PENERAPAN HASIL BELAJAR LAYANAN PRIMA PADA PRAKTIKUM TATA HIDANG : penelitian terbatas pada mahasiswa program studi tata boga angkatan 2011.

10  15  Download (0)

Teks penuh

(1)

PENERAPAN HASIL BELAJAR LAYANAN PRIMA PADA PRAKTIKUM TATA HIDANG

(penelitian terbatas pada mahasiswa program studi tata boga angkatan 2011)

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga

Program Studi Pendidikan Tata Boga

Disusun oleh : Ghita widiana

0909017

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA BOGA

(2)

GHITA WIDIANA 0909017

PENERAPAN HASIL BELAJAR LAYANAN PRIMA PADA PRAKTIKUM TATA HIDANG

DISETUJUI DAN DISAHKAN OLEH PEMBIMBING

Pembimbing I

Dra.Atat Siti Nurani, M.Si NIP. 19561020 198403 2 001

Pembimbing II Jurusan PKK FPTK UPI

Dra. Yulia Rahmawati, M.Si NIP. 19670720 19940 2 003

Mengetahui,

Ketua Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

Universitas Pendidikan Indonesia

(3)

PERNYATAAN

Saya menyatakan bahwa skripsi yang berjudul “PENERAPAN HASIL BELAJAR MATERI ZAT ADITIF DALAM MATA PELAJARAN IPA

PADA PEMILIHAN MAKANAN JAJANAN” ini sepenuhnya karya sendiri. Tidak ada bagian di dalamnya yang merupakan plagiat dari karya orang lain dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat keilmuan. Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko/sanksi yang dijatuhkan kepada saya apabila kemudian ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau ada klaim dari pihak lain dari keaslian karya saya ini.

Bandung, Februari 2014

(4)

ABSTRAK

PENERAPAN HASIL BELAJAR LAYANAN PRIMA PADA PRAKTIKUM TATA HIDANG

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya asumsi bahwa hasil belajar Layanan Prima dapat terlaksana dengan baik apabila proses belajar dilakukan dengan optimal khususnya pada mata kuliah Tata Hidang terutama pada saat praktikum pelayanan makanan dan minuman. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang bagaimana Penerapan Hasil Belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang meliputi penguasaan materi Layanan Prima, ketelitian dalam standar penampilan seorang pramusaji, cara komunikasi dalam melayani tamu, dan keterampilan dalam melayani tamu. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan sampel total sebanyak 30 responden. Instrumen penelitian menggunakan angket dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Hasil Belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang dalam standar penampilan seorang pramusaji, cara komunikasi dalam melayani tamu, dan keterampilan dalam melayani tamu berada pada criteria baik denga presentase sebesar 72%. Penulis menyarankan kepada mahasiswa agar terus meningkatkan dan mempertahankan hasil belajar dengan menggali pengetahuan dan wawasan mengenai Layanan Prima untuk persiapan praktek industri.

(5)

1

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian

Universitas pendidikan indonesia (UPI) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal pada jenjang pendidikan tinggi. UPI memiliki beberapa fakultas salah satunya adalah Fakultas Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (FPTK), didalamnya terdapat beberapa jurusan diantaranya adalah Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Jurusan PKK terdiri dari tiga Program Studi (Prodi) yaitu Prodi Pendidikan Tata Boga, Prodi Pendidikan Tata Busana, Dan Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Mata kuliah yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga meliputi Mata Kuliah Umum (MKU) , Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) , Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) , Mata Kuliah Latihan Profesi (MKLP) , Mata Kuliah Keahlian Fakultas (MKKF) , Mata Kuliah Keahlian Program Studi (MKKPS) dan Mata Kuliah Keahlian Pilihan (MKK PIL).

Salah satu Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDP) yang terdapat dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Tata Boga yaitu Pelayanan Prima yang dilaksanakan pada semester 4 dengan bobot 2 sks. Pelaksanaan perkuliahan mata kuliah Layanan Prima dilakukan secara teori dan praktek yaitu pengetahuan tentang konsep layanan prima (definisi, istilah, fungsi, dan tujuan), pentingnya penerapan standar layanan prima, pengenalan kepada layanan prima, membangun pribadi layanan prima, dasar-dasar layanan prima, membangun hubungan interpersonal dan budaya layanan prima, faktor-faktor yang perlu dibuat dalam mengaplikasikan konsep layanan prima, etika berkomunikasi dalam lingkungan yang berkaitan dengan bidang Tata Boga.

Hasil belajar Layanan Prima adalah berupa kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor yang telah dimiliki mahasiswa. Sesuai dengan pendapat Bloom yang dikutip

dalam Winkle, W.S (2007:274) bahwa “hasil belajar merupakan tingkat kemampuan

(6)

2

prima dalam menyambut tamu, mengambil pesanan tamu, menyajikan makanan dan minuman, menerima pembayaran tamu, mengucapkan terimakasih kepada tamu dan membersihkan meja serta kembali menata meja seperti semula. Ranah afektif meliputi kemampuan sikap ramah tamah dan sopan santun ketika menyambut tamu yang datang ke Restoran, bersikap rela membantu dan melayani setiap tamu serta selalu menunjukan sikap yang menyenangkan pada saat melayani tamu. Ranah Psikomotorik meliputi kemampuan keterampilan dalam penampilan pribadi, keterampilan dalam bekerja secara tim serta keterampilan dalam berkomunikasi dengan tamu.

Hasil belajar layanan prima dapat terlaksana dengan baik apabila proses belajar mengajar dilakukan dengan optimal. Proses belajar yang optimal akan menghasilkan hasil belajar yang maksimal dan menghasilkan perubahan pada diri mahasiswa seperti perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagaimana yang diungkapkan

(Slameto 2003:2) “Belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk

memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.

Nilai mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga angkatan 2011 pada mata kuliah layanan prima diperoleh dengan presentase sebesar 90 % untuk yang mendapatkan nilai A dan 10 % untuk yang mendapatkan BL (belum lulus). Dengan hasil nilai sebaik ini diharapkan mahasiswa sudah mampu menerapkan teori Layanan Prima pada praktikum Tata Hidang.

Mata kuliah Seni Tata Hidang dilakukan pada semester 5 dengan bobot 2 sks. Mata kuliah Tata Hidang merupakan salah satu kelompok mata kuliah keahlian (MKK) Program Studi yang wajib pada program S-1 Program Studi Pendidikan Tata Boga. Mata kuliah Tata Hidang dapat dikontrak oleh mahasiswa setelah menyelesaikan mata kuliah dasar keahlian (MKDP) diantaranya Layanan Prima, Makanan Kontinental, Makanan Nusantara dan Makanan Oriental. Hasil belajar Layanan Prima dapat diterapkan dalam perkuliahan Tata Hidang tentang konsep dasar seni tata hidang yaitu materi mengenai pramusaji, pelayanan makan siang secara American service dan

(7)

3

yang disampaikan dalam pembelajaran Tata Hidang adalah ceramah, Tanya jawab, diskusi, pemberian tugas dan praktek.

Suatu proses belajar mengajar dikatakan berhasil apabila hasil belajar dapat diperoleh dan diaplikasikan materi yang telah disampaikan. Materi yang telah disampaikan pada mata kuliah Layanan Prima sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk memperoleh bekal berupa pengetahuan, sikap maupun keterampilan dalam praktikum Tata hidang yang diaplikasikan dalam praktek pelayanan makan secara etnik maupun internasional.

Berdasarkan yang telah penulis lakukan dari studi pendahuluan melalui studi dokumentasi, nilai mahasiswa yang telah lulus mata kuliah Layanan Prima diperoleh data rata-rata nilai Layanan Prima yang berada pada kriteria dengan nilai sangat baik, sehingga hasil belajar Layanan Prima dapat diterapkan pada Praktek Tata Boga.

Uraian latar belakang masalah tersebut menjadikan penulis sebagai mahasiswa PKK Program Studi Pendidikan Tata Boga tertarik untuk meneliti “Penerapan Hasil Belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang.

B. Identifikasi dan Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang penelitian di atas penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut:

1. Penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang berkaitan dengan aspek kognitif meliputi penguasaan dan pemahaman tentang Pengertian Layanan Prima, Tujuan Layanan Prima, Fungsi Layanan Prima, Prinsip Layanan Prima dalam praktikum tata hidang pada saat menyambut tamu, mengambil pesanan tamu, menerima pembayaran tamu, dan membersihkan lay out meja seperti semula . 2. Penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang berkaitan

dengan aspek apektif meliputi: sikap dalam layanan prima sikap ramah tamah dan sopan santun, bersikap menyenangkan ketika melayani tamu, mengucapkan salam dan terima kasih kepada tamu serta sikap ketelitian dalam table set-up.

(8)

4

up, ketrampilan dalam berkomunikasi dan keterampilan membersihkan lay out meja

seperti semula.

Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah yang telah diuraikan di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Penerapan Hasil Belajar

Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang ?”

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum:

Tujuan umum penelitian ini untuk mengetahui gambaran mengenai bagaimana penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang.

Tujuan khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang, meliputi:

1. Penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang berkaitan dengan aspek kognitif meliputi penguasaan dan pemahaman tentang Pengertian Layanan Prima, Tujuan Layanan Prima, Fungsi Layanan Prima, Prinsip Layanan Prima dalam praktikum tata hidang pada saat menyambut tamu, mengambil pesanan tamu, menerima pembayaran tamu, dan membersihkan lay out meja seperti semula . 2. Penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang berkaitan

dengan aspek apektif meliputi: sikap dalam layanan prima sikap ramah tamah dan sopan santun, bersikap menyenangkan ketika melayani tamu, mengucapkan salam dan terima kasih kepada tamu serta sikap ketelitian dalam table set-up.

3. Penerapan hasil belajar Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang berkaitan dengan aspek psikomotor meliputi penguasaan keterampilan menyiapkan table

set-up, ketrampilan dalam berkomunikasi dan keterampilan membersihkan lay out meja

seperti semula.

D. Metode Penelitian

(9)

5

sedang berlangsung serta berpusat pada masalah yang actual. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berisi pertanyaan tentang penerapan hasil belajar Layanan Prima dan Kriteria Unjuk Kerja pada Praktikum Tata Hidang berkaitan dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

E. Manfaat Penelitian

Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan manfaat kepada berbagai pihak secara langsung maupun tidak langsung. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu: 1. Bagi Mahasiswa Prodi Tata Boga, meningkatkan kemampuan pengetahuan, sikap

dan keterampilan pada mata kuliah Layanan Prima yang dapat menunjang pada pelaksanaan Praktikum Tata Hidang

2. Bagi Dosen, memeperoleh gambaran tentang penerapan hasil belajar mata kuliah Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang sehingga dapat menjadi masukan untuk meningkatkan pembelajaran mata kuliah tersebut.

3. Bagi Peneliti, menambah pengetahuan dan wawasan serta memberikan pengalaman dalam penelitian, khususnya penelitian hasil belajar mata kuliah Layanan Prima pada Praktikum Tata Hidang.

F. Struktur Organisasi Skripsi

Sistematika penulisan yang digunakan oleh penulis berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah Universitas Pendidikan Indonesia yaitu:

(10)

6

A. Pengertian Belajar dan Hasil Belajar

B. Gambaran Umum Mata Kuliah Layanan Prima C. Gambaran Umum Mata Kuliah Seni Tata Hidang

D. Hasil Belajar Layanan Prima Sebagai Kesiapan Praktikum Tata Hidang

Bab III Metode Penelitian, berisi tentang lokasi dan subyek penelitian, desain penelitian, metode penelitian, definisi operasional, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan analisis data.

Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan, berisi tentang pengolahan atau analisis data untuk menghasilkan temuan dan pembahasan hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...