• Tidak ada hasil yang ditemukan

KATA PENGANTAR. LPM Universitas PGRI Semarang

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "KATA PENGANTAR. LPM Universitas PGRI Semarang"

Copied!
17
0
0

Teks penuh

(1)

i

PENYUSUN LAPORAN

1. Ketua Lembaga Penjaminan Mutu : Dr. Ary Susatyo Nugroho, M.Si.

2. Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu : Drs. Djoko Purnomo, MM.

3. Kepala Pusat Penjaminan Mutu Internal : Endah Rita S.D, M.Si.

4. Kepala Pusat Penjaminan Mutu Eksternal : Drs. Suyoto, M.Pd.

(2)

1 DAFTAR ISI

Halaman

DAFTAR ISI ... 1

KATA PENGANTAR ... 2

A. LATAR BELAKANG ... 3

B. PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI ... 4

C. INSTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI ... 8

D. DATA HASIL MONITORING ... 10

E. EVALUASI DAN TINDAK LANJUT ... 13

F. SIMPULAN ... 14

G. REKOMENDASI ... 15

H. PENUTUP ... 16

I. DAFTAR PUSTAKA ... 17 LAMPIRAN

(3)

2

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah dan limpahan rahmat-Nya, sehingga kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pemahaman Visi Misi Universitas 2016 dapat diselesaikan.

Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada yang terhormat Ketua YPLP PT PGRI Semarang dan Rektor Universitas PGRI Semarang, serta pihak-pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemahaman Visi Misi Universitas PGRI Semarang 2016 dengan segala fasilitas dan dukungan yang telah diberikan.

Monev Pemahaman Visi Misi Universitas ini sebagai upaya penjaminan mutu memperoleh informasi pemahaman visi, misi mahasiswa terhadap lembaga dalam hal ini Universitas PGRI Semarang yang terkait dengan tingkat pengetahunan visi, misi UPGRIS, implementasi visi, misi dalam penyelenggaraan catur dharma serta ketercapaian visi, misi UPGRIS.

Lembaga Penjaminan Mutu UPGRIS berharap hasil monitoring dan evaluasi pemahaman visi, misi ini dapat dipergunakan sebagai bahan masukan dan pertimbangan mutu penyelenggaraan pendidikan Perguruan Tinggi sebagai organisasi besar, sehingga tujuan organisasi dapat terwujud.

Selanjutnya, periode mendatang secara berkelanjutan dilakukan monitoring dan evaluasi pemahaman visi, misi Universitas terhadap seluruh sivitas akademika sehingga pihak-pihak yang berkepentingan dapat melakukan perbaikan.

LPM Universitas PGRI Semarang

(4)

3 A. LATAR BELAKANG

Pembangunan pendidikan nasional merupakan upaya untuk mengembangkan kemampuan berpikir rasional, membentuk watak dan peradaban bangsa Indonesia yang cerdas serta bermartabat. Pembangunan pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pembangunan pendidikan bagi kemajuan bangsa sangat penting, maka perguruan tinggi harus aktif dalam mewujudkan fungsi dan peran pendidikan melalui visi dan misinya. Visi dan misi merupakan cita-cita yang akan dicapai oleh perguruan tinggi, maka untuk mencapai visi dan misi tersebut telah disusun rencana strategis. Rencana tersebut dapat diklasifikasikan dalam katagori rencana jangka pendek, rencana jangka menengah dan rencana jangka panjang. Universitas PGRI Semarang sebagai perguruan tinggi yang mencetak para cendekiawan harus mampu membawa perubahan positif bagi bangsa Indonesia.

Sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan. Selain itu, juga untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global. Sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan. Perubahan yang terjadi dapat mencakup quality program, strategic change, dan cultural change. Hal ini berarti perubahan tersebut mencakup sistem maupun budaya.

Dengan adanya dinamika lingkungan eksternal yang terjadi dan dengan melihat Perkembangan Universitas PGRI Semarang pada tahun terakhir karenanya dibutuhkan cara pandang baru. Strategi untuk melaksanakan visi, misi dan tujuan dituangkan dalam Renstra 2015-2019. Paradigma baru yang

(5)

4

dipandang tanggap terhadap perkembangan tersebut adalah outward looking, yaitu berorientasi kepada pelayanan Universitas PGRI Semarang kepada pihak luar dengan memanfaatkan secara optimal potensi internal. Universitas PGRI Semarang, terbentuk pada tanggal 17 April 2014, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 143/P/2014 Universitas PGRI Semarang merupakan perubahan sekaligus penggabungan dari dua perguruan tinggi yaitu IKIP PGRI Semarang dengan Akademi Teknologi Semarang (ATS).

Sejarah perkembangan Universitas PGRI Semarang adalah sebagai berikut : Pada tanggal 23 Juli 1981 oleh Pengurus Daerah Tingkat I PGRI Provinsi Jawa Tengah melalui Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Jawa Tengah, mendirikan IKIP PGRI Jawa Tengah. Tujuan pendiriannya adalah untuk menyiapkan calon guru berkualitas yang akan turut membangun dan meningkatkan mutu pendidikan serta tercapainya kesejahteraan bagi guru di Indonesia. Adapun Visi UPGRIS adalah Menjadi Universitas yang Unggul dan Berjatidiri. Misi UPGRIS adalah Menyelenggarakan Catur Dharma (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Peneladanan) untuk membentuk insan cendekia serta pemimpin yang unggul dan berkarakter Kebangsaan bagi kemaslahatan hidup dan kehidupan. Tujuan UPGRIS adalah:

1) Membentuk insan cendekia yang unggul dan berkarakter teruntuk kemaslahatan hidup dan kehidupan, 2) Membentuk pemimpin yang unggul dan berkarakter Kebangsaan, 3) Mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni dengan wawasan global, komitmen nasional, dan kearifan lokal, 4) Membangun kehidupan bermartabat.

Mengingat pentingnya informasi pemahaman visi misi UPGRIS maka Lembaga Penjaminan Mutu perlu melakukan monitoring dan evaluasi pemahaman visi misi tahun 2016 melalui angket, sehingga hasil analisis tersebut diharapkan dapat menjadi bahan masukan dan kajian kepada Perguruan Tinggi dalam hal ini Universitas PGRI Semarang.

B. PELAKSANAAN MONITORING DAN EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI UPGRIS

(6)

5

Pemahaman visi, misi mencerminkan tingkat pengetahunan visi, misi UPGRIS, implementasi visi, misi dalam penyelenggaraan caturdharma serta ketercapaian visi misi UPGRIS.

Di dalam pelaksanaan monev kegiatan ini dilakukan berbagai tahapan kegiatan dengan hasil sebagai berikut

Tabel 1. Tahapan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pemahaman Visi, Misi Universitas PGRI Semarang

Hari/tgl Kegiatan Pihak yang

Terlibat Hasil Dokumen Jumat,

14 Desem- ber 2015

Penyusunan angket

LPM Draf

angket

Sabtu, 15 Desem- ber 2015

Validasi ahli LPM, pakar evaluasi

Draf koreksi

Selasa, 20 Desem- ber 2015

Penyusunan angket final

LPM Angket

(7)

6 Senin,

25-27 Januari 2016

Pengisian angket pemahaman visi, misi secara on line

Petugas LPM Angket terisi

16-17 Februari 2016

Pengolahan angket Monev pemahaman visi, misi

LPM Data

analisis

18 Februari 2016

Pembuatan draft laporan

LPM Draft

laporan

Senin, 19 Februari 2016

Pembuatan draft laporan

LPM dalam FGD

(8)

7 10

April 2016

Penyusunan laporan final

LPM Laporan

(9)

8

C. INSTRUMEN MONITORING DAN EVALUASI PEMAHAMAN VISI MISI UPGRIS

INSTRUMEN PEMAHAMAN

VISI MISI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG

---

Fakultas : ………

Prodi : ……….

Tanggal Pengisian : ……….

Petunjuk

Lingkari salah satu huruf (a, b, c, dan d) sesuai dengan pendapat Saudara secara objektif/secara jujur tentang komponen penilaian yang dimaksud.

1. Apakah Saudara mengetahui bahwa Visi UPGRIS adalah “Menjadi Universitas yang unggul dan berjatidiri”?

a. Ya, Tahu b. Tidak tahu c. Ragu-ragu

2. Apakah Saudara mengetahui bahwa Misi UPGRIS adalah: menyelenggarakan catur darma (pendidikan,penelitian,pengabdian kepada masyarakat, dan

peneladanan) untuk membentuk insan cendekia serta pimpinan yang unggul dan berkarakter kebangsaan bagi kemaslahatan hidup dan kehidupan ?

a. Ya, Tahu b. Tidak Tahu c. Ragu-ragu

3. Darimana Saudara mengetahui Visi dan Misi tersebut ? (boleh memilih lebih dari satu)

a. Buku Pedoman Pendidikan UPGRIS

b. Banner yang diletakkan di ruang kuliah dan tempat-tempat tertentu c. Saat perkuliahan

d. Saat kegiatan kemahasiswaan (ekstrakurikuler) e. Web-site UPGRIS

f. Lainnya, sebutkan: ...

4. Menurut Saudara, sudah berapa persen Visi UPGRIS telah diaplikasikan dengan jelas dalam misi-misinya?

a. Kurang dari 50% b. Antara 50% sampai 80% c. Lebih dari 80%

(10)

9

5. Menurut Saudara, apakah Visi UPGRIS telah tercermin pada atmosfer akademik?

a. Ya, Sudah b. Belum c. Ragu-ragu

6. Menurut Saudara, sudah berapa persen Misi UPGRIS telah tercapai?

a. Kurang dari 50% b. Antara 50% sampai 80% c. Lebih dari 80%

7. Menurut Saudara, bagaimanakah ketersediaan sumberdaya pembelajaran dilingkungan UPGRIS untuk menunjang tercapainya Visi dan Misi?

a. Sangat baik b. Baik c. Cukup

d. Kurang

8. Apakah Saudara merasa merupakan bagian dari suatu ”Team-Work” untuk mencapai Visi dan Misi UPGRIS?

a. Ya b. Tidak c. Ragu-ragu

Jika jawaban (Ya), Tulislah hal utama apa yang seharusnya Saudara lakukan?

...

...

9. Apakah Saudara mengetahui bahwa Motto UPGRIS adalah The Meaning University?

a. Ya b. Tidak c. Ragu-ragu

10. Apakah Saudara mengetahui makna dari Motto tersebut?

a. Ya b. Tidak c. Ragu-ragu

Jika Saudaramengetahui, tuliskan makna yang Saudara pahami.

...

...

(11)

10 D. DATA HASIL MONITORING

Data rekap umum monev pemahaman visi, misi disajikan pada Tabel berikut:

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 99,25 95,54 44,98 5,23 77,00 6,05 18,69 61,13 94,83 68,90 B 0,42 1,48 15,05 73,63 10,56 75,36 61,35 12,66 2,44 11,48 C 0,33 2,99 7,79 21,14 12,43 18,59 16,38 26,20 2,73 19,61

D - - 5,01 - - - 3,58 - - -

E - - 23,73 - - - - - - -

Lainnya - - 3,45 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

Data rekap umum monev pemahaman visi, misi

(12)

11

Data rekap monev pemahaman visi, misi per fakultas FPBS

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 98,38 95,37 51,27 7,27 73,70 8,47 21,32 62,97 95,06 68,13 B 0,72 2,31 17,79 72,19 12,29 70,83 58,33 14,45 2,63 11,39 C 0,89 2,32 6,69 20,53 14,01 20,70 16,80 22,59 2,30 20,48

D - - 6,92 - - - 3,54 - - -

E - - 12,76 - - - - - - -

Lainnya - - 4,58 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

FIP

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 98,87 96,32 50,83 7,12 78,73 7,77 20,02 63,15 94,56 68,29 B 0,70 1,44 17,97 69,58 9,02 70,78 61,89 14,77 2,29 11,56 C 0,43 2,24 8,21 23,31 12,25 21,45 14,57 22,08 3,15 20,15

D - - 4,77 - - - 3,52 - - -

E - - 14,34 - - - - - - -

Lainnya - - 3,89 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

FPIPSKR

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 99,91 96,33 50,70 4,32 81,00 4,89 23,14 65,85 96,25 72,43 B 0,00 1,00 15,97 70,57 8,13 71,87 63,11 12,84 1,17 8,87 C 0,09 2,67 7,84 25,11 10,87 23,24 10,79 21,31 2,58 18,70

D - - 5,02 - - - 2,95 - - -

E - - 14,92 - - - - - - -

Lainnya - - 5,57 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

(13)

12 FPMIPATI

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 98,97 95,13 48,59 6,20 71,06 7,86 15,04 61,16 93,58 61,52 B 0,61 1,43 19,30 76,85 14,52 75,87 60,65 13,76 3,11 13,17 C 0,41 3,44 6,34 16,96 14,43 16,27 20,43 25,08 3,31 25,31

D - - 6,45 - - - 3,89 - - -

E - - 16,15 - - - - - - -

Lainnya - - 3,17 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

FTEKNIK

Jawaban Nomor Soal

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

A 99,34 93,65 48,91 6,46 61,10 7,31 14,75 56,53 96,67 64,47 B 0,49 2,70 14,93 77,60 15,86 77,08 49,10 13,02 1,88 9,63 C 0,17 3,66 8,98 15,94 23,04 15,61 28,55 30,45 1,46 25,90

D - - 6,89 - - - 7,59 - - -

E - - 16,81 - - - - - - -

Lainnya - - 3,48 - - - - - - -

TOTAL 100 100 100 100 100 100 100 100 100 100

(14)

13 E. EVALUASI DAN TINDAK LANJUT

Secara umum mahasiswa mengetahui Visi UPGRIS adalah “Menjadi Universitas yang unggul dan berjatidiri” (99,25%), mengetahui bahwa Misi UPGRIS adalah: menyelenggarakan caturdarma (pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peneladanan) untuk membentuk insan cendekia serta pimpinan yang unggul dan berkarakter kebangsaan bagi kemaslahatan hidup dan kehidupan (95,54%), mengetahui visi misi melalui Buku Pedoman Pendidikan UPGRIS, banner yang diletakkan di tempat-tempat tertentu dan Saat kegiatan kemahasiswaan (ekstrakurikuler), serta Web-site UPGRIS. Visi UPGRIS telah diaplikasikan dengan jelas dalam misi-misinya (73.63%), Memahami Visi UPGRIS telah tercermin pada atmosfer akademik (77%), Misi UPGRIS telah tercapai (75,36%), merasa bahwa ketersediaan sumberdaya pembelajaran dilingkungan UPGRIS untuk menunjang tercapainya Visi dan Misi (61,35%), mahasiswa merasa merupakan bagian dari suatu ”Team- Work” untuk mencapai Visi dan Misi UPGRIS (61,13%), mengetahui bahwa Motto UPGRIS adalah The Meaning University (94,83%), serta mengetahui makna dari Motto tersebut (68,90%).

Jawaban responden lebih dari 60% dapat diartikan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap visi misi Perguruan Tinggi cukup tinggi.

Dimana Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah lembaga atau perguruan tinggi yang ingin dicapai di masa depan.

Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari lembaga atau perguruan tinggi. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang lembaga dalam hal ini Universitas PGRI Semarang. Sedangkan Misi merupakan pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi, sementara Tujuan merupakan rangkaian hal yang hendak dicapai.

Selain visi misi dan tujuan Universitas PGRI Semarang memiliki Motto yaitu The Meaning University dimaksudkan bahwa sivitas akademika Universitas PGRI Semarang dengan sungguh-sungguh melakukan berbagai upaya percepatan pencapaian visi, misi, dan tujuannya. Prinsip-prinsip yang

(15)

14

diterapkan: otonomi, akuntabilitas, transparansi, penjaminan mutu, layanan prima, akses yang berkeadilan, keberagaman, dan partisipasi. Dalam mencapai visi dan misinya, Universitas PGRI Semarang menempuh berbagai upaya strategis yang mencakup upaya-upaya lahiriah maupun batiniah dalam rangka penciptaan, pengawalan dan penjagaan peran Universitas PGRI Semarang bagi kehidupan. Secara lahiriah, segenap sivitas akademika Universitas PGRI Semarang senantiasa bekerja keras melaksanakan berbagai program yang tercakup dalam Catur Dharma Universitas (pendidikan dan pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan peneladanan). Secara batiniah, sivitas akademika Universitas PGRI Semarang berusaha menggelorakan semangat juang dan pengabdiannya dengan motivasi kebermaknaan.

Percepatan pencapaian visi, misi, dan tujuan tersebut senantiasa harus disertai dengan mempertahankan dan meningkatkan mutu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, sehingga mampu menghasilkan lulusan bermutu yang berjatidiri. Setiap kegiatan harus mengacu pada standar mutu yang telah ditetapkan mencakup semua hal yang terkait dengan input, proses dan output secara terukur. The Meaning University dicapai dengan semangat Melaju dengan Mutu.

Dengan demikian pembenahan dari berbagai aspek perlu untuk terus diperbaiki dan ditingkatkan, sehingga visi, misi Perguruan Tinggi dapat berjalan sesuai harapan, yang secara tomatis akan berpengaruh terhadap kelestarian dan kesuksesan jangka panjang lembaga dalam hal ini Universitas PGRI Semarang.

F. SIMPULAN

Monev Pemahaman Visi, Misi tahun 2016 dapat terlaksana dengan baik.

Ada hal yang perlu mendapatkan perhatian pada aspek tersebut, dimana ketersediaan sumberdaya pembelajaran dilingkungan UPGRIS untuk menunjang tercapainya Visi dan Misi, serta posisi mahasiswa menjadi bagian dari suatu

”Team-Work” untuk mencapai Visi dan Misi UPGRIS, perlu untuk terus ditingkatkan.

(16)

15 G. REKOMENDASI

Berdasarkan hasil monev pemahaman visi, misi Tahun 2016 yang telah disimpulkan, maka Lembaga Penjaminan Mutu UPGRIS memberikan rekomendasi secara umum bahwa untuk pencapaian visi, misi UPGRIS perlu meningkatkan upaya-upaya sebagai faktor kunci keberhasilan berorientasi ke depan, sebagai berikut:

1. SDM pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas 2. Sistem penjaminan mutu yang akuntabel

3. Organisasi yang sehat dan tatakelola akademik dan non akademik yang transparan dan akuntabel

4. Meningkatkan Kualitas Lulusan

5. Menghasilkan Tata Kelola Universitas yang Baik (Good Governance University)

6. Meningkatkan Kemandirian Organisasi dan Jaringan Kerjasama di Tingkat Nasional dan Regional.

7. Menyelenggarakan Catur Dharma Universitas berbasis sistem manajemen mutu.

8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas Penelitian untuk mengembangkan proses pembelajaran dan pengabdian masyarakat.

9. Mengembangkan Kegiatan Pengabdian Masyarakat untuk pengembangkan proses pembelajaran dan pengembangan IPTEK.

10. Pengembangan Layanan Pendidikan.

Selanjutnya untuk pemahaman tercapainya visi, misi Lembaga, perlu sosialisasi terkait program-program besar yang direncanakan maupun yang telah terlaksana, sehingga civitas akademika dapat mengetahui apakah Visi UPGRIS telah diaplikasikan dengan jelas dalam misi-misinya.

(17)

16 H. PENUTUP

Untuk mencapai visi Universitas PGRI Semarang pada tahun 2019 maka misi, tujuan, sasaran, dan strategi pengembangan Universitas PGRI Semarang lima tahun ke depan dijabarkan ke dalam rencana operasional tahunan (RENOP), termasuk RENOP Fakultas/Program Studi dan unit kerja lainnya di lingkungan Universitas PGRI Semarang, sehingga percepatan pencapaian visi, misi, dan tujuannya dapat dilakukan secara bersama-sama di setiap masing- masing Unit.

I. PUSTAKA

Universitas PGRI Semarang. 2015. Rencana Strategis Universitas PGRI Semarang Tahun 2015-2019. Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang. Jln. Lontar No 1. Semarang.

Referensi

Dokumen terkait

 Hal ini terjadi jika kegiatan yang dilakukan tidak sesuai dengan butir-butir kegiatan di dalam lingkup JFPK atau tidak tepatnya penempatan pada suatu butir kegiatan, sehingga

Langkah-langkah research and development menurut Borg & Gall (dalam Sukmadinata,2005) adalah: “1) penelitian dan pengumpulan data; 2) perencanaan; 3)

Jika bank konvensional yang mengacu pada BI rate memiliki tingkat return yang lebih tinggi, maka bank syariah terpaksa melakukan profit distribution management (PDM) yang

Pada Laporan posisi keuangan yang terdapat dalam panti asuhan menyajikan jumlah kelompok aktiva bersihnya berdasarkan pada ada atau tidaknya pembatasan dari penyumbang,

Pemahaman mahasiswa pada indikator pertama dengan kategori sangat paham memiliki presentase sebesar 74,75% sehingga disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa akan visi misi

Hasil tersebut membuktikan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi pasien tentang penampilan pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan

P.21/MenLHK/Setjen/ KUM.1/10/2020 tanggal 2 November 2020 yaitu tentang Penilaian Kinerja Pengelolaan Hutan Produksi Lestari dan Verifikasi Legalitas Kayu Pada Pemegang Izin,

Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meyelesakan masalah tersebut menggunakan Algoritma Genetika (AG), beberapa tingkatan yang perlu diterapkan untuk