Contoh pidato pentingnya hidup bermasyarakat

2424  Download (12)

Teks penuh

(1)

Contoh pidato pentingnya hidup bermasyarakat

Manusia yang baik adalah orang yang bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Itulah salah satu yang sering kita dengar dari kata-kata bijak. Hal tersebut memang benar adanya. Mengingat bahwa manusia adalah makhluk sosial, kehidupan kita sebagai manusia tidak akan lepas dari orang lain. Maka dari itu, mau ataupun tidak, suka ataupun tidak, kita mesti dapat hidup bersosial.

Anak-anakku sekalian yang kami banggakan.

Meskipun kalian masih muda, akan tetapi belajar untuk dapat memposisikan diri di lingkungan tempat tinggal harus bisa kalian lakukan. Jika dari sekarang kamu sekalian sudah bisa, maka kelak kamu akan mendapatkan pengakuan dari orang-orang yang ada di sekitarmu.

Menjadi seseorang yang diakui oleh masyarakat itu tidak susah. Perlu adanya beberapa tindakan atau sikap yang perlu dilakukan. Misalnya: saat di kampung kamu ada kerja bakti, maka cobalah untuk bergabung dan mengikutinya. Contoh lain: Saat adzan sudah berkumandang, bergegaslah untuk pergi ke mesjid dan mengikuti shalat berjamaah. Itu hanya beberapa contoh agar hidup kita lebih bermakna dan mendapatkan posisi yang baik di masyarakat.

(2)

komitmen pribadi. Dengan demikian, niscaya kita dapat berubah menjadi lebih baik lagi.

Kalau kita perhatikan, saat ini jarang sekali ditemukan anak sekolah yang bisa mendapatkan perhatian baik dari masyarakat di lingkungannya sendiri. Kenapa? Mungkin itu disebabkan karena anak tersebut tidak mengikuti norma-norma yang berlaku di lingkungan tempat ia tinggal. Sehingga kesan kurang baik pun muncul dari orang-orang terhadap dirinya. Oleh sebab itu, untuk dapat hidup bermasyarakat, kita harus memperhatikan norma, etika, dan tata krama di masyarakat.

Berbicara sopan, lemah lembut terhadap orang yang lebih tua, jujur, suka menolong orang yang membutuhkan adalah beberapa sikap yang perlu dilatih dari sekarang. Supaya nanti ketika selesai sekolah kita tidak canggung lagi untuk bermasyarakat, karena sebelumnya sudah terbiasa.

Itulah amanat yang dapat disampaikan pada kesempatan ini. Tetaplah bersemangat dan belajarlah untuk mulai melirik dunia di sekitar kita, karena hidup kita akan lebih berarti saat orang lain mengakui dan menganggap penting keberadaan kita di antara mereka.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di