PENGARUH PENGAMBILAN KEPUTUSAN SECARA INDIVIDU DAN BERKELOMPOK TERHADAP KEPUTUSAN OLEH MAHASISWA AKUNTANSI YANG BELUM BEKERJA DAN SUDAH BEKERJA

Teks penuh

(1)

Skripsi

PENGARUH PENGAMBILAN KEPUTUSAN SECARA INDIVIDU DAN BERKELOMPOK TERHADAP KEPUTUSAN OLEH MAHASISWA

AKUNTANSI YANG BELUM BEKERJA DAN SUDAH BEKERJA (Studi Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

Diajukan untuk memenuhi syarat guna mencapai gelar Sarjana Akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata

Semarang

Livia Margarita 12.60.0005

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata

Semarang 2016

(2)

Skripsi dengan judul:

Pengaruh Pengambilan Keputusan Secara Individu dan Berkelompok Terhadap Keputusan Oleh Mahasiswa Akuntansi Yang Belum Bekerja Dan

Sudah Bekerja

(Studi Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

Oleh : Livia Margarita

12.60.0005

Disetujui dan diterima baik oleh pembimbing: Semarang, 4 Februari 2016

Pembimbing

(3)

Telah diterima dan disahkan oleh panitia penguji pada : Rabu, 17 Februari 2016 skripsi dengan judul:

Pengaruh Pengambilan Keputusan Secara Individu dan Berkelompok Terhadap Keputusan Oleh Mahasiswa Akuntansi Yang Belum Bekerja dan

Sudah Bekerja

(Studi Eksperimen pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Soegijapranata Semarang)

Oleh : Livia Margarita

12.60.0005 Tim Penguji

Dr.Monika Palupi Murniati,SE.MM. Stephana Dyah Ayu R.,SE.M.Si. Ranto P Sihombing,SE.,M.Si.

Mengetahui,

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata

Sentot Suciarto Athanasius, Ph.D

(4)

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI

Saya yang bertanda tangan dibawah ini dengan sesungguhnya menyatakan bahwa skripsi dengan judul:

PENGARUH PENGAMBILAN KEPUTUSAN SECARA INDIVIDU DAN BERKELOMPOK TERHADAP KEPUTUSAN OLEH MAHASISWA

AKUNTANSI YANG BELUM BEKERJA DAN SUDAH BEKERJA

Benar-benar merupakan karya saya. Saya tidak mengambil sebagian atau seluruh karya orang lain yang seolah-olah saya akui sebagai karya saya. Apabila saya melakukan hal tersebut, maka gelar dan ijazah yang saya peroleh dinyatakan batal dan dan akan saya kembalikan kepada Universitas Katolik Soegijapranata.

Semarang, 17 Februari 2016

Yang menyatakan,

(5)

MOTTO DAN PERSEMBAHAN

―Tidak perlu memiliki background yang luar biasa, cukup dengan memiliki mimpi yang luar biasa dan mengandalkan Tuhan Yesus Kristus yang luar biasa‖

―Pray for what you do, and do for what you pray‖

―BERSYUKUR adalah kata paling simple atas karunia yang diberikan oleh Bapa‖ ―God is working in your life right now, in ways you cannot understand‖

―Keep pray and do the best!‖

―Belajar adalah suatu proses, jika salah PERBAIKI lagi, jika jatuh BANGUN lagi, jika kalah COBA lagi, jika gagal BANGKIT lagi!‖

―Amsal 23:18- Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang‖

―Pengkhotbah 3:11a- Ia membuat segala sesuatu indah pada waktuNya‖ ―In the name of God, and of The Son, and of The Holy Spirit‖ Skripsi ini saya persembahkan untuk :

Tuhan Yesus Kristus, Bunda Maria, Santo Yusuf, dan Bunda Teresa Tersayang dan Tercinta,

Semua Orang Kudus Tersayang dan Tercinta, Papah serta Mamah Tersayang dan Tercinta,

Leonardus Danny Erawan serta Gisela Novia Dewi Tersayang dan Tercinta, (Alm) Engkong serta (Alm) Ema dan Keluarga Besar Tersayang dan Tercinta, Calon teman hidup.

(6)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yesus Yang Maha Esa atas seluruh berkat dan rahmat yang berkelimpahan-Nya lah penyusunan dan penulisan skripsi dengan judul "PENGARUH PENGAMBILAN KEPUTUSAN SECARA INDIVIDU DAN BERKELOMPOK TERHADAP KEPUTUSAN OLEH MAHASISWA AKUNTANSI YANG BELUM BEKERJA DAN SUDAH BEKERJA‖ dapat terselesaikan dengan baik dan lancar. Skripsi ini disusun guna memenuhi syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang. Penulis memilih menyusun skripsi dengan topik ini karena penulis ingin menguji kembali apakah pengambilan keputusan pada para akuntan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan di masa depan yang akan diterapkan pada mahasiswa akuntansi Unika Soegijapranata Semarang untuk memperluas generalisasi penelitian.

Skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik tentu tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Untuk itu peneliti mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1. Tuhan Yesus Kristus, Bunda Maria, dan Bunda Teresa yang selama proses penulisan skripsi sudah menguatkan, menyertai, melancarkan dan memudahkan, serta memberikan berkat dan rahmatNya yang tak berkesudahan kepada penulis.

2. Bapak Drs. Sentot Suciarto A, MP, Ph. D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata atas izinnya untuk

(7)

menggunakan seluruh fasilitas pembelajaran yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

3. Bapak Ranto P Sihombing, SE., M.Si, selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktunya selama dua semester untuk memberikan bimbingan, dukungan, masukan dan saran-saran sehingga penulis dapat menyelesaikan penyusunan dan penulisan skripsi ini dengan baik.

4. Ibu Dr.Monika Palupi Murniati, SE,. MM. dan Ibu Stephana Dyah Ayu R., SE., M.Si, selaku dosen penguji yang telah meluangkan waktunya dan sudah bersedia mereview skripsi ini dengan memberikan masukan-masukan agar penyusunan dan penulisan skripsi ini menjadi lebih baik.

5. Bapak dan Ibu Dosen serta Karyawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata yang juga telah membantu penulis selama masa perkuliahan.

6. Teman-teman Akuntansi Unika Soegijapranata yang sudah bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi responden dalam penelitian ini sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan skripsi dengan baik. 7. Papah dan Mamah saya tercinta yang sudah mendoakan saya,

memberikan semangat, memotivasi, mendampingi saya hingga saya dapat dinyatakan sebagai seorang sarjana, serta Leonardus Danny Erawan dan Gisela Novia Dewi, (Alm) Engkong dan (Alm) Ema dan

(8)

seluruh keluarga besar saya yang telah banyak memberi dukungan, memotivasi, dan mendampingi saya selama penyelesaian skripsi ini. 8. Partner eksperimen sekaligus sahabat seperjuangan saya, Anna

Mutiara yang sudah meluangkan waktunya ikut membantu kegiatan eksperimen saya, mengolah data, saling mendoakan, dan berusaha bersama, saling memberikan semangat, dukungan, saling memotivasi, serta selalu menemani di saat suka maupun duka dalam penulisan skripsi ini.

9. Kedua sahabat terbaik saya, Carolina Dora Artasih dan Marselina Hamijaya yang telah memberikan semangat, dukungan, memotivasi, meluangkan waktunya untuk membantu, menemani saya saat suka dan duka dalam penulisan skripsi, dan mendampingi, serta mendoakan saya hingga akhir penulisan skripsi saya.

10.Teman-teman kos dan teman-teman seperjuangan saya, Erdina Maya, Henni Pratiwi, Levina Santoso, Natalia Cynthia, dan Yonada Kusumaningtyas yang juga telah memberikan semangat, dukungan, menguatkan, memotivasi, menghibur dan menemani di saat suka maupun duka selama di kos, dan yang terpenting sudah mendoakan saya hingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan penulisan skripsi ini dengan baik.

11.Teman-teman dalam Kristus, teman-teman Tuwagapat, sekaligus teman seperjuangan dan sepermainan, Steven Septianto dan Antonius Seloaji yang sudah memberikan semangat, dorongan, masukan dan

(9)

nasihat, mendoakan, dan terutama menghibur saya saat sedang berduka dalam penulisan skripsi hingga akhirnya saya dapat menyelesaikan skripsi ini dengan baik.

12.Teman baik saya, Wijayanti Juniarti, Prisila Kartin dan Hendra Haryanto yang selama penulisan skripsi sudah mau mendengarkan keluhan skripsi, memberikan masukan, saran, memberi semangat dan dukungan, membantu dalam pengerjaan kisi-kisi komprehensif, serta memberi motivasi melalui Ayat-Ayat Kitab Suci, dan terutama sudah mendoakan saya hingga akhir penulisan skripsi saya.

13.Teman-teman Orang Muda Katolik (OMK) yang juga sudah memberikan semangat, memberikan dukungan, memotivasi, ikut mendoakan juga hingga akhir penulisan skripsi saya.

14.Teman-teman Akuntansi Angkatan 2012 yang selama ini telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penulisan skripsi.

15.Semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu dan telah membantu penulis selama ini dalam menyelesaikan skripsi.

(10)

Penulis menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam penulisan skripsi ini, oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan masukan yang berguna untuk memperbaiki skripsi ini. Penulis juga mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata yang menyinggung sebagian pihak dalam skripsi ini baik dianggap sengaja maupun tidak sengaja. Akhir kata, semoga skripsi ini bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih dan Berkah Dalem.

Semarang, 17 Februari 2016

Penulis,

(11)

DAFTAR ISI

Halaman Judul ... i

Halaman Persetujuan... ii

Halaman Pengesahan ... iii

Pernyataan Keaslian Skripsi... iv

Motto dan Persembahan... v

Kata Pengantar... vi

Daftar Isi ... xi

Daftar Tabel... xiv

Abstraksi... xvi

BAB I Pendahuluan ... 1

1.1 Latar Belakang ... 1

1.2 Perumusan dan Batasan Masalah ... 7

1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian ... 7

1.4 Sistematika Penulisan ... 8

BAB II Landasan Teori ... 10

(12)

2.1.1 Moral dan Etika ... 10

2.1.2 Model Empat Komponen ... 12

2.1.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Etis ... 14

2.1.4 Keputusan Kelompok ... 15

2.1.5 Pemikiran Kelompok (Groupthink)... 17

2.1.6 Akuntansi ... 18

2.1.7 Mahasiswa Jurusan Akuntansi ... 19

2.1.8 Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi ... 20

2.1.9 Etika Profesi ... 21

2.1.10 The risk-shift phenomena (RSP) ... 22

2.2 Pengembangan Hipotesis ... 23

2.3 Kerangka Pikir ... 27

BAB III Metode Penelitian ... 28

3.1 Definisi Operasional Variabel Penelitian ... 28

3.2 Metode Penelitian ... 31

3.3 Model Penelitian ... 32

(13)

3.5 Metode Analisis Data ... 43

BAB IV Hasil Analisis ... 46

4.1 Gambaran Umum Responden... 46

4.2 Analisis Data dan Uji Hipotesis... 53

4.3 Analisis dan Pembahasan... 76

BAB V Penutup ... 81 5.1 Kesimpulan ... 81 5.2 Keterbatasan ... 84 5.3 Saran ... 85 Daftar Pustaka ... 86 Lampiran ... 90 1. Hasil Pengujian ... 90

2. Data Analisis Tambahan ... 105

3. Instrumen Penelitian ... 121

(14)

DAFTAR TABEL

Tabel 4.1 Distribusi Instrumen Penelitian... 47

Tabel 4.2 Profil Responden Mahasiswa Akuntansi Belum Bekerja... 48

Tabel 4.3 Profil Responden Mahasiswa Akuntansi Sudah Bekerja... 50

Tabel 4.4 Statistik Deskriptif Variabel Penelitian (Mahasiswa Akuntansi Belum Bekerja)... 53

Tabel 4.5 Statistik Deskriptif Variabel Penelitian (Mahasiswa Akuntansi Sudah Bekerja)... 55

Tabel 4.6 Hasil Pengujian Reliabilitas (Mahasiswa Belum Bekerja)... 57

Tabel 4.7 Hasil Pengujian Reliabilitas (Mahasiswa Sudah Bekerja)... 57

Tabel 4.8 Hasil Pengujian Validitas (Mahasiswa Belum Bekerja)... 58

Tabel 4.9 Hasil Pengujian Validitas (Mahasiswa Sudah Bekerja)... 59

Tabel 4.10 Hasil Uji Beda Antara Individu dan Kelompok dalam Pengambilan Keputusan Etis (Mahasiswa Belum Bekerja)... 61

Tabel 4.11 Hasil Uji Beda Antara Individu dan Kelompok dalam Pengambilan Keputusan Etis (Mahasiswa Sudah Bekerja)... 63

(15)

Akuntansi Belum Bekerja dan Sudah Bekerja)... 65

Tabel 4.13 Statistik Deskriptif untuk Kategori Kelompok Antara Mahasiswa Akuntansi Belum Bekerja dan Sudah Bekerja)... 67

Tabel 4.14 Hasil Uji Beda untuk Kategori Individu dalam Pengambilan Keputusan Etis (Mahasiswa Akuntansi Sudah Bekerja dan Belum Bekerja) 69

Tabel 4.15 Hasil Uji Beda untuk Kategori Kelompok dalam Pengambilan Keputusan Etis (Mahasiswa Akuntansi Sudah Bekerja dan Belum Bekerja) 71

Tabel 4.16 Hasil Uji Beda Kategori Individu dan Kelompok berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, dan Lama Belajar (Mahasiswa Akuntansi Sudah Bekerja dan Belum Bekerja)... 73

(16)

ABSTRAKSI

Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh O’Leary dan Pangemanan pada tahun 2007. Penelitian ini telah dimodifikasi oleh peneliti untuk mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh individu dan kelompok dalam pengambilan keputusan etis pada mahasiswa akuntansi. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang masih aktif kuliah dan belum maupun sudah memiliki pengalaman bekerja.

Penelitian ini menggunakan teknik purposive judgment sampling dalam menentukkan sampel dan pengumpulan data. Data dikumpulkan melalui kegiatan eksperimen terhadap 90 mahasiswa akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Soegijapranata Semarang. Data yang telah didapatkan oleh peneliti dianalisis menggunakan Paired Sampe T-Test dengan software SPSS 17.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua hipotesis yang diajukan oleh peneliti telah diterima. Hipotesis pertama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam tanggapan etika mahasiswa akuntansi yang belum bekerja baik dari segi kelompok maupun individu, dan hipotesis kedua dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam tanggapan etika mahasiswa akuntansi yang sudah bekerja baik dari segi kelompok maupun individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mahasiswa akuntansi belum bekerja, secara individu cenderung lebih memilih jawaban etis dan secara kelompok cenderung lebih memilih jawaban tidak etis dalam keseluruhan skenario etis yang ada. Sedangkan untuk mahasiswa akuntansi yang sudah bekerja, secara individu cenderung lebih memilih jawaban tidak etis, dan secara kelompok lebih memilih jawaban etis. Implikasi dari penemuan ini, maka sehubungan dengan program akuntansi untuk lebih memperhatikan masalah etika dalam kelompok kerja. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan yang tepat pada mahasiswa akuntansi untuk bekerja dalam kelompok.

Keywords : Kelompok, Individu, Pengambilan Keputusan Etis, Mahasiswa

Figur

Tabel 4.13 Statistik Deskriptif untuk Kategori Kelompok Antara Mahasiswa  Akuntansi Belum Bekerja dan Sudah Bekerja)........................................

Tabel 4.13

Statistik Deskriptif untuk Kategori Kelompok Antara Mahasiswa Akuntansi Belum Bekerja dan Sudah Bekerja)........................................ p.15

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :