5. Kisah-kisah dan Sejarah 5.6 Nabi Ibrahim AS., Nabi Ismail AS., Nabi Luth AS., dan Nabi Ishaq AS.

Teks penuh

(1)

1 5.6.6 Nabi Luth AS. dan Kaum Sodom

Ketika terjadi hal tersebut, Nabi Luth berdo’a kepada Allah agar menolongnya dan menghancurkan orang-orang yang membuat kerusakan. Akhirnya, para malaikat keluar dari tempat Nabi Ibrahim menuju desa Nabi Luth. Sementara itu, anak perempuan Nabi Luth berdiri sedang memenuhi tempat airnya dari air sungai itu. Ia mengangkat wajahnya sehingga menyaksikan mereka. Ia tampak keheranan melihat kaum lelaki yang memiliki ketampanan yang mengagumkan. Salah seorang Malaikat bertanya kepada anak kecil itu, “Wahai anak

perempuan, apakah ada rumah di sini?” Anak itu berkata, “Hendaklah kalian tetap di situ

sehingga aku memberitahu ayahku dan kemudian akan kembali pada kalian.” Ia meninggalkan wadah airnya di sisi sungai dan segera menuju ayahnyaserta berkata, “Ayahku, ada pemuda-pemuda yang ingin menemuimu di pintu kota. Aku belum pernah melihat wajah-wajah seperti mereka.” Nabi Luth berkata kepada dirinya sendiri, “Ini adalah hari yang dahsyat.” Beliau segera berlari menuju tamu-tamunya. Ketika Nabi Luth melihat mereka, beliau merasakan keheranan yang luar biasa. Beliau bertanya kepada mereka, “Dari mana kalian datang dan apa tujuan kalian?”

Artinya: “Dan ketika para utusan Kami (para Malaikat) itu datang kepada Luth, dia merasa curiga dan dadanya merasa sempit karena (kedatangan)nya. Dia (Luth) berkata, “ini hari yang sangat sulit*.”(QS. Hūd (11): 77)

---

*Nabi Luth AS. merasa susah akan kedatangan para utusan Allah itu karena mereka berupa pemuda yang rupawan sedangkan kaum Luth sangat menyukai pemuda-pemuda yang rupawan untuk melakukan homoseksual. Dia merasa tidak sanggup melindungi mereka bilamana ada gangguan dari kaumnya.

Artinya: “Dan ketika para utusan Kami (para Malaikat) datang kepada Luth, dia merasa bersedih hati karena (kedatangan) mereka*, dan (merasa) tidak mempunyai kekuatan untuk melindungi mereka, dan mereka (para utusan) berkata, “Janganlah engkau takut dan jangan (pula) bersedih hati. Sesungguhnya kami akan menyelamatkanmu dan pengikut- pengikutmu, kecuali istrimu, dia termasuk orang-orang yang tinggal (dibinasakan).”(QS. Al-‘Angkabūt (29): 33)

---

*Nabi Luth AS. merasa bersedih hati akan kedatangan utusan-utusan Allah itu karena mereka berupa pemuda yang rupawan, sedangkan kaum Luth sangat menyukai pemuda-pemuda yang rupawan untuk melakukan homoseksual. Dan dia merasa tidak sanggup melindungi mereka bilamana ada gangguan dari kaumnya. Artinya: “Sesungguhnya Kami akan Menurunkan azab dari langit kepada penduduk kota ini

karena mereka berbuat fasik.”(QS. Al-‘Angkabūt (29): 34)

Artinya: “Maka ketika utusan itu datang kepada para pengikut Luth,”(QS. Al-Ḥijr (15): 61) Artinya: “dia (Luth) berkata, “Sesungguhnya kamu orang yang tidak aku kenal.”(QS. Al-Ḥijr

(15): 62)

Artinya: “(Para utusan) menjawab, “Sebenarnya kami ini datang kepadamu membawa azab yang selalu mereka dustakan.”(QS. Al-Ḥijr (15): 63)

(2)

2 benar.”(QS. Al-Ḥijr (15): 64)

Artinya: “Maka pergilah kamu pada akhir malam beserta keluargamu, dan ikutilah mereka dari belakang. Jangan ada di antara kamu yang menoleh ke belakang dan teruskanlah perjalanan ke tempat yang diperintahkan kepadamu.”(QS. Al-Ḥijr (15): 65)

Kegelapan mulai menyelimuti kota. Nabi Luth menemani tiga tamunya itu berjalan menuju rumahnya. Tak seorang pun dari penduduk kota yang melihat mereka. Namun istrinya melihat mereka sehingga ia keluar menuju kaumnya dan memberitahu mereka kejadian yang dilihatnya.

Artinya: “Dan kaumnya segera datang kepadanya. Dan sejak dahulu mereka selalu melakukan perbuatan keji. Luth berkata, “Wahai kaumku! Inilah putri-putri (negeri)ku mereka lebih suci bagimu, maka bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu mencemarkan (nama)ku terhadap tamuku ini. Tidak adakah di antaramu orang yang pandai?”(QS. Hūd (11): 78)

Artinya: “Mereka menjawab, “Sesungguhnya engkau pasti tau bahwa kami tidak mempunyai keinginan (syahwat) terhadap putri-putrimu; dan engkau tentu mengetahui apa yang (sebenarnya) kami kehendaki.”(QS. Hūd (11): 79)

Artinya: “Dia (Luth) berkata, “Sekiranya aku mempunyai kekuatan (untuk menolakmu) atau aku dapat berlindung kepada keluarga yang kuat (tentu aku lakukan).”(QS. Hūd (11): 80)

Artinya: “Dia (Luth) berkata, “Sesungguhnya mereka adalah tamuku; maka jangan kamu mempermalukan aku,”(QS. Al-Ḥijr (15): 68)

Artinya: “dan bertakwalah kepada Allah dan janganlah kamu membuat aku terhina.”(QS. Al-Ḥijr (15): 69)

Artinya: “(Mereka) berkata, “Bukankah kami telah melarangmu dari (melindungi) manusia*?”(QS. Al-Ḥijr (15): 70)

---

*Mereka berbuat homoseksual dengan tamu-tamu itu dan mereka memang pernah mengancam Luth AS., agar tidak menghalangi mereka berbuat demikian.

Artinya: “Dia (Luth) berkata, “Mereka itulah putri-putri (negeri)ku (nikahlah dengan mereka), jika kamu hendak berbuat.”(QS. Al-Ḥijr (15): 71)

Artinya: “Kaum Luth pun telah mendustakan peringatan itu.”(QS. Al-Qomar (54): 33)

Artinya: “Mereka (para malaikat) berkata, “Wahai Luth! Sesungguhnya kami adalah para utusan Tuhan-mu, mereka tidak akan dapat mengganggu kamu, sebab itu pergilah bersama keluargamu pada akhir malam dan jangan ada seorang pun di antara kamu yang menoleh ke belakang, kecuali istrimu. Sesungguhnya dia (juga) akan ditimpa (siksaan) yang menimpa mereka. Sesungguhnya saat terjadinya siksaan bagi mereka itu pada waktu subuh. Bukankah subuh itu sudah dekat?”(QS. Hūd (11): 81)

(3)

3

Nabi Luth keluar bersama anak-anak perempuannya. Mereka keluar di waktu malam dan tibalah waktu Subuh. Kemudian datanglah perintah Allah.

Artinya: “Kemudian Kami Selamatkan dia dan pengikutnya, kecuali istrinya. Dia (istrinya) termasuk orang-orang yang tertinggal.”(QS. Al-A‘rōf (7): 83)

Artinya: “Dan Kami Hujani mereka dengan hujan (batu). Maka perhatikanlah bagaimana kesudahan orang yang berbuat dosa itu.”(QS. Al-A‘rōf (7): 84)

Artinya: “Dan kepada Luth, Kami Berikan hikmah dan ilmu, dan Kami Selamatkan dia dari (azab yang telah menimpa penduduk) kota yang melakukan perbuatan keji.)* Sungguh, mereka orang-orang yang jahat lagi fasik,”(QS. Al-Ambiyā’ (21): 74) ---

*Homoseksual dan menyamun, dan mereka mengerjakan perbuatan tersebut dengan terang-terangan.

Artinya: “dan Kami Masukkan dia ke dalam rahmat Kami; sesungguhnya dia termasuk golongan orang yang sholeh.”(QS. Al-Ambiyā’ (21): 75)

Artinya: “Lalu Kami Selamatkan dia bersama keluarganya semua,”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 170)

Artinya: “kecuali seorang perempuan tua (istrinya), yang termasuk dalam golongan yang tinggal.”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 171)

Artinya: “Kemudian Kami Binasakan yang lain.”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 172)

Artinya: “Maka Kami Selamatkan dia dan keluarganya, kecuali istrinya. Kami telah Menentukan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).”(QS. An-Naml (27): 57)

Artinya: “Dan sesungguhnya, Luth benar-benar termasuk salah seorang Rosul.”(QS. Ash-Shōffāt (37): 133)

Artinya: “(Ingatlah) ketika Kami telah Menyelamatkan dia dan pengikutnya semua,”(QS. Ash-Shōffāt (37): 134)

Artinya: “kecuali seorang perempuan tua (istri-nya) bersama-sama orang yang tinggal (di kota).”(QS. Ash-Shōffāt (37): 135)

Artinya: “Maka ketika keputusan Kami datang, Kami Menjungkirbalikkan negeri kaum Luth, dan Kami Hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar,”(QS. Hūd (11): 82)

Artinya: “yang Diberi tanda oleh Tuhan-mu. Dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang yang zolim.”(QS. Hūd (11): 83)

(4)

4

akan ditumpas habis pada waktu subuh.”(QS. Al-Ḥijr (15): 66)

Artinya: “Dan datanglah penduduk kota itu*(kerumah Luth) dengan gembira (karena kedatangan tamu itu).”(QS. Al-Ḥijr (15): 67)

--- *Kota Sodom yang terletak dekat pantai Laut Tengah.

Artinya: “(Allah Berfirman), “Demi umurmu * (Muhammad), sungguh, mereka terombang-ambing dalam kemabukan (kesesatan).”(QS. Al-Ḥijr (15): 72)

---

*Orang Arab biasa bersumpah dengan umur seseorang. Di sini Allah Bersumpah dengan umur atau kehidupan Nabi Muhammad SAW. untuk memuliakan beliau. Artinya: “Maka mereka dibinasakan oleh suara keras yang mengguntur, ketika matahari akan

terbit.”(QS. Al-Ḥijr (15): 73)

Artinya: “maka Kami Jungkir balikkan (negeri itu) dan Kami Hujani mereka dengan batu dari tanah yang keras.”(QS. Al-Ḥijr (15): 74)

Artinya: “Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang memperhatikan tanda-tanda,”(QS. Al-Ḥijr (15): 75)

Artinya: “dan sesungguhnya, (negeri) itu benar-benar terletak di jalan yang masih tetap (dilalui manusia).”(QS. Al-Ḥijr (15): 76)

Artinya: “Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi orang yang beriman.”(QS. Al-Ḥijr (15): 77)

Artinya: “Dan Kami Hujani mereka (dengan hujan batu), maka betapa buruk hujan yang menimpa orang-orang yang telah diberi peringatan itu.”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 173) Artinya: “Sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda (kekuasaan Allah), tetapi

kebanyakan mereka tidak beriman.”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 174)

Artinya: “Dan sungguh, Tuhan-mu, Dia-lah Yang Maha Perkasa, Maha Penyayang.”(QS. Asy-Syu‘arō’ (26): 175)

Artinya: “Dan Kami Hujani mereka dengan hujan (batu), maka sangat buruklah hujan (yang ditimpakan) pada orang-orang yang diberi peringatan itu (tetapi tidak mengindahkan).”(QS. An-Naml (27): 58)

Artinya: “Dan sungguh, tentang itu telah Kami Tinggalkan suatu tanda yang nyata* bagi orang-orang yang mengerti.”(QS. Al-‘Angkabūt (29): 35)

--- *Bekas-bekas reruntuhan kota Sodom, negeri kaum Luth.

Artinya: “Kemudian Kami Binasakan orang-orang yang lain*.”(QS. Ash-Shōffāt (37): 136) ---

(5)

5

Artinya: “Dan sesungguhnya kamu (penduduk Mekah) benar-benar akan melalui (bekas-bekas) mereka pada waktu pagi,”(QS. Ash-Shōffāt (37): 137)

Artinya: “dan pada waktu malam. Maka mengapa kamu tidak mengerti?”(QS. Ash-Shōffāt (37): 138)

Artinya: “Sesungguhnya Kami Kirimkan kepada mereka badaiyang membawa batu-batu (yang menimpa mereka), kecuali keluarga Luth. Kami Selamatkan mereka sebelum fajar menyingsing,”(QS. Al-Qomar (54): 34)

Artinya: “sebagai nikmat dari Kami. Demikianlah Kami Memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”(QS. Al-Qomar (54): 35)

Artinya: “Dan sungguh, dia (Luth) telah memperingatkan mereka akan hukuman Kami, tetapi mereka mendustakan peringatan-Ku.”(QS. Al-Qomar (54): 36)

Artinya: “Dan sungguh, mereka telah membujuknya (agar menyerahkan) tamunya (kepada mereka), lalu Kami Butakan mata mereka, maka rasakanlah azab-Ku dan peringatan-Ku!”(QS. Al-Qomar (54): 37)

Artinya: “Dan sungguh, pada esok harinya mereka benar-benar ditimpa azab yang tetap.”(QS. Al-Qomar (54): 38)

Artinya: “Lalu Kami Keluarkan orang-orang yang beriman yang berada di dalamnya (negeri kaum Luth) itu.”(QS. Adz-Dzāriyāt (51): 35)

Artinya: “Maka Kami tidak mendapati di dalamnya (negeri itu), kecuali sebuah rumah dari orang-orang Muslim (Luth).”(QS. Adz-Dzāriyāt (51): 36)

Artinya: “Dan Kami Tinggalkan padanya (negeri itu) suatu tanda*bagi orang-orang yang takut kepada azab yang pedih.”(QS. Adz-Dzāriyāt (51): 37)

---

*Batu-batu yang bertumpuk-tumpuk yang dipergunakan untuk membinasakan kaum Luth. Ada pula yang mengatakan sebuah telaga yang airnya hitam dan busuk baunya.

Artinya: “Maka rasakanlah azab-Ku dan peringatan- Ku!”(QS. Al-Qomar (54): 39)

Artinya: “Dan sungguh, telah Kami Mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?”(QS. Al-Qomar (54): 40)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di