• Tidak ada hasil yang ditemukan

TINGKAT ALTRUISME PERAWAT RSU TANAH GROGOT

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "TINGKAT ALTRUISME PERAWAT RSU TANAH GROGOT"

Copied!
2
0
0

Teks penuh

(1)

TINGKAT ALTRUISME PERAWATRSU TANAH GROGOT

Oleh: IRA SOSIAWATI ( 00810262 )

Psychology

Dibuat: 2007-09-11 , dengan 3 file(s).

Keywords: Tingkat Altruisme Perawat

Seiring dengan lajunya pembangunan nasional, saat ini telah banyak berkembang berbagai macam pekerjaan baik yang dilakukan oleh laki-laki maupun oleh wanita. Dari bermacam-macam pekerjaan yang ada salah satunya adalah jenis pekerjaan pelayanan sosial. Pekerjaan ini sangat berbeda dengan pekerjaan lainnya, sebab pekerja harus menggunakan dirinya sendiri sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan klien yang kadang selalu menghargai dan ada juga yang tidak tahu berterimakasih. Pekerjaan pelayanan sosial dihadapkan pada manusia bukan pada benda mati. Sehingga menuntut adanya pencurahan emosional yang tinggi, dan bukan tentu semua orang mau menerimanya. Perawatan merupakan pelayanan esensial yang diberikan perawat terhadap individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang mempunyai masalah kesehatan.

Altruisme yang tinggi selayaknya dimiliki oleh seorang perawat karena bidang pekerjaan perawat selalu berhubungan dengan orang lain, mengutamakan kepentingan dan kesejahteraan orang lain.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tingkat altruisme pada perawat yang bersumber dari perhatian terhadap pasien, membantu pasien, meletakkan kepentingan pasien diatas kepentingan sendiri.

Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini yaitu perawat RSU Panglima Sebaya Tanah Grogot tehnik sampling yang digunakan adalah tehnik total sampling. Dalam penelitian ini tehnik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Pelaksanaan penyebaran angket dilakukan pada tanggal 16-21 Desember 2005.

Berdasarkan hasil analisa data dinyatakan valid dimana nilai alpha (0,9242) lebih besar dari r-tabel (0,244) maka dikatakan reliabel.

Sedangkan kesimpulan dari penelitian bahwa 64 orang yang menjadi sampel penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat altruisme perawat Rumah Sakit Umum Panglima Sebaya termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebesar 64,06% sedangkan yang rendah sebesar 35,94%.

Bagi pihak rumah sakit diharapkan untuk tetap mempertahankan kualitas SDM yang sudah ada dan bahkan dapat meningkatkan untuk lebih baik lagi.

Abstract

(2)

High altruism should be owned by a nurse because nurses are always related field of work with others, give priority to the interests and welfare of others.

This research is a quantitative descriptive research that aims to describe the level of altruism on the nurses who come from attention to patients, helping patients, put the interests of patients above their own interests.

Population as well as samples in this research that nurses RSU Commander Land Peer Grogot sampling technique used is total sampling technique. In this research, data collection techniques were calculated using a questionnaire. Implementation questionnaire conducted on December 16 to 21 December 2005.

Based on the results of otherwise valid data analysis where the alpha value (0.9242) is greater than r-table (0.244) then say reliable.

While the conclusions of the study that 64 people a sample of this study can be concluded that the level of altruism General Hospital chief nurse peer including in the high category that is equal to 64.06% while the low is 35.94%.

Referensi

Dokumen terkait

Dari hasil penelitian menggambarkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran bervariasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.Penerapan suatu metode pembelajaran

Dengan menerapkan metode pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi komputer (seperti SPC) akan memberikan suatu model yang berbasis unjuk kerja, hal ini

Inkubasi tabung mikrosentrifus kedua selama 10 menit pada temperatur ruang (bolak-balikkan tabung 2-3 kali selama masa inkubasi) untuk melisis sel-sel darah

Ampul dibuat dari bahan gelas tidak berwarna akan tetapi untuk bahan obat yang peka terhadap cahaya, dapat digunakan ampul yang terbuat dari bahan gelas

diibaratkan seperti teknologi penginderaan jarak jauh menggunakan citra satelit yang digunakan untuk mendeteksi potensi sumber daya alam di suatu titik lokasi,

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian, maka dapat di simpulkan bahwa Sistim Panic Button Pemberitahuan Bencana digunakan untuk membatu warga dan

memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti..

Sistem informasi perpustakaan sekarang ini sangatlah penting untuk sekolah, instansi maupun pihak lainnya, dengan menggunakan sistem informasi perpustakaan, proses peminjaman,