• Tidak ada hasil yang ditemukan

E-book Gratis Jago Selling

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "E-book Gratis Jago Selling"

Copied!
44
0
0

Teks penuh

(1)
(2)

2

Tentang E-Book Jago Selling

Alhamdulillah, akhirnya E-book ini bisa selesai juga. Emang ini e-book apaan ya?

1. Sebenernya E-book ini materinya berasal dari artikel pilihan di blog abang : www.jagoselling.com 2. Terus bedanya apa?

Di blog, artikel yang abang sharing gak beraturan.

Kalau di E-book, materinya sudah abang susun sesuai dengan urutan berbisnis. Jadinya temen-temen akan lebih mudah mengaplikasikannya.

3. Selain itu, abang perhatikan, dari statistik blog dan pengamatan di FB, maka bisa dipastikan, tidak semua teman-teman pernah membaca utuh artikel abang. Sehingga agar ilmu abang bisa sampai dengan utuh, disusunlah e-book ini.

4. Ilmu yang abang sharing di e-book ini berasal dari guru-guru abang dan pengalaman bisnis abang sendiri.

5. Terakhir, doakan semoga ilmu yang abang sharing berkah dan manfaat ya ^_^

Udah, Laksanain Aja! Jangan Banyak Tanya! Sebelum lanjutin baca, ada beberapa aturan dalam membaca e-book ini :

1. Sediakan Kertas Buram/HVS dan Polpen Sebelum membaca e-book ini. 2. Baiknya E-book ini di print.

3. Baca e-book ini. Setiap ada ide/pertanyaan/hal yang mengganjal, segera Catat!! 4. Langsung lakukan rencana action dan action kan!

(3)

3

Anjuran Bang J

1. Silahkan bagikan e-book ini seluas-luasnya kepada rekan-rekan pebisnis lainnya. Bagikan saja link ini : http://bit.ly/EbookBangJ

2. Bagi yang Punya BBM, silahkan invite BBM Bang J : 54f3f191

3. Silahkan add friend FB abang : www.Facebook.com/JagoSelling 4. Tetap kunjungi www.JagoSelling.com ya ^_^

5. Kalau masih penasaran Bang J siapa, klik link ini ya : http://bit.ly/ProfilBangJ 6. Selamat Membaca ^_^

(4)

4

Pebisnis Sejati = Pembelajar Sejati

Salah satu kemampuan paling penting yang harus dimiliki oleh pengusaha sejati adalah kemampuan untuk terus belajar. Iya, Pengusaha Sejati = Pembelajar Sejati.

Prinsipnya sederhana, LEARN before you EARN | Belajarlah sebelum engkau menghasilkan. Orang yang berhenti belajar, akan berhenti menghasilkan (berpenghasilan). Dalam dunia bisnis, maka bisnisnya akan mati, kehidupannya sepi, ihh ngerii!

Secara umum, ada 4 cara belajar : 1. Belajar dari Pengalaman.

Misal : pengalaman gagal, rugi, bangkrut, ditipu, ditolak, dan lain-lain. Cara belajar

pertama ini biasanya paling berkesan dan sulit terlupakan, # eaaa (*korban) . karena Emosional banget. Hayoo, pernah ngalamin juga kan??

Makanya kalau punya pengalaman, sharingkan ke kawan2. Siapa tahu mereka juga bisa belajar dari sana. Mereka belajar, kita dapat kebaikannya insyaaAllaah.

Untuk Bisnis, Kang @DewaEkaPrayoga sdah sharing semua “pengalaman buruk dan gagalnya” dalam buku “7 Kesalahan Pengusaha Pemula”. Kamu sudah baca?

2. Belajar dari Perenungan.

Misal : hasil merenung saat malam hari ba’da Tahajjud, hasil merenung melihat kejadian tertentu, dll. Biasanya cara kedua ini terjadi saat kita melihat, mendengar, dan merasakan sesuatu yang mengganjal, akhirnya mikir. Yang pasti, Allaah udah ngasi kita akal untuk berpikir. Salah satunya merenungkan setiap kejadian, baik dan buruknya.

(5)

5 3. Belajar langsung.

Misalnya : ikut seminar, training, workshop, coaching, mentoring, kelas privat, dan lain-lain. Intinya kalo belajar langsung, kita perlu datang ke gurunya langsung. Ingat, ilmu itu dicari, bukan ditunggu!! Murid yang cari guru, bukan guru yang cari murid.

4. Belajar Tidak Langsung.

Misal : dari Buku, DVD, CD Audio, Video, Artikel, Twitter, FB, dll. Jujur, kalau dari social media, abang lebih banyak belajar dari twitter. Namun FB juga banyak ilmunya, intinya harus dicari.

Untuk yang mau belajar bisnis, follow deh akun2 ini untuk bisnis ini : @JayaYEA @ipphoright @DewaEkaPrayoga @Strategi_bisnis. lmu yang disharing oleh akun2 itu, isinya “daging” semua. Ilmu Teknis, bukan motivasi, bener2 gigit!!!

Untuk buku. Kalau mau termotivasi : sarankan beli Unlimited Wealth (Bong Chandra), The Science of Luck (Bong Chandra), 7 Keajaiban Rezeki (Ippho Santosa), dll. Buku 2 ini bagus untuk bangkitin motivasi agar kita mau bergerak!! Kisaran harga buku di bawah 100rb. Tapi untuk yang sudah merasa cukup termotivasi, sudah kebal dengan motivasi, abang sarankan beli buku-buku teknis.

Buku2 teknis yang abang sarankan. Karya juragan Jaya Setia Budi (@JayaYEA) : The Power of Kepepet, Kitab Anti Bangkrut dan Buka Langsung Laris (yang ini recommended banget!!).

Trus karya Kang Dewa : 7 Kesalahan Pengusaha Pemula, Tembus Omset 100juta modal BB, 30 Hari Jago Jualan, Penghasilan dijamin 10 juta/bulan,'Dongkrak Omzet Milyaran'. 11g. Untuk harga2 buku di poin 11f, hanya 1 yang harganya 60rb. Selain itu harganya 200rb-350rb. Cukup mahal untuk ukuran buku. Tapi kalau dipraktikkan, maka hasilnya akan mengejuntukan.

Jika kita punya mental sukses, maka harga itu jauh murah sekali dibandingkan dengan dampaknya. Tapi masih banyak yang masih punya alasan untuk gak belajar, maunya gratisan melulu, ingat!! alasan selalu benar!!! Ini masalah # mental dan # sikap !!

Terakhir, pesan abang, Gunakan 80% waktu kita untuk belajar dari yang terbaik!!. 20% sisanya belajar dari siapa saja. Tolong ya, jangan dibalik.

Jika ingin kualitas hidup lebih baik, belajarlah dari siapa saja. Tapi jika ingin terjadi percepatan, belajarlah dari yang terbaik.

(6)

6

Pesan Steve Jobs -> “ Stay Foolish, Stay Hungry” | Tetep merasa bodoh, tetep laper.. jadinya mari kita makan, makan bakso, hahahaha. Ada yang mau nemenin abang?

(7)

7

Karena Tekun adalah Kuncinya

Untuk sukses, ilmu saja gak cukup, perlu yang namanya tekun. Ciri-ciri orang tekun tuh : 1. Tidak pernah puas. Terus belajar dengan maksimal hingga titik darah penghabisan. Inget

katanya steve jobs : stay foolish, stay hungry.

2. Memiliki gairah/passion. Terlihat dari caranya bicara, matanya bercahaya dan memancarkan energi tersendiri.

3. Punya alasan yang kuat. Setiap tindakannya didasari oleh alasan yang kuat, bukan asal jalan.

4. Suka duka dijalani, walaupun konsekuensi terberat harus dijalani, tapi tetap ia lakukan. 5. Tanpa Tapi, Tanpa Nanti. Gak pernah Nunda sampai besok, lusa, tahun depan, atau

kapan-kapan..

6. Gak Pake ALASAN. Knp? Karena alasan selalu benar.. pokoknya harus dikerjakan. Titik!!!

Pray harder, think smarter, keep moving & fighting. Sesulit apapun, tetap hadapi !! Jalani dengan tekun !!

(8)

8

Growth Mindset

"Hidup ini sulit yah!! Sepertinya berat melewati semua ini T_T " Siapa yang sering ngomong seperti itu? Hayo ngaku!!

Sedangkan di sisi lain dunia ini, ada yang mengatakan:

"Hidup ini memang berat, namun saya yakin, dengan kehendak Allah, saya pasti bisa

melewatinya!!" Orang dengan tipe kedua ini memiliki mentalistas optimis dan cenderung lebih mudah melewati pengalaman hidup yang kelam.

Kelompok optimis ini memiliki kepribadian "growth mindset". Mereka selalu bisa bertumbuh bahkan dalam situasi tersulit yang amat menyakitkan.Mereka memandang masa depan dengan optimis. Mereka bisa mentransformasikan momen kelam menjadi energi positif untuk bergerak.

Hanya orang dengan resiliensi (kemampuan untuk bertahan dalam kondisi sulit) yang kuat yang mampu mengubah sakit hati menjadi energi positif yang powerful. Justru di saat orang lain

menyepelekan kamu, kamu harus memiliki energi ekstra untuk bergerak. Buktikan bahwa yang menyepelekan kamu itu salah.

Berikanlah makna positif atas setiap peristiwa menyedihkan yang kamu lalui. Inilah ciri kepribadian Growth Mindset. Teruslah maju atas setiap kepedihan yang datang bertubi-tubi. Jangan terpuruk dengan kesedihan.

(9)

9

Cara paling ampuh untuk melupakan kesedihan adalah dengan bergerak. Do something!!!. Jangan diratapi dan dipikirkan.

Analoginya sih kayak bola bekel (tau kn?). Semakin keras jatuhnya, makin tinggi juga pantulannya.

Ketangguhan mental justru kian terasah demi menciptakan karya dan mewujudkan impian. Selalu semangat, minta doa dari orang tua, kencengin ibadahnya, mantapin ilmunya, maksimalkan ikhtiarnya, tawakkal sebaik-baiknya. Insyaallah kamu bisa ^_^

(10)

10

Passion is Bullshit!!

Passion is Bullshit!!

Ya, benar! Itulah yang akan dikatakan oleh orang yang tidak tau cara menemukan passionnya.

Tenang, kali ini Bang J justru mau sharing tentang How to find your passion! Fakta menariknya adalah:

“Kamu akan lebih kreatif dan produktif di kala kamu mengerjakan hal yang kamu cintai. Hal-hal yang membuatmu bergairah dan bersemangat”

Sehingga ketika kamu ingin mendapatkan hidup yang cetar membahana, passion ini mungkin jalan yang kudu kamu tempuh. Ada 3 hal yang mesti kamu pahami agar kamu bisa menemukan what is passion and how to find it?

#1. “Biasanya, Hobimu adalah Passionmu”

Ini adalah cara paling sederhana untuk mengetahui apa passionmu. Cukup tanyakan pada diri sendiri : “Apa hobiku?” . Ada yang hobi travelling, otak-atik blog, makan, nyanyi, koleksi batu akik, dst.

Hobi inilah yang menjadi tanda awal mengenai passion yang kamu miliki. Cuma sayang, biasanya hobi ini hanya sebatas “fun” aja. Kamu harus melewati 2 tahap berikutnya supaya bisa menemukan passionmu.

(11)

11 #2. “Ubah Hobimu menjadi karya yang berharga”

Ini baru yang namanya “real passion”. Saat hobimu mampu diarahkan menjadi sesuatu yang

produktif dan menghasilkan. Kalau gak produktif, ya itu cuma hobi..

Orang yang hobinya di dunia maya, maka harus bisa produktif, misal buka OLshop. Akhirnya kalau cuma berlama-lama have fun aja, itu sudah buang waktu dan kesempatan. Orang yang hobinya traveling, mungkin bisa buat situs penyedia info traveling+pemesanan tiket.

Pokoknya, : Transform your hobby into meaningful creation. Ini prinsip!! Karena Passion itu hobi yang produktif dan menghasilkan. #3. “Kebebasan”

Begitulah adanya, ketika kita mengerjakannya, kita merasa bebas dan tidak tertekan. Kalau kamu tertekan, maka itu bukan passionmu. Kebebasan inilah yang akan membuat kanvas kreatifitasmu tetap berwarna cerah.

Maka rumus dari passion itu sendiri:

Passion = Hobi + Produktif + Kebebasan

(12)

12

Jangan Ngaku Pengusaha Kalau Belum Punya 7 Mindset Ini!!

Foto : Mas J (Jaya Setiabudi) , Juragan besar Yukbisnis.com

Kamu tuh Salah!!Iya, kamu salah kalau jadi pengusaha, kalau mindsetnya masih setengah-setengah! Menjadi seorang pengusaha bukan karena kebetulan, apalagi sekedar pelarian. Pastikan itu jalan hidupmu.

Mindset merupakan pola pikir mendasar seseorang. Keliru dalam membangun mindset mengakibatkan action yang keliru. Pengusaha dengan mindset yang TEPAT bikin bisnisnya HEBAT. Pengusaha dengan mindset SEMRAWUT siap-siap saja BANGKRUT.

Berikut ini Bang J akan ulas 7 Mindset Pengusaha yang harus anda miliki: Mindset 1: Action Oriented.

Merencanakan sebaik-baiknya, lalu menjalankannya dengan segera. Tidak senang menunda serta peka terhadap peluang

Mindset 2: Berpikir Simpel

Melihat permasalahan dengan jernih & menyelesaikan secara bertahap. Bikin yang SUSAH jadi MUDAH.

Mindset 3: Mengejar Peluang

Mengejar peluang dengan DISIPLIN Tinggi. Kerja KerAS, Kerja CerdAS, Kerja TunTAS & Kerja IkhlAS. Pantang menunda, suka bersegera.

(13)

13 Mindset 4: Senang Belajar

Menyediakan tenaga, waktu maupun uang untuk mendapat ILMU. Siap belajar pada siapun, kapanpun & dimanapun.

Mindset 5: Mampu Mengambil Peluang Terbaik

Meski banyak pilihan, ia dapat menentukan pilihannya dengan TEPAT, CEPAT dengan hasil HEBAT.

Mindset 6: Fokus pada Eksekusi

Bukan hanya pintar merencanakan, tapi juga handal dalam pekerjaan. Bukan sekedar TEORI tapi APLIKASI

Mindset 7: Pemimpin Hebat

Mampu mengatur, memimpin, memotivasi, membangun jaringan, menyatukan gerak, serta berkomuniasi dengan banyak orang.

Nah, itu dia 7 Mindset Pengusaha, Kamu memiliki semuanya kan?

(14)

14

Rencana Bisnismu Hanya Fatamorgana

Kamu baru buka bisnis?Atau masih merencanakan bisnis? Kalau kamu dalam 2 kondisi tersebut, abang pastikan bisnismu gagal!!

Wah, Bang J jahat!! Masak doakan kita yang jelek -_-“

Betulan ini!! Kamu bakalan gagal kalau melakukan hal di bawah ini!!

Kasus ini banyak menimpa para pebisnis pemula, apalagi yang baru merencanakan membuka bisnis,Boro-boro bisnis berkembang, jalanpun enggak! #Sakit

Kata gurunya abang, Mas Yod, ada 4 faktor kenapa bisnis atau rencana bisnismu Cuma akan menjadi fatamorangana (baca : gagal total)!!

Gagal 1: Bingung mau ambil bisnis apa?

Bukan karena gak ada ide, namun justru karena banyak ide bertebaran di mana-mana. Di internet, tabloid, dan juga seminar-seminar.

Paradox of choices : makin banyak pilihan peluang bisnis, makin bingung otakmu untuk

memilih mana yang paling tepat. Solusinya:

kalau bisa, terjunlah ke bisnis yang setidaknya kita sudah punya pengalaman atau bekal ketrampilan disitu.

(15)

15 Gagal 2:Takut Rugi.

Wah saya takut bisnis bang, nanti kalau rugi gimana?

(halah, belum mulai saja sudah takut rugi. Dibalik dong : kalau untung bagaimana. Kan dua-duanya “kalau”). Memang sudah diteliti, ternyata orang lebih takut rugi ketimbang terpukau dengan potensi keuntungan. Apalagi kalau rencana berbisnis ini kamu tahan terus, maka abang jamin, bakalan jadi almarhum sebelum lahir bisnismu itu.

Solusi :

Pilihlah jenis bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. Dengan begitu, ketakutan kita akan risiko kerugian bisa diminimalkan. Mulailah dengan bisnis kecil-kecilan yang tidak membutuhkan komitmen biaya yang masif. Kalau ternyata sukses, niscaya rasa takut itu akan pelan-pelan hilang dengan sendirinya.

Gagal 3 : Tidak Punya Skills dalam Bisnis yang Mau Ditekuni.

Bang, saya itu pengin sekali punya bisnis salon, tapi ndak tau caranya. Lha terus gimana? Pertanyaan seperti itu sering muncul. Dan solusinya mudah : googling saja. Dengan googling, kita dengan mudah akan tahu dimana tempat kursus salon. Kontak sana, kontak sini. Belajar ke lapangan, tanya ke ahlinya.

Solusinya:

Be resourceful (jeli melihat dimana saya harus belajar dan menemukan jawaban). Banyak orang langsung kehilangan nyali begitu merasa tidak punya skills. Betapa rapuh mentalitas kegigihannya.

Gagal 4 : Tidak Punya Modal untuk Bisnis. Halah, Gombal Kamu!!!.

Orang yang berkilah tidak punya modal untuk bisnis mungkin memang tidak layak jadi pebisnis : jiwanya rapuh dan tidak kreatif mencari jalan keluar.

Solusinya:

Mulailah bisnis yang membutuhkan modal kecil. Kini juga banyak lembaga yang menawarkan bantuan modal untuk usaha kecil baru. Sekali lagi, hanya dengan googling, kita segera tahu apa saja lembaga itu, dan dimana alamatnya. Ingat, kreativitas untuk mendapatkan modal bisnis juga pertanda : apakah kamu memang layak jadi pebisnis tangguh atau ya gitu deh.

Udah paham kan???

(16)

16

Membangun Bisnis

1. Mau punya bisnis sendiri? Jangan takut gagal + jangan berhenti untuk belajar, itu kuncinya Membangun Bisnis

2. Pelajari apa maunya konsumen, lakukan survey dan observasi, ini penting untuk pengembangan produk

3. Bisnis itu berlomba dengan waktu. Persiapan memang penting tapi jangan terlalu lama untuk menunda.

4. Mulailah berbisnis! Mulai dari yang mudah, dari yang sederhana, bahkan bisa juga dari hobi & mulai dari sekarang.

5. Bergabunglah dengan teman-teman pengusaha lainnya, kita bisa belajar banyak dari para pengusaha yang sudah lebih dulu Membangun Bisnis.

6. Jadi pengusaha sukses juga gak diukur dari kuliah di mana ato pengalaman yang banyak. Yang penting majuu terus #MembangunBisnis

7. Pelajari ini: bangun mental pengusaha, strategi marketing, tips2 memulai usaha, kelola uang. 8. Bangun bisnis itu perlu kegigihan, semangat pantang menyerah, dan juga harapan untuk sukses. 9. Yang lain aja bisa sukses, kenapa kamu gak bisa? Kamu bahkan punya potensi lebih baik dari

yang sudah ada.

10. Mau sukses dalam berbisnis? persiapkan produk yang punya keunggulan dibanding pesaing. 11. Akhirnya, semoga yang punya rencana bangun bisnis semoga disegerakan rencananya & yang

(17)

17

Filosofi Jomblo dan Peta Pasar ^_^

KAMU JOMBLO? Aku sih nggak ^_^ | Bukan bahas kamunya yang jomblo, tapi bisnisnya mblo! # garuk2tembok .

Banyak para pengusaha pemula bisnisnya sepi2 aja. # ForeverAlone . Why? Karena salah pilih pasangan (baca : market).

Gimana mau jodoh, wong yang dikejer orangnya gak mau sama kamu, gak butuh kamu, dan kamunya itu gak menarik.

Cari konsumen itu gk jauh beda ma cari pasangan. Carilah pasangan anda ditempat yang tepat,, itu!! Agar produkmu di terima dan ngetren di pasar, pastikan masuknya ke pasar yang tepat.

3 PETA PASAR :

#1 Existing Market

Pasar yang sudah ada. Biasanya sudah banyak pemain/kompetitor d dalamnya. Di sini harganya udah banting-bantingan, berdarah-darah (bleeding market).

Akhirnya apa? Pedagangnya yang malah ngemis-ngemis sambuk nurunin harga agar konsumen mau dateng.

Contoh: tahun lalu harga tongsis tembus angka Rp.120.000. Nah sekarang karena sudah banyak yang jual, harganya sudah sapai Rp 20.000 lho!

#2 Potential Market

Nah, di sini, permintaan produk sudah ada, cuma kompetitor masih dikit. Di sini produknya gak harus baru, yang penting uniq, dibutuhkan& inovatif.

Hasilnya, produk kamu bakalan dicari konsumen..

(18)

18 #3 Sleeping Market

Pasar yang ketiduran, eh maksudnya pasar yang masih tertidur.Artinya, belum ada permintaan produknya, apalagi kompetitornya. Nah, kalau kamu masuk pasar ini, bakalan lama, butuh waktu, tenaga, dan biaya.

Ibarat ngajarin anak kecil jalan. Harus sabar.

Nah, saran abang, masuklah ke pasar potensial. So, kamu gak akan banting2an harga!!

(19)

19

Gak Laku, why??? Pantesan aja produkmu kagak laku.

Soalnya kamu tu cuma "telling", gak "selling".

Lah, emang bedanya apa? Kan cuma beda satu huruf, masa' bisa ngaruh? Ya iya lah !! Beda jauh sih!!

Kalo "telling" buat orang tau apa produk kita, cuma sekedar tau. Nah, kalo "selling" buat orang 'mau' beli produk kita.

Artinya, kalo selama ini kamu ngaku2 selling, dengan promo atau broadcast yang liar, tp gak ada yang beli, artinya kamu salah konsep.

Segera tinggalin cara2 yang salah. Hijrah cepetan!! Trus gmn cara selling yang baik?

Caranya adalah....

(20)

20

4 Tahapan Jualan Agar Produkmu Laris

KHUSUS JOMBLO!! Yang lain menyingkir!!

Iya, kali ini khusus untuk para jomblo. Yaitu para pedagang yang tak memiliki pelanggan! Walaupun punya, tapi dikit. Apakah kamu salah satunya??

Dari kemarin sudah banyak yang chat abang tentang kisah jomblonya, mau cari pelanggan kok dijauhin terus ya?

Hr ini abang akan sharing 4 tahapan jualan supaya every day is closing day. Ini tahapannya :

1.PDKT

Mblo, ini penting, gk mungkin terjadi penjualan kalo gk ada kedekatan. Orang hanya beli dr orang yang dikenal. Makanya, JANGAN ASAL BC jomblo!!

2. Gali kebutuhan/keinginan/masalah. Poin ini insyaallah akan abang bahas khusus. 3. Tawarkan solusi.

Ibarat super hero, kmulah yang akn mmbntu mereka thdp masalah yang mereka hadapi di poin 2.Solusi yang ditawarkan terkandung oada produk/jasa yang qt punya.

4. CLOSING

tutup penjualan kita dengan senang, kenapa?

(21)

21 Pendekatan

Oke, bro!

Seperti yang terlihat di atas, tahapan paling awal di dalam berjualan adalah PDKT, aka Pendekatan. Pendekatan adalah tahapan yang sangat penting, karena tidak mungkin terjadi penjualan jika tidak ada pendekatan.

"Orang hanya akan membeli dari orang yang mereka kenal"

Bagaimana cara melakukan PDKT??

PDKT itu ya kenalan, bisa basa-basi, sapa, tegur, dll. Tapi yang akan abang bahas di sini adalah teknik PACING dan LEADING,

PACING

intinya saat PACING, kita melakukan penyamaan frekuensi dengan lawan bicara kita. Ada dua teknik di pacing ini. Matcing dan Mirroring. (jangan bingung bacanya; lanjutin aja terus)

(22)

22 Matching : menyamakan gerakan dan gaya lawan bicara

Mirroring : melakukan kesamaan seolah-olah lawan bicara melihat kita sebagai cermin bagi dirinya sendiri.

terus apa saja yang dilakukan saat melakukan Matching dan Mirroring?  Kontak mata

 kecepatan mata berkedip  kecepatan bicara  nada bicara  gaya bahasa  cara berpakaian  hobi  daerah asal  dan lainnya LEADING

Intinya adalah kita mengarahkan lawan bicara. Biasanya leading dilakukan setelah melakukan 3x pacing.

Nah, setelah melakukan leading, kita akan mulai masuk ke tahapan kedua, yaitu Menggali kebutuhan, keinginan, atau masalah calon pelanggan kita.

(23)

23

Menggali Kebutuhan / Keinginan / Masalah

Abang mau sambung pembahasan tentang tahapan ke 2 di dalam menjual. Apa itu? MENGGALI KEBUTUHAN, KEINGINAN, DAN MASALAH

Ketika kita memiliki sebuah produk atau jasa, maka ia harus memiliki sebuah value. Ada 3 value yang terkandung di dalam jasa/produk yang kita jual :

Need

Produk atau jasa kita membantu calon pembeli di dalam memenuhi kebutuhannya. Misal : jual sayur, air, Gas LPG, dll.

Want

Produk atau jasa kita dapat membantu calon pembeli mencapai keinginannya. Jual produk fashion (biar makin ganteng dan cantik)

Jual Gadget (biar gaul dan keren) Problem

Produk atau jasa kita dapat membantu calon pembeli menyelesaikan masalahnya. Jual obat, jasa pengiriman barang, bimbingan belajar, laundry, dll.

Nah, pada tahap kedua ini, kita harus tau, apa yang sebenarnya paling dibutuhkan oleh market kita atau kita bisa menentukan produk kita harus memiliki value yang mana.

Bagaimana cara menggali kebutuhan, keinginan, atau masalah? Satu-satunya cara terampuh adalah dengan BERTANYA!!

Kalau kita jadi sales, jangan bangga sudah bisa presentasi dengan baik ke calon kostumer, tapi belajarlah bertanya dan mendengarkan.

(24)

24 Selamat mencoba teknik ini, semoga berhasil ya :)

(25)

25 CLOSING

Kamu tuh kayaknnya jodoh aku deh !

Mblo, kalau calon pasangan kamu udah ngomong gitu, siap2 ke akad deh!!

Nah, kasusnya sama juga kalau calon pelanggan kita mau closing, kita bisa tau ciri-cirinya dari 2 hal, verbal dan non verbal.

Secara verbal, calon pembeli akan mengatakan : - Oh gitu...

- Hmmm ...

- Menarik juga ya .... - ya, ya, ya ....

Secara non verbal, calon pembeli akan terlihat : - Menyimak dengan penuh perhatian

- Berpartisipasi aktif - mencatat

- badan condong ke depan - tersenyum

- ada kontak mata - mengangguk-angguk

(26)

26

PENYEBAB GAGAL CLOSING Aduh bang J, aku gagal closing nih T_T

Nah, sekarang abang bakalan kasi tau, Apa sih penyebab gagal closing. 1. Calon konsumen merasa tidak nyaman!

iya, memang produkmu bagus, memang mereka butuh itu, tapi sayang mereka gak nyaman dengan kamu. Boleh jadi karena penampilanmu, gaya bahasamu, atau bahasa tubuhmu. Bisa jadi juga karena tampilan tokomu atau pengemasan barangmu. Silahkan evaluasi, kemudian perbaiki.

2. Mereka tidak butuh produkmu.

Produkmu emang bagus, tapi kalau gak butuh, ngapain beli. yaa gak?? Makanya, untuk hindarin ini, kamu mesti menetapkan target market dengan tepat!! Tentang ini, abang udah infokan rahasianya kan? masih ingat?

Atau bisa jadi karena mereka memang butuh produkmu, cuman sayang kamu yang gak bisa menyampaikannya dengan baik. Cukup ini dulu deh,semoga closing terus, laris manis euy!!!

(27)

27

Jualan Offline atau Online? Bingung Ah!

Pastinya berbeda sekali jika kita akan melakukan closing melalui online dan offline. Faktor-faktornya antara lain

OFFLINE

 cara PDKT dengan calon pembeli

 bahasa tubuh yang digunakan saat menjual  intonasi yang kita keluarkan

 kata-kata yang kita gunakan  pakaian yang dipakai  dan lain-lain

Intinya, kalau kita jualan offline, penampilan sangat diperhatikan oleh pelanggan, semakin nyaman mereka dengan penampilan anda, maka tingkat closing semakin tinggi.

Abang pernah bahas teknik pendekatan jualan offline di sini :

http://www.jagoselling.com/2015/05/tahapan-penjualan-part-2-pdkt.html

ONLINE

Nah, kalau online beda jauh ma offline, jangankan baju yang anda pakai, gak pakai bajupun anda tetap bisa jualan ^_^

Cuma ada syaratnya, yaitu HARUS MELEK TEKNOLOGI, JANGAN GAPTEK!! Bagian ini adalah bagian yang sering ditanyakan ke abang,

"Kalau Online, PDKTnya bagaimana bang?"

Cara PDKT online adalah kita harus sering mengedukasi market, bukan menghujani mereka dengan Broadcast, bukannya dapat Cash, malah jadi Crash!!

(28)

28 Dalam penjualan online, anda bisa :

 menulis artikel bermanfaat di blog, web, atau akun anda (kayak Bang J )  Broadcast edukasi melalui BBM anda

 Sering-sering komentar di recent update kontak BBM anda  sering-sering tulis status bermanfaat di FB dan Twitter

 segera beri respon kepada mereka yang komentar melalui media sosial  dst

Tak hanya hal di atas, ada 5 hal yang harus anda perhatikan : 1. Copywriting

2. Headline 3. Gambar/Foto 4. Kombinasi warna 5. Desain

(29)

29

Uang Pribadi vs Uang Bisnis

Kamu gak Bakalan Untung!! Selama kamu masih campur aduk uang pribadi dan bisnis, kamu gk bakalan bisa untung!! Inilah penyakit pebisnis pemula!

- baru dapat omset lumayan, langsung aja dipakai belanja. Ingat woi, itu omset, bukan profit, apalagi cash!!

- sering gunakan uang pribadi untuk bisnis dan tidak dcatat sbg hutang!

Segera perbaiki, ini tipsnya:

1. Dari awal bisnis, pisahkan uang bisnis dan pribadi, jangan campur!!

2. Rencanakan uang yang digunakan untuk bisnis dengan detail. Buat juga uang cadangan. 3. Bedakan rekening bisnis dan pribadi. Kalau gk punya rekening, pakai amplop. Pisahkan! 4. Bayar juga gajimu sendiri sebagai owner. Kamu juga perlu uang!

5. DISIPLIN!! JANGAN ganggu budget bisnis. Itu bukan uangmu lagi. Itu uang bisnismu. 6. Jangan terlena dengan kemewahan!! Sederhanalah!!

Abangpun dulu pernah salah, sampai akhirnya coach abang mengingatkan hal ini, Alhamdulillah bisnis abang semakin berkembang. Doakan abang ya.

(30)

30 Rencana Action

1. Inget satu hal penting, menjalani bisnis harus punya tujuan jangka pendek dan jangka panjang. 2. Pada dasarnya semua pebisnis ingin punya bisnis yang bisa sukses dalam jangka panjang. 3. Sangat penting untuk membuat sebuah rencana dalam bisnis. Kamu gak bisa asal serabutan

jalani bisnis.

4. Pebisnis dituntut untuk segera action untuk realisasi strategi-strateginya, tapi tetap harus dalam koridor plan, gak bisa asal-asalan.

5. Simpelnya begini, misal sekarang hari Minggu. Coba kamu buat working plan seminggu ini. Strategi apa yang akan kamu jalankan.

6. Kebanyakan dari kita sumber dayanya terbatas sehingga setiap strategi perlu direncanakan supaya djalankan bertahap.

7. Setiap awal minggu penting sekali koordinasi dengan tim untuk briefing strategi apa yang akan djalankan minggu ini.

8. Seorang pemimpin bertugas memimpin tim bisnisnya menjalankan plan dan monitor supaya di actionkan.

9. Inti dari materi singkat kali ini adalah, kalo mau besar, kamu gak bisa asal action, perlu plan + strategi yang jelas.

(31)

31 Sales Planning

1. Abang kali ini akan sharing tentang Sales Planning, Perencanaan sederhana untuk mencapai Omset yang Luar biasa ^_^

2. Untuk mencapai target bisnis yang telah dibuat, maka sangat penting bagi kamu untuk membuat perencanaan sales .

3. Sales planning akan membantumu untuk meningkatkan penjualan terus menerus.

Langkah awal sales plan ini, kamu harus mnentukan target sales, bs dlm target sales volume dan sales value/omzet.

4. Tentukan periode sales yang akan kamu lakukan. Periode ini akan menjadi acuan waktu dari target sales yang dtetapkan. Ingat, deadline itu penting!!

5. Tentukan produk/jasa yang akan dijual. Ketika produk/jasa sudah ditentukan, kita bisa fokuskan target salesnya. Maksudnya, focus kita harus ke konsumen yang tepat, agar jodohnya dapat. 6. Hal penting selanjutnya adalah tentukan harga yang sesuai untuk produk/jasa, cek harga pokok

dan tentukan profitnya . Jangan sampai omset besar karena harga murah, cuma kita tekor karena Harga Pokok Produksinya lebih tinggi -_-“ . Ini poin penting.

7. Buatlah pemetaan calon pembeli potensial. Analisa market dan proyeksikan penjualan yang akan dicapai.

8. Tentukan tim sales yang akan mendukung penjualan. Buatlah training untuk mendevelop kemampuan tim sales. Bangunlah SDM yang baik, maka konsumen yang akan mendatangimu! 9. Buat list strategi sales yang ingin dilakukan: direct sales, reseller, strategi bundling, disc promo,

event marketing dll.

(32)

32

11. Buatlah program marketing untuk mendongkrak sales, misalnya mbuat kampanye mktg/program hadiah.

12. Tentukan anggaran/budget saat menyusun sales plan. Karena dperlukan budget untuk tim sales, untuk program marketing.

13. Buat dan lakukan sistem monitoring dari proses jualan setiap tim sales. Untuk memastikan agar target tercapai.

14. Hal terpenting stelah prencanaan penjualan disusun adlh merealisasikannya. Pastikan semua berjalan dan monitor prosesnya.

15. Bagi kamu yang suka action brutal, itu bagus, cuman saran abang, pastikan semua terencana, agar berjalan baik. Jangan sampai kamu banyak trial & errornya, apalagi kalau kebanyakan error, kan bisa gempor. #Tamat.

(33)

33

Bisnis Laris Gak Perlu Pake UANG!!

Masih terngiang jelas kata dari “Yeheskil Zebua”, seorang ahli marketing “We Don’t need money, we need a better strategy” Jangan dimakan mentah-mentah judul di atas,

Maksud abang gini, gak bisa dipungkiri kalau kita buka bisnis untuk cari uang. Ingat, bisnis kita hidup kalau ada perputaran uang di dalamnya. Namun ada paradigma sesat : “untuk dapetin uang, mesti pake uang!”. Ini yang salah. Yang kita butuhkan adalah strategi yang lebih baik. Baik dalam produksi, promosi, pelayanan, pendistribusian, dst.

Jika strategi kita sudah baik, maka insyaAllaah hasilnya juga lebih baik. Maka saat ini, Bang J bakalan sharing strategi Promosi yang efektif. Promosi memiliki peranan penting dlm bisnis. Tanpa promosi, produk yang kamu tawarkan gak bakal dikenal. Akibatnya, gak ada yang beli :(

Kegiatan promosi harusnya jadi Investasi perusahaan, bukan malah jadi Cost (ini maksud pernyataan abang di atas). Maka perlu strategi jitu supaya hasilnya mantep. Ada 7 strategi Promosi Efektif yang harus kamu lakukan supaya aktifitas promosinya "Low Budget, High Impact!" (~^_^)~ Strategi 1: IDENTIFIKASI MARKET.

Gunakan rumus 4W+1H. Habiskan 80% waktumu untuk menganalisa WHO dan WHERE. a. Untuk WHO, coba Identifikasi dengan kategori: Umur, Jenis Kelamin, Profesi, Penghasilan,

Status Pendidikan serta Hobi.

b. Untuk WHERE, analisa lokasi tmpt tinggal, kerja, maupun lokasi tempat biasa mereka menghabiskan waktu di akhir pekan/ libur.

c. Lalu, WHAT adalah apa yang sering dipikirkan oleh target market kita.

d. WHY merupakan alasan mengapa orang membeli produk anda . Cari 7 alasan mengapa orang harus membeli produkmu, bukan kompetitior. Ingat, orang membeli 80% karena Emosi dan 20% karena Logika .

(34)

34 Strategi 2: UKUR BIAYA PROMOSI.

Hitung secara detail biaya untuk membeli 1 customer. Tanpa diukur, kamu gak bakalan tahu seberapa efektif iklanmu. Teknik ini namanya mengukur Biaya akuisisi. Tau cara ngukurnya? Strategi 3: TEMUKAN KEUNIKAN PENJUALAN PRODUKMU.

Coba analisa unsur ini: Price, Quality, Quantity, Ragam Produk, Garansi, Kepercayaan, Kenyamanan, Place, Gimmick (hadiah). Jika sudah, segera komunikasikan keunikan penjulanmu pada calon customer.

Strategi 4: GUNAKAN TEKNIK T4B.

Pastikan iklan anda membuat orang Tertarik, lalu Baca, Butuh, terakhir Beli. Di sinilah ilmu copywriting itu berperan penting.

Strategi 5: HUBUNGI CUSTOMER LAMA.

Fakta menunjukkan, menjual pd pembeli lama lebih mudah dibanding mencari pembeli baru Strategi 6: BIARKAN ORANG LAIN BICARA.

Ini merupakan gabungan teknik WOM (Word of Mouth) & Endorsment. Orang lebih yakin dengan rekomendasi teman-teman mereka.

Strategi 7: EVALUASI PROMOSI.

Selalu Test dan Ukur kegiatan promosi anda. Lanjuntukan promo yang menghasilkan. Jadikan itu investasi anda ^_^

(35)

35

OMZET MELEDAK

1. Seberapa sering kamu "menyentuh" pelangganmu akan menentukan seberapa sering pelanggan "menyentuh" produkmu

2. Kalau SELLING membuat orang lain membeli produkmu, maka SERVICE membuat orang lain membeli "lagi" produkmu.

3. Selling dan Service sama2 berpengaruh sama peningkatan Omzet. Kalau Omzetnya pengen naik, keduanya kudu bagus.

4. Sellingnya bagus, Servicenya jelek --» Omzetnya bagus bulan ini, bulan depan turun.

5. Servicenya bagus, Sellingnya jelek --» Omzetnya naiknya lama, nunggu si customer balik lagi. 6. Sellingnya jelek, Servicenya jelek --» produknya nggak laku, stok numpuk, bisnis tutup. 7. Sellingnya bagus, Servicenya bagus --» Omzet meledak nggak karuan.

8. So, bagi tugas dengan tim siapa yang kudu handle Selling, siapa yang kudu handle Service. Bagi2 tugas aja. Supaya memudahkan.

9. Ngeceknya gampang. Kalau yang beli produk kita itu-itu aja, nggak ada pembeli yang baru, artinya Servicenya bagus, Sellingnya jelek.

10. Kalau yang beli produk kita banyak banget, tapi pembeli yang lama nggak balik lagi ke kita, artinya Sellingnya bagus, Servicenya jelek.

11. Kalau semakin kesini pembelinya semakin banyak, terus customernya yang dulu balik lagi ke kita, artinya Sellingnya bagus, Servicenya bagus.

(36)

36

Omset Meningkat Tanpa Promosi

Sekarang Abang akan sharing Rahasia Meningkatkan Omset BisnisTanpa Promosi. Lho kok bisa?Jangan banyak Tanya,

#UdahBacaSajaDulu.

1. Kalau berbicara masalah peningkatan Omset, cara yang sering dipikirkan oleh kebanyakan business owner adalah PROMOSI. Bener,gak?

2. Tanpa promosi pun ternyata kamu bisa meningkatkan omset bisnimu. Mau tahu caranya?

3. Ingat, ada 4 hal yang mempengaruhi peningkatan Omset bisnis, yaitu: a. Prospek | b.%Closing | c. Rata2 pembelian | d. Repeat Order

4. PROMOSI adalah usaha untuk meningkatkan PROSPEK supaya bisa dapet pembeli baru. Tentu dengan didukung %Closing yang bagus.

5. Fakta membuktikan, bahwa Lebih MUDAH & MURAH mempertahankan customer lama dibanding harus mencari yang baru, lho.

6. Kalo sudah tahu faktanya, mulai sekarang jangan abaikan pelanggan lamamu. Ingat, mereka adalah orang yang sudah masuk ke dalam pintu bisnismu.

7. Tentu lebih mudah menjual pada orang yang sudah merasakan produkmu, dibanding yang masih sekedar tahu produkmu. Apa saja yang harus dilakukan?

8. Hubungi rutin pelangganmu. Tanyakan mengenai pengalaman menggunakan produkmu. Beritahu tentang produk-produk menarik terbaru yang kamu sediakan.

9. Berikan hadiah pada pelanggan setiamu.

10. Kirimi kartu ucapan Terima kasih atau ucapan saat hari-hari khusus (ulang tahun, hari besar agama, dll). Tuliskan ucapan tulus pada konsumenmu.

11. Customer lama adalah harta karun yang sering dilupakan. Susun catatan yang Anda miliki, periksa alamatnya, nomor telpon, dsb. Pastikan semua valid!

(37)

37

12. Jika diasumsikan customer lama tidak puas berbisnis denganmu, Apa yang membuat mereka tidak kembali lagi? Ingat mereka sudah merasakan produkmu lho!

(38)

38

Jurus Jitu Merebut Hati Pelanggan

Kamu pasti senang jika dagangannya LARIS. Sayangnya, tidak semua mampu merubah calon customer menjadi customer. Menjual seperti sebuah Perang. Perlu Rencana Matang, Strategi Jitu, serta Action Hebat untuk memenangkannya. Because, NO SELLING, DYING!

Diperlukan Jurus Jitu Merebut Hati Pelanggan untuk dapat menjadi penjual yang handal. Kemampuan untuk menjual produk ke lebih banyak orang. Caranya? Simak ya ^_^

1. Gali Kebutuhan Pelanggan, bukan Menyampaikan Keinginanmu. Maka mereka dengan senang hati akan menerima penawaranmu. 2. Pastikan Target Marketnya Tepat.

Analisa calon pelangganmu sebelum melakukan penawaran. Umur? Jenis Kelamin? Pekerjaan? Gaji?

3. Kenali Karakter Pelangganmu.

Buat daftar cek list mengenai calon customermu. Kamu akan lebih mudah menggali kebutuhannya.

4. Ketahui Alasan Orang Membeli Produkmu.

Coba sebuntukan 5 Alasan mengapa orang harus memakai produkmu? 5. Hilangkan Jarak antara Penjual dan Pembeli.

Mereka butuh teman, bukan penjual. Penjual handal akan menjadi teman yang tulus untuk pembelinya

Itu sih 5 jurus singkat, yang kalau kamu eksekusi dengan baik, maka bukan gak mungkin tiap hari kamu bakalan kewalahan hadapi pelangganmu. Selamat repot menghadapi pesanan pelanggan ya ^_^

(39)

39

Pelangganpun Jatuh Cinta pada Produkmu

Wah, makasi sayang ^_^

Aku gak nyangka kamu bakalan ngasi kalung secantik ini | aku makin sayang kamu :)

Hayo, sudahan dulu romantisnya. Jangan menghayal yang lain2 y mblo. Hmm, kalau abang ngasi surprise seperti d atas ke pasangan abang (semoga segera terwujud ada pasangannya | abaikan part ini) , Bang J yakin dia bakalan makin sayang :)

Hal ini juga berlaku untuk pelanggan kita mblo! Ingat, cari pelanggan itu ibarat PDKT ke pasangan, harus elegan, bukan ngemis2!! Kali ini abang bakalan sharing teknik sederhana untuk meningkatkan penjualan, namanya :

"Surprise" Contoh :

"Khusus buat anda nih, karena tinggal di bekasi, saya kasi bonus 'bla bla bla' senilai 'Rp xxxx' secara GRATIS!!! Ststs, jangan kasi tau yang lain ya"

"Saya bakalan kasi bonus powerbank untuk setiap pembelian Oppo tipe xxx"

"Karena anda sering belanja di sini, jadinya kita kasi gratis biaya pengiriman deh, hehehe " ---

Maksudnya apa dan kapan digunakan? Ketika calon konsumen sdh terlihat ciri2nya mau closing dan siap2 ambil keputusan mau beli, coba berikan mereka sesuatu yang diluar dugaan

(40)

40

mereka.Kasi mereka SURPRISE yang menyenangkan. Buat di bilang dlm hati "Buset, keren banget nih, gua harus beli sekarang"

Rumusnya gampang bro :

BAHAGIA = ekspektasi + 1

Pas mereka mau beli, mereka punya ekspektasi. Nah, tugas kita adalh tambahkan hal SEDERHANA yang buat mereka makin bahagia. Kalo mereka udah bahagia, bisa viral, diomongin ke mana-mana. GRATIS LAGI!!!

Ingat, tujuan kita jualan bukan buat closing aja. Tapi agar mereka closing+beli lagi+kasi tau yang lain untuk beli di anda!! Sehingga berikanlah konsumen anda KEBAHAGIAAN + KEPUASAN!

(41)

41

Mengatasi Trauma Bisnis

“BISNIS itu NGERI ah!! Aku sih trauma, kamu? “

Iya, bisnis itu ngeri lho! kalau gak kuat mental, bisa-bisa jadi stress.

Stress karena bangkrut, karena bisnis stagnan, atau karena tidak pernah belajar -_- Sharing abang kali ini, khusus buat yang trauma dalam bisnisnya, biar gak pada stress.

Ada orang yang mengalami trauma akibat gagal waktu baru pertama kali memulai bisnis hingga gak berani coba lagi.

Gagal ketika baru pertama kali mulai bisnis, sebenernya gak perlu dijadikan pengalaman traumatik. Setiap orang pasti pernah gagal, dalam bisnis mau pun hidup. Orang yang semangat akan mengambil pelajaran dan manfaat darinya.

Kegagalan saat pertama kali berbisnis seharusnya menjadi bahan pembelajaran agar tidak terulang dikali kedua.

Penyebab kegagalan ketika pertama kali berbisnis bisa menjadi batu loncatan sepanjang diketahui sumber masalahnya, sehingga bisa dengan mudah memperbaiki hal-hal yang salah..

Penyebab kegagalan bisa menjadi inspirasi untuk meneruskan bisnis itu dengan strategi yang baru. Ubah cara & strategi saat mengulang bisnis yang gagal itu agar ada hasil yang berbeda.

(42)

42

Jika cara & teknik kedua masih gagal,masih ada kesempatan ketiga & seterusnya untuk mencoba. Pebisnis sejati gak akan pernah menyerah saat ia gagal karena ia tahu tindakan itu menunjukkan hidup yang gagal.

Ingat juga pesen abang, banyakin istighfar, kencengin ibadah, minta doa orang tua, dan bantu sesama. InsyaAllah hilang traumanya.

(43)

43

Obatnya Masalah ^_^

Buat kamu yang ngerasain :

- banyak masalah - Galau, sedih T_T - rezeki seret.

Abang punya 1 kunci untuk menyelesaikan itu semua. Kuncinya :

BIASAKAN membaca ISTIGHFAR!! Sabda Rasulullah :

“Bersabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam: “Sesiapa yang selalu beristighfar, nescaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan bagi setiap kesempitan, kesenangan bagi setiap kesedihan dan memberinya rezeki tanpa diduga olehnya.” (Hadis riwayat Abu Daud)

Biasakan baca istighfar kapanpun dan di manapun.

Saat kamu di atas motor/mobil, atau saat bengong nungguin orderan, atau saat nunggu klien transfer, dll.

Isi waktu-waktu itu dengan istighfar. Banyakin baca istighfar, Insyaallah Semua MASALAH itu SELESAI.

(44)

44 Anjuran Bang J

1. Silahkan bagikan e-book ini seluas-luasnya kepada rekan-rekan pebisnis lainnya. Bagikan saja link ini : http://bit.ly/EbookBangJ

2. Bagi yang Punya BBM, silahkan invite BBM Bang J : 54f3f191

3. Silahkan add friend FB abang : www.Facebook.com/JagoSelling 4. Tetap kunjungi www.JagoSelling.com ya ^_^

5. Kalau masih penasaran Bang J siapa, klik link ini ya : http://bit.ly/ProfilBangJ 6. Selamat Membaca ^_^

Gambar

Foto : Mas J (Jaya Setiabudi) , Juragan besar Yukbisnis.com

Referensi

Dokumen terkait

Biaya tidak langsung lainnya (pabrication overhead cost), yaitu semua biaya yang dikeluarkan dalam rangka proses produksi di luar dari komponen biaya di atas, contoh sewa

Pemerintah Kota Bogor yang telah mendapatkan Opini BPK yaitu WTP, selain karena laporan Keuangan Pemerintah daerah dianggap wajar penyajiannya serta dikarena tindak

(1) Dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan terhadap Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, Pemerintah Daerah dapat

pengalokasian pembangunan dan pemerataan. • Fungsi Distribusibertujuan untuk penyaluran dana kepada masyarakat berdasarkan alokasi yang sudah ditetapkan. • Fungsi Stabilisasi

Perilaku jantan jelas, fungsi seks jantan.. Hasil

a) Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh peserta dalam suatu periode proses belajar mengajar tertentu. b) Untuk mengetahui posisi atau kedudukan

Adapun dari respon siswa meliputi tampilan media sebesar 100% dengan kategori sangat layak, kejelasan isi 100% dengan kategori sangat layak, kejelasan bahasa sebesar

Infestasi ringan jika daging buah sedikit rusak dan sebagian besar biji yang dihasilkan dalam kondisi baik, infestasi sedang jika sebagian plasenta mengalami pengerasan dengan