• Tidak ada hasil yang ditemukan

Official Site of Missa Lamsani - Gunadarma University Lap-BAB 6 PDM

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Official Site of Missa Lamsani - Gunadarma University Lap-BAB 6 PDM"

Copied!
2
0
0

Teks penuh

(1)

40

BAB VI.

KESIMPULAN DAN SARAN

6.1. Kesimpulan

Biometrik adalah suatu metode yang secara automatis selalu dipunyai dan menjadi ciri khas setiap manusia dengan menganalisa secara statistik karakteristik biologis manusia. Ciri khas tersebut dapat dilihat dari karakter fisik, misalnya sidik jari, raut / ciri-ciri wajah dan retina mata; serta yang dilihat dari karakteristik tingkah laku, misalnya tanda tangan dan suara.

Raut / ciri-ciri wajah dapat digunakan untuk mengindra karena raut / ciri-ciri wajah memiliki ciri khas yang bisa membedakan antara satu manusia dengan manusia yang lainnya. Sehingga raut / ciri-ciri wajah juga dapat digunakan sebagai alat pengaman (password), dalam hal ini digunakan untuk mengendalikan pintu.

Penelitian tentang ”Rancang Bangun Pengendali Pintu Automatis Dengan Mengenali Ciri-Ciri Wajah Seseorang Menggunakan Metode Euclidean Dan Fuzzy C-Mean”, akan membuat suatu database yang berisikan raut wajah yang mendapat otoritas untuk membuka pintu. Pembuatan database ini diawali dengan pengambilan data input, pen-skalaan, gray sale, dan pendeteksian keberadaan objek. Setelah database dibuat, maka untuk dapat membuka pintu dilakukan dengan cara membandingkan database yang sudah dimiliki dengan data dari ciri wajah yang baru masuk. Jika hasil perbandingan sama / cocok, maka yang mendapat otoritas dapat membuka pintu, tetapi jika tidak sama maka pintu akan tetap tertutup, yang artinya orang dengan data baru masuk tersbut tidak memiliki otoritas untuk membuka pintu dan akan mendapatkan pesan wajah tersebut tidak dikenal.

Dan perancangan ini tidak dapat berjalan tanpa adanya program / perangkat lunak. Oleh karena itu, program / perangkat lunak dibuat dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman yaitu Microsoft Visual Basic 6.0.

(2)

41

Setelah menganalisa hasil tersebut ada beberapa faktor kegagalan yang ditimbulkan diantaranya, karena adanya perbedaan kondisi lingkungan antara pada saat pengambilan data referensi ciri – ciri wajah dan pada saat software ini dilakukan pengujian.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, adalah dengan menambah jumlah data referensi. Semakin banyak data referensi yang diambil, semakin kecil jarak kedekatan antara citra input dan pusat cluster.

Pada saat pengujian dilakukan, posisi wajah tidak terlalu banyak bergerak untuk mendapatkan data input yang baik .

6.2. Saran

Hasil pendeteksian masih kurang memuaskan, dilihat dari hasil pencapaian kecocokan antara database dengan data yang baru masuk belum mencapai 100%. Sehingga diharapkan akan ada pengembangan lebih lanjut tentang penelitian ini, misalnya dengan membuat setiingan suatu objek yang disimpan di perbesar, meskipun harus memperhitungkan kecepatan respon antara database dengan data yang baru masuk.

Penelitian ini tidak hanya dapat digunakan untuk aplikasi membuka pintu saja, tetapi dapat pula digunakan pada aplikasi lainnya yang membutuhkan otoritas yang tinggi.

Referensi

Dokumen terkait

Pembuatan gula kelapa merupakan suatu usaha untuk meningkatkan pendapatan petani, bahkan dengan menghasilkan gula kelapa pendapatannya dapat jauh lebih meningkat ketimbang

Apabila terpaksa memperbanyak tanaman pala dengan biji, biji-biji pala yang akan dipergunakan sebagai benih harus berasal dari pohon induk yang baik, dari buah yang telah masak

Kon- disi yang terbaik dalam pembuatan gula merah adalah nira yang mengandung kadar gula di atas 12% dan pH 6-7.. Untuk menghindari kerusakan nira saat penampungan dapat

[r]

[r]

[r]

However, in contrast to the results of Hyva¨rinen and Crittenden (1996) on the influence of acid rain on lichen cation content, the concentration of magnesium was insensitive to

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan oleh Bank kepada nasabah.. SBDK belum memperhitungkan komponen premi risiko