• Tidak ada hasil yang ditemukan

SKRIPSI. Untuk Memenuhi sebagai Persyaratan. Memperoleh Gelar Sarjana. Program Studi Ilmu Hikum

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "SKRIPSI. Untuk Memenuhi sebagai Persyaratan. Memperoleh Gelar Sarjana. Program Studi Ilmu Hikum"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

i TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN

JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( STUDI KASUS DI POLDA JAWA TIMUR)

SKRIPSI

Untuk Memenuhi sebagai Persyaratan

Memperoleh Gelar Sarjana

Program Studi Ilmu Hikum

Disusun Oleh :

THOMY MUGHNIL LABIB NIM: 201610110311144

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2020

(2)
(3)
(4)
(5)

v UNGKAPAN PRIBADI:

“Hidup Hanya Sekali, Berusahalah Hidup dengan Penuh Arti”

Motto: “Mulailah Dari Tempatmu Berada, Gunakan apa yang kamu punya, lakukan apa yang kamu bisa.”

(6)

vi ABSTRAKSI

Nama : Thomy Mughnil Labib Nim : 201610110311144

Judul : TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

( STUDI KASUS DI POLDA JAWA TIMUR) Pembimbing : Bayu Dwiwiddy Jatmiko, S.H.,M.Hum Shinta Ayu Purnamawati, S.H.,M.H

Jual beli pada dasarnya memang sudah menjadi kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di era modern dimana pertumbuhan teknologi dan digital yang mulai tumbuh dengan cepat, banyak di kalangan masyarakat yang memanfaatkan perkembangan teknologi untuk melakukan sistem jual beli secara cepat dan murah, banyaknya jumlah kejahatan penipuan jual beli online oleh pelaku Tindak Pidana Penipuan Online. Laporan Tindak Pidana Cybercrime adalah bukti dimana penipuan jual beli masih eksis di masyarakat perlindungan hukum pada masyarakat juga menjadi kendala serius yang belum terselesaikan oleh penegak hukum dekarenakan sarana dan fasilitass serta SDM yang kurang menguasai teknologi. Penpipuan Jual Beli Online salah satu dalang permasalahan terhadap penegakan hukum terhadap kegiatan jual beli barang/jasa melaui jejaring internet menjadi permasalahan yang sangat merugikan setiap pihak yang terlibat, dikarenakan jual beli online memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi sehingga banyak masyarakat yang tanpa berfikir panjang membeli barang tersebut, konsumen sendiri tidak atau kurang tahu menahu tentang akun palsu yang menjual barang di berbgai platform dan sosial media. Penegak hukum sudah melakukan berbagai upaya agar menekan tingginya aksi penipuan jual beli online, dari pencegahan sampai penegakan hukum bagi para pelaku yang melanggar.

(7)

vii ABSTRACT

Nama : Thomy Mughnil Labib Nim : 201610110311144

Judul : TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

( STUDI KASUS DI POLDA JAWA TIMUR) Pembimbing : Bayu Dwiwiddy Jatmiko, S.H.,M.Hum

Shinta Ayu Purnamawati, S.H.,M.H

Buying and selling is basically an activity carried out by every human being to meet their daily needs. In the modern era where technological and digital growth are starting to grow rapidly, many people have taken advantage of technological developments to carry out a system of buying and selling quickly and cheaply, the large number of online buying and selling fraud crimes by online fraud perpetrators. The Cybercrime Crime Report is evidence that buying and selling fraud still exists in the community. Legal protection in society is also a serious obstacle that has not been resolved by law enforcers due to facilities and facilities and human resources that do not master technology. Online Buying and Selling Fraud is one of the masterminds of the problem of law enforcement against buying and selling of goods / services through the internet network is a problem that is very detrimental to every party involved, because buying and selling online provides a lot of convenience for people in transactions so that many people buy and buy without thinking of these goods, consumers themselves do not or know less about fake accounts selling goods on various platforms and social media. Law enforcers have made various efforts to suppress the high number of fraudulent acts of buying and selling online, from prevention to law enforcement for perpetrators who violate them.

(8)

viii KATA PENGANTAR

Bissmillahirohmanirohim Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat, rahmat dan hidayah serta kesempatan dan kesehatan yang diberikan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang, dengan judul “TINJAUAN YURIDIS PENEGAKAN HUKUM TINDAK PIDANA PENIPUAN DALAM JUAL BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( STUDI KASUS DI POLDA JAWA TIMUR)

Pada proses penyelesaian skripsi ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak dan oleh sebab itu maka penulis menyampaikan terima kasih yang setulusnya kepada:

1. Pertama saya ingin mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan rahmat serta hidayah-Nya, dan atas berkah kebahagiaan, hidayah dan semangat yang tidak terhitung jumlahnya yang telah diberikan kepada saya.

2. Terima kasih kepada kedua orang tua saya tercinta yaitu Ayah saya Isman Mujiono dan Ibu saya Arwatie Arkan serta Kedua Kakak saya Hendra Praja Setyawan dan Vany Arista serta seluruh keluarga besar yang selalu mendukung dan mendoakan baik moral, materi, spiritual yang telah diberikan kepada saya. Sungguh, jika tanpa doa dan dukungan kedua orang tua dan semua keluarga yang selalu memberikan motivasi dan semangat kepada penulis, maka penulis tidak dapat menjalankan semua ini dengan lancar dan baik.

(9)

ix 3. Terima kasih kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Malang Bapak Dr. H. Fauzan, M.Pd karena telah meningkatkan kualitas di segala bidang, baik dari sisi kurikulum pendidikan, infrastruktur, layanan mahasiswa, kerjasama, ekspansi dan program-program internasional sehingga membuat penulis merasa bangga untuk berkuliah di Universitas Muhammadiyah Malang.

4. Terima kasih kepada jajaran dekanat Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang yakni Dekan Fakultas Hukum Bapak Dr. Tongat, S.H., M.Hum, Wakil Dekan I Ibu Dr. Catur Wido Haruni, S.H., M.Si., M.Hum, Wakil Dekan II Bapak Dr. Haris, S.H., M.Hum, dan Wakil Dekan III Bapak Said Noor Prasetyo, S.H., M.H., atas jasanya dalam memajukan dan mengembangkan Fakultas Hukum tempat penulis menimba ilmu. 5. Terima kasih kepada Kepala Program Studi Fakultas Hukum Universitas

Muhammadiyah Malang dan jajarannya yakni Bapak Nu'man Aunuh, S.H,. M.Hum dan Ibu Ratri Novita Erdianti, S.H., M.H., selaku Sekretaris Program Studi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang.

6. Terima kasih kepada kepada Bapak Bayu Dwiwiddy Jatmiko, S.H.,M.Hum selaku dosen pembimbing pertama dan Ibu Shinta Ayu Purnamawati, S.H.,M.H selaku dosen pembimbing kedua. Berkat bimbingan, nasihat, saran, dan kritik beliau berdua yang tidak ada habisnya penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.

(10)

x 7. Dosen wali Bapak Alm. Dr. Sulardi, SH., M.Si. atas bimbingan dan semangat yang diberikan beliau selama penulis menjadi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang.

8. Seluruh Dosen dan staf Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Malang yang telah bersedia dengan ikhlas memberikan ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya kepada penulis selama penulis menjadi mahasiswa fakultas hukum.

9. Sahabat-sahabat terbaik penulis selama menjadi mahasiswa di fakultas hukum, Primahaditya Putra Bintang, Ardiansyah, Davin Febiao Pamungkas, Spetianes Nora Kartika, Relda Windy, dan Echa, Mas Aril, Bobby, Zaky percayalah tanpa kalian hidup saya sepi.

10. Adsa Zhelykhawardani, yang sudah mendampingi penulis dari awal hingga akhir penulisan, menjadi tempat bersandar, mengeluh untuk meminta saran, dan menjadi guru, teman, serta berjuang bersama dimulai dari titik ini. 11. Teman-Teman Kelas C Fakltas Hukum Universitas Muhammadiyah

Maalang Angkatan 2016, terima kasih atas kebersamaan dan kehangatan dalam canda tawa selama penulis menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang.

Malang, 20 Oktober 2020

(11)

xi DAFTAR ISI

LEMBAR COVER/HALAMAN SAMPUL LUAR ... i

LEMBAR COVER/HALAM SAMPUL DALAM ... ii

LEMBAR PENGESAHAN ... iii

LEMBAR PENGESAHAN ... iv SURAT PERNYATAAN... v UNGKAPAN PRIBADI ... vi ABSTRAKSI ... vii ABSTRACT ... viii KATA PENGANTAR ... ix

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR LAMPIRAN ... xiv

BAB 1 ... 1 PENDAHULUAN ... 1 A. Latar Belakang ... 1 B. Rumusan Masalah ... 9 C. Tujuan Penelitian ... 9 D. Manfaat Penelitian ... 10 E. Kegunaan Penelitian... 10 F. Metode Penelitian... 11 G. Sistematika Penulisan ... 14 BAB II ... 16 TINJAUAN PUSTAKA ... 16

A. Tinjauan Umum Penegakan Hukum ... 16

1. Pengertian Penegak Hukum ... 16

2. Teori Penegakan Hukum ... 16

3. Faktor Yang Mempengaruhi Penegak Hukum ... 18

B. Tinjauan Umum Tentang Tindak Pidana ... 27

1. Pengertian Tindak Pidana ... 27

2. Unsur Tindak Pidana ... 29

(12)

xii

D. Tinjauan Tentang Jual Beli Online ... 34

E. Tinjauan Tentang Media Sosial ... 36

F. Tinjauan Tentang Instagram ... 37

G. Tinjauan Tentang Perlindungan Hukum ... 38

BAB III ... 42

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ... 42

A. Profil Polda Jawa Timur... 42

B. Upaya penegakan hukum terhadap Tindak Pidana Penipuan jual beli online melalui media sosial instagram di wilayah hukum Polda Jawa Timur ... 47

C. Faktor kendala penegakan hukum terhadap Tindak Pidana Penipuan jual beli online melalui media sosial instagram di wilayah hukum Polda Jawa Timur ... 63 BAB IV ... 73 PENUTUP ... 73 A. Kesimpulan ... 73 B. Saran ... 75 DAFTAR PUSTAKA ... 77 Lampiran ... 79

(13)

xiii DAFTAR LAMPIRAN

1) Surat Tugas

2) Kartu Kendali Bimbingan Tugas Akhir 3) Berita Acara

4) Surat Izin Observasi 5) Data Jumlah Kasus 6) Dokumentasi Penelitian

(14)

xiv DAFTAR PUSTAKA

BUKU

Ahmad M. Ramli,2004, Cyber Law Dan HAKI Dalam Sistem Hukum Indonesia, Refika Aditama , Bandung,

Alvin S Johnson. 2004.SosiologiHukum.RinekaCipta. Jakarta.

Andi Hamzah. 2001. Bunga Rampai Hukum Pidana dan Acara Pidana. Ghalia Indonesia Jakarta

Bambang Purnomo, 1998, Pola Dasar Teori Asas Umum Hukum Acara Pidana, Liberty,Yogyakarta,

Barda Nawawi Arief, 2010, Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana:

(Perkembangan Penyusunan Konsep KUHP Baru), Edisi Pertama, Cetakan ke-2, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Barda Nawawi Arief.2002. Kebijakan Hukum Pidana. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung

Barda Nawawi Arief, 2001, Masalah Penegakan Hukum Dan

KebijakanPenanggulangan Kejahatan, Penerbit PT. Citra Aditya Bakti, Bandung,

C.S.T. Kansil dan Christine S.T. Kansil. 2004. Pokok-pokok Hukum Pidana, Jakarta, Pradnya Paramita,

Daryanto, 2004, Memahami Kerja Internet, Bandung : Yrama Widya,

Dikdik M. Arief Mansur, 2005, Cyber Law-Aspek Hukum Teknologi Informasi, Refika Aditama, Bandung,

Erna widjajati. 2012. Pengantar Ilmu Hukum. Jalur. Jakarta

H. Abdul Wahid, Mohammad Labib, 2005, Kejahatan Mayantara, Refika Aditama, Bandung

Jimly Asshiddiqie dan Ali Safa’at.2012.Teori Hans Kelsen tentang Hukum. KonPress. Jakarta

John Naisbitt, Nana Naisbitt dan Douglas Philips, High Tech, High Touch, 2001, Pencarian Makna ditengah Perkembangan Pesat Teknologi, Mizan,

Bandung

Moeljatno.2007. KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana), Bumi Aksara, Jakarta

M. Nisrina, Bisnis Online, 2015, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Kobis, Yogyakarta,

(15)

xv Moh. Mahfud MD. 2010. Perdebatan Hukum Tata Negara Pasca Amandemen

Konstitusi. Rajawali Pers. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Niniek Suparni, 2009, Cyberspace: Problematika dan Antisipasi Pengaturannya, Sinar Grafika, Jakarta

P.A.F. Lamintang, 1996. Dasar-Dasar Hukum Pidana Indonesia. PT. Citra Adityta Bakti. Bandung.

Peter Salim dan Yanny Salim, 1991, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Jakarta : Medern English Press

Roeslan Saleh, 1990, Perbuatan Pidana dan Pertanggungjawaban Pidana. Aksara Baru, Jakarta

S, Ananda. 2009. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kartika, Surabaya Satijipto Raharjo. 2000. Ilmu Hukum. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Sidiq Sunaryo, 2012, Pedoman Penulisan Hukum, Fakultas Hukum umm. Soerjono Soekanto. 2019, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penegakan

Hukum. Raja Grafindo Persada. Depok

Soerjono Soekanto.1990. Sosiologi Sebagai Suatu Pengantar. Rajawali Persada. Jakarta.

S.R. Sianturi.2002 Asas-asas Hukum Pidana di Indonesia dan Penerapan, Cet. 3, Jakarta Storia Grafika

Sudarto. 1990. Hukum Pidana I, Semarang, Yayasan Sudarto

Sugandhi, R. 1980, Kitab Undang-undang Hukum Pidana dan Penjelasannya, Usaha Nasional, Surabaya

Widodo, 2009, Sistem Pemidanaan Dalam Cyber Crime, Laksbang Mediatama, Yogyakarta

JURNAL

Hikmahanto Juwono. 2006. Penegakan hokum dalam kajian Law and

development :Problem dan fundamen bagi Solusi di Indonesia. Jurnal Varia Peradilan. Jakarta. No.244. hal. 13

Melisa Monica Sumenge, 2013, PENIPUAN MENGGUNAKAN MEDIA

INTERNET BERUPA JUAL-BELI ONLINE, Lex Crimen Vol. II.No.4 hal 107

Gusti Ngurah Aditya Lesmana, Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA), (

(16)

xvi Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia). hal, 10-11

PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

WEBSITE

Yudha Pratomo,2019, APJII : Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa, https://tekno.kompas.com/ Di akses pada 13 Juli 2020 Siber Polri, 2019, Statistik Jumlah Laporan Polisi yang dibuat masyarakat,

https:// patrolisiber.id/ Di akses pada 13 Juli 2020

Didi N, 2020, Mahasiswi di Mojokerto Jadi Korban Penipuan Penjualan Masker Online, https://surabaya.liputan6.com/ Di akses pada 13 Juli 2020

Sany Eka Putri, 2016, Mahasiswa Kabupaten Malang Tertipu Jual-Beli Online di Instagram, Kalian Harus Waspada Ker!,

https://Suryamalang.tribunnews.com/ Di akses pada 18 Juli 2020 Jimly,2012, Penegakan Hukum, https://www.jimly.com/. diakses 12 agustus

2020.

Perpustakaa universitas sumatra utara, 2019, Pengertian Sejarah dan Fasilitas-fasilitasnya, http:/www.Library, Usu. ac.id/ modules, diaksespada : 20 Agustus 2020.

Kamus Besar Bahasa Indoesia (KBBI) Online. https://kbbi.web.id/perlindungan. diakses pada tanggal 25 September 2020

(17)

xvii Wawancara dengan Kompol Kurniawan Wulandono, S.H.,M.H ( KANIT II

SUBDIT V SIBER Polda Jawa Timur ) pada tanggal 3 Agustus 2020 di Polda Jawa Timur Surabaya.

(18)

Referensi

Dokumen terkait

Laporan grading PK yang telah diotorisasi oleh Direktur Kelompok, akan diserahkan pada Direktorat PSDM untuk dilakukan posting laporan PK. Posting dilakukan dengan membaca

Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar ibu memiliki pengetahuan dan sikap yang baik tentang imunisasi.Status imunisasi balita sebagian besar lengkap.Terdapat

4.3.3 Pada peserta didik dengan minat belajar tinggi, perbedaan hasil belajar senam lantai antara yang mengikuti model pembelajaran PBL dan yang mengikuti

Metode penelitian melalui Penilaian Tindakan Kelas atau PTK dengan dua siklus yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dilaksanakan terkait dengan

Hasil penelitian (Tabel 7) menunjukkan motif pemilihan tempat berbelanja buah berpengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian buah di Pasar Arengka dan Giant

Alhamdulillahi rabbil 'alamin, puji syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, berkat, rahmat dan karunia serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Tugas

(3) Peran guru dalam merencanakan pembelajaran dalam menstimulasi motorik halus pada anak usia 5- 6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Kecamatan Pontianak Tenggara yaitu