.7. Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 64

4.8. Hubungan Kompetensi (Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan) dengan Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 65

4.8.1. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan dengan Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 65

4.8.2. Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 67

4.9. Pengaruh Kompetensi (Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan) dengan Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi ... 68

BAB 5. PEMBAHASAN ... 70

5.1. Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita ... 70

5.2. Kompetensi Tenaga Pelaksana Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita ... 72

5.3. Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Tenaga Pelaksanan Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita ... 75

5.3.1. Pengaruh Pengetahuan terhadap Kinerja Tenaga Pelaksanan Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita ... 77

5.3.2. Pengaruh Sikap terhadap Kinerja Tenaga Pelaksanan Gizi Puskesmas tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita ... 81

(14)

BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN ... 84

6.1. Kesimpulan ... 84

6.2. Saran ... 84

DAFTAR PUSTAKA ... 86

(15)

DAFTAR TABEL

No. Judul Halaman

2.1. Klasifikasi Status Gizi Menurut WHO Anthro 2005 ... 40 3.1. Hasil Uji Validitas dan Reabilitas Butir Instrumen Variabel Independen ... 52 4.1. Distribusi Frekuensi Karakteristik Tenaga Pelaksana Gizi di Kabupaten

Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 57 4.2. Distribusi Pengetahuan Tenaga Pelaksana Gizi tentang Penilaian Status

Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 .... 58 4.3. Distribusi Frekuensi Jawaban Pengetahuan Tenaga Pelaksana Gizi

tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 58 4.4. Distribusi Sikap Tenaga Pelaksana Gizi tentang Penilaian Status Gizi

Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 59 4.5. Distribusi Frekuensi Jawaban Sikap Tenaga Pelaksana Gizi tentang

Penilaian Status Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 60 4.6. Distribusi Keterampilan Tenaga Pelaksana Gizi tentang Penilaian Status

Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 .... 62 4.7. Distribusi Frekuensi Jawaban Keterampilan Tenaga Pelaksana Gizi

tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 63 4.8. Distribusi Frekuensi Kompetensi Tenaga Pelaksana Gizi tentang

Penilaian Status Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 63 4.9. Distribusi Frekuensi Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi tentang Penilaian

(16)

4.10. Distribusi Frekuensi Jawaban Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi tentang Penilaian Status Gizi Anak Balita di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 64 4.11. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan dengan Kinerja Tenaga

Pelaksana Gizi di Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015... 67 4.12. Hubungan Kompetensi dengan Kinerja Tenaga Pelaksana Gizi di

Puskesmas Kabupaten Aceh Tamiang Tahun 2015 ... 68 4.13. Pengaruh Kompetensi dengan Kinerja Pelaksana Gizi di Puskesmas

(17)

DAFTAR GAMBAR

No. Judul Halaman

(18)

DAFTAR LAMPIRAN

No. Judul Halaman

1. Permohonan Menjadi Responden ... 90

2. Kuesioner Penelitian ... 92

3. Master Data Penelitian ... 94

4. Output ... 96

5. Uji Validitas ... 97

6. Dokumentasi Penelitian ... 116

7. Surat Izin Penelitian ... 119

Referensi

Dokumen terkait

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis: (1) karakteristik pengelolaan tanah pada sistem pertanian tanaman pala di Maluku Utara; (2) potensi

Dunia teknologi informasi sangat pesat sehingga masyarakat sudah menuntut agar bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di SMAN 100 Jakarta.Oleh karena itu, penulis

Ujian praktik merupakan salah satu dari tiga aspek Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI), aspek yang lain adalah ujian tulis dan akhlak

Hasil interpretasi tanda yang ada pada iklan korporat Dove “Real Beauty” versi global ke lokal menunjukkan pergeseran standar kecantikan (definisi baru kecantikan) hanya

Yaitu proses pencegahan yang dilakukan oleh penyerang untuk terhubung ke dalam jaringan komputer melalui akses yang tidak sah, atau penggunaan secara ilegal dari komputer

Eksistensi badan regulasi telekomunikasi Indonesia dirasa belum efektif untuk melindungi konsumen yang dimana dilihat dari bentuk badannya yang belum mandiri, tidak

Achmad Almuhram Gaffar ( 2014 : 77 ) dalam skripsinya yang berjudul "Pengaruh Pengetahuan Konsumen Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah"

Kantor Stres Urusan Kantor Beban Urusan Kantor PHK Menjadi Beban Tidak Ingin Terkena PHK Takut Terkena PHK Pernah Memiliki Bos Buruk Tidak Ingin Mendapat Bos Buruk