Top PDF Memperkokoh Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Tinggi Islam Dalam Era Globalisasi

Memperkokoh Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Tinggi Islam Dalam Era Globalisasi

Memperkokoh Sumber Daya Manusia Pada Pendidikan Tinggi Islam Dalam Era Globalisasi

Jika Globalisasi dianggap merupakan era yang paling berhasil dalam sejarah dari sisi reformasi sosial dan pertumbuhan per- ekonomiannya, terlepas dari pengaruh ideologis, mengapa kita telah mencapnya sebagai kegagalan ketika kita dapat mengikis habis kelemahan-kelemahannya dan me- ngukuhkan prestasi-prestasinya? Gagasan mengenai kegagalan memang merupakan kekuatan bagi kedatangan ideologi Globalis yang dramatis sebagai sebuah misi penyelamatan. Kesediaan baru untuk menunda ketidakpercayaan tampaknya menuntut drama masyarakat yang ter- perangkap di dalam mobil yang terbakar atau terjebak dalam arus-balik. Kebenaran baru muncul mendadak dengan misi penyelamatan. Sisi terburuk yang dapat kita lakukan pada masa kini adalah upaya keras untuk menyapu bersih Globalisasi, sebagaimana upaya keras kita untuk menyapu bersih era lebih humanis yang mendahuluinya. Tentunya kita akan sama tidak arifnya jika menyangkal kegagalan Globalisasi dan keterpurukannya ke dalam krisis yang merusak dirinya. Para penganut sejati besar kemungkinan akan mengeluh bahaya dari setiap jenis kritik, dan menghawatirkan bagaimana tinjauan kritis semacam itu dapat memancing gelombang balik menuju kengerian proteksionisme dan nasionalisme. Namun jika kita tidak dapat memilah kekuatan sistim yang kini berjalan secara tenang dan mengakui kegagalannya, maka sangat boleh jadi kita akan memancing munculnya proteksionisme dan momok nasionalisme tersebut 30 .
Baca lebih lanjut

28 Baca lebih lajut

Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif di Lembaga Pendidikan Islam

Pengelolaan Sumber Daya Manusia Efektif di Lembaga Pendidikan Islam

realize expectations and goals in Islamic education. To prepare a generation of quality in welcoming and becoming agents of development in the era of globalization, Islamic educational institutions are demanded to be able to improve the quality of human diversity. This will be achieved if the quality of Islamic educational institutions can also be improved. Human resources are one of the most important factors in Islamic educational institutions, because human resource factors are another driving force for resources that determine the quality of Islamic education. The results of education in Islamic Education Institutions will be quality if supported by management / management of quality human resources as well. This is absolutely necessary to achieve maximum results. No matter how advanced the technology is, human factors still play a very important role for the success of an institution including Islamic educational institutions. In Islam, humans are al-insan, al-basyar, al-nas. Whereas effective management of human resources in Islamic education institutions includes the processes of planning, procurement, training and development, assessment of work performance and compensation, and maintenance of work relations.
Baca lebih lanjut

23 Baca lebih lajut

STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

STRATEGI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA

The reality of Islamic Education today has experienced a period of intellectual deadlock. Among the indications; first, the lack of reform efforts, and if there is certainly less rapidly with changes in social, political and progress of science and technology. Second, the practice of Islamic education still maintains the old heritage and did not do much creative thinking, innovative and critical current issues. Third, the model of Islamic education learning too much emphasis on intellectualism-verbalistic approach and negate the importance of educational interaction and humanistic communication between the teacher and student. Fourth, Islamic education orientation focuses on the formation ‘abd or slave and disproportionate to the achievement of human character as a Muslim caliph on the earth. On the other hand, Islamic education is an important task, namely how to develop the quality of human resources (HR) for Muslim to take an active role and to survive in the era of globalization. The development of quality human resources is not an easy issue and simple, as it requires deep understanding and broad at the formation of the basic concepts of man and calculation in the preparation of the institution as a device that will give birth to a superior human.
Baca lebih lanjut

27 Baca lebih lajut

BAB 1 PENDAHULUAN. perusahaan untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia

BAB 1 PENDAHULUAN. perusahaan untuk tetap dapat bertahan di era globalisasi. Sumber daya manusia

Pemberian kompensasi dalam bentuk insentif atau bonus dalam menggantikan peranan kenaikan gaji atau upah karyawan kini makin meluas dipakai di mancanegara. Di perusahaan-perusahaan Indonesia pun sudah mulai dikenal. Sebuah negara yang sedang pesat-pesatnya menerapkan pola ini adalah Amerika. Tapi pemberian insentif harus didukung perencanaan dan data yang kuat. Tanpa itu bisa jadi bumeranng. Hasilnya bisa dramatis. Ketika perusahaan Reebok International mencatat rekor laba tertinggi di tahun 1987, CEO perusahaan itu, Paul Fireman, 44, berhak atas bonus sebanyak US$15.066.700 (sekitar Rp.26,25 milyar). Ini menempatkan Fireman sebagai salah satu eksekutif dengan bayaran paling tinggi di Amerika. Para pemilik saham tidak sedikit pun melontarkan keberatan.
Baca lebih lanjut

7 Baca lebih lajut

Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Globalisasi

Tantangan Pendidikan Islam di Indonesia pada Era Globalisasi

itu modernisasi pembangunan suatu Negara pada umumnya dan pembangunan ekonomi industri pada khususnya, mensyaratkan transformasi SDMnya tidak hanya dalam arti kognitif dan psikomotor, akan tetapi juga cara hidup keseharian dan bangga menjadi warga Negara. Keberhasilan pembangunan nasional Indonesia harus sejalan dengan sikap mental SDM yang mendukung proses pembangunan itu. Bahan pengembangan sumber daya manusia adalah pendidikan dan karena pendidikan itu harus mampu menghasilkan SDM dengan tiga kemampuan sekaligus; pertama, kemampuan melahirkan manusia yang dapat memberikan sumbangan terhadap pembangunan nasional. Kedua, kemampuan untuk dapat menghasilkan manusia yang dapat mengapresiasi, menikmati dan memelihara hasil-hasil pembangunan. Ketiga, kemampuan melahirkan proses pemanusiaan dan kemanusiaan secara terus menerus menuju bangsa yang adil dan bijak bajik. 17 Dalam makna pertumbuhan dan perkembangan, pembangunan mensyaratkan kemampuan SDM untuk membangun, memelihara dan menyikapi secara positif hasil-hasil pembangunan. Termasuk didalamnya adalah rasa memiliki inventaris public dan privat serta sumber-sumber lingkungan hidup, lingkungan fisik dan non fisik.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0

Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era 4.0

Era 4.0 Sering Dikatakan Dengan Era Yang Seluruh Aktivitas Individu Dilakukan Dengan Menggunakan Alat Komunikasi Melalui Ponsel Yang Memiliki Kemampuan Tinggi Sehingga Mampu Melayani Kebutuhan Manusia, Hal Tersebut Menambah Nilai Efisiensi Terutama Dari Manajemen Waktu, Pada Suatu Lingkungan Kerja Di Mana Manajemen Waktu Dianggap Sebagai Sesuatu Yang Vital Dan Sangat Dibutuhkan. Selain Itu, Manajemen Waktu Yang Baik Secara Eksponensial Akan Berdampak Pada Kualitas Tenaga Kerja Dan Biaya Produksi. Pada Era 4.0 Manusia Sebagai Pelaksana Proses Kehidupan Menghadapi Tantangan Baru Terutama Dalam Dunia Kerja, Karena Ada Integrasi Antara Pemanfaatan Internet Dengan Hasil Yang Dicapai Melalui Pemanfaatan Kecanggihan Teknologi Dan Informasi. Ciri Khas Revolusi Industri 4.0 Meliputi Penggunaan Digitalisasi, Keoptimalan Dan Bentuk Produksi, Otomasi Dan Adapsi, Interaksi Antara Mesin-Manusia, Nilai Tambah Jasa Dan Usaha, Automatic Data Exchange And Communication, Dan Penggunaan Teknologi Internet. Keadaan Ini,
Baca lebih lanjut

6 Baca lebih lajut

Nilai Kearifan Lokal: Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Era Globalisasi

Nilai Kearifan Lokal: Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Menghadapi Era Globalisasi

Masalah kemiskinan berkaitan pula dengan ketidakmampuan seseorang memperoleh haknya, yang disebutkan secara jelas oleh Undang-Undang Dasar Negara Indonesia. Kemiskinan membuat hak sebagian masyarakat Indonesia menjadi sangat terbatas. Masyarakat yang hidup dalam kemiskinan sangat sulit untuk menjangkau berbagai akses seperti akses atas kebutuhan hidup, pendidikan, kesehatan, perlindungan hidup, dan pekerjaan. Peningkatan kualitas SDM Indonesia akan sulit dilakukan jika tidak ada dukungan dari pihak lain mengingat sebagian besar SDM tersebut tidak memiliki kemampuan untuk memperbaiki kehidupan mereka secara sendiri. Pada akhirnya, mereka tidak siap menghadapi persaingan global yang saat ini sudah mulai kita rasakan.
Baca lebih lanjut

15 Baca lebih lajut

Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.

Sumber Daya Manusia Pendidikan Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.

Pertama, belajar untuk membangun jati diri (to be). Sebagai agen perubahan, dalam diri dosen dituntut untuk terlebih dahulu mempunyai akhlak yang mulia, berbudi tinggi (akhlaq karimah), kematangan, keutuhan dan kedewasaan berpikir. Mentalitas melimpah, mentalitas untuk selalu ingin memberi yang terbaik kepada mahasiswa (abundant mentality) adalah sesuatu yang diidamkan oleh mahasiswa dan lingkungan kampus pada umumnya. Kedisiplinan masuk kuliah, metode dan pendekatan dalam mengajar yang memuaskan, keteladanan dalam dunia akademik maupun perilaku sosial adalah seperangkat tata nilai yang diserap oleh mahasiswa. Keteladanan dalam arti yang luas adalah bagian dari upaya membangun jati diri.
Baca lebih lanjut

26 Baca lebih lajut

Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Islam

Peningkatan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Islam

Sebenarnya yang diharapkan oleh sistem pendidikan ketika berhadapan dengan globalisasi. Rumusan tersebut menjadi sangat output yang relevan dengan konteks globalisasi yang dapat dijadikan landasan bagi terwujudnya tujuan ideal yang diharapkan sesuai tantangan zaman.Islam tidaklah sederhana seperti gambaran dan impian orangtua dahulu ketika memasukkan putra putrinya ke madrasah maupun pesantren, yaitu agar mereka setelah lulus mampu menjadi imam masjid, memimpin tahlil dan manakib, berprilaku sopan, dan mampu membaca kitab berbahasa Arab, sedangkan mereka buta akan Peningkatan Kualitas baik kalau dirubah menyesuaikan dengan tuntutan kondisi objektif dan dinamika masyarakat, yaitu dengan mengintegrasikan ulama yang intelek atau intelek yang ulama. Ulama adalah ilmuwan Muslim yang mendalami ilmu agama dan memperoleh kredibilitas moral dari masyarakat karena konsistensinya terhadap ilmu yang didapati dan misi yang diemban. Sedangkan intelektual, secara lughawi, adalah mereka yang memperoleh kekuatan intelektualitas; kekuatan berpikir dan menganalisis. Dalam pengertian ini scholarship menyamakan pengertian ulama dan intelektual. 9
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Tinjauan FilosofisTantangan Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi

Tinjauan FilosofisTantangan Pendidikan Islam Pada Era Globalisasi

Dari pernyataan-pernyataan di atas, sepertinya pendidikan Islam berada pada suatu posisi sehingga dapat berperan aktif di era global. Namun hal tersebut harus dilandasi beberapa syarat yang dapat menjadikan lebih eksisnya pendidikan Islam di era globalisasi dan gencarnya pertumbuhan teknologi informasi yang ada. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain; Pertama, pendidikan Islam harus ikut serta sebagai pendukung keberadaan era ini, dengan berusaha memanfaatkan segala informasi yang berkembang dan berperan aktif dalam menanggulangi segala dampak negatif yang di timbul- kan. Kedua, pendidikan Islam seyogyanya selalu berusaha me- manfaatkan sumber daya elektronika yang telah menjadi media utama transformasi informasi. Ketiga pendidikan islam harus waspada meningkatkan perannya menghadapi era globlalisasi dengan sumber daya manusia, baik imtek dan iptek.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Tantangan Pendidikan Islam Di Era Globalisasi

Tantangan Pendidikan Islam Di Era Globalisasi

Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tantangan pendidikan Islam di era globalisasi. Pembahasan difokuskan pada bagaimana karakteristik era globalisasi? Bagaimana tantangan globalisasi terhadap pendidikan Islam? Bagaimana strategi pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan globalisasi? Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian dianalisis relevansinya dengan fakta aktual yang terjadi dewasa ini. Ada tiga tantangan utama yang kini dihadapi oleh pendidikan Islam, yaitu kemajuan iptek, demokratisasi, dan dekadensi moral. Pada intinya lembaga-lembaga pendidikan Islam harus mereformasi kurikulumnya agar dapat menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing dalam menghadapi kompetisi global.
Baca lebih lanjut

11 Baca lebih lajut

Pendidikan Islam dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Telaah Pandangan Islam tentang Pendidikan dan Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia)

Pendidikan Islam dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Telaah Pandangan Islam tentang Pendidikan dan Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia)

Permasalahan internal yang dihadapi dunia pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan Islam antara lain: pertama, rendahnya pemerataan kesempatan belajar yang disertai dengan banyaknya peserta didik yang putus sekolah dan banyaknya lulusan yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, hal ini terkait erat dengan masalah kemiskinan dan kesadaran orang tua terhadap pendidikan anaknya. Kedua, rendahnya mutu akademik terutama penguasaan ilmu pengetahuan alam, matematika dan bahasa Inggris,
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: IMLEMENTASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA: IMLEMENTASI DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian,. Sumber daya manusia dianggap semakin penting peranannya dalam pencapaian tujuan, maka berbagai pengalaman dan hasil penelitian dalam bidang sumber daya manusia dikumpulkan secara sisitematis dalam apa yang disebut dengan manajemen sumber daya manusia.Pemanfaatan sumber daya manusia, adalah proses kegiatan pemimpin yang bermaksud mempekerjakan pegawai yang memberi prestasi cukup dan tidak mempekerjakan pegawai yang tidak bermanfaat. Beberapa usaha dalam meningkatkan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam: (a) Meningkatkan pembinaaan perguruan agama dengan perguruan umum dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, (b) Memantapkan pembinaan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, serta pendidikan agama berperan aktif bagi perkembangan ilmu pengetahuan
Baca lebih lanjut

19 Baca lebih lajut

Urgensi Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi

Urgensi Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi

Berdasarkan analisis terhadap data penelitian, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan agama Islam harus mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang demi mengikuti perkembangan zaman dalam era globalisasi agar tidak terbelakang tentang modernisasi, pendidikan agama islam harus turut andil dalam era globalisasi mengembangkan pendidikan dalam ilmu agama serta ilmu pengetahuan dengan tetap menjaga dan tidak merubah prinsip-prinsip agama islam sehingga menjadi manusia yang berbudi dan berakhlak.Tantangan pendidikan agama islam dalam era globalisasi yaitu a. Kirisis moral, b. Disorientasi fungsi keluarga, c. Lemahnya society learning, d. Menguatnya paham sekuler dan liberal, e. Masih kuatnya managemen patriarki danurgensi pendidikan agama islam dalam era globalisasi adalah sebagai fondasi untuk meminimalisir degradasi moral serta menciptakan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah, pendidikan agama islam solusi degradasi moral karna pendidikan agama islam bertujuan membentuk manusia yang berakhlak serta menyiapkan manusia yang kompeten dengan menguasai ilmu agama dan pengetahuan.
Baca lebih lanjut

18 Baca lebih lajut

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Pada era sekarang ini sudah saatnya sebuah departe- men sumber daya manusia merekrut karyawan-karyawan dengan kualitas pekerja pengetahuan agar sebuah organisasi atau perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif dalam jangka panjang, sekaligus memberikan keuntungan kepada para stake holder organisasi tersebut, tidak hanya pada saat ini tetapi juga di masa depan.

12 Baca lebih lajut

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan Islam

Di era persaingan global ini, trend pendidikan mengalami pergeseran orientasi yang menempatkan pembangunan manusia seutuhnya melalui pendidikan dan latihan dengan beragam jenis, jenjang, sifat dan bentuknya. Pendidikan manusia Indonesia seutuhnya diidealisasikan menjadi titik puncak tercapainya pendidikan nasional yang sampai saat ini menjadi dambaan bangsa Indonesia. Sosok pribadi yang diidolakan belum juga dihasilkan, maka lembaga pendidikan dijadikan ekspektasi alternatif, sebagai instrumen utama proses kemanusiaan dan pemanusiaan, yaitu menghargai dan memberi kebebasan untuk berpendapat dan berekspresi. Penghargaan yang demikian adalah benih yang mulai tumbuh, dan sebagai sebuah proses kebebasan terus-menerus diperjuangkan (Mahmud ed., 2005: 256).
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Tantangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah pada Era Globalisasi

Tantangan Pendidikan Agama Islam di Madrasah pada Era Globalisasi

Pendidikan yang bermutu disebakan oleh karena keberadaan dukungan yang saling memadai dari seluruh sumber daya pendidikan, di antaranya sarana-prasarana, keuangan, kurikulum, fasilitas dan tenaga pendidik yang memiliki dedikasi tinggi serta profesional dalam tugas dan tanggung jawabnya. Dalam konteks ini mencakup input meliputi: sumberdaya baik sumber daya manusianya ataupun media pembelajaran, perangkat lunak yang meliputi struktur organisasi madrasah, serta rencana, program dan tugas. Kemudian adalah proses yang dilakukan dalam merealisasikan perencanaan. Adapun indikator out-put yang berkualitas dapat ditinjau dari prestasi belajar peserta didik dalam akademik seperti hasil ulangan umum semester siswa dan Ujian Nasional. Bisa juga dilihat dari prestasi non-akademik siswa melalui PORSENI dan aktivitas ekstra kurikuler lainnya.
Baca lebih lanjut

24 Baca lebih lajut

Manajemen perubahan lembaga pendidikan Islam di era globalisasi

Manajemen perubahan lembaga pendidikan Islam di era globalisasi

Faktor perubahan secara menyeluruh dalam organisasi mencakup enam variabel yang saling berinteraksi yang dapat dimanfaatkan dalam fokus perubahan terencana yaitu Manusia- kultur-tugas-tugas, teknologi, desain dan startegi. Variabel manusia berlaku bagi para individu yang bekerja dalam organisasi yang bersangkutan. Variabel kultur merefleksi keyakinan bersama, nilai-nilai, norma-norma para anggota keorganisasian. Variabel tugas mencakup dari sifat pekerjaan itu sendiri apakah pekerjaan itu bersifat sederhana atau kompleks. Variabel teknologi mencakup metode-metode pemecahan masalah dn teknik-teknik yang diterapkan untuk penerapan pengetahuan terhadap berbagai macam proses keorganisasian. Mencakup dari pemanfaatan teknologi informasi, dan alat-alat otomatis lainnya. Variabel desain adalah berkaitan dengan struktur keorganisasian formal dan system- sistemnya berupa komunikasi, pengendalian dan otoritas dan tanggung jawab. Terakhir adalah variabel strategi, mencakup proses perencanaan organisasi yang bersangkutan, secara tipikal ia terdiri dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan guna mengidentifikasi tujuan-tujuan keorganisasian dan dipersiapkannya rencana-rencana spesifik guna mencapai, mengalokasi, dan memanfaatkan sumber daya dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditentukan (Winardi, 2010). Keenam variabel tersebut menunjukkan dengan jelas adanya hubungan yang interdependen. Sebuah perubahan pada variabel tertentu biasanya menyebabkan timbulnya perubahan pada salah satu
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Tantangan Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Tantangan Manajemen Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi

Menyadari adanya berbagai macam problematika yang dihadapi oleh pendidikan Islam, maka penulis menawarkan beberapa solusi untuk menjawab probematika Pendidikan Islam yang semakin meresahkan. Diantaranya ; membangun kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan islam, menentukan visi dan misi Pendidikan Islam yang matang dan sesuai dengan al-TXU¶DQ GDQ KDGLWV merancang kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mencetak lulusan yang memiliki daya saing tinggi, memiliki sarana dan prasarana yang memadai serta meningkatkan daya saing melalui IPTEK, memperbaiki dan meningkatkan kinerja tenaga pendidik dan kependidikan, keterpaduan antara ilmu agama dan umum.
Baca lebih lanjut

16 Baca lebih lajut

Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia

Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Tinggi Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia

Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan, pada dasarnya memacu pengelola pendidikan, para dosen, karyawan dan masyarakat untuk lebih serius membenahi pendidikan. Persoalannya di tengah tuntutan pada era globalisasi pendidikan, justru kita tengah menghadapi kesulitan dalam pemenuhan sumber belajar, SDM dosen dan karyawan, mutu output/outcome pendidikan, pembiayaan pendidikan, kompetensi dosen, lemahnya sistem rekrutmen, bahkan SDM pimpinan. Kenyataan ini semua, turut mempersulit lembaga pendidikan tinggi untuk melakukan inovasi, pembaharuan dan pengembangan menjadi perguruan tinggi yang berprestasi.
Baca lebih lanjut

14 Baca lebih lajut

Show all 10000 documents...