PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA TERHADAP PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2011

17 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA TERHADAP PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2011

TESIS

Oleh :

HAYANA 097032157/IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(2)

THE INFLUENCE OF SOCIO-ECONOMY AND CULTURE ON THE HOUSEWIVES’ PARTICIPATION IN WASTE MANAGEMENT

TREATMENT IN BANGKINANG SUB-DISTRICT, KAMPAR DISTRICT, IN 2011

THESIS

BY:

HAYANA 097032157/IKM

MAGISTER OF PUBLIC HEALTH SCIENCE STUDY PROGRAM FACULTY OF PUBLIC HEALTH

UNIVERSITY OF SUMATERA UTARA MEDAN

(3)

PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA TERHADAP PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2011

T E S I S

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat

untuk Memperoleh Gelar Magister Kesehatan (M.Kes) dalam Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Studi Manajemen Kesehatan Lingkungan Industri

pada Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Oleh

HAYANA 097032157/IKM

PROGRAM STUDI S2 ILMU KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN

(4)

Judul Tesis : PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA TERHADAP PARTISIPASI IBU RUMAH

TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2011

Nama Mahasiswa : Hayana Nomor Induk Mahasiwa : 097032157

Program Studi : S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Minat Studi : Manajemen Kesehatan Lingkungan Industri

Menyetujui Komisi Pembimbing

(Prof. Dr. Ramli, S.E, M.S Ketua

) (Dr. dr. Wirsal Hasan, M.P.H) Anggota

Dekan

(Dr. Drs. Surya Utama, M.S)

(5)

Telah diuji

Pada Tanggal : 5 Maret 2012

PANITIA PENGUJI TESIS

Ketua : Prof. Dr. Ramli, S.E, M.S

Anggota : 1. Dr. dr. Wirsal Hasan, M.P.H 2. Dr. Ir. Evawany Aritonang, M.Si 3. Ir. Indra Chahaya, M.Si

(6)

PERNYATAAN

PENGARUH SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA TERHADAP PARTISIPASI IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGELOLAAN SAMPAH

DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2011

TESIS

Dengan ini saya menyatakan bahwa dalam tesis ini tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memperoleh gelar kesarjanaan di suatu perguruan tinggi, dan sepanjang pengetahuan saya juga tidak terdapat karya atau pendapat yang pernah ditulis atau diterbitkan oleh orang lain, kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebut dalam daftar pustaka.

Medan, Maret 2012

(7)

ABSTRAK

Dari komponen sampah yang dihasilkan di Kota Bangkinang selama tiga tahun berturut-turut terdapat volume sampah yaitu tahun 2008 adalah 147,25 m3tahun 2009 adalah 167,36 m3, tahun 2010 adalah 188,95 m3

Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh social ekonomi (pendidikan, pendapatan, pekerjaan) dan budaya (pengetahuan, kebiasaan) terhadap partisipasi ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bersifat analitik dengan desain Cross sectional. Populasi adalah ibu-ibu rumah tangga yang berdomisili di Kecamatan Bangkinang sebanyak 4782 orang. Sampel berjumlah 100 IRT, dan di peroleh dengan cara

systemrandom sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi yang

berpedoman pada kuesioner. Analisi data dilakukan dengan menggunakan uji chi

square.

. Volume sampah dari tiga tahun berturut-turut mengalami kenaikan yang cukup tinggi disebabkan oleh kurangnya partisipasi masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah, dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pengolaan sampah menjadi barang yang produktif seperti pemanfaatan sampah organik (pengomposan), pemanfaatan sampah plastic menjadi kegiatan 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan, pendapatan, pekerjaan, pengetahuan dan kebiasaan terhadap partisipasi ibu rumah tangga dalam pengelolaansampah.

Diharapkan bagi Dinas Kebersihan dan Pemda setempat mulai dari membuat kebijakan dan melibatkan masyarakat secara aktif dalam pengelolaan sampah dari pengumpulan, pembuangan sampah di lingkungan rumah sebelum di buangke TPA . Bagi masyarakat diharapkan agar melakukan budaya hidup bersih dan sehat di lingkungan rumah dan melakukan pengelolaan dengan prinsip 3R (Reuse, Reduce

dan Recycle).

(8)

ABSTRACT

From the waste components produced in Bangkinang in the last three years, it

was discovered that the volume of waste in 2008 was 147.25 m3, in 2009 was 167.36

m3, and in 2010 was 188.95 m3

The aim of the research was to analyze the influence of socio-economy (education, income, and occupation) and culture (knowledge and habit) on the housewives’ participation in processing the waste in Bangkinang Sub-district, Kampar District. The research was analytic with cross sectional design. The population was 4782 housewives who lived in Bangkinang Sub-district, and 100 of them were used as the samples by using sample random sampling. The data were gathered by conducting interviews and observation, using questionnaires. The data were analyzed by using chi square test.

. The volumes of waste in the last three years have increased significantly due to the lack of public participation in waste management and their lack of awareness in processing the waste to become productive materials such as the use of organic waste (composting) and the use of plastic waste as the 3R (Reduce, Reuse, Recycle) activities.

The results of the research showed that there was significant influence of education, income, occupation, knowledge, and habit on the midwives’ participation in processing waste.

It is recommended that the Sanitary Service and the Local Government should begin to make a policy and to involve public actively in processing waste from collecting to dispose waste in the neighborhood before dumping it to the TPA (waste dumping site). It is also recommended that people should do clean and healthy living culture in their neighborhood and process the waste by the principle of 3R (Reuse, Reduce, and Recycle)

(9)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat rahmat dan karuniaNya penulis telah dapat menyelesaikan tesis yang berjudul “Pengaruh Sosial Ekonomi dan Budaya terhadap Partisipasi Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolan Sampah di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Tahun 2011”.

Dalam menyusun tesis ini, penulis mendapat bantuan, dorongan dan bimbingan dari berbagai pihak. Untuk itu pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimahkasih dan penghargaan kepada:

1. Rektor Universitas Sumatera Utara, yaitu Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, DTM&H, M.Sc (CTM), Sp.A(K).

2. Dr. Drs. Surya Utama, M.S selaku Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

3. Prof. Dr. Dra. Ida Yustina, M.Siselaku Ketua Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

4. Prof. Dr. Ramli,S.E, M.S. selaku ketua komisi pembimbing yang telah banyak membantu, mengarahkan serta meluangkan waktu dan pikiran dalam pembimbingan penulis guna penyusunan tesis ini.

5. Dr. dr. WirsalHasan, M.P.H selaku anggota komisi pembimbing yang juga telah banyak membantu serta mengarahkan dengan penuh kesabaran membimbing penulis dalam proses penyusunan tesis ini.

(10)

6. Terimakasih kepada dinas kebersihan dan pertamanan Bangkinang Kabupaten Kampar yang telah memberikan bahan sebagai referensi dan izin untuk melakukan penelitian.

7. Terimakasih takterhingga kepada kedua orang tua, ayahanda Zulkifli, AR. S.Pd dan ibunda Rabiah yang telah memberikan dukungan doa restu serta memberikan dorongan baik secara moril maupun materil kepada penulis serta doa yang takterbatas.

8. Terimakasih kepada saudara-saudaraku Desfina, Am.Keb, Firdaus, SE dan Rini Kurnia Ningsih yang telah memberikan motivasi dan doa kepada penulis. SemogaTuhan Yang Maha Esa membalas kebaikan meraka.

9. Kepada rekan-rekan mahasiswa seangkatan, senior maupun junior yang telah membantu penulis dan masih bersedia untuk dapat berkonsultasi dalam penyusunan tesis ini dan semua pihak yang telah membantu proses penyusunan tesis ini hingga selesai

Penulis menyadari bahwa tesis ini masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan, untuk itu kritikdan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan tesisini.

Medan, Maret 2012

(11)

RIWAYAT HIDUP

Penulis bernama Hayana yang dilahirkan di Matagual (Jambi) pada tanggal 12 Oktober 1986, beragama Islam, penulis berdomisili di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar Jalan D.I Panjaitan - Riau.

Penulis menamatkan Sekolah Dasar di SDN 037 Langgini Bangkinang tahun 1999, selanjutnya Tahun 2002 penulis menamatkan Sekolah Menengah Pertama di SLTPN 2 Bangkinang, kemudian Tahun 2005 penulis menamatkan Sekolah MenengahAtas di SMUN 2 Bangkinang dan padaTahun 2009 penulis menamatkan Sarjana Kesehatan Masyarakat di Universitas Prima Indonesia, Medan.

(12)

DAFTAR ISI

Halaman

ABSTRAK ... i

ABSTRACT.... ... ii

KATA PENGANTAR ... iii

RIWAYAT HIDUP ... v

DAFTAR ISI ... vi

DAFTAR TABEL ... viii

DAFTAR GAMBAR ... ... .... ix DAFTAR LAMPIRAN ... ... ... xi BAB 1. PENDAHULUAN ... 1 1.1. LatarBelakang ... 1 1.2. Permasalahan ... 8 1.3. TujuanPenelitian ... 8 1.4. Hipotesis ... 9 1.5. ManfaatPenelitian ... 9

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA ... 10

2.1. PartisipasiMasyarakat ... 10

2.2. Nilai-nilaiPartisipasiMasyarakat ... 13

2.3. Fakto-FaktorMenumbuhPartisipasiMasyarakat ... 14

2.4. Fakto-Faktor yang MemengaruhiPartisipasi ... 16

2.5. PartisipasiMasyarakatdalamBidangKesehatan ... 16

2.6. Faktor Sosial Ekonomi yang Memengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah ... 17

2.7. Faktor budaya yang Memegaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah ... 25

2.8. PelaksanaanPengolahanSampah ... 31 2.9. SistemPengelolaanSampah ... 35 2.10. PengaruhPengolahanSampahtehadapMasyarakat dan Lingkungan ... 39 2.11 TempatPembuanganAkhirSampah ... 42 2.12. LandasanTeori ... 43 2.13. KerangkaKonsepPenelitian ... 45

BAB 3. METODE PENELITIAN ... 46

3.1. JenisPenelitian ... 46

3.2. LokasidanWaktuPenelitian ... 46

(13)

3.4. Metode Pengumpulan Data ... 48

3.5. Variabel dan DefinisiOperasional ... 50

3.6. MetodePengukuran ... 51

3.7. Metode Analisis Data ... 53

BAB 4. HASIL PENELITIAN ... 55

4.1. Deskriptif Wilayah Penelitian ... 55

4.1.1. LetakGeografis ... 55 4.1.2. KeadaanGeografis ... 56 4.2. AnalisisUnivariat ... 58 4.3. AnalisisBivariat ... 65 4.4. AnalisisMultivariat ... 69 BAB 5. PEMBAHASAN ... 72 5.1. PengaruhFaktorSosialEkonomi ... 72 5.2. PengaruhFaktorSosialBudaya ... 81 5.3. PartisipasiIbuRumahTanggadalamPengelolaanSampah ... 90

BAB 6. KESIMPULAN DAN SARAN ... 94

6.1. Kesimpulan ... 94

6.2. Saran ... 95

DAFTAR PUSTAKA……… .. 96

(14)

DAFTAR TABEL

Nomor Judul Halaman

3.1. JumlahKepalaKeluarga di KecamatanBangkinangTahun 2010……….. 47 3.2. JumlahSampelPenelitianSetiapKelurahandi Kecamatan Bangkinang………... 48 4.1. DistribusiPendudukMenurutKelompokUmur di KecamatanBangkinang Kabupaten Kampar ……….. 56 4.2. DistribusiPendudukMenurutJenisPekerjaan di Kecamatan BangkinangKabupaten Kampar ……….. 56

4.3. DistribusiPendudukMenurut Tingkat Pendidikan di Kecamatan

BangkinangKabupaten Kampar ……….. 57 4.4. JumlahFasilitasdanTenagaKebersihan diKecamatanBangkinang Kabupaten Kampar……….... 57 4.5. DistribusiPendidikanResponden di KecamatanBangkinang Kabupaten Kampar……… 58 4.6. DistribusiPendapatanResponden di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar……….. 59 4.7. DistribusiPekerjaanResponden di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar ………. 60 4.8. DistribusiJawabanRespondenBerdasarkanPengetahuanterhadap PartisipasiIbuRumahTanggadalamPengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar……….. 60 4.9. DistribusiPengetahuanResponden di KecamatanBangkinang Kabupaten Kampar………... 61 4.10. DistribusiJawabanRespondenBerdasarkanKebiasaanterhadap PartisipasiIbuRumahTanggadalamPengelolaanSampah di Kecamatan BangkinangKabupaten Kampar………. 62

(15)

4.11. DistribusiKebiasaanResponden di KecamatanBangkinangKabupaten

Kampar……….. 63 4.12 DistribusiJawabanRespondenBerdasarkanPartisipasiIbuRumah

TanggadalamPengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten

Kampar……….. 64 4.13. DistribusiPartisipasi IRT Responden di KecamatanBangkinang

Kabupaten Kampar ………... 65 4.14. HubunganPendidikandenganPartisipasiIbuRumahTanggadalam

PengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar ……. 66 4.15. HubunganPendapatandenganPartisipasiIbuRumahTanggadalam

PengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar…….. 67 4.16. HubunganPekerjaandenganPartisipasiIbuRumahTanggadalam

PengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar…….. 68 4.17.HubunganPengetahuandenganPartisipasiIbuRumahTangga

dalamPengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar 68 4.18. HubunganKebiasaandenganPartisipasiIbuRumahTanggadalam

PengelolaanSampah di KecamatanBangkinangKabupaten Kampar …… 69 4.19. PengaruhSosialEkonomidanBudayaterhadapPartisipasiIbuRumah

(16)

DAFTAR GAMBAR

Nomor Judul Halaman

(17)

DAFTAR LAMPIRAN

Nomor Judul Halaman

1 KuesionerPenelitian ... 99

2. HasilUjiValiditasdanReliabilitas ... 104

3. HasilPengolahan Data Penelitian ... 112

4. Master Data ... 125

5. SuratKeteranganHasilPenelitiandariFakultasKesehatanMasyarakat Universitas Sumatera Utara ... 129

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :