BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (AANWIJZING) DAN ADDENDUM DOKUMEN PEMILIHAN

Teks penuh

(1)

BERITA ACARA PENJELASAN PEKERJAAN (AANWIJZING)

DAN ADDENDUM DOKUMEN PEMILIHAN

PENGADAAN BIBIT UNTUK KEPERLUAN REBOISASI SELUAS 100 HA DI BLOK A

HUTAN LINDUNG SUNGAI MAHATO DESA SIMPANG HARAPAN

KEC. TAMBUSAI UTARA KAB. ROKAN HULU

PADA SKPD DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN ROKAN HULU

Nomor : 8.03.2/BA/DISHUTBUN/POKJA 2/X/2011

Pada hari ini, Kamis tanggal Tiga November bulan November tahun Dua Ribu Sebelas, pada Pukul 10.30 WIB di Sekretariat Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemda Rokan Hulu (Gedung Pemuda), kami yang bertanda tangan dibawah ini POKJA 2 Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/Jasa Pemerintah Daerah Rokan Hulu yang diangkat berdasarkan Surat Keputusan Bupati Rokan Hulu No. 3 Tahun 2011 tanggal 5 Januari 2011 tentang Pembentukan Susunan Personil Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa Kabupaten Rokan Hulu TA. 2011 telah melaksanakan Penjelasan Kantor (Aanjwizing) bersama-sama dengan Rekanan peserta Pelelangan Umum dengan :

Pimpinan Rapat : SAMSUL KAMAR, S.Hut Jabatan : Ketua Pokja 2

Penjelasan Umum dan Administrasi : SAMSUL KAMAR, S.Hut Jabatan : Ketua Pokja 2

Penjelasan Teknis : SAMSUL KAMAR, S.Hut Jabatan : Ketua Pokja 2 • Notulen Rapat : DONNY AHYU Jabatan : Sekretaris Adapun Paket-Paket Kegiatan yang dilakukan penjelasannya pada waktu ini adalah :

NO NAMA PAKET SKPD HPS SUB BIDANG

1. Pengadaan Bibit untuk Keperluan Reboisasi Seluas 100 Ha di Blok A Hutan Lindung Sungai Mahato Desa Simpang Harapan Kec. Tambusai Utara Kab. Rokan Hulu

DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN Rp. 273.240.000,- Bibit Tanaman/Sarana Kehutanan

Adapun pokok-pokok penjelasan dan perubahan serta penambahan yang akan dipenuhi/dilaksanakan oleh calon penyedia Barang/Jasa sebagai berikut :

1. Proses Pelelangan dilakukan berpedoman pada Peraturan Presiden nomor 54 Tahun 2011.

2.

Pekerjaan ini terbuka untuk perusahaan kecil dengan sub bidang Bibit Tanaman/Sarana Kehutanan atau izin usaha yang sesuai yang diterbitkan oleh pihak yang berwenang

3.

Metode Pelelangan/Pemilihan Penyedia Barang/Jasa yang digunakan adalah metode Pelelangan Umum dengan Pasca Kualifikasi. Yakni metode pemilihan Penyedia Barang/Jasa Lainnya yang dapat diikuti oleh semua Penyedia Barang/ Jasa Lainnya yang memenuhi syara

t.

4.

Metode penyampaian/pemasukan dokumen penawaran adalah metoda satu sampul. Metoda satu sampul yaitu penyampaian dokumen penawaran yang terdiri dari persyaratan administrasi, usulan teknis dan penawaran harga yang dimasukkan kedalam 1 (satu) sampul tertutup kepada Panitia Pengadaan. Caranya yakni Penawaran disampaikan dalam dua Rangkap yang terdiri dari 1 (satu) dokumen Asli dan 1 (satu) dokumen Rekaman. Dokumen asli dan rekaman agar diberi Tanda ”ASLI” dan ”REKAMAN”. Kemudian Dokumen Asli dan Rekaman dimasukkan kedalam sampul Tertutup dan diberi tanda ”DOKUMEN PENAWARAN”, nama paket pekerjaan, nama dan alamat Peserta, serta ditujukan kepada Pokja 2 ULP Pemda Kab. Rokan Hulu. Ketentuan ini merupakan penyempurnaan dari ketentuan yang termuat dokumen pemilihan sebelumnya atau menyesuaikan dengan Perpres nomor 54 Tahun 2010 Lampiran II.

5. Kelengkapan dokumen yang harus dibuat dan dilampirkan oleh peserta adalah, yakni ; 1. Surat Penawaran

Ketentuan surat penawaran harus sesuai dengan penjelasan pada Hal 14 - hal 22 Dokumen Pelelangan ini

(2)

2. Surat Jaminan Penawaran Asli.

Ketentuan jaminan penawaran harus sesuai dengan halaman 14, 17, 22 dan 23 (lihat contoh Hal 42 atau 43 pada Dokumen Pelelangan)

3.

Daftar Kuantitas dan Harga serta Rekapitulasinya (Lihat Hal 91 pada Dokumen)

Formulir daftar kuantitas dan harga dapat dilihat pada halaman 91

4.

Dokumen Isian Kualifikasi ( lihat contoh formulir hal 47 s/d 53)

5.

Formulir Rekapitulasi perhitungan TKDN (dalam hal tidak dibuat tidak menggugurkan).

6.

Fakta Integritas ( pilih yang sesuai sebagaiman contoh hal 44- 46)

(Fakta integritas harus lah dibuat. Untuk mengisi point 2 pada contoh format fakta integritas tersebut maka rekanan dapat menulis dengan artenatif kalimat berikut :

Versi 1 :

akan melaporkan kepada

APIP DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KAB.

ROKAN HULU yang bersangkutan dan/atau LKPP

apabila mengetahui ada

indikasi KKN dalam proses pengadaan ini.

Versi 2 :

akan melaporkan kepada

INSPEKTORAT KAB. ROKAN HULU dan/atau LKPP

apabila mengetahui ada indikasi KKN dalam proses pengadaan ini

Versi 3 :

akan melaporkan kepada APIP (

INSPEKTORAT KAB. ROKAN HULU) yang

bersangkutan dan/atau LKPP

apabila mengetahui ada indikasi KKN dalam

proses pengadaan ini

7. Surat Pernyataan tertulis bahwa perusahaan yang bersangkutan dan

managemennya tidak dalam pengawasan pengadilan, tidak pailit, kegiatan

usahanya tdaik sedang diberhentkan dan atau direksi yang berindak untuk dan atas

nama perusahaan atau peserta perseorangan tidak sedang dalam menjalani sangsi

pidana.

(Surat Pernyataan ini boleh tidak dibuat rekanan sepanjang subtansi dari pernyataan diatas

sudah tercantum pada formulir isian kualifikasi (halaman depan formulir isian

kualifikasi).Namun apabila subtansi dari penyataan diatas tidak tercantum pada formulir

isian kualifikasi maka surat pernyataan ini wajib dibuat dan menggugurkan.)

8.

Dokumen Usulan Teknis (Lihat halaman 40 dokumen pemilihan), minimal terdiri dari ;

Metode pelaksanaan Pekerjaan dirinci secara jelas setiap tahapan palaksanaan

pekerjaan.

Pekerjaan ini pada prinsibnya bukanlah hanya pekerjaan pengadaan Barang namun adalah pekerjaan pengadaan barang yang memerlukan keahlian/ketrampilan khusus yang apa bila tidak dimiliki oleh rekanan maka dapat menyebabkan kerugian baik bagi rekanan (kerugian) maupun bagi pengguna barang (Kegagalan kegiatan). Maka metode pelaksanaan menjadi bagian penting untuk dinilai pada pekerjaan ini. Metode Pelaksanaan harus mengambarkan bahwa rekanan memahami pelaksanaan kegiatan ini. Metode pelaksanaan minimal menyampaikan tahapan-tahapan sebagaimana yang diminta pada dokumen pemilihan. Mulai dari seleksi bibit, pembelian, pengepakan/pengiriman, dan pemeliharaan di tempat penampungan sementara

 Spesifikasi Teknis.

Spesifikasi minimal sama dengan yang ada di dokumen pemilihan. Spesifikasi yang dibawah spesifikasi tersebut dinyatakan gugur.

Jadwal waktu pelaksanaan pekerjaan dirinci secara detail setiap tahapan pelaksanaan pekerjaan

(3)

Jadwal pelaksanaan tidak boleh melewati 35 (Tiga puluh Lima) Hari kalender. Ketentuan jadwal pelaksanaan/pengiriman barang sesuai dengan yang sudah diterangkan pada dokumen pemilihan.

Identitas (jenis, tipe dan merek) yang ditawarkan harus jelas

Jenis dan spesifikasi bibit yang ditawarkan oleh rekanan harus jelas. Dalam hal ini rekanan diminta untuk melampirkan foto dokumentasi atau apapun yang dapat membuktikan bahwa rekanan memiliki barang yang ditawarkan. Tetap seperti yang ada di dokumen

Jaminan Purna Jual atau Surat Pernyataan kesiapan untuk merawat dan menganti bibit yang rusak/cacat

Surat pernyataan dibuat bermatrai , ditandatangani dan diberi nama yang jelas. Dalam hal tidak dibuat bermatrai maka pada saat klarifikasi harus dibubuhi dengan 2 matrai Rp.

6000,-Tenaga Teknis

Rekanan wajib memiliki tenaga teknis/personalia yang berkualifikasi dibidang

pembibitan. Minimal tamatan SKMA/SPMA. Kualifikasi pendidikan diatasnya (S-1 Kehutanan, Pertanian) adalah lebih baik. Apabila rekanan tidak memiliki tenaga dengan lulusan pendidikan tersebut maka dapat digantikan dengan tenaga trampil lulusan apapun sepanjang dapat membuktikan memiliki ketrampilan dibidang pembibitan. (Lampirkan sartifikat keahliannya yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang)

 Peralatan Teknis

Rekanan wajib memiliki (atau disewa) kendaraan Double gardan (1 unit) dan truck (2 unit). Rekanan yang tidak memiliki kendaaraan ini dinyatakan gugur. Hal ini mengingat tempat penampungan sementara dengan kondisi cuaca yang tidak mendukung hanya dapat dilalui oleh kendaraan double gardan

Surat Jaminan Suplay

Dalam hal rekanan tidak memiliki usaha pembibitan sendiri/(tidak memiliki BPTH, TRUP PENANGKAR, SURAT KETERANGAN PENDAFTARAN SEBAGAI PEDAGANG BENIH BINA) maka wajib memiliki surat jaminan suplay. Ketentuan surat jaminan suplay sesuai dengan ketentuan yang diuraikan pada point 15 halaman 16.

Alamat rekanan harus jelas dan mudah dijumpai/ Lengkapi surat jaminan suplai dengan nomor HP/telepon pemberi jaminan suplay dan Denah Lokasi. Alamat yang tidak jelas tertera pada dokumen jaminan suplay atau pendukung lainnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab rekanan.

Surat Pernyataan siap mengantar bibit sampai ke lokasi

Mengingat kondisi jalan menuju lokasi jalan tanah podsolik merah kuning, dan ada kemungkinan dilangsir yang dapat menyebabkan kegagalan pelaksanaan kegiatan maka surat pernyataan ini bersifat subtansial dan menggugurkan. Surat pernyataan dibuat bermatrai 6.000 (dalam hal tidak dibuat bernatrai maka pada saat klarifikasi dibuat dengan 2 matrai 6000)

BENTUK-BENTUK DOKUMEN YANG DISEDIAKAN OLEH PANITIA SIFATNYA HANYALAH CONTOH YANG DIJADIKAN PEDOMAN BAGI REKANAN DALAM MENYUSUN PENAWARANNYA. REKANAN BOLEH MEMBUAT SENDIRI NAMUN SUBTANSI DARI SETIAP DOKUMEN YANG DIMINTA HARUS DIPENUHI OLEH REKANAN. BENTUK BOLEH BERBEDA NAMUN ISI DAN MAKNANYA HARUS SESUAI.

6.

Pembukaan sampul Penawaran akan dilaksanakan ;

• Masuk Penawaran akan dilaksanakan pada ; Hari/Tanggal : Selasa, 08 November 2011 ; Jam : 08.30 WIB – 12.00 WIB

(4)

Tempat : Sekretariat ULP Pemda Rokan Hulu

• Buka Sampul Penawaran akan dimulai dilaksanakan pada ; Hari/Tanggal : Selasa, 08 November 2011 ;

Jam : 14.00 WIB – selesai

Tempat : Sekretariat ULP Pemda Rokan Hulu

Tatacara pembukaan sampul penawaran dapat dilihat pada Dokumen pelelangan kegiatan ini 7. Tata cara evaluasi kualifikasi mengikuti ketentuan pada dokumen halaman 55 dan perpres 54/2010

8.

Metode Evaluasi yang akan digunakan adalah Sistem Gugur

9. Hal-hal yang menggugurkan penawaran

Dalam hal penawaran tidak memenuhi syarat sebagaimana yang sudah dijelaskan pada halaman 14 sampai dengan halaman 26 pada dokumen pemilihan ini dan ketentuan persyaratan pada risalah aanjwizing ini.

10.

Jenis kontrak yang digunakan adalah HARGA SATUAN.

Pada prinsipnya pengadaan ini sangat tergantung dengan pelaksanaan fisik dilapangan. Sehingga jumlah barang yang akan diterima harus sesuai dengan pesanan dari pengguna barang yang disesuaikan dengan kemajuan pekerjaan dilapangan. Mengingat proses penyiapan lahan, pemasangan ajir, penanaman, penyiangan dan lainnya sangat tergantung dengan cuaca dan kondisi keamanan lahan sehingga kontrak harga satuan dipilih dalam pengadaan ini. Pada prinsipnya bibit- bibit yang diadakan dan dapat diterima dan dibayar adalah dengan persentase sebagaimana yang tertuang pada lingkup pekerjaan ( Karet ± 60%, Mahoni 20%, Nangka/Cembedak 10% dan Matoa 10%). Apabila rekanan mengadakan tidak seimbang maka yang dihitung dan dibayarkan hanya dalam porsentase tersebut.

11.

Sumber Dana DAK APBD Tahun Anggaran 2011

12.

Ketentuan tentang penyesuaian harga ; TIDAK ADA PENYESUAIAN HARGA

13.

Ketentuan dan cara sub kontrak sebahagian pekerjaan kepada usaha mikro dan usaha kecil serta koperasi kecil. Sesuai dengan ketentuan yang diataur pada dokumen pemilihan

14.

Besaran, masa berlaku dan penjamin yang dapat mengeluarkan jaminan sesuai dengan yang tertuang pada LDP dan LDK

15.

Masa berlaku penawaran selama 30 hari kalender dan masa berlaku jaminan penawaran 44 hari kalender.

16.

Pajak 3 bulan terakhir yang digunakan pajak bulan Juli, Agustus, September 17. Ketentuan tentang asuransi dan ketentuan lain yang dipersyaratkan

18. Pengalaman yang dinilai adalah pengalaman dalam satu bidang

19.

Asuransi yang mengeluarkan jaminan adalah asuransi yang sesuai dengan peruntukannya berdasarkan aturan yang berlaku

Setelah penjelasan maka dilanjutkan dengan seksi tanya-Jawab. TANYA- JAWAB

1.

CV. SERAUT

Tanya : Bagaimana jika bibit dari penjamin suplay tersedia namun spesifikasinya hanya beberapa cm dari yang ditetapkan, apakah dianggap benar

Jawab : ‘Tidak. Yang dihitung tersedia 60% adalah adalah bibit yang sesuai dengan spesifikasi. Apabila kurang berarti GUGUR

2. CV. SERAUT

Tanya : Apakah semua perusahaan yang masuk di klarifikasi, apakah satu penyuplai dapat menjamin suplay beberapa perusahaan

Jawab : Tidak. hanya perusahaan yang lulus administrasi dan item-item selain Jaminan suplay yang ada pada evaluasi teknis. Satu penyuplai dapat saja memberi jaminan lebih pada satu penyedia sepanjang jumlah bibitnya tersedia cukup untuk ke semua yang dijamian

(5)

Demikian Berita Acara ini dibuat untuk dipergunakan seperlunya.

Pasir Pengaraian, 03 November 2011 Panitia Pengadaan Barang/Jasa,

Mengetahui :

Peserta Pelelangan Umum 1. SAMSUL KAMAR,S.Hut ……… Ketua/Anggota

1.

CV. 2. DONI AHYU ……… Sekretaris/Anggota

2.

CV. 3. ANDESMAR,S.Pi, M.Si ……… Anggota 4. EDY NURMAN ……… Anggota

5. ANTHONY ANWAR, M.Si ………

(6)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...