KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas)

Download (0)

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

i

ABSTRAK

Penelitian ini mengkaji tentang fenomena KOPKARPEL (Studi Etnografi Dalam Menjalankan Tugas). Koperasi Karyawan Pelabuhan (KOPKARPEL) adalah unit usaha jasa bongkar muat yang dimiliki oleh PELINDO I sebagai penyedia tenaga kerja ahli dalam menjalankan tugasnya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang KOPKARPEL, proses kerja, pelayanan jasa bongkar muat di dalamPelabuhan Internasional dan Antar Pulau dermaga BICT Belawan. Termasuk tata cara pelaksanaan Impor dan Ekspor serta proses bongkar muat yang dilakukan di dermaga antar pulau hingga menjelaskan aturan-aturan main yang diterapkan pekerja KOPKARPEL dan berlaku dilapangan.

Tulisan ini menggunakan pendekatan etnografi dengan teknik pengumpulan data observasi non-partisipasi didukung dengan metode wawancara mendalam yang dilakukan kepada beberapa informan yang dinilai punya informasi tentang pokok tulisan yang diteliti serta di dukung dengan studi histori berdasarkan kajian pustaka dan didukung dengan Peraturan Perundang-Undangan sebagai acuan dasar perbandingan fakta dilapangan.

Hasil tulisan ini mendapati adanya aturan-aturan diluar peraturan yang berlaku didalam lingkungan pekerja pelabuhan antara Telly, ekspedisi muatan kapal laut serta para supir pengangkutan. Tulisan ini juga mendapati adanya strategi yang dilakukan dalam mensiasati aturan yang ada guna mempermudah dalam mempertahankan tradisi lama yang telah berjalan turun temurun.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah ditemukan adanya penyebab kecurangan-kecurangan yang dipraktekkan di lapangan. Serta bagaimana strategi adaptasi yang dilakukan para pekerja Telly untuk mempertahankan kekompakan dan keberlangsungan aturan-aturan di luar aturan kerja yang telah berlaku sebelumnya.

Kata Kunci : Kopkarpel, Telly, Proses Kerja, Hubungan Kerja, Strategi Kerja.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di