SURAT PERNYATAAN. Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

11  44  Download (0)

Teks penuh

(1)

ii

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Muharnis

Tempat/Tgl. Lahir : Bogor/8 September 1987

NIM : 088121695

Program/Konsentrasi : S.2 Tafsir Hadis

Pekerjaan : Mahasiswa PPs IAIN Imam Bonjol Padang Alamat : Lubuak Simato Kec. Mungka Kab. 50 Kota

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa tesis saya yang berjudul : “Tuntunan Hidup Bertetangga dalam Perspektif Hadis (Pemahaman Hadis dengan Pendekatan Psikologis dan Sosiologis” benar-benar karya asli saya kecuali yang dicantumkan sumbernya. Apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dan kesalahan, hal tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya sendiri.

Demikianlah pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Padang, Agustus 2015 Saya yang menyatakan,

MUHARNIS

(2)

iii

PERSETUJUAN PEMBIMBING

Tesis ini berjudul “TUNTUNAN HIDUP BERTETANGGA DALAM PERSPEKTIF HADIS (Pemahaman Hadis dengan Pendekatan Psikologis dan Sosiologis)”, oleh Muharnis NIM. 088121695, telah memenuhi persyaratan ilmiah dan dapat disetujui untuk diajukan ke sidang Munaqasyah.

Padang, Juli 2015

Pembimbing I Pembimbing II

(3)

iv

PERSETUJUAN TIM PENGUJI MUNAQASYAH

Tesis dengan judul “TUNTUNAN HIDUP BERTETANGGA DALAM PERSPEKTIF HADIS (Pemahaman Hadis dengan Pendekatan Psikologis dan Sosiologis) yang ditulis oleh Muharnis NIM. 088121695 telah diperbaiki sesuai dengan arahan Tim Penguji Munaqasyah Tesis yang dilaksanakan tanggal 11 Agustus 2015. Demikianlah agar dapat dimaklumi.

Padang, 12 Agustus 2015 Tim Penguji

Ketua Sekretaris

Prof. Dr. H. Awis Karni, M. M.Ag Alfadli, M. Ag. Anggota,

Dr. Zulfikri, MA. Dr. Lukmanul Hakim, M,Ag

Prof. Dr, Edi Safri Dr. Ali Sati, M. Ag.

Diketahui oleh:

Direktur Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang

Prof. Dr. H. Awis Karni, M. M.Ag NIP. 19611210 198903 1 004

(4)

v

PEDOMAN TRANSLITERASI

ARAB LATIN ARAB LATIN

ا

Tidak Dilambangkan

ض

Dh

ب

B

ط

Th

ت

T

ظ

Zh

ث

TS

ع

ج

J

غ

Gh

ح

H

ف

F

خ

Kh

ق

Q

د

D

ك

K

ذ

Dz

ل

L

ر

R

م

M

ز

Z

ن

N

س

S

و

W

ش

Sy

ه

H

ص

Sh

ء

ي

Y

â (a panjang), contoh:

همحرلا

: al-Rahmân î (I panjang), contoh:

ميحرلا

: al-Rahîm û (u panjang), contoh:

نومحرت

: Turhamûn

(5)

vi Singkatan: CD : Compact Disc H : Hijrah H.R : Hadis Riwayat H : Halaman M : Masehi Q.S. : Qur’ân Surah RA : Radhiyallahu’anhu

SAW : Shalallahu’alaihi wa sallam SWT : Subhanahu wa Ta’ala Terj. : Terjemahan tn : Tanpa nama Tp : Tanpa penerbit tt : Tanpa tahun ttp. : Tanpa tempat

(6)

vii ABSTRAK

Muharnis, 088121695, Tuntunan Hidup Bertetangga dalam Perspektif Hadis (Pemahaman Hadis dengan Pendekatan Psikologis dan Sosiologis), tesis: Konsentrasi Tafsir Hadits Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang, 114 halaman.

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana tuntunan hidup bertetangga dan keutamaannya dalam perspektif hadis ditinjau dari pendekatan psikologis dan sosiologis.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menemukan pemahaman hadis-hadis Rasulullah melalui pendekatan psikologis dan sosiologis tentang: (1) keutamaan nilai-nilai menjaga keamanan tetangga, (2) keutamaan nilai memberi perhatian kepada tetangga, (3) keutamaan nilai-nilai larangan menyakiti tetangga, (4) keutamaan nilai-nilai-nilai-nilai menghargai perasaan tetangga.

Ranah penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research), yaitu semua rujukannya berasal dari bahan-bahan tertulis dalam kitab-kitab yang berhubungan dengan pembahasan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah

content analysis (analisis isi). Dalam memahami hadis, penulis menggunakan

metode pemahaman hadis tematis (maudhu’iy) melalui pendekatan psikologis dan sosiologis. Sumber data utama adalah kitab-kitab hadis standar yang terkenal dengan al-Kutub al-Sittah Dari kitab-kitab tersebut diinventarisasi hadis-hadis yang berkenaan dengan persoalan kehidupan bertetangga melalui metode takhrîj

al-hadîts, dengan melakukan penelusuran lafaz (bi al-alfâzh). Sumber data tentang

pemahaman hadis melalui pendekatan psikologis dan sosiologis adalah buku-buku

fiqh al-hadîts dan buku-buku yang terkait dengan ilmu psikologi dan sosiologi.

Rasulullah telah memberikan tuntunan hidup bertetangga yang sempurna bagi umatnya. Tuntunan hidup bertetangga tersebut tercantum di dalam hak dan kewajiban terhadap tetangga. Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dan dilaksanakan oleh seseorang, di antaranya: 1) Hak dan kewajiban untuk saling menjaga keamanan tetangga. Tuntunan ini jika ditinjau dari segi psikologis menunjukkan bahwa Rasulullah sangat memperhatikan keadaan psikis manusia. Jika rasa aman seseorang tidak terpenuhi maka gejala psikis manusia akan terganggu dan menjadi tidak normal. Sedangkan dari segi sosiologis tuntunan tersebut menunjukkan bahwa Rasulullah sangat memperhatikan keharmonisan, kenyamanan, dan kedamaian dalam hidup bersama. 2) Hak dan kewajiban untuk tidak menyakiti tetangga. Tuntunan ini sejalan dengan teori kebutuhan dalam kajian psikologis yang menyatakan bahwa, manusia butuh akan rasa cinta dan kasih sayang. Sedangkan dari kajian sosiologis, tindakan seseorang akan mempengaruhi terhadap tindakan orang lain. Sehingga apabila tetangga menyakiti tetangga yang lain, maka akan timbul rasa benci dan hubungan yang tidak harmonis. 3) Hak dan kewajiban memberi pertolongan. Anjuran ini ditinjau dari ilmu sosiologi tuntunan tersebut dapat membuat hubungan/interaksi sosial yang semakin dekat. Sehingga dalam kajian psikologi, hubungan yang terbina

(7)

viii

dengan baik akan melahirkan rasa cinta, pengorbanan, dan kepedulian yang tinggi. 4) Hak dan kewajiban untuk menghargai perasaan tetangga. Tuntunan ini dari segi psikologis menggambarkan perlunya rasa terima kasih dan menghargai perasaan tetangga. Karena cara penerimaan tersebut dapat menentukan keadaan selanjutnya. Sedangkan dari segi sosiologis, anjuran ini dapat menjaga hubungan baik yang telah terjalin.

Adapun keutamaan nilai-nilai dari hadis tentang tuntunan hidup bertetangga ditinjau dari segi psikologis dan sosiologisnya adalah, antara lain: 1). Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kepedulian sosial, 2) Membina rasa persatuan dan kesatuan serta hubungan yang harmonis antar sesama, 3) Memupuk sikap toleransi dan saling menghargai.

Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa tuntunan hidup bertetangga sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah saw. sangat sesuai dan sejalan dengan psikologi dan sosiologi masyarakat. Sehingga apabila tuntunan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka keharmonisan, kedamaian dan kenyamanan akan tercipta di dalam kehidupan bermasyarakat.

(8)

ix

KATA PENGANTAR

ميحرلا همحرلا للها مـــسب

Dengan memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT. atas segala

rahmat dan karunia-Nya pada penulis, akhirnya penulis dapat menyelesaikan

penyusunan tesis yang berjudul: Tuntunan Hidup Bertetangga dalam Perspektif Hadis (Pemahaman Hadis dengan Pendekatan Psikologis dan Sosiologis).

Tesis ini ditulis dalam rangka memenuhi sebagian persyaratan untuk memperoleh gelar Magister Agama pada konsentrasi Tafsir Hadits Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang.

Penulis menyadari bahwa tesis ini dapat diselesaikan berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis berterima kasih kepada semua pihak yang secara langsung dan tidak langsung memberikan kontribusi dalam menyelesaikan tesis ini. Secara khusus pada kesempatan ini, penulis menyampaikan terima kasih kepada: Bapak Prof. Dr. H. Edi Safri dan Bapak Dr. Ali Sati, M.Ag sebagai pembimbing yang telah membimbing dan mengarahkan penulis selama penyusunan tesis ini dari awal, hingga tesis ini dapat diselesaikan.

Penulis juga berterima kasih kepada Bapak Dr. H. Eka Putra Wirman, MA. selaku Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Bapak Prof. Dr. H. Awis Karni, M, M.Ag selaku Direktur Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang beserta segenap jajarannya. Demikian juga penulis menyampaikan terima kasih kepada seluruh dosen dan staf administrasi Program Pascasarjana IAIN Imam Bonjol Padang.

(9)

x

Penulis juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Ibunda Netriwita dan Ayahanda M. Albar, Bapak dan Ibu Mertua (Hartono & Sosmia Hardi), Ibu (Nurdiar), Uda Arif, Uni Eka, adik-adik tercinta (Afriyanda, Tutut, Rangga, Sari, Fajri dan Pandan) serta keponakan yang lucu-lucu (Alya & Aira) yang telah mencurahkan segala perhatian, kasih sayang, doa serta dorongan lahir batin baik dalam suka maupun duka sehingga penulis mampu menyelesaikan tesis ini.

Tak mungkin untuk terlewatkan, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Zaujiy (Eko Seprianto, MA) yang sama-sama berjuang, suka maupun duka dalam menjalani hidup dan jenjang pendidikan, sehingga akhirnya sama-sama dapat menyelesaikan studi ini dengan baik.

Semoga hasil penelitian ini dapat memberi sumbangsih dalam perkembangan hadis yang merupakan sumber ajaran dalam kehidupan bagi kaum muslim.

Padang, Agustus 2015 Penulis,

(10)

xi DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

SURAT PERNYATAAN ... ii

PERSETUJUAN PEMBIMBING ... iii

PENGESAHAN TIM PENGUJI MUNAQASYAH ... iv

TRANSLITERASI ... v

ABSTRAK ... vii

KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xi

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah ... 1

B. Rumusan dan Batasan Masalah ... 10

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian ... 11

D. Defenisi Operasional ... 12

E. Kajian Terdahulu yang Relevan ... 17

F. Metode Penelitian ... 17

BAB II HIDUP BERTETANGGA DALAM ISLAM A. Pengertian, Kategori dan Kedudukan Tetangga... 21

B. Hak dan Kewajiban Bertetangga ... 27

1. Hak dan Kewajiban yang Sama ... 28

2. Hak dan Kewajiban yang Berbeda ... 30

C. Problematika Hidup Bertetangga ... 33

D. Rasulullah dalam Bertetangga ... 43

1. Tetangga-tetangga Rasulullah saw. ... 44

2. Akhlak Rasulullah saw. terhadap Tetangga ... 49

BAB III METODE MAUDHU’IY DAN PENDEKATAN PSIKOLOGIS SOSIOLOGIS DALAM PEMAHAMAN HADIS A. Metode Maudhu’iy dalam Pemahaman Hadis ... 51

1. Pengertian, Urgensi dan Faedah Metode Maudhu’iy dalam Pemahaman Hadis ... 51

2. Langkah-langkah Metode Maudhu’iy dalam Pemahaman Hadis ... 55

(11)

xii

B. Pendekatan Psikologis dan Sosiologis dalam Pemahaman ...

Hadis ... 57

1. Pengertian Psikologis dan Sosiologis serta Teori-teorinya 57 2. Pengertian dan Urgensi Pendekatan Psikologis dan Sosiologis dalam Pemahaman hadis ... 74

BAB IV HADIS-HADIS RASULULLAH TENTANG HIDUP BER-TETANGGA A. Hadis tentang Menjaga Keamanan Tetangga ... 78

B. Hadis tentang Perhatian terhadap Tetangga ... 80

C. Hadis tentang Larangan Menyakiti Tetangga ... 84

D. Hadis tentang Menghargai Perasaan tetangga ... 88

BAB V PEMAHAMAN HADIS TENTANG HIDUP BERTETANGGA TINJAUAN PSIKOLOGIS DAN SOSIOLOGIS A. Keutamaan Nilai-nilai Menjaga Keamanan Tetangga dalam Hadis-hadis Rasulullah ... 96

B. Keutamaan Nilai-nilai Memberi Perhatian kepada Tetangga dalam Hadis-hadis Rasulullah ... 98

C. Keutamaan Nilai-nilai Larangan Menyakiti Tetangga dalam Hadis-Hadis Rasulullah ... 103

D. Keutamaan Nilai-nilai Menghargai Perasaan Tetangga dalam Hadis-hadis Rasulullah ... 106

BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan ... 111

B. Saran ... 113 DAFTAR KEPUSTAKAAN

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :