DAFTAR ISI. HALAMAN JUDUL... i. HALAMAN PENGESAHAN... ii. DAFTAR ISI... iii. DAFTAR TABEL... v. DAFTAR GAMBAR... vi. LEMBAR PERNYATAAN...

Teks penuh

(1)

ii

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

DAFTAR ISI ... iii

DAFTAR TABEL ... v

DAFTAR GAMBAR ... vi

LEMBAR PERNYATAAN ... vii

HALAMAN PERSEMBAHAN ... viii

KATA PENGANTAR ... ix

INTISARI ... xi

ABSTRACT ... xii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1. Latar Belakang Masalah ... 1

1.2. Perumusan Masalah ... 2

1.3. Tujuan Penelitian ... 2

1.4. Keaslian Penelitian ... 2

1.5. Manfaat Penelitian ... 3

BAB II TINJAUAN PUSTAKA ... 4

2.1. Definisi Preeklamsia ... 4

2.2. Etiologi Preeklamsia ... 5

2.3. Patofisiologi Preeklamsia ... 5

2.4. Gejala Klinis ... 14

(2)

iii 2.6. Diagnosa ... 15 2.7. Penatalaksanaan ... 17 2.8. Komplikasi Preeklamsia ... 20 2.9. Pencegahan ... 22 2.10. Kerangka Konsep ... 23

BAB III METODELOGI PENELITIAN ... 24

3.1. Jenis Penelitian ... 24

3.2. Populasi dan Sampel ... 24

3.2.1. Populasi ... 24

3.2.2. Sampel ... 24

3.3. Waktu dan Tempat Penelitian ... 25

3.4. Variabel Penelitian ... 25

3.5. Definisi Operasional ... 25

3.6. Cara Pengumpulan Data ... 27

3.7. Instrumen Penelitian ... 27

3.8. Tahap Penelitian ... 27

3.9. Rencana Analisis Data ... 28

3.10. Etika Penelitian ... 28

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 29

4.1. Hasil Penelitian ... 29

4.2. Pembahasan ... 42

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ... 49

5.1. Kesimpulan ... 49

5.2. Saran ... 50

(3)

iv

DAFTAR TABEL

Tabel 1. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat di Ruang Kebidanan RSUD Rokan Hulu Riau

periode 1 Januari 2010 – 31 Desember 2011 ... 29

Tabel 2. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Usia ... 30

Tabel 3. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Ada Tidaknya Edema ... 31

Tabel 4. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Status Gravidarum ... 32

Tabel 5. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Level Proteinuria ... 33

Tabel 6. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Tekanan Darah ... 34

Tabel 7. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Lama Pendidikan ... 35

Tabel 8. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Penyulit Kehamilan ... 36

Tabel 9. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Cara Partus ... 38

Tabel 10. Distribusi Berat Badan Lahir Bayi dari Penderita Preeklamsia Berat ... 39

Tabel 11. Distribusi Riwayat Keluarga Preeklamsia pada Penderita Preeklamsia Berat ... 40

Tabel 12. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Komplikasi ... 41

Tabel 13. Tanda dan Gejala Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Tekanan Darah Sistolik 140-160 mmHg dan Diastolik > 90 mmHg ... 44

(4)

v

DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Usia ... 30

Gambar 2. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Ada Tidaknya Edema ... 31

Gambar 3. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Status Gravidarum ... 32

Gambar 4. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Level Proteinuria ... 33

Gambar 5. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Tekanan Darah ... 34

Gambar 6. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Lama Pendidikan ... 35

Gambar 7. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Penyulit Kehamilan ... 37

Gambar 8. Distribusi Pasien Preeklamsia Berat Berdasarkan Cara Partus ... 38

Gambar 9. Distribusi Berat Badan Lahir Bayi dari Penderita Preeklamsia Berat ... 39

Gambar 10. Distribusi Riwayat Keluarga Preeklamsia pada Penderita Preeklamsia Berat ... 41

(5)

vii

PERNYATAAN

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam Karya Tulis Ilmiah ini tidak terdapat dalam karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di perguruan tinggi dan sepanjang pengetahuan saya tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain. Dalam karya tulis ini tidak ada unsure plagiatisme, kecuali yang secara tertulis dan diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka.

Yogyakarta, 09 Juli 2012

(6)

viii

HALAMAN PERSEMBAHAN

Karya Tulis Ilmiah ini Kupersembahkan untuk :

YULIAN KU

KEDUA ORANGTUAKU TERCINTA, MAMA “YULIERNI” SANG MALAIKAT BIDADARI-BIDADARI YULIAN. TERIMAKASIH UNTUK SUPPORT, DOA YANG TULUS DAN SEMANGATNYA SELAMA INI, KARENA MAMA AKU KUAT DAN BERTAHAN. DAN PAPA

KU TERSAYANG “SUYANTO” LELAKI SATU-SATUNYA DIHIDUPKU TERIMAKASIH UNTUK SUPPORT DAN SEMANGATNYA.

UNTUK KETIGA BIDADARI YULIAN LAINNYA, MBAK KU “FEFTI YULIAN MELA” ADEK KU “TRI YULIAN PRATIWI” DAN “MAYNISA YULIANDA” TERIMAKASIH UNTUK

SUPPORT, DAN SEMANGATNYA SELAMA INI SEMOGA KITA TETAP KOMPAK. KARENA KALIAN AKU BERTAHAN, KARENA KALIAN AKU KUAT, KARENA KALIAN AKU

SEMANGAT UNTUK MENGGAPAI CITA-CITA SETINGGI LANGIT, SEMUA INI AKU PERSEMBAHKAN UNTUK KALIAN “YULIAN KU”

(7)

ix

KATA PENGANTAR

Assalammualaikum wr.wb.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kepada Allah SWT, karena telah melimpahkan rahmat, hidayah, berkah, dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Karakteristik Ibu Hamil Dengan Preeklamsia Berat di RSUD Rokan Hulu Riau Tahun 2010-2011”. Tidak lupa shalawat serta salam penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW Nabi sekaligus Rasul yang telah menyampaikan Wahyu Allah kepada kita.

Penulis menyadari bahwa banyak keterbatasan-keterbatasan dalam proses pengerjaan Karya Tulis Ilmiah ini untuk memenuhi sebagai salah satu persyaratan dalam memperoleh derajat sarjana kedokteran di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Dalam penulisan Karya Tulis Imiah ini tidak lepas dari bantuan, bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak, maka kiranya penulis menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada: 1. dr. Isnatin Miladiyah, M.Kes., selaku dekan Fakultas Kedokteran Universitas Islam

Indonesia.

2. dr. Yasmini Fitriyati, Sp.OG., selaku pembimbing yang dengan sabar dan tulus memberikan waktu, bimbingan, arahan dan dukungan serta memberikan tambahan ilmu dan wawasan kepada penulis dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah ini.

3. dr. Diah Hydrawati Sari, Sp.OG., selaku penguji yang telah memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini, sehingga dapat menjadi lebih baik.

4. Jajaran Direksi dan staf RSUD Rokan Hulu Riau yang telah memberikan ijin kepada penulis untuk melakukan penelitian di RSUD Rokan Hulu Riau. Om perawat dan tante-tante bidan di RSUD Rokanhulu terimakasih sudah membantu penulis dalam pengumpulan data.

5. Orangtua tercinta, Mama Yulierni S.Kep, M.Kes dan Papa Suyanto, S.Sos yang telah memberikan doa serta dorongan moril maupun materil serta kasih sayang yang tulus kepada penulis.

6. Ketiga Bidadari Yulian lainnya mbak ku tersayang Fefti Yulian mela, Adek-adekku tercinta Tri Yulian Pratiwi, Maynisa Yulianda dan Satu bidadari yulian yang menyelip

(8)

x

Innaya Nada Putri, terimakasih untuk senyuman terindah kalian, bantuan, dukungan dan doa sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini.

7. Untuk semua keluargaku yang lain, keluarga besar MS “atuk, nenek, utih, ibu ndut, bika” om Novianto dan ibu ku Nelly farida, adek ku ilham dan bang an terimakasih untuk semangat, doa dan dukungan yang tiada henti-hentinya diberikan selama ini kepada penulis.

8. Teman terdekatku, teman sharingku, pembimbingku, pengayomku “mamas R.W” terimakasih yang tak terhingga untuk doa, semangat, motivasi dan waktu curhat, cerita, nasehatnya untuk penulis akhir-akhir ini. Untuk “imba” mantan teman terdekatku terimakasih sudah membuat aku menjadi lebih kuat dan semangat menyelesaikan karya tulis ini.

9. Semua sahabat-sahabat terbaikku nenek vda, mindu, budhe, mamoy, rizal, sari yang sangat membantu dan selalu mendukung penulis dalam hal apapun. Untuk teman-teman yang lain adelina, fatimeh, miza, indah, mbak dein, mbak atih, papi kutis, oma desti, ndol, mas fian, mbak indah terimakasih atas bantuannya selama ini.

10.Seluruh staf pengajar dan tenaga administratif FK UII yang telah memberikan bekal ilmu dan bantuan selama penulis kuliah di Universitas Islam Indonesia.

11.Seluruh teman-teman seperjuangan angkatan 2008 FK UII, terimakasih atas bantuan kalian semua. Serta seluruh pihak yang telah membantu penulis dan tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, yang telah berjasa kepada penulis.

Penulis sangat menyadari bahwa dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun. Akhir kata semoga Allah SWT membalas budi baik semua pihak yang membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.

Wassalammualaikum wr.wb

Yogyakarta, 09 Juli 2012 Penulis

(9)

xi

INTISARI

KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PREEKLAMSIA BERAT DI RSUD ROKAN HULU RIAU TAHUN 2010-2011

Latar Belakang: Angka kematian ibu merupakan salah satu indikator pelayanan kesehatan di suatu Negara. Preeklamsia merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas perinatal di Indonesia. Sampai sekarang preeklamsia masih merupakan masalah kebidanan yang belum dapat terpecahkan secara tuntas.

Tujuan Penelitian: Mengetahui karakteristik ibu hamil dengan preeklamsia berat di RSUD Rokan Hulu Riau tahun 2010-2011.

Metode Penelitian: Merupakan penelitian dengan metode deskriptif.

Subyek: Semua pasien yang terdiagnosis preeklamsia berat selama kehamilan dalam kurun waktu 2 tahun terhitung dari tahun 2010 sampai tahun 2011 di RSUD Rokan Hulu Riau.

Hasil: Distribusi preeklampsia berat di RSUD Rokan Hulu periode 1 Januari 2010 – 31 Desember 2011 adalah sebanyak 80 orang. Hasil terbanyak diderita pada ibu dengan rentang usia 20-35 tahun 78% dengan jumlah primigravida sebanyak 65% penderita. Sebanyak 55% pasien penderita preeklamsia berat terdapat edema dan 56% dengan level proteinuria ++++. Riwayat hipertensi hanya diderita oleh 12% pasien dan kehamilan multifetus pada 6% penderita merupakan penyulit kehamilan pada preeklamsia berat. Sebanyak 45% pasien partus dengan seksio sesar dengan 56% bayi memiliki berat badan normal yaitu 2500-4000 gram. Tingkat pendidikan ibu dengan preeklamsia berat terbanyak adalah ibu yang menempuh pendidikan 6 tahun (SD) sebanyak 44%. Sebanyak 20% pasien memiliki riwayat keluarga preeklamsia dan 11% pasien memiliki komplikasi solusio plasenta.

Kesimpulan: Pasien preeklamsia berat terbanyak pada usia 20-35 tahun, pendidikan SD, level proteinuria ++++, terdapat edema, partus dengan seksio sesar, melahirkan bayi dengan berat badan normal 2500-4000, tidak memiliki riwayat keluarga preeklamsia dan memiliki komplikasi solusio plasenta.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :