• Tidak ada hasil yang ditemukan

PAJAK ONLINE UNTUK PEBISNIS ONLINE

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "PAJAK ONLINE UNTUK PEBISNIS ONLINE"

Copied!
7
0
0

Teks penuh

(1)

PAJAK ONLINE UNTUK PEBISNIS ONLINE

DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS PELATIHAN

E-GOVERNMENT

OLEH

MITANINGSIH SAPSUHA

PANGKAT : MADYA WANITA PRAJA

NPP : 27.0741

KELAS A-1

(2)

Pajak adalah pungutan wajib yang dibayar oleh masyarakat, di pungut oleh negara yang

kemudian dipergunakan untuk kepentingan negara dan masyarakat umum sesuai dengan undang-undang yang berlakuDikatakan menguntungkan karena pendapatan negara dari sektor pajak akan dipergunakan untuk pembangunan dan pengembangan prasarana umum, sehingga dengan demikian roda perekonomian akan berputar karena setidaknya didukung oleh sarana prasarana yang memadai. Pajak ini pun dilindungi undang-undang dan bersifat memaksa, jadi yang tidak taat pajak bisa dikatakan pelanggar hukum

selanjutnya terkena sanksi hukum.

Pengertian e-commerce sendiri merupakan kependekan dari elektronik commerce, didefinisikan sebagai proses penjualan dan pembelian barang, jasa serta informasii yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer(elektronik). Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet. Yang termasuk kategori e-commerce ini diantaranya situs marketplace seperti tokopedia, online store, sosmed, BBM, dan lain sebagainya. Yang membedakan antara e-commerce dan konvensional ada pada perangkat dan media yang digunakannya selebihnya tidak berbeda diantara keduanya. Sebagai tambahan untuk e-commerce memerlukan banyak fasilitas pendukung, seperti fasilitas e-banking, pengiriman barang, software maupun hardware.

Pajak e-commerce merupakan pajak yang dibebankan kepada semua pelaku jual-beli yang menggunakan fasilitas internet baik itu situs marketplace, toko online, jualan di sosmed, kegiatan promosi, ads, dan apapun itu selama berkaitan dengan proses perdagangan. jika pemerintah serius mengelola dan mewajibkan dengan tegas mengenai pajak e-commerce sebaiknya kita yang sudah terbiasa melakukan transaksi secara online menyambut baik dan mendukung hal ini

Banyak kalangan masyarakat yang mengeluhkan tentang prasarana yang tidak memadai, pendidikan tidak gratis hingga dikaitkan dengan kesejahteraan di Indonesia yang masih kalah dengan negara lain. Jika kita kaji lebih dalam lagi timbul pertanyaan apakah kita sudah membayar pajak dengan taat sehingga tuntutan-tuntutan kesejahteraan masyarakat bisa terpenuhi. Kita punya jawaban masing-masing akan hal taat pajak, namun alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui manfaat dari pajak itu sendiri, seperti yang dikutip dari situs cermati:

1. Membiayai pengeluaran-pengeluaran negara, seperti: pengeluaran yang bersifat self liquiditing, contohnya: pengeluaran untuk proyek produktif barang ekspor.

2. Membiayai pengeluaran reproduktif, seperti: pengeluaran yang memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat, contohnya: pengeluaran untuk pengairan dan pertanian.

(3)

4. Membiayai pengeluaran yang tidak produktif, contohnya: pengeluaran untuk membiayai pertahanan negara atau perang dan pengeluaran untuk penghematan di masa yang akan datang yaitu pengeluaran untuk anak yatim piatu.

Jadi dengan taat membayar pajak masyarakat akan mendapatkan manfaat:

 Fasilitas umum dan infrastruktur, seperti: jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit

 Pertahanan dan keamanan, seperti: bangunan, senjata, perumahan hingga gaji-gajinya

 Subsidi pangan dan Bahan Bakar Minyak

 Kelestarian Lingkungan hidup dan Budaya

 Dana Pemilu

 Pengembangan Alat transportasi Massa, dan lain-lainnya.

KEUNTUNGAN DARI PAJAK ONLINE

.

-

Bukan suatu hal yang negatif jika pajak e-commerce dibebankan terhadap pebisnis online, karena dengan demikian kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat. Infrastruktur dibangun, fasilitas dilengkapi, kesejahteraan masyarakat terjamin, ketimpangan / gap antara tingkat kesejahteraan masyarakat semakin rendah. Dengan demikian siapa yang diuntungkan? Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

-

Lapor SPT Online Mengefisiensikan Waktu dan Biaya

(4)

terjamin sebab Anda tak perlu lagi datang dan antre di kantor pajak untuk melaporkan SPT.

-

Lapor Pajak Online Lebih Mudah Digunakan

Lapor SPT Online tentu lebih mudah digunakan. Terlebih bagi pengusaha yang tidak memiliki latar belakang studi perpajakan. Aplikasi e-filing yang disediakan bahkan dilengkapi dengan panduan. Jadi, apabila menemukan kendala atau kesulitan dalam mengisi data Anda dapat melihat panduan tersebut. Data yang Anda isikan pun dapat dijamin kelengkapannya, sebab pada aplikasi lapor SPT Online terdapat validasi dari sistem pusat.

-

Menghindari kesalahan perhitungan

Seorang pengusaha akan dibebankan beberapa jenis pajak penghasilan. Pajak-pajak tersebut berbeda-beda dalam tarif dan cara perhitungannya. Tentunya pengusaha Usaha Kecil Menengah yang tidak memiliki latar belakang pendidikan perpajakan ataupun staf/konsultan pajak, tentu akan mengalami kesulitan dalam perhitungannya bila masih menghitung secara manual. Pajak-pajak yang umumnya dibayarkan pengusaha

-

Keamanan Penyimpanan Bukti Pelaporan Pajak Terjamin

Dengan melakukan lapor SPT Online, keamanan penyimpanan data bukti pelaporan pajak yang dinamakan Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) lebih terjamin dibandingkan

pelaporan secara manual. Saat Anda melakukan pelaporan pajak secara manual, maka bukti pelaporan yang Anda terima berupa kertas kuning yang dinamakan Bukti Penerimaan Surat (BPS) atau yang populer disebut bukti kuning. Tentunya,

penyimpanannya membutuhkan lebih banyak tempat dan lebih mudah hilang. Padahal dalam UU Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) disebutkan bahwa wajib pajak harus menyimpan dokumen perpajakan sekurangnya selama 10 tahun.

(5)

Anda gunakan adalah aplikasi lapor SPT online yang berbasis web dan bukan software yang diinstalasi. Keunggulan aplikasi yang berbasis web atau online ini adalah

penyimpanan data yang lebih aman dibandingkan software yang diinstalasi. Karena pada software yang diinstalasi, data pelaporan pajak Anda disimpan di lokal komputer Anda. Sehingga, jika sewaktu-waktu komputer Anda hilang atau rusak, maka bukti pelaporan pajak Anda pun juga dapat hilang.

-

e-Filing Pajak Jauh Fleksibel

Melakukan lapor pajak secara online tidak terikat waktu seperti saat Anda melakukannya secara manual di kantor pajak. Anda hanya perlu menyediakan perangkat komputer atau laptop dan koneksi Internet, maka lapor SPT online bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja Anda mau. Duduk santai di coffee shop, dalam perjalanan bisnis, atau bahkan saat sedang berlibur di luar negeri pun laporan pajak Anda tidak akan terbengkalai begitu saja.

-

Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Dengan membayar pajak secara rutin sesuai waktu yang ditentukan maka kredibilitas perusahaan Anda akan baik di mata karyawan, klien atau bahkan kompetitor Anda. Perusahaan yang membayar pajak tepat waktu tentunya tidak akan masuk dalam daftar hitam bagi petugas pajak. Dimana hal ini dapat menurunkan profesionalitas perusahaan Anda sendiri.

Selain itu, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan Anda dapat menjadi bagian terpenting dalam surat kerja sama kontrak dengan klien atau konsumen, serta

distributor. Dalam hal ini, Anda dapat dengan mudah mengatasi masalah keuangan saat akan melakukan penagihan barang/jasa yang umumnya dimintai faktur pajak oleh klien atau konsumen bisnis Anda.

(6)

Memiliki bukti lapor SPT Online menunjukkan bahwa perusahaan Anda berada dalam kondisi keuangan yang sehat. Hal ini menjadi penting untuk diperhatikan sebab penguasaan dalam manajemen keuangan sangat berperan penting terhadap

kelangsungan bisnis jangka panjang. Laporan keuangan yang dipakai untuk mengisi formulir lapor SPT Online pun dapat dijadikan pedoman untuk evaluasi finansial perusahaan Anda ke depannya.

-

Mendapat Pinjaman Bank Lebih Mudah

Saat membutuhkan dana pinjaman untuk pembiayaan produksi perusahaan, Anda akan lebih mudah mendapat persetujuan pinjaman bank. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki kartu NPWP dan bukti pelaporan pajak maka pihak Bank akan menganggap Anda sebagai pelaku bisnis profesional yang tidak akan kabur atau melarikan diri dari tanggung jawab pembayaran pinjaman.

Mengajukan pinjaman uang ke bank terkadang memiliki persyaratan yang cukup rumit. Anda harus melengkapi berbagai dokumen penting, termasuk di dalamnya NPWP Perusahaan dan bukti pelaporan pajak. Pasalnya, sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya pihak bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut data calon peminjam. Pastikan Anda bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan dan jaminan yang diberikan untuk pinjaman tersebut.

-

Kontribusi pada Perekonomian Negara

Perlu Anda ketahui bahwa pajak juga digunakan oleh pemerintah dalam hal mengatur atau menstabilkan perekonomian dalam negeri. Pajak bisa menjadi alat stabilitas ekonomi untuk berbagai kondisi yang dianggap mengancam keberlangsungan jalannya perekonomian negara. Dengan kehadiran pajak, pemerintah memiliki cukup banyak opsi untuk membuat, dan menerapkan sebuah kebijakan.

(7)

-

Menjaga Keseimbangan Lingkungan Hidup

Melakukan lapor SPT Online berarti Anda tak perlu mencetak kertas dalam jumlah yang cukup banyak untuk data-data SPT. Tentunya cara ini mendukung kampanye go green yang digerakkan oleh pemerintah dalam rangka penghijauan dan pengurangan jumlah penebangan pohon untuk dijadikan kertas. Anda juga tidak perlu menggunakan transportasi untuk menuju kantor pajak, pencemaran udara dari asap kendaraan

bermotor juga dapat berkurang, bukan?

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan lapor SPT online. Dengan adanya layanan secara online ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah dalam melakukan lapor pajak dan lebih taat dalam membayar pajak.

Kesimpulan:

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan pengusaha ketika melakukan

lapor

SPT online

, di antaranya:

1. Efisiensi waktu dan biaya

2. Flesibel, dapat dilakukan dari mana saja, kapan saja

3. Keamanan penyimpanan bukti pelaporan pajak lebih terjamin

4. Mendapatkan pinjaman bank lebih mudah

Referensi

Dokumen terkait

Hasil-hasi penting yang akan dibahas adalah proyeksi permintaan dan penyediaan energi, pengembangan pembangkit listrik, kendala keterbatasan sumber daya energi fosil

Menentukan gambaran umum/rujukan kata/ makna kata dalam teks dari sebuah teks fungsional pendek berupa message yang disajikan.. Menentukan

Kedua adalah jalur Utara-Selatan, yang menghubungkan kawasan Asia Timur den- gan Australia dan Slandia Baru serta pulau disekitarnya (Sokolsky dan Rabasa, 2000). Tiga “pintu masuk”

Dilarang memperbanyak sebagian atau seluruh isi dokumen tanpa ijin tertulis dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas

E-filing sebagai suatu layanan penyampaian SPT secara elektronik baik untuk wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan secara online melalui website Direktorat Jendral Pajak

Kesadaran Wajib Pajak yang tersusun atas indikator penggabungan penghasilan online dan offline, sanksi pajak, keaktifan Wajib Pajak dan penghasilan online termasuk

(1) Pelaksanaan sistem secara online atas data transaksi pembayaran pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan pajak parkir dalam rangka pengawasan pembayaran pajak daerah

1. Mengetahui jenis layanan pajak online dan manfaat penggunaannya. Paham dan mampu menggunakan layanan pajak online dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya. Manfaat dari