Kajian Efektifitas Penggunaan Semen Portland dan Limbah Karbit terhadap Stabilitas Tanah Lempung Ditinjau Dari Nilai CBR

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

i ABSTRAK

Tanah lempung yang memiliki kadar mineral lempung yang tinggi akan mudah dipengaruhi oleh air, sehingga akan mempengaruhi sifat kembang susutnya dan daya dukung tanah. Penggunaan tanah lempung sebagai material konstruksi kurang memberi kebaikan bagi konstruksi, karena tanah lempung memiliki sifat yang kurang baik terhadap kelangsungan pekerjaan kontruksi. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan untuk memperbaiki dan meningkatkan sifat dan kekuatan tanah lempung .Stabilisasi merupakan salah satu usaha dalam memperbaiki kondisi tanah yang memiliki indeks propertis yang kurang baik misalnya dengan menambahkan bahan kimia pada tanah. Salah satunya dengan menambahkan tanah lempung dengan limbah karbit.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbaikan nilai index properties akibat penambahan 2% PC dan limbah karbit terhadap tanah lempung, serta untuk mengetahui nilai daya dukung CBR(California Bearing Ratio) akibat penambahan bahan stabilisasi, serta kadar optimum penambahan Limbah Karbit.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan 2% semenpada tanah memiliki nilai cbr sebesar 5,76%, dan penambahan 2% semen dan 9% limbah karbit dengan waktu pemeraman 14 hari memiliki nilai cbr terbesar yaitu 9,95%. Hasil perlakuan terhadap nilai CBR pada kondisi tidak terendam (unsoaked) menunjukkan kenaikan nilai CBR hingga kadar campuran limbah karbit 9% dan mengalami penurunan pada kadar campuran limbah karbit 10% dan11%.

Kata Kunci : lempung, semen, limbah karbit, stabilisasi tanah, CBR.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...