FORMAT LPJ BOSDA REVISI

605  59 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

KOP YAYASAN

LAPORAN PENGGUNAAN ANGGARAN HIBAH

BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH TAHUN ANGGARAN 2016

I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 6 ayat 1 menyebutkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Konsekuensi dari amanat undang-undang tersebut adalah Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) dan tingkat menengah (SMA dan SMK) serta satuan pendidikan lain yang sederajat.

Dalam rangka peningkatan kualitas dan mutu pendidikan serta optimalisasi pendidikan, Pemerintah Kabupaten Bogor telah melaksanakan program yang membantu meringankan biaya pendidikan khususnya bagi pemenuhan Standar Pelayanan Minimal pada sisi belanja pegawai dalam bentuk tambahan pendapatan bagi tenaga pendidik honorer di satuan pendidikan yang dikelola oleh masyarakat (swasta) di wilayah Kabupaten Bogor. Program ini dilaksanakan melalui pemberian dana hibah dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah Daerah.

B. Dasar

1. Peraturan Bupati Bogor Nomor 68 Tahun 2013 tentang Standar Honor Minimum Bagi Guru Honorer;

2. Peraturan Bupati Bogor Nomor 14 Tahun 2014 tentang Bantuan Operasional Sekolah Daerah;

(2)

Pertanggungjawaban dan Pelaporan serta Monitoring dan Evaluasi Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah;

4. Bahwa dengan telah diundangankannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua diatas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, maka Peraturan Bupati Bogor sebagaimana dimaksud dalam nomor ke 3 perlu ditinjau dan disesuaikan.

C. Maksud Dan Tujuan 1. Maksud

Maksud dari BOS Daerah ini adalah untuk membantu biaya operasional pendidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan pemerintah.

2. Tujuan

Adapun tujuan dari BOS Daerah yaitu :

a. Untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di daerah;

b. Untuk meringankan biaya pendanaan pendidikan yang dibebankan kepada masyarakat dan pemerintah;

c. Memenuhi biaya operasional personal, khususnya dalam pembiayaan pembayaran honor bulanan guru honorer

D. Ruang Lingkup

Ruang lingkup dari Laporan Bantuan Operasional Sekolah Daerah ini meliputi pelaksanaan hasil kegiatan dan realisasi penggunaan dana hibah yang telah dilakukan pada Tahun Anggaran 2016 oleh YAYASAN ……….. (sebutkan).

II. HASIL KEGIATAN

(3)

III. REALISASI PENGGUNAAN DANA

Realisasi penggunaan dana hibah BOSDA Triwulan I dan II Tahun 2016, yang dilaksanakan oleh YAYASAN ……….. (sebutkan) dan didukung oleh anggaran hibah BOSDA Tahun Anggaran 2016, telah sesuai dengan yang tercantum dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor dengan YAYASAN ……….. (sebutkan) Nomor ……… tanggal ……….. yakni digunakan untuk Pembayaran Honorrarium Guru Honorer dengan rincian sebagai berikut :

No Nama PTK Status Rincian Honor Diterima

1. ……… Honorer Rp. 200.000,00 x 6 Rp. 1.200.000,00 2. ……… Honorer Rp. 200.000,00 x 6 Rp. 1.200.000,00

Dst

JUMLAH Rp. 2.400.000,00

Terbilang : Dua Juta Empat Ratus Ribu Rupiah.

IV. PENUTUP

Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara serta Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka harapan akan system pengelolaan keuangan Negara dapat lebih efektif, efisien, transaparan dan akuntabel. Salah satu wujud dari transparansi pengelolaan keuangan Negara tersebut maka Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia menerbitkan Surat Edaran Nomor 900/4627/SJ tentang Penajaman Ketentuan Pasal 298 ayat (5) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerinhatan Daerah. Dalam Surat Edaran tersebut telah ditegaskan bahwasanya Belanja Hibah dapat diberikan kepada : Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Lain; Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau BUMD dan/atau Badan, Lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan yang berbadan hokum Indonesia.

Dengan dilaksanakannya program Bantuan Oparasional Sekolah Daerah ini tentunya sangat membantu satuan pendidikan dalam meringankan biaya operasional personal demi peningkatan kualitas dan mutu pendidikan. Demikian laporan ini disusun sebagai pertanggung jawaban atas penyerapan anggaran hibah. Kiranya laporan ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan/evaluasi dan peningkatan dalam pelaksanaan program di masa yang akan datang.

Bogor, Oktober 2016 Ketua Yayasan

(4)

Lampiran LAPORAN PERTANGGUNG JAWABAN BOSDA : 1. Fotocopy SP2D

(5)

DAFTAR PEMBAYARAN

HONORARIUM TENAGA PENDIDIK HONORER TRIWULAN I DAN II SD/SMP/SMA/SMK ………..

TAHUN ANGGARAN 2016

No Nama PTK Status Rincian Honor Diterima Tanda Tangan

1. ……… Honorer Rp. 200.000,00 x 6 Rp. 1.200.000,00 1.

2. ……… Honorer Rp. 200.000,00 x 6 Rp. 1.200.000,00 2.

Dst

JUMLAH Rp. 2.400.000,00

Bogor, Oktober 2016 Mengetahui,

Kepala Sekolah

………..

Bendahara,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...