Tanggung Jawab Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan

Teks penuh

(1)

1

TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN DALAM PENGELOLAAN

LINGKUNGAN

( Studi Deskriptif Pada PT.Perkebunan Nusantara II, Pabrik Gula Kwala Madu, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat )

SKRIPSI

Diajukan Guna Memenuhi Salah Satu Syarat

Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Sosial

Dalam Bidang Antropologi

Oleh:

Pramudita

NIM.100905022

DEPARTEMEN ANTROPOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

MEDAN

(2)

2

ABSTRAK

Penelitian ini akan mengupas apa dan bagaimana pelaksanaan Program Kemitraan Bina Lingkungan di Pabrik Gula Kwala Madu serta implikasi dari Program Kemitraan Bina Lingkungan tersebut kepada masyarakat di sekitar Pabrik Gula Kwala Madu.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana program kemitraan bina lingkungan yang dilaksanakankan di lingkungan Pabrik Gula Kwala Madu, serta untuk memberikan informasi mengenai implikasi dari penerapan Program Kemitraan Bina Lingkungan terhadap masyarakat di sekitar Pabrik Gula Kwala Madu yang dalam hal ini adalah tanggung jawab perusahaan dalam pengelolaan lingkungan.

.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis mengumpulkan berbagai data dan informasi baik primer ataupun sekunder. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dimana penulis memaparkan fenomena mengenai bagaimana pelaksanaan Program Kemitraan Bina Lingkungan di Pabrik Gula Kwala Madu serta bagaimana implikasi Program Kemitraan Bina Lingkungan terhadap kehidupan sosial masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan mencari informasi dengan cara melakukan wawancara mendalam ( deep interview ) serta membuat dokumentasi berupa foto di lokasi penelitian, Langkah selanjutnya adalah menyusun data-data dalam satuan. Satuan-satuan itu kemudian dikategorisasikan. Berbagai kategori tersebut dilihat kaitannya satu sama lain dan di interpretasikan secara kualitatif

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, ternyata banyak kegiatan yang mendukung pelaksanaan Program Kemitraan Bina Lingkungan yang terus direncanakan dan diimplementasikan oleh pihak PTPN 2, sehingga sebagian besar masyarakat setempat pun merasakan dampak positif dari program tersebut walaupun masih ada beberapa kekurangan yang masih harus dievaluasi kembali oleh pihak masyarakat maupun pihak PTPN 2, misalnya saja seperti kesadaran mengenai pentingnya Program Kemitraan bina lingkungan belum banyak diketahui oleh kalangan karyawan PTPN 2 ataupun masyarakat setempat, sehingga pelaksanaan program PKBL kurang optimal apalagi pihak PTPN 2 kurang memiliki inisiatif dalam menjalin kemitraan dengan masyarakat di sekitar Pabrik Gula Kwala Madu yaitu masyarakat Desa Sambirejo yang tinggal tidak jauh dari Pabrik Gula Kwala Madu.

(3)

3

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, saya panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT karena karuniaNya saya telah dapat menyelesaikan skripsi saya dengan judul “ Tanggung Jawab Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan “. Skripsi ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan kuliah strata satu di Departemen Antropologi Sosial, FISIP USU.

Tak lupa penulis juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :

1. Prof. Ramadhan Hamdhani Harahap selaku dosen pembimbing skripsi yang telah banyak memberi masukan dan membimbing dengan sabar dan memberi beberapa referensi untuk menambah bahan bacaan.

2. DR. Fikarwin Zuska selaku Ketua Departemen Antropologi sekaligus dosen penasehat akademik saya yang telah membantu dalam proses penyelesaian kuliah saya terutama yang menyangkut hal yang bersifat akademis.

3. Drs. Nurman Ahmad M. Sos, selaku dosen penguji, yang telah memberikan kritik dan saran untuk penyempurnaan skripsi ini.

4. Seluruh staf pengajar pada Departemen Antropologi yang telah memberikan ilmunya lewat perkuliahan sehingga sangat membantu sekali bagi penulis dalam memahami text book dan jurnal-jurnal.

5. Kawan-kawan kompak selama kuliah di USU. Julham, Eki, Kammel, Leo, kak Risa, elisa, dek Asrul, benri, Desi, yang telah memberi semangat dan arahan-arahan di kala saya bingung dalam menyelesaikan proses administrasi selama mengikuti proses perkuliahan di Departemen Antropologi Fisip USU.

(4)

4

7. Bu sofiana selaku staf di bagian kependidikan FISIP USU yang telah banyak membantu dalam proses penyelesaian administrasi.

Ucapan terima kasih yang lebih khusus lagi penulis sampaikan buat bapak dan ibu yang tiada hentinya memberi fasilitas dan semangat semenjak awal hingga penyelesaian proses penulisan skripsi ini, serta adikku Nana yang walaupun kuliah di luar pulau Sumatera tapi juga tidak lupa untuk terus memberi semangat. Dan terakhir kepada April Yosefin Simamora sahabatku tercinta yang selalu menginspirasiku dalam menempuh perkuliahan dan karirku dalam bermusik.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan.

Semoga skripsi ini bermanfaat bagi siapa saja yang membaca. Amin.

Medan, 23 Nopember 2015

(5)
(6)

6

3.12 Kegiatan Yang Mendukung Program Kemitraan Bina Lingkungan 74

(7)

7

DAFTAR PUSTAKA……… 99

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...