ALAT INPUT LANGSUNG DAN TAK LANGSUNG

19  283 

Teks penuh

(1)

ALAT INPUT

Input and Output Device

I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non Fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard,Monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya).

(2)

1. Input Device

Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat-alatnya adalah :

Keyboard

Mouse

Touchpad

Lightpen

Joystik dan Game paddle

Barcode

Scanner

Microphone dan Headphone

Graphic Pad

CD/DVD ROM

(3)

Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :

• Peralatan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti, diantaranya ialah:

1) Keyboard :

(4)

2) Mouse :

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.

3) Touchpad :

(5)

4) Lightpen :

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

5) Joy Stick dan Games Paddle :

(6)

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

6) Barcode :

7) Scanner

(7)

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

8) Mikropon n' Headphone :

9) Graphics Pads

(8)

11) WEBCAM :

Webcam atau web camera adalah kamera digital yang terhubung dengan komputer dan terhubung dengan halaman web. Dengan menggunakan

teknologi ini, maka kamera yang ada pada komputer akan memberikan informasinya, yaitu berupa gambar yang dimunculkan melalui halaman web.

10) CD/DVD ROM

CD-ROM adalah alat untuk membaca CD atau VCD pada computer.

DVD-ROM adalah alat untuk membaca CD VCD DVD musik atau film yang berkualitas tinggi pada computer.

(9)

ALAT OUTPUT

Pengertian Output Device?

Data yang telah diproses menjadi bentuk yang berguna

Output device adalah segala macam komponen hardware yang dapat menyampaikan informasi kepada user.

Dalam output Device terdapat pengertian display device yaitu:

Suatu peralatan Output yang dapat menyampaikan informasi secara visual, kemudian informasi yang ditampilkan biasanya disebut dengan soft copy untuk pengeluaran output device dapat melalui monitor.

a.Monitor

(10)

b. Printer

Printer adalah sebuah alat output yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.

c. Plotter

(11)

d. Speaker

(12)
(13)

Peralatan penyimpanan (storage device) adalah suatu peralatan hardware yang dirancang untuk menyimpan informasi.

Ada dua tipe peralatan penyimpanan yang digunakan dalam computer yaitu

primary storage device dan secondary storage device.

Media penyimpanan data yang umum digunakan pada kegiatan digitalisasi informasi adalah magnetic disk, optic disk, magnetic tape.

(14)

Berikut akan diuraikan secara ringkas, informasi tentang media tersebut : 1. Magnetic Disk 2.1.1. Jenis Magnetic Disk

Jenis Magnetic Disk yang umum digunakan dalam penyimpanan data adalah disket floppy dan hard disk. Kedua jenis Magnetic Disk ini telah mengalami berbagai perkembangan terutama dalam ukuran dan kapasitas simpannya.

Berikut akan diuraikan secara ringkas informasi tentang kedua jenis Magnetic Disk tersebut.

a) Disket Floppy

Disket floppy merupakan media penyimpan data yang paling banyak dipakai pada mikrokomputer. Menurut ukurannya, disket floppy terdiri atas disket yang berukuran 5,25 dan 3,5 inci (McDonel, 1993 : 7).

Akan tetapi yang umum dipakai dewasa ini ialah disket floppy yang berukuran 3,5 inci. Disket floppy berukuran 3,5 inci ada yang berkapasitas 720 KB (low density), ada yang berkapasitas 1, 44 MB (high density).

(15)

Perlindungan data dalam disket floppy dinamai write protection. Disket yang dilindungi dengan write protection ini tidak dapat ditulis oleh komputer, sehingga data yang ada di dalam terhindar dari perubahan, terutama perubahan akan kesalahan atau ketidak sengajaan. Write 5 protection ini sangat diperlukan untuk pengamanan data di dalam disket pada saat mau menjalankan disket

floppy tersebut.

Untuk menjalankan disket floppy ini, komputer harus dilengkapi dengan

(16)

b) Hard Disk

Hard disk adalah jenis disk yang bersifat tetap, tidak perlu dikeluar-masukkan sebagaimana disket floppy.

Umumnya terbuat dari bahan logam padu yang berbentuk piringan atau pelat. Sebuah hard disk biasanya terdiri dari lebih satu piringan atau lempengan yang dilapisi dengan oksida besi. Cara penyimpanan datanya hampir sama dengan disket floppy.

Bahan hard disk yang keras dan kapasitas simpannya yang lebih besar, juga membedakannya dari disket floppy yang bahannya relatif elastis. Kapasitas simpan atau rekam data pada hard disk jauh lebih tinggi dari pada disket floppy. Pada mulanya, ukuran minimum adalah 10 MB, akan tetapi hard disk yang dipakai sekarang umumnya kapasitas simpannya sangat besar, dengan ukuran

GigaByte.

Selain kapasitas simpan yang besar, hard disk juga mempunyai kecepatan atau pencarian data (seek and accses time) yang jauh lebih tinggi dari pada disket

floppy. Sebagai contoh, hard disk dengan ukuran 1 GigaByte (1 GB Magnetic Hard Disk) mempunyai kecepatan akses 10 ms (millisecond = seperseribu detik). Sedangkan kapasitas simpannya ialah dapat menyimpan sampai 512.000 halam teks, 180 menit (3 jam) lama putar digital audio, 136 menit (sekitar 2 jam) digital

(17)

3. CD-ROM

Dewasa ini compact disk (CD) banyak dipakai untuk media penyimpanan data. CD yang dipakai untuk menyimpan data yang sifatnya read only atau hanya dapat dibaca, namanya dikenal dengan CD-ROM. Pada umumnya produk-produk CD-ROM merupakan suatu pangkalan data (database), yang pengoperasiannya memerlukan paling sedikit seperangkat personal komputer dengan hard disk, CD drive, dan printer bila diperlukan. Data yang disimpan pada CD-ROM dapat berupa teks, grafik, gambar dan sebagainya. CD-ROM sesuai untuk menyimpan informasi yang sifatnya statis seperti arsip, kamus, ensiklopedia dan sebagainya. Sebagai media penyimpan data, CD-ROM memiliki sejumlah keunggulan.

Phiri (1993) mengemukakan ada sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh CDROM, antara lain :

a. kapasitas penyimpanan yang besar. b. tahan lama.

c. bentuknya telah distandarisasi secara internasional, sehingga dapat mempergunakan peralatan yang sudah standar.

d. penelusuran dapat dilakukan pada jaringan maupun in-house.

e. bersifat user friendly.

(18)

3D Virtual Reality

(19)

DIGITAL ROLL LAPTOP

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Kapasitas simpan hard disk