IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KECAMATAN SAMBUNGMACAN KABUPATEN SRAGEN

17 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Sebagian Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana Sosial Dalam Bidang Ilmu Administrasi Negara

Oleh: IKA ERNAWATI

D1111015

PROGRAM STUDI S1 ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

(2)
(3)

commit to user

(4)

commit to user PERSEMBAHAN:

Skripsi ini penulis persembahkan untuk :

 Bapak dan Ibuku tercinta, terima kasih untuk doa, dukungan dan kasih sayang yang tidak terkira

 Kakak dan adikku, tetaplah saling mengasihi  Almamaterku

(5)

commit to user

v MOTTO :

“Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu, maka Alloh akan memudahkan baginya jalan ke surga”

(HR. Muslim)

Berpeganglah dalam iman, pengharapan dan kasih. Selalu bersukacita dan mengucap syukur dalam segala hal

 Modal terbesar adalah Percaya Diri  Kebanggaan terbesar adalah Kepercayaan  Rekreasi terbesar adalah Bekerja dan Berkarya

(6)

commit to user KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb

Syukur alhamdulillah Penulis haturkan kehadirat Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan Rahmad dan Karuni-Nya Skripsi dengan judul “Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sambungmacan

Kabupaten Sragen’’ ini penulis selesaikan.

Penyususnan skripsi dilaksanakan untuk melengkapi tugas- tugas sebagai syarat guna memperoleh gelar Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Selama proses penyelesaian ini, penulis banyak menerima bantuan, bimbingan dan arahan dari berbagai kalangan, khususnya kepada Dosen Pembimbing dan Nara Sumber. Oleh karena itu, ucapan terima kasih yang tulus penulis tujukan kepada yang terhormat :

1. Bapak Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si yang di sela-sela kesibukaannya, masih meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan penulis, sehingga skripsi ini dapat diselesaikan.

2. Semua Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah membekali penulis dengan ilmu pengatahuan selama studi di Kampus Tercinta UNS.

3. Bapak Drs. Mahmudi, M.Ag selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sragen, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melakukan penelitian di wilayah Kabupaten Sragen khususnya di Kecamatan Sambungmacan.

(7)

commit to user

vii

4. Seluruh staff di Kecamatan Sambungmacan, pendamping PKH dan seluruh pegawai UPPKH Kabupaten Sragen yang telah banyak membantu kelancaran penulis selama melakukan penelitian.

5. Bapak dan Ibuku tercinta, terima kasih yang setinggi-tingginya atas segala sesuatu yang tidak dapat lagi untuk dikatakan, karena ketulusannya yang begitu besar, penulis rasakan sampai saat ini. Tak lupa juga kakak dan adikku, terima kasih atas pengorbanan, dorongan moril serta do’anya yang tulus. 6. Ibu Dra. Sudaryanti, M. Si terima kasih telah memberikan nasehat berharga

kepada penulis untuk selalu menghargai dan memberikan posisi pertama kepada orang yang telah berjasa dalam kehidupan kita.

7. Semua Rekan-Rekan Angkatan 2011, trim’s atas persahabatan dan motivasinya selama kita bersama-sama di Surakarta.

8. Seseorang yang ikut membakar semangatku di saat-saat yang tepat, terima kasih Ardyansyah atas dorongan moril, kesabaran dan pengertiannya yang tulus.

Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa membalas semua kebaikan, dan semoga dilipatgandakan pahalanya.

Terakhir penulis menyadari bahwa tiada satupun manusia yang sempurna di dunia ini, dan penulis menyadari betul bahwa tulisan ini dapat dikembangkan lebih luas lagi, untuk itu dengan kerendahan hati penulis mengharapkan bimbingan saran dan kritik semua pihak demi perbaikan skripsi ini. Namun demikian, dengan segala keterbatasan yang penulis miliki sebagai manusia,

(8)

commit to user

penulis tetap berharap semoga skripsi ini dapat bermanfaat atau setidaknya menjadi bahan acuan terhadap kajian yang lebih mendalam. Terima Kasih.

Wa’alaikumsalam Wr. Wb

Surakarta, 2013

(9)

commit to user

ix ABSTRAK

IKA ERNAWATI. D 1111015. Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen, Skripsi. Program Studi Ilmu

Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2013.

Program Keluarga Harapan merupakan kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM) untuk mengakses pelayanan kesehatan dan pendidikan. Penerima PKH adalah ibu hamil/nifas, balita dan anak usia pendidikan dasar. Bantuan yang diberikan pemerintah untuk peserta PKH adalah bantuan tunai bersyarat artinya, peserta PKH harus memenuhi kewajiban yang ada dalam ketentuan PKH.

Penelitian implementasi program keluarga harapan di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen ini menggunakan berbagai pendapat mengenai model-model implementasi dan faktor-faktor yang dianggap relevan dengan permasalahan yang dihadapi. Faktor-faktor tersebut yaitu komunikasi dan sumberdaya (diadopsi dari Donald Van Meter dan Carl Van Horn, 1975) dan (George C. Edwards III, 1980), dukungan publik (diadopsi dari Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier, 1983), karakteristik badan-badan pelaksana, kondisi sosial, ekonomi dan politik (diadopsi dari Van Horn dan Van Metter,1975)

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dan tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program keluarga harapan di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen telah berjalan dengan baik namun belum maksimal. Proses implementasi PKH di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen terdapat beberapa tahap yaitu : pemilihan dan penetapan peserta PKH, pertemuan awal (sosialisasi), tahap pembayaran, pembentukan kelompok Ibu ketua kelompok PKH, Verifikasi Komitmen, penangguhan dan pembatalan, serta proses pengaduan. Pada tahapan pertemuan awal (sosialisasi) kepada masyarakat menjadi hambatan pertama, karena pelaksana PKH harus mampu meyakinkan masyarakat tentang PKH sehingga tidak terjadi kesenjangan sosial. Kemudian dalam tahap pembayaran, kadang tidak tepat waktu. sehingga menyebabkan penerima PKH selalu menanyakan kepada pendamping kapan waktu pembayaran dan kegiatan pembayaran terkesan terburu-buru karena jadwal yang tidak tetap. Sedangkan komunikasi, sumberdaya, dukungan publik, karakter badan pelaksana dan kondisi sosial, ekonomi dan politik merupakan faktor pendukung implementasi PKH di Kecamatan Sambungmacan.

(10)

commit to user ABSTRACT

IKA ERNAWATI.D 1111015.Implementation of Family Hope Program in District Sambungmacan Sragen, Thesis.State Administration of Science

Program.Faculty of Social and Political Sciences.Sebelas Maret University Surakarta.2013.

Family Hope Program is a government policy to accelerate poverty reduction for very poor households (RTSM) to access health and education services.CCT beneficiaries are pregnant / postpartum, toddlers and school age children.Government assistance given to participants PKH is a conditional cash transfer means, PKH participants must fulfill the obligations contained in the provisions of CCT.

Implementation of the research program in the District of family expectations Sambungmacan Sragen this using a variety of opinions regarding the implementation of the models and the factors that are considered relevant to the problems faced.These factors which communication and resource (adopted from Donald Van Meter and Carl Van Horn, 1975) and (George C. Edwards III, 1980), public support (adapted from Daniel A. Mazmanian and Paul A. Sabatier, 1983), the characteristics of the implementing agencies, social conditions , economics and politics (adopted from Van Horn and Van Metter, 1980).

The method used in this research is descriptive quantitative methods and techniques of data collection is done through observations, interviews and documentation.Determination of the informants in this study conducted using purposive sampling.

The results showed that the implementation of the program in the District of family expectations Sambungmacan Sragen has been going well, but not maximized.CCT implementation process Sambungmacan Sragen district, there are several steps: selection of the participants PKH, initial encounter (socialization), the payment phase, Mothers group formation group leader PKH, Verification Commitment, suspension and cancellation, as well as the complaints process.At the initial meeting stage (socialization) to the community to be the first obstacle, because the implementing CCT must be able to convince people of PKH so there is social inequality.Then in stage payments, sometimes not timely.thus causing the receiver PKH always ask chaperone activity when the time of payment and payment impressed in a hurry because the schedule is not fixed.While communication, resources, public support, character executing agency and the social, economic and political factors supporting the implementation of a CCT in District Sambungmacan.

(11)

commit to user xi DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL ……… i HALAMAN PERSETUJUAN ………. ii

HALAMAN PENGESAHAN ……….. iii

HALAMAN PERSEMBAHAN ………. iv HALAMAN MOTTO ……… v KATA PENGANTAR ………. vi ABSTRAK ……… ix ABSTRACT ………. x DAFTAR ISI ……… xi DAFTAR TABEL ……… xv

DAFTAR GAMBAR ……… xvii

BAB I PENDAHULUAN ……….. 1

A. Latar Belakang ……… 1

B. Perumusan Masalah ……… 12

C. Tujuan Penelitian ……… 12

D. Manfaat Penelitian ……….. 12

BAB II KAJIAN PUSTAKA DAN KERANGKA PIKIR …………... 14

(12)

commit to user

1. Kebijakan Publik ……… 14

2. Implementasi ……… 17

3. Program Keluarga Harapan .………. 36

4. Implementasi Program Keluarga Harapan ……… 44

B. Kerangka Pikir ……… 52

BAB III METODE PENELITIAN ………... 55

A. Jenis dan Tehnik Penelitian ……….. 55

B. Lokasi Penelitian ……….. 55

C. Tehnik Pengumpulan Data ….. .……… 56

D. Sumber Data dan Jenis Data ……….. 57

E. Tehnik Pengumpulan Data ……… 58

F. Validitas Data………. 59

G. Tehnik Analisis Data ………. 60

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………. 63

A. Hasil Penelitian ……… 63

1. Keadaan Geografis ……….. 63

2. Kependudukan ………. 64

3. Sarana dan Prasarana ……… 67

4. Kondisi Sosial dan Ekonomi ……… 69

5. Pemerintahan ……… 71

(13)

commit to user

xiii

B. Pembahasan ……….. 75

1. Implementasi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen …….. 76

a. Pemilihan dan Penetapan Penerima PKH ………. 78

b. Pertemuan Awal (Sosialisasi) ……… 79

c. Pembayaran ……… 83

d. Pembentukan Ibu Ketua Kelompok ………... 85

e. Verifikasi Komitmen ………. 86

f. Penangguhan dan Pembatalan ……… 89

g. Pengaduan ……….. 91

2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Program Keluarga Harapan di Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen ……… 92

a. Komunikasi ………... 93

b. Sumberdaya ……… 96

c. Dukungan Publik ……… 102

d. Karakteristik Badan Pelaksana ……… 105

e. Kondisi Sosial, Ekonomi dan Politik ……….. 107

BAB V PENUTUP ………... 113

A. Kesimpulan ……… 113

(14)

commit to user

DAFTAR PUSTAKA ………. 119

(15)

commit to user

xv

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel 1 Garis Kemiskinan dan Jumlah Penduduk Miskin Se-Jawa

Tengah Tahun 2010 – 2011 ……… 5

Tabel 2 Jumlah dan Persentase Penduduk Miskin, Indeks

kedalaman Kemiskinan (P1), Indeks Keparahan Kemiskinan (P2) dan Garis Kemiskinan Se-Eks Karisidenan Surakarta

Tahun 2010 ………... 7

Tabel 3 Persentase Penduduk Menurut Kabupaten/Kota dan

Kategori Kemiskinan Se-Eks Karisidenan Surakarta

Juli 2010 .……….. 8

Tabel 4 Jumlah Penduduk Miskin Kabupaten Sragen 2006-2010 …….. 9

Tabel 5 Jumlah Rumah Tangga Sangat Miskin Menurut Kecamatan

di Kabupaten Sragen Tahun 2011 ……….. 10

Tabel 6 Jumlah Bantuan PKH ………. 40

Tabel 7 Jumlah Penduduk, Luas Wilayah, Kepadatan Penduduk

per Km² Dirinci Menurut Kelurahan di Kecamatan

Sambungmacan Kabupaten Sragen Tahun 2011 ……… 64

Tabel 8 Jumlah Penduduk Menurut Jenis Kelamin di Kecamatan

Sambungmacan Tahun 2011 ..……… 65

Tabel 9 Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin

di Kecamatan Sambungmacan Tahun 2011 ……… 66

Tabel 10 Jumlah Sekolah, Murid dan Guru Dirinci per Desa/Kelurahan

di Kecamatan Sambungmacan Tahun Ajaran

2009/2010 s/d 2011/2012 ……….. 67

Tabel 11 Sarana Kesehatan Dirinci per Desa/Kelurahan di Kecamatan

Sambungmacan Tahun 2011 ……….. 68

Tabel 12 Sarana Perekonomian Dirinci per Desa/Kelurahan di

(16)

commit to user

Tabel 13 Mata Pencaharian Penduduk per Kelurahan di Kecamatan

Sambungmacan Tahun 2011 ……….. 70

Tabel 14 Jumlah Perusahaan Industri di Kecamatan Sambungmacan

Tahun 2011 ……… 70

Tabel 15 Sarana Akomodasi di Kecamatan Sambungmacan

Tahun 2011 ……… 71

Tabel 16 Pembagian Wilayah Administratif Kecamatan Sambungmacan

Tahun 2011 ……… 72

Tabel 17 Data Pegawai Kantor Kecamatan Sambungmacan Kabupaten

Sragen Tahun 2011 ……… 72

Tabel 18 Data Produk Unggulan Kecamatan Sambungmacan …………. 75

Tabel 19 Sanksi Bagi Peserta PKH ……….. 90

(17)

commit to user

xvii

DAFTAR GAMBAR

Halaman

Gambar 1 Model Implementasi Donald Van Meter dan

Carl Van Horn ……… 28

Gambar 2 Model Implementasi kebijakan Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier ……….. 30

Gambar 3 Model Implementasi Edwards III ……….. 33

Gambar 4 Model Implementasi Merilee S. Grindle ……… 35

Gambar 5 Kerangka berpikir ……….. 54

Gambar 6 Model analisis data interaktif ………. 62

Gambar 7 Struktur Organisasi Kecamatan Sambungmacan Kabupaten Sragen ………. 74

Gambar 8 Pelayanan Pendamping Mengecek Data RTSM ………….. 81

Gambar 9 Peserta PKH di Kelurahan Gringging ………. 81

Gambar 10 Formulir Perbaikan Data RTSM (Halaman 1) ……… 82

Gambar 11 Formulir Perbaikan Data RTSM (Halaman 2) ……… 82

Gambar 12 Peserta PKH Mencairkan Dana Bantuan ………. 84

Gambar 13 Pendamping Melayani Peserta PKH Mencairkan Dana Bantuan ……….. 84

Gambar 14 Formulir Verifikasi Kesehatan ………... 87

Gambar 15 Formulir Verifikasi PKH Komponen Kesehatan ………… 88

Gambar 16 Verifikasi Kesehatan di Puskesmas ……… 88

Gambar 17 Verifikasi Pendidikan di SD N I Banaran ……….. 89

Gambar 18 Partisipasi Peserata dalam KUBE (Kelompok Usaha Bersama) ……… 104

Gambar 19 Struktur Organisasi Manajemen UPPKH Kabupaten Sragen 2013 ………... 105

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :