• Tidak ada hasil yang ditemukan

PROPOSAL KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2022

Membagikan "PROPOSAL KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT"

Copied!
31
0
0

Teks penuh

(1)

PROPOSAL KEGIATAN

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PENYULUHAN LAYANAN PAJAK ONLINE PADA UMKM DI KOTA TANGERANG

TIM PELAKSANA

Dr. Deden Tarmidi, M.Ak, BKP. / NIDN 0311098304 (Ketua) Feber Sormin, SE, M.Ak, Ak. CA. / NIDN 0303027302 (Anggota)

Muhammad Laras Widyanto, SE, MM, Ak. CA. / NIDN 0312097002 (Anggota)

BIDANG ILMU AKUNTANSI UNIVERSITAS MERCU BUANA

2021

(2)

HALAMAN PENGESAHAN

PROPOSAL KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 1. a. Judul Proposal PPM

b. Judul Penelitian Terdahulu : :

Penyuluhan Layanan Pajak Online Pada UMKM Di Kota Tangerang

Tax Compliance: Impact of Implementation Online Tax Application

2. Ketua Pelaksana

a. Nama Lengkap : Dr. Deden Tarmidi, SE.,M.Ak., BKP.

b. NIDN : 0311098304

c. Jabatan Fungsional : Lektor d. Fakultas/Program Studi

e. Email

: :

Ekonomi dan Bisnis/S1 Akuntansi deden.tarmidi@mercubuana.ac.id 3. Anggota Tim Pengusul

a. Jumlah Anggota : Dosen 2 Orang

b. Nama Anggota / NIDN : 1. Feber Sormin, SE, M.Ak, Ak. CA. / NIDN 0303027302 2. M. Laras Widyanto, MM, Ak. CA. / NIDN 0312097002 4 Mahasiswa

a. Jumlah Mahasiswa b. Nama Mahasiswa / NIM

: :

Mahasiswa 2 Orang

1. Rafki Arrahman / 43219110068

2. Natalia Desy Novitasari / 43218010114 5.

6.

Lokasi Kegiatan a. Wilayah kegiatan b. Kabupaten/kota c. Provinsi

d. Jarak ke Lokasi Kegiatan Nama Mitra

: : : : : :

Kota Tangerang Kota Tangerang Banten

± 30 KM

Pemerintah Daerah Kota Tangerang 7. Luaran yang dihasilkan : Publikasi Media Masa & Jurnal PKM 8. Jangka Waktu Pelaksanaan : 4 Bulan

9. Biaya yang diperlukan : a. Sumber dari PPM UMB

b. Sumber Mitra (inkind)

: :

Rp 4.000.000

Rp. 4.000.000 (Komunikasi, Lapangan) Jakarta, 11 Desember 2021 Mengetahui,

Ketua Program Studi S1 Akuntansi, Ketua Pelaksana,

(Dr. Hari Setiawati, SE., Ak., MSi. CA.) (Dr. Deden Tarmidi, M.Ak. BKP.) NIP/NIK: 609810051 NIP/NIK: 197580722

Menyetujui, Kepala Biro

Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Publikasi

(Dr. Ir. Sarwani Hasibuan, MT) NIP/NIK: 115650472

(3)

DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ... i

DAFTAR ISI... ii

RINGKASAN PROPOSAL ... iii

BAB I PENDAHULUAN ... 1

1.1 Analisis Situasi ... 1

1.2 Permasalahan Mitra ... 3

BAB II SOLUSI DAN TARGET LUARAN ... 5

2.1 Solusi ... 5

2.2 Target Luaran ... 5

BAB III METODE PELAKSANAAN ... 6

3.1 Metode Pelaksanaan ... 6

3.2 Khalayak Sasaran ……… 6

3.3 Metode Evaluasi ... 6

BAB IV BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN ... 8

4.1 Anggaran Biaya ... 8

4.2 Jadwal Kegiatan ... 8

DAFTAR PUSTAKA ... 10

LAMPIRAN... 12

(4)

RINGKASAN

Pajak merupakan pendapatan terbesar yang mendukung pembangunan nasional, yang secara tidak langsung kembali dinikmati oleh Wajib Pajak dan masyarakat secara umum.

Sadar dengan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pajak sebagai pihak yang berwenang mengumpulkan penerimaan pajak pusat terus meningkatkan pelayanan perpajakan kepada publik, baik dari Sumber Daya Manusianya sendiri hingga Sumber Daya lainnya dengan tujuan agar Wajib Pajak terdorong untuk patuh pajak sehingga target penerimaan pajak tercapai. Aplikasi pajak online merupakan terobosan layanan perpajakan yang sudah dimulai sejak 1 dasawarsa lalu yang terus berkembang hingga saat ini.

Meningkatnya pelayanan perpajakan tidak serta merta mendorong masyarakat untuk patuh pajak dan memanfaatkan layanan pajak online tersebut. Khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang umumnya minim mendapatkan informasi dan penyuluhan tentang layanan pajak online tersebut. Terbatasnya sosialisasi yang dilakukan Direktorat Jenderal Pajak dan sistem self asessment yang berlaku di Indonesia menimbulkan jarak yang cukup jauh antara Pemerintah dengan Wajib Pajak dalam penggunaan aplikasi pajak online, ditambah terbatasnya sumber daya manusia yang dimiliki oleh UMKM sehingga informasi tentang adanya aplikasi pajak online, manfaat aplikasi pajak online, serta bagaimana cara mengoperasionalisasi aplikasi pajak online menjadi terbatas. Hal tersebut berdampak cukup tinggi baik pada pemenuhan kewajiban perpajakan dari masyarakat itu sendiri, yang terkadang berujung pada tagihan pajak juga berdampak pada penerimaan pajak negara yang kurang optimal.

Kegiatan penyuluhan ini disampaikan kepada UMKM di wilayah kota tangerang dengan harapan memberikan informasi dan masukan bagi UMKM tentang cara mengoperasionalkan beberapa aplikasi pajak online yang dapat digunakan Wajib Pajak guna mendorong tingkat kepatuhan pajak di Indonesia serta membantu pemerintah dalam meningkatkan penerimaan pajak di Indonesia.

(5)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Analisis Situasi

Tingkat kepatuhan pajak di Indonesia masih tergolong rendah dibanding dengan negara lain, padahal tingkat kepatuhan pajak dapat meningkatkan penerimaan negara (Gurria; Republika.co.id, 2021). Meskipun begitu, Pemerintah terus bertindak aktif baik dengan cara yang menyenangkan seperti pelayanan hingga menakutkan bagi Wajib Pajak seperti pemeriksaan. Modernisasi perpajakan yang dilakukan sejak tahun 2005 mendorong perkembangan layanan perpajakan yang semakin mempermudah Wajib Pajak dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya. Pelayanan di lapangan (Kantor Pelayanan Pajak) dan layanan perpajakan secara online selayaknya diapresiasi oleh semua lapisan masyarakat dan Pemerintah. Saat ini saja, hampir semua layanan perpajakan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Antri di Kantor Pelayanan Pajak untuk lapor pajak, antri di Teller Bank untuk setor pajak dengan kondisi jalanan yang macet dan panas, saat ini sudah jarang dirasakan Wajib Pajak. Karena semua layanan perpajakan dapat dilakukan secara online, meskipun layanan tatap muka atau langsung masih dilayani untuk kasus-kasus tertentu.

Gambar 1. Layanan Pajak Online

Tersedianya layanan pajak online tidak serta merta meningkatkan tingkat kepatuhan pajak di Indonesia, terbatasnya informasi yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Pajak dan terbatasnya kemampuan masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang layanan

eSKD

eReporting

Kring Pajak

eFaktur

KSWP eFilling eBilling eReg

djponline

(6)

pajak ini merupakan salah satu alasannya. Apalagi untuk orang pribadi atau pengusaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini memiliki sumber daya terbatas dalam menjalankan usaha, termasuk UMKM di Kota Tangerang. Di kota tangerang selatan sendiri jumlah pelaku UMKM terus meningkat selama beberapa tahun terakhir dengan berbagai produk yang dijual, baik berupa barang kebutuhan primer, sekunder hingga tersier dan produk jasa (umkm.tangerangkota.go.id).

Gambar 2. Jumlah UMKM Kota Tangerang

Sumber: umkm.tangerangkota.go.id

Dari gambar 2 tersebut tampak jumlah pelaku UMKM di Kota Tangerang terus meningkat, terlebih pada Tahun 2020 terdapat pertumbuhan yang sangat signifikan sehubungan dengan bantuan UMKM dari Pemerintah (Kompas, 2020). Umumnya sektor UMKM bertumpu pada tim marketing dan produksi saja, hingga pencatatan dan perpajakan biasanya dilakukan sederhana atau bahkan tidak diperhatikan (Samsiah & Lawita, 2017).

Hal tersebut memiliki risiko besar di kemudian hari, khususnya pada kewajiban perpajakan.

Kasus pedagang online yang menerima tagihan pajak sebesar Rp. 35 juta berkembang akhir- akhir ini di jagat media sosial (kompas.com, 2021), dengan nilai tagihan pajak sebesar tersebut jika didasarkan pada tarif PPh final sebesar 0,05% sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 maka omset penjualan online pedagang tersebut adalah Rp. 7 Milyar selama 2 Tahun.

Mengingat dari kasus tersebut, dosen akuntansi pajak di Universitas Mercu Buana memiliki kewajiban moral untuk membantu Direktorat Jenderal Pajak dalam penyuluhan operasionalisasi layanan pajak online yang selama ini dapat dimanfaatkan wajib pajak dimanapun dan kapanpun, mengingat Sumber Daya Manusia di Direktorat Jenderal Pajak

9,5 10 10,5 11 11,5 12 12,5

2016 2017 2018 2019

Dalam Jutaan

(7)

juga memiliki jumlah terbatas. Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat Tahun 2022 adalah lanjutan dari kegiatan Pengabdian Masyarakat yang telah dilaksanakan pada awal Tahun 2021 yang mengusung topik tentang ”Sosialisasi Pajak Penghasilan dan Risiko Pemeriksaan Pajak Bagi Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Wilayah Kota Tangerang”.

Dengan adanya penyuluhan operasionalisasi layanan pajak online ini, diharapkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah memiliki pengetahuan dalam penggunaan layanan perpajakan online sehingga mendorong untuk patuh pajak (Sarpingah, et al., 2017;

Syahputra, 2019; Tarmidi, et al., 2017).

Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu diadakan kegiatan yang bersifat informatif dan edukatif dalam hal penggunaan layanan perpajakan online khususnya pada UMKM.

Kegiatan yang akan dilaksanakan ini diharapkan:

1. Membantu Pemerintah dalam penyuluhan operasionalisasi layanan perpajakan online.

2. Membantu Wajib Pajak khususnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan menggunakan layanan pajak online.

1.2 Permasalahan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dipandang perlu mengadakan kegiatan penyuluhan dengan mempertimbangkan permasalahan sebagai berikut:

1. Keterbatasan informasi tentang jenis layanan pajak online dan manfaat penggunaaanya yang diketahui pelaku UMKM

2. Keterbatasan pemahaman dan kemampuan pelaku UMKM dalam penggunaan layanan pajak online

Setelah mengikuti kegiatan penyuluhan operasionalisasi layanan pajak online, diharapkan peserta yang mengikutinya dapat:

1. Mengetahui jenis layanan pajak online dan manfaat penggunaannya.

2. Paham dan mampu menggunakan layanan pajak online dalam menjalankan hak dan kewajiban perpajakannya.

Manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan informasi tentang pengoperasionalan layanan pajak online khususnya bagi pelaku UMKM di wilayah Kota Tangerang. Hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial organisasi sebagai tenaga pendidik di Universitas Mercu Buana serta Pemerintah Daerah Kota Tengerang terhadap masyarakat atau sebagai corporate social

(8)

responsibility serta tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dalam membantu Pemerintah meningkatkan penerimaan negara dari pajak. Dengan terlaksana kegiatan sosialisasi ini diharapkan terjalin hubungan kekeluargaan yang harmonis antara masyarakat sebagai wajib pajak dan pengusaha mikro, kecil dan menengah dengan Universitas Mercu Buana dan Pemerintah Kota Tangerang serta dengan Direktorat Jenderal Pajak dan Pemerintah Pusat sebagai regulator.

(9)

BAB II

SOLUSI DAN TARGET LUARAN

2.1. Solusi

Target kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah agar para pengusaha mikro, kecil dan menengah menjadi faham dan mampu mengoperasionalkan layanan pajak online dan mendorong wajib pajak untuk mematuhi kewajiban pajak menggunakan layanan pajak online. Berikut rincian permasalahan dan solusi dan target dari kegiatan pengabdian ini secara rinci adalah sebagai berikut:

Tabel 2.1

Rincian permasalahan, solusi dan target kegiatan pengabdian

No. Permasalahan Solusi Target

1 Kurangnya pengetahuan tentang jenis layanan pajak online dan kegunaannya

Sosialisasi tentang jenis layanan pajak online dan kegunaannya

Peserta tahu tentang jenis layanan pajak online dan kegunaannya 2 Kurangnya pemahaman dan

kemampuan tentang cara menggunakan layanan pajak online

Penyuluhan cara menggunakan layanan pajak online

Peserta tahu memahami tata cara menggunakan layanan pajak online

2.2. Target Luaran

Selain target tertentu kepada peserta seperti dijelaskan di atas, kegiatan pengabdian masyarakat ini juga direncanakan memiliki luaran sebagai berikut:

Tabel 2.2

Rencana Target Capaian Luaran

No Jenis Luaran Indikator

Capaian 1 Publikasi ilmiah pada jurnal ber ISSN/prosiding 1) Ada 2 Publikasi pada media masa cetak/online/repocitory PT 6) Ada 4 Peningkatan pengetahuan mengenai tata cara penggunaan layanan

pajak online

Ada 9 Hak kekayaan intelektual (Paten, Paten sederhana, Hak Cipta, Merek

dagang, Rahasia dagang, Desain Produk Industri, Perlindungan Varietas Tanaman, Perlindungan Desain Topografi Sirkuit Terpadu) 3) 10 Buku ber ISBN 6)

(10)

BAB III

METODE PELAKSANAAN

3.1. Metode Pelaksanaan

Metode kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan melalui:

1) Metode Sosialisasi: dimana akan dipaparkan jenis-jenis layanan pajak online khususnya eRegistration, eBilling dan eFilling, serta tujuan penggunaannya, sehingga dapat meningkatkan tumbuhnya kesadaran untuk patuh pajak (Herawati, et al., 2018) dengan menggunakan layanan pajak online

2) Metode Demonstrasi: dimana akan dicontohkan tata cara menggunakan layanan pajak online khususnya eRegistration, eBilling dan eFilling, serta tujuan penggunaannya.

3) Metode Praktek/Latihan: dimana peserta akan diberikan kesempatan peserta untuk latihan menggunakan layanan pajak online. Dengan metode ini, peserta lebih jelas dalam memahami bagaimana penggunaan layanan pajak online secara langsung, sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam penggunaanya (Nugraeni &

Susilawati, 2020; Mintarti, et al., 2020).

4) Metode Tanya Jawab: dimana peserta diberikan kesempatan untuk menanyakan hal- hal yang berhubungan dengan layanan pajak online. Selain Pelatihan, konsultasi atau diskusi dalam bentuk tanya jawab tentang perpajakan membantu peserta untuk lebih terbuka memahami semua topik yang dijelaskan (Maghriby, et al., 2017; Rahmi, et al., 2020).

3.2. Khalayak Sasaran

Program Pengabdian Masyarakat ini khalayak sasarannya adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah di wilayah Kota Tangerang. Rencana kegiatan ini dilakukan secara daring melalui zoom dengan mengundang pembicara-pembicara perpajakan setelah sebelumnya menyebarkan form pendaftaran kepada UMKM di wilayah Kota Tangerang.

3.3. Metode Evaluasi

Evaluasi kegiatan merupakan suatu proses untuk mengumpulkan data dan informasi yang diperlukan dalam program sosialisasi ini. Evaluasi kegiatan sosialisasi ini lebih difokuskan pada peninjauan kembali pemahaman peserta terhadap cara menggunakan layanan pajak online. Evaluasi kegiatan memiliki fungsi sebagai pengendali proses dari hasil

(11)

program kegiatan sehingga akan dapat dijamin suatu program kegiatan yang sistematis, efektif dan efisien. Evaluasi kegiatan mencoba mendapatkan informasi mengenai hasil-hasil kegiatan, juga memasukkan umpan balik dari peserta sosialisasi yang sangat membantu dalam memperbaiki kegiatan tersebut melalui kuesioner yang diberikan.

Evaluasi kegiatan dilakukan dengan tujuan :

 Menemukan bagian dari kegiatan, mana bagian yang tercapai, serta mana bagian kegiatan yang kurang berhasil, sehingga dapat dibuat langkah-langkah perbaikan.

 Memberi kesempatan kepada peserta untuk menyumbangkan saran-saran dan penilaian terhadap program yang dijalankan.

 Memberikan masukan untuk perencanaan program.

 Memberikan masukan untuk kelanjutan, perluasan, dan penghentian program.

 Memberi masukan untuk memodifikasi program.

 Memperoleh informasi tentang faktor pendukung dan penghambat program.

Model Evaluasi Formatif termasuk salah satu dari model evaluasi pelatihan, Santoso (2014) menjelaskan bahwa evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilakukan terhadap proses yang terjadi, dengan tujuan untuk memberikan umpan balik bagi pelaksana program kegiatan.

(12)

BAB IV

BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1 Anggaran Biaya

Berikut ini merupakan anggaran biaya kegiatan yang diajukan pada Pusat Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana dan Mitra:

Tabel 4.1.

Anggaran Biaya PPM UMB

No Komponen Biaya yang diusulkan

kepada UMB (Rp)

1 Transportasi dan Prasarana (Survei & Pelaksanaan) 1.000.000 2 Perlengkapan Kegiatan (Kuesioner, Spanduk, dll) 400.000 3 Proposal, Laporan, Surat Menyurat & Meterai 400.000

4 Pulsa dan Kuota Internet 2.000.000

5 Honor Mahasiswa Pendamping Kegiatan 200.000

Jumlah 4.000.000

Tabel 4.2.

Anggaran Biaya Mitra (inkind)

No Komponen Biaya yang diusulkan

kepada MITRA (Rp)

1 Transportasi dan Prasarana (Survei & Pelaksanaan) 1.500.000 2 Perlengkapan Kegiatan (Kuesioner, Spanduk, dll) 500.000 3 Proposal, Laporan, Surat Menyurat & Meterai 0

4 Pulsa dan Kuota Internet 2.000.000

5 Honor Mahasiswa Pendamping Kegiatan 0

Jumlah 4.000.000

4.2 Jadwal Kegiatan

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat membuat jadwal kegiatan agar dapat berjalan tepat waktu atau sesuai yang direncanakan dengan bersama-sama mempersiapkan dan melaksanakan sesuai dengan pembagian tugas yang telah dilakukan mulai persiapan dari Desember 2021. Berikut rencana jadwal pelaksanaan PPM:

(13)

Tabel 4.3.

Rencana Jadwal Persiapan dan Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun Ajaran 2021 / 2022

Keterangan Des

2021

Jan 2022

Feb 2022

Mar 2022 Surve Lokasi dan Pembuatan Proposal

& Revisi Proposal

Persiapan Teori dan Bahan Sosialisasi Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi Proses Penyusunan Laporan Kegiatan Proses Laporan Kegiatan & Revisi

(14)

DAFTAR PUSTAKA

Herawati, H., Tabroni, R., & Lusiana, S. (2018). The Effectiveness of the Tax Regulation Socialization on Taxpayers’ Comprehension and Compliance in Implementing Their Tax Obligations. The International Journal of Business Review, 1(2), 131-140.

Maghriby, B., Ramdani, D., & Triharjono, S. (2017). Pelatihan dan Konsultasi Perpajakan di Lingkungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas Bandung. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 1(2), 14-17.

Mintarti, S.U., Ghozali, D.R., Munir, S., & Satrio, Y.D. (2020). Pemberdayaan UMKM Gerabah Melalui Pembentukan Komunitas Pra-Koperasi Di Kabupaten Probolinggo.

Dinamisia, 4(1), 26-35. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3235

Nugraeni, & Susilawati, I. (2020). Pelatihan Pembukuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Bunda. Dinamisia, 4(1), 74-79. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3747 Rahmi, N., Pohan, C.A., Arimbhi, P., Mansur, M., & Zulkifli. (2020). Pelatihan Pembukuan

Keuangan Sederhana dalam Rangka Pelaksanaan Kebijakan Pajak yang Baru (PP Nomor: 23/2018) Untuk Pelaku UMKM Naik Kelas di Kota Depok. Jurnal Komunitas, 2(2), 152-158

Samsiah, S., & Lawita, N.F. (2017). Review the Readiness of MSMEs in Indonesia Compliance with Accounting Standars Micro, Small and Medium Enterprise (SAK EMKM). Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 7(2), 115-120.

Sarpingah, S., Sormin, F., & Handayani, R. (2017). Influence of Taxation Knowledge and Socialization of Imlementation PP. 46 Year 2013 on Tax Compliance for Certain WPOP Small and Medium Business (UMKM) Owner (Case Study in KPP Pratama Cengkareng, West Jakarta). Research Journal of Finance and Accounting, 8(22), pp.

128-136

Syaputra, R. (2019). Pengaruh Persepsi Wajib Pajak atas Penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 dan Pemahaman Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah dengan Sosialisasi Perpajakan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), 121-144.

http://dx.doi.org/10.25105/jmat.v6i2.5560

Tarmidi, D., Fitria, G.N., & Purwaningsih, S. (2017). Tax Compliance: Impact of Implementation Online Tax Application (Empirical Study Tax Payer in KPP Madya Jakarta Timur). International Journal of Business, Economics, and Law, 14(1), pp. 65- 73

(15)

Sumber Internet

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/26/073000865/unggahan-viral-penjual-online- dapat-surat-tagihan-pajak-rp-35-juta-ini-kata?page=all

https://megapolitan.kompas.com/read/2020/10/20/18300921/94000-umkm-di-

kotatangerang-telah-terdata-dalambantuanstimulus#:~:text=TANGERANG%2C%

20KOMPAS.com%20%2D%20Wali,yang%20akan%20diberikan%20Pemerintah%20 Pusat.

https://www.republika.co.id/berita/qq7j6l409/buruknya-kepatuhan-pajak-vs-kemurahan- hati-pemerintah

Ketentuan Perundang-Undangan

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu

(16)

Lampiran 1. Biodata Ketua dan anggota Tim Pengusul yang telah Identitas Diri Ketua

A. Identitas Diri

1 Nama Lengkap Dr. Deden Tarmidi, M.Ak., BKP.

2 Jenis Kelamin Laki-laki

3 Jabatan Fungsional Lektor 4 NIP/NIK/No. Id lainnya 197580722

5 NIDN 0311098304

6 Tempat dan Tanggal Lahir Jakarta, 11 September 1983

7 Email deden.tarmidi@mercubuana.ac.id

9 Nomor Telepon / HP 081806323331

10 Alamat Kantor Jl. Meruya Selatan No. 1 Jakarta Barat 11 Nomor Telepon/Faks 021-5840816

12 Lulusan yang dihasilkan S1 = 50 Orang

B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S3

Nama Perguruan Tinggi

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Universitas Mercu Buana Universitas Trisakti

Bidang Ilmu Ekonomi / Akuntansi Magister Akuntansi / Akuntansi Perpajakan

Doktor Ilmu Ekonomi Kons. Akuntansi Tahun Masuk -

Lulus

2006 – 2010 2012 – 2014 2017-2020

Judul Skripsi / Tesis / Disertasi

Perencanaan Pajak Faktor-faktor yang mempengaruhi

kepatuhan pajak dengan pendekatan perilaku dan etika

Pengaruh kepatuhan pajak dan kualitas laba terhadap koefisien respon laba basa depan dengan kinerja keuangan sebagai mediasi Nama Pembimbing

/ Promotor

 Dr. Sihar Tambun

 Dra. Yuliawati Limbong

 Dr. Waluyo

 Dr. Nur Hidayat

 Prof. Dr. Etty Murwaningsari

 Prof. Dr. Haryono Umar

 Dr. Sekar Mayangsari

(17)

C. Pengalaman Riset Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Penelitian Pendanaan

Sumber* Jml

(Juta Rp) 1 2017 Pengaruh Implementasi Aplikasi Pajak Online

terhadap Kepatuhan Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak di KPP Madya Jakarta Timur)

DIKTI 20 Juta Rupiah

2 2018 Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat Mahasiswa Belajar Pajak (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana)

UMB 3,5 Juta

Rupiah

3 2019 Kepatuhan Pajak: Dampak faktor individu dengan ketidakpastian pajak sebagai pemoderasi

UMB 4,2 Juta

Rupiah

4 2019 Kepatuhan dan Ketidakpatuhan pajak entitas:

Analisis reaksi investor

UMB 4,2 Juta

Rupiah 5 2019 Studi komparatif pelayanan perpajakan di

Negara ASEAN

UMB 10 Juta

Rupiah 6 2019 Financial performance and audit quality:

comparative study of investor reaction

UMB 19 Juta

Rupiah 7 2020 Pengaruh faktor internal dan faktor eksternal

terhadap penggelapan pajak

UMB 10 Juta

Rupiah 8 2020 Analisis penghindaran pajak: dampak faktor

keuangan dan non keuangan entitas

UMB 10 Juta

Rupiah 9 2020 Analisis fundamental rasio keuangan pada

harga saham

UMB 10 Juta

Rupiah 10 2020 Pengaruh external control terhadap

penghindaran pajak entitas

UMB 10 Juta

Rupiah 11 2020 Nilai Perusahaan: Dampak sales growth,

leverage dan investment opportunity set

UMB 10 Juta

Rupiah 12 2021 Kebijakan Pajak Perusahaan Dan Peran Pemilik

Perusahaan

UMB 10 Juta

Rupiah

13 2021 Pajak Dan Kualitas Laba UMB 10 Juta

Rupiah 14 2021 Kualitas Laba Dan Kualitas Audit: Analisis

Reaksi Investor

UMB 10 Juta

Rupiah

(18)

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam 5 Tahun Terakhir

No Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakatitian Pendanaan Sumber* Jml

(Juta Rp) 1 2018 Pelatihan penanaman hidroponik untuk

mengembangkan kewirausahaan masyarakat di wilayah Rw. 08 Rt. 03 Kel. Kembangan Utara

UMB 3,5 Juta

Rupiah

2 2019 Pelatihan perhitungan PPh wajib pajak orang pribadi berpenghasilan ganda di lingkungan Kelurahan Kembangan Utara Jakarta Barat

UMB 3,5 Juta

Rupiah

3 2020 Sosialisasi tata cara penghitungan & penyetoran pajak bagi pengusaha mikro kecil menengah (UMKM)

UMB 4 Juta Rupiah

4 2021 Sosialisasi Pajak Penghasilan dan Risiko Pemeriksaan Pajak Bagi Pengusaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Kota Tangerang

UMB 4 Juta Rupiah

E. Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal Dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Artikel Ilmiah Volume/

Nomor Nama Jurnal

1 2017

Tax Compliance: Impact of Implementation Online Tax Application (Empirical Study Tax Payer in KPP Madya Jakarta Timur)

Vol. 14 Issue 1

International Journal of Business, Economics and Law (IJBEL)

2 2017 Analisis Kepatuhan Pajak: Persepsi Wajib Pajak Terhadap E-Filling

Vol. 2

No. 2 Media Akuntansi Perpajakan

3 2018

Are Students Interested to Learn Tax Accounting?

(Empirical Study on Accounting Students in Indonesia)

Vol. 15 Issue 5

South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law

4 2018

Profitability, Advertising Promotion and

Government Support: Study in Tourism Corporate in Indonesia

Vol. 9 No. 12

Research Journal of Finance and Accounting

5 2018 Analisis Kepatuhan Pajak: Dampak Etika, Kontrol Perilaku dan Pengetahuan Wajib Pajak

Vol. 3

No. 2 Media Akuntansi Perpajakan

6 2019 Performance of Commission Recipient: Impact of

Discipline, Motivation, Training and Incentive Vol. 52 Journal of Reseources

Development and Management

7 2019 Analysis of Personality Tax Professional on Eearnings Management

Vol. 4 No. 17

Religación. Revista de Ciencias Sociales y Humanidades

8 2019 Comparative Study of Tax Services in ASEAN Countries

Vol. 9 No. 7

International Journal of

Academic Research in Business and Social Sciences

(19)

9 2019

Employee and Organizational Performance:

Impact of Employee Internal and External Factors, Moderated by Online Application

Vol. 57 Journal of Resources

Development and Management

10 2019 Firm Value: Impact of Investment Decisions, Funding Decisions and Dividend Policies

Vol. 9 No. 2

International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences

11 2019 Tax Compliance: Impact of Employee Internal Factors, Moderated by Tax Uncertainty

Vol. 9 No. 5

International Journal of

Academic Research in Business and Social Sciences

12 2019 Tax Compliance and Uncompliance Entity: A Comparative Study of Investor Reaction

Vol. 9 NO. 1

International Journal of

Academic Research in Business and Social Sciences

13 2019 Financial Performance and Audit Quality:

Comparative Study of Investor Reaction

Vol. 5

No. 12 Scholars Bulletin

14 2019

The Influence of Earnings Management and Tax Planning on Firm Value with Audit Quality as Moderating Variable

Vol. 10 No. 4

Research Journal of Finance and Accounting

15 2020 Tax Avoidance: Impact of Financial and Non- Financial Factors

Vol. 10 No. 2

International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences

16 2020 The Impact of External Control on Tax Avoidance Vol. 2 No. 4

South Asian Research Journal of Humanities and Social Sciences

17 2020 Corporate Value: Impact of Sales Growth, Leverage, and Investment Opportunity Set

Vol. 2 No. 4

South Asian Research Journal of Business and Management

18 2020 The Influence of Tax Compliance and Earnings Quality on Financial Performance

Vol. 8 No. 2

International Journal of Emerging Trends in Social Sciences

19 2020 Tax Evasion: Impact of Internal and External Factors, An Individual Tax Payer Perception

Vol. 10 No. 5

International Journal of

Academic Research in Business and Social Sciences

20 2020 Fundamental Analysis of Financial Ratios on Stock Prices

Vol. 4 No. 5

Saudi Journal of Economics and Finance

21 2020 Impact of Personal Factors on Tax Evasion:

Comparative Analysis of Gender

Vol. 4 No. 1

Saudi Journal of Economics and Finance

22 2021 How Does Investor React to Financial Performance

Vol. 3 No. 1

International Journal of

Management Studies and Social Sciences Research

(20)

23 2021 Mining Company Tax Minimization: Analysis of Internal and External Roles

Vol. 3 No. 4

International Journal of

Management Studies and Social Sciences Research

24 2021 Earnings Quality and Audit Quality: Analysis of Investor Reaction

Vol. 9 No. 3

Humanities and Social Sciances Letters

F. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

No. Nama Pertemuan Ilmiah Judul Artikel Ilmiah Vol. / Nomor/ Tahun 1 National Conference & Call for Paper

Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Analisis Kepatuhan Pajak:

Persepsi Wajib Pajak Terhadap E- Filling

Proceeding of The National

Conference / 2017 2 Asian Applied Accounting and

Business Conference

Implementation of The Online Tax Application and The Impact on Tax Compliance

Proceeding AAABC 1 / Tahun 2017

3 International Conference on Management Economic and Business of Universitas Mercu Buana

Promotion, Profitability and Government Suport: Study in Tourism Corporate in Indonesia

Proceeding ICMEBUMB / 2018

G. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

No. Judul Buku Tahun Jumlah

Halaman

Penerbit

1 Aplikasi Pajak Online (Bagian I) 2017 133 Nulisbuku Jendela Dunia 2 Akuntansi Pajak: Teori dan Praktik 2020 338 RajaGrafindo Persada

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila dikemudian hari ternyata dijumpai ketidak sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan usulan Penelitian Kerjasama Luar Negeri

Jakarta, 11 Desember 2021 Pengusul

(Dr. Deden Tarmidi, M.Ak., BKP.) 0311098304

(21)

Biodata Anggota

A. Identitas Diri Ketua Pelaksana

1 Nama Lengkap (dengan gelar) Feber Sormin, SE.,M.Ak.,Ak.,CA.,Asean CPA

2 Jenis Kelamin Laki-Laki

3 Jabatan Fungsional Penata Muda Tk.I III/b.

4 NIP/NIK/Identitas lainnya 615730116

5 NIDN 0303027302

6 Tempat dan Tanggal Lahir Haunatas, 3 Februari 1973

7 E-mail minsor2002@yahoo.com

9 Nomor Telepon/HP 08129872102

10 Alamat Kantor -

11 Nomor Telepon/Faks -

12 Lulusan yang Telah Dihasilkan S-1 = 5 (lima) orang; S-2 = … orang; S-3 = … orang

13. Mata Kuliah yg Diampu: 1. Perpajakan I & IIngantar Akuntansi-1 2. Manajemen Perpajakan

3. Pajak Internasional

4. Pelaporan Keuangan Pajak 5. Auditing I & II

B. Riwayat Pendidikan

S-1 S-2 S-3

Nama Perguruan Tinggi

STIE Jayakarta

Universitas Mercu Buana Universitas Trisakti

Bidang Ilmu Akuntansi Akuntansi Akuntansi

Tahun Masuk-Lulus 1995-2000 2013 - 2014 2020 - On Going Judul

Skripsi/Tesis/Disertasi

Pengaruh Manfaat Jasa

Konsultasi Pajak, pengetahuan Perpajakan, Motivasi dan Persepsi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Perpajakan (Studi Empiris pada WP Badan Manufaktur yang terdaftar di BEI)

Nama

Pembimbing/Promotor

1. Dr. Waluyo, M.Se.,AK.

2. Dr. Harnovinsah,M.Si.,Ak.,CA

(22)

C. Pengalaman Riset Dalam 5 Tahun Terakhir (Bukan Skripsi, Tesis maupun Disertasi)

No. Tahun Judul RISET Pendanaan

Sumber* Jml (Juta Rp) 1

2016/2017 Pengaruh Pemahaman Perpajakan dan

Sosialisai Regulasi PP No. 46 Tahun 2013 Terhadap Kepatuhan Pajak Bagi

WPOP Tertentu Pemilik UMKM pada KPP Pratama Cengkareng, Jakarta Barat

Direktorat Riset dan Pengabdian

Masyarakat

Direktorat Jenderal Penguatan: Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Tehnologi dan Pendidikan Tinggi

sesuai dengan kontrak: 02-

5/9/HK- SPK/VIII/2017

Rp. 15.000.000

2 2018 Dampak Peranan Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Internal

Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Selatan (Studi Pada SKPD Kota Administrasi Jakarta Selatan)

UMB Rp. 4.000.000

3 2018 Analisis Pengaruh Operasional Profitability dan Debt to Asset Ratio (DAR), DEBT to Equity (DER) Ratio terhadap Tax Avoidance, (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Manufaktur sub sektor Makanan & Minuman (Food and Beverages) Terdaftar di BEI Tahun 2014- 2017)

UMB Rp.4.000.000

4 2019 Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, dan Corporate Social Responsbility (CSR) terhadap Penghindaran Pajak berganda (Studi Empiris pada peruusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Kertas dan

Periklanan, Percetakan serta Media Rekaman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2017).

UMB Rp.4.000.000

5 2020 Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage terhadap Agresivitas Pajak (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur subsektor Industri Kertas dan Periklanan, Percetakan serta Media Rekaman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015 – 2018)

UMB Rp.4.000.000

(23)

6 2020 Dampak Pengendalian Eksternal terhadap Penghindaran Pajak (Study Empiris industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, Bursa Malaysia, Bursa Singapura, dan Bursa Efek Thailand dari tahun 2016 hingga 2018.

(Anggota Peneliti ke-3)

UMB Rp.4.000.000

7 2020 Nilai Perusahaan: Dampak Pertumbuhan Penjualan, Leverage, dan Set Peluang Investasi (Study Empiris perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia secara berturut-turut dari tahun 2015 hingga 2018). (Anggota Peneliti ke-3)

UMB Rp.4.000.000

D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan Sumber

*

Jml (Juta Rp) 1 2016 Pelatihan dan Sosialisasi cara menghitung,

mengisi, menyetor dan melapor surat pemberitahuan wajib pajak orang pribadi

(Formulir 1770 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi di lingkungan Kelurahan Cengkarang Barat, Jakarta Barat

UMB Rp. 3.500.000

2 2016 Sosialisasi Tax Amnesty dan Pelatihan Pengisian Surat Pernyataan Tax Amnesty Sesuai dengan UU No.11 Tahun 2016 pada Warga Lingkungan RW.016 Perumahan Taman Palem Lestari Kel.

Cengkarang Barat Kecamatan Cengakareng, Jakarta Barat.

UMB Rp. 3.500.000

3 2017 Pelatihan dan Sosialisasi Menghitung, Menyetor, Pengisian dan Melapor SPT WP OP tertentu terkaid dengan PP No. 46/2013 (Form SPT 1770) pada masyarakat di Lingkungan Kelurahan Kalideres dan Kelurahan Cengkareng Barat.

Hibah Dikti

Rp. 15.000.000

4 2018 Pelatihan dan Sosialisasi cara menghitung, mengisi, menyetor dan melapor surat pemberitahuan wajib pajak orang pribadi

(Formulir 1770 untuk Wajib Pajak Orang Pribadi di lingkungan Kelurahan Rawa Buaya,

Cengkareng, Jakarta Barat.

UMB Rp. 3.500.000

(24)

5 2019 Pelatihan dan Sosialisasi cara menghitung, mengisi, menyetor dan melapor surat

pemberitahuan wajib pajak orang pribadi Guru Sekolah SMA dan SMP (Formulir 1770 S dan 1770 SS) di lingkungan Kelurahan Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat.

UMB Rp. 3.500.000

6 2019 Pelatihan dan Sosialisasi cara menghitung, mengisi, menyetor dan melapor surat

pemberitahuan wajib pajak orang pribadi Tenaga Pengajar & Karyawan (Formulir 1770 S & 1770 SS ) di lingkungan Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat.

UMB Rp.3.500.000

7 2020 Sosialisasi Administrasi Pendaftaran NPWP, Menghitung, Menyetor, Melapor Perpajakan Wajib Pajak EMKM dan Pegawai (FORM 1770, 1770S, 1770SS ) di Lingkungan Kelurahan Srengseng Jakarta Barat

UMB Rp.3.500.000

E. Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal alam 5 Tahun Terakhir

No. Judul Artikel Ilmiah Nama

Jurnal

Volume/

Nomor/Tahun 1 Pengaruh Manfaat Jasa Konsultan Pajak,

Pengetahuan Perpajakan, Motivasi dan Persepsi Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Perpajakan (Studi Empiris pada Wajib Pajak Badan Manufaktur Yang terdapat di BEI).

PROPITA Volume 7, No.2 Agustus 2015

2 1. Influence of Taxation Knowledge and Socialization of Imlementation PP. 46 Year 2013 on Tax Compliance for Certain WPOP Small and Medium Business (UMKM) Owner (Case Study in KPP Pratama Cengkareng, West Jakarta)

Research Journal of Finance and Accounting IISTE

ISSN 2222-1697 (Paper) ISSN 2222-2847 (Online) Vol.8, No.22, 2017

3 Dampak Peranan Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Pemerintahan Kota

Administrasi Jakarta Selatan (Studi Pada SKPD Kota Administrasi Jakarta Selatan).

Proses di TEKUN

2018

4 Analysis of the Effect of Operational Profitability and Debt to Asset Ratio (DAR), Debt to Equity (DER) on Tax Avoidance. Empirical studies on Food and Beverage Sub-sector Manufacturing Industry

companies are listed on the Stock Exchange in 2014- 2017.

Research Journal of Finance and Accounting IISTE

ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol.11, No.16, 2019

(25)

5 The Influence of Size, Leverage and Corporate Social Responsibility on Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur subsektor Industri Kertas dan Periklanan, Percetakan serta Media Rekaman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2015 – 2017 ).

International Journal of Academic Research in Accounting, Finance and Management Sciences (HRMARS)

ISSN: 2225-8329, P-ISSN: 208-0337 Vol.10 No.2, April 2020, PP.31-34

6 Company Size, Profitability and Leverage to Tax Agresifity (Empirical Study to Manufacturing Subsector Paper, Advertising, Printing , Media in Indonesian Stock Exchange (BEI) Tahun 2015 – 2018)

European Journal of Business and Management (EJBM) IISTE

ISSN 2222-1905 (Paper) ISSN 2222-2839 (Online) Vol.12, No.18, 2020

7 Impact of External Controls on Tax Avoidance

(Empirical Study of the consumer goods industry listed on the Indonesia Stock Exchange, Malaysia Stock Exchange, Singapore Exchange, and Thailand Stock Exchange from 2016 to 2018.

South Asian Research Journal of Humanities and Social Sciences

ISSN 2664-4002 (Print) & ISSN 2664-6714 (Online) Published:

29.08.2020 DOI:

10.36346/sarjhss.2 020.v02i04.022 8 Company Value: Impact of Sales Growth, Leverage,

and Investment Opportunity Set (Empirical Study of mining companies listed on the Indonesia Stock Exchange in succession from 2015 to 2018).

South Asian Research Journal of Humanities and Social Sciences

ISSN 2664-3995 (Print) & ISSN 2664-6757 (Online) Published:

26.08.2020 DOI:

10.36346/sarjbm.2 020.v02i04.004

F. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir No Nama Pertemuan Ilmiah /

Seminar

Judul Artikel Ilmiah Waktu dan tempat Tempat 1 Seminar Nasional IX

Fakultas Ekonomi dan Ikatan Alumi (IKA) Universitas terbuka tahun 2017 dengan Tema:

“Entrepreneurship at Global Crossroad:

Challenges and Solutions”

Pengaruh Pemahaman perpajakan dan Sosialisasi regulasi PP No.46 thn 2013 Terhadap kepadatuhan Pajak bagi WPOP tertentu Pemmilik UMKM pada KPP Pratama Cengkareng, Jakarta Barat.

11/11/2017 Jam:12:00AM Universitas Terbuka Convention Center (UTCC).

(26)

2 Sosialisasi Kantor Jasa Akuntan (KJA) Goes To Campoes di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Sosialisasi Profesi Akuntan Kantor Jasa Akuntan (KJA) Goes To Campoes Institut Bisnis dan

Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta

29/05/2019 Kampus Institut Bisnis dan

Informatika Kwik Kian Gie, Jakarta G. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

No Judu Buku Tahun Jumlah

Halaman

Penerbit 1 Perpajakan PPh Final (ISBN: 978-602-

318-292-3)

2018 178 Halaman

Mitra Wacana Media

H. Perolehan HKI dalam 5–10 Tahun Terakhir

No. Judul/Tema HKI Tahun Jenis Nomor P/ID

1

I. Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 5 Tahun Terakhir

No. Judul/Tema/Jenis Rekayasa Sosial Lainnya yang Telah Diterapkan

Tahun Tempat Penerapan

Respon Masyarakat 1

J. Penghargaan dalam 10 tahun Terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)

No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Tahun

1 Dst.

Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidak- sesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Usulan RISET Internal

Jakarta, 11 Desember 2021 Pengusul,

(Feber Sormin,SE.,M.Ak.,Ak.,CA.,AseanCPA)

(27)

Biodata Anggota A. Identitas Diri

1 NamaLengkap (dengangelar) Muhammad Laras Widyanto, SE.,MM,Ak.,CA

2 Jenis Kelamin Laki-Laki

3 Jabatan Fungsional Lektor 4 NIP/NIK/Identitas lainnya 610700353

5 NIDN 0312097002

6 Tempat dan TanggalLahir Jakarta, 12 September 1970

7 E-mail muhammadlaras@mercubuana.ac.id

laraswidyanto@gmail.com

9 NomorTelepon/HP 08129917861

10 Alamat Kantor Universitas Mercu Buana Kampus Menara Bhakti Jl. Meruya Selatan No. 1, Kembangan

Jakarta Barat 11650

11 NomorTelepon/Faks Telp. 021-5840815/021-5840816 Faks: 021-5870341

12 LulusanyangTelah Dihasilkan S1 = 5-7 orang / tahun 13. MataKuliahygDiampu 1. Pengantar Akuntansi

2. Akuntansi Keuangan Menengah 1 3. Akuntansi Keuangan Menengah 2 4. Sistem Informasi Akuntansi 5. Manajemen Proses Bisnis B. RiwayatPendidikan

S1 S2

NamaPerguruanTinggi Universitas Indonesia Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI

BidangIlmu Akuntansi Akuntansi Manajemen

TahunMasuk-Lulus 1989 – 1994 2003-2005

JudulSkripsi/Tesis/Disertasi UsahaMeningkatkanPendapa tan DaerahTingkat II Dengan Sistem Pengawasan Melekat.

Pengaruh Budaya Perusahaan Terhadap Intensitas Peran Akuntansi Manajemen (Studi Pada PerusahaanManufaktur Di Jakarta)

NamaPembimbing Subijanto, SE, Ak. 1. DR. J. Sumarno Ak, MM 2. DR. Nuzulul Hidayati, Ak,

MM

(28)

C. PengalamanPenelitian Dalam5 TahunTerakhir (Bukan Skripsi, Tesis, maupun Disertasi)

No. Tahun JudulPenelitian Pendanaan

Sumber* Jml (Juta Rp) 1

2

D. PengalamanPengabdianKepada Masyarakatdalam5 TahunTerakhir No. Tahun JudulPengabdianKepadaMasyarakat Pendanaan

Sumber* Jml (Juta Rp) 1 2016 Pelatihan“Akuntansi Untuk Bukan

Akuntan” di PT. Pertamina Patra Niaga.

N.A. N.A.

2 2011 Pelatihan Akuntansi Sederhana Bagi Pengusaha Kecil Di Lingkungan Kampus UMB

P2M Univ.

MercuBuana

3.500.000

E. PublikasiArtikel IlmiahDalamJurnal dalam 5 TahunTerakhir

No. Judul Artikel Ilmiah Nama Jurnal Volume/

Nomor/Tahun 1. Keterkaitan Antara Kualitas Aktiva

Produktif dan Kecukupan Modal dengan Profitabilitas Bank Syariah

Jurnal Ekonomi

TELESKOP (ISSN : 1411- 3643) penerbit STIE YAI

Vol 16 edisi 1 , Januari 2016

2.

F.Pemakalah SeminarIlmiah(Oral Presentation)dalam5 TahunTerakhir No Nama PertemuanIlmiah/

Seminar Judul Artikel Ilmiah Waktu dan

Tempat

1.

2.

G.Karya Buku dalam 5 TahunTerakhir

No Judul Buku Tahun Jumla

h Hala man

Penerbit 1

2

(29)

H.PerolehanHKI dalam5–10 TahunTerakhir

No. Judul/Tema HKI Tahun Jenis NomorP/ID

1

I.Pengalaman Merumuskan Kebijakan Publik/Rekayasa Sosial Lainnya dalam 5TahunTerakhir

No. Judul/Tema/Jenis RekayasaSosialLainnya

yangTelah Diterapkan Tahun Tempat

Penerapan

Respon Masyarakat 1

Dst.

J. Penghargaan dalam 10 tahunTerakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)

No. Jenis Penghargaan Institusi Pemberi Penghargaan Tahun 1

Semua yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata diumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Usulan Penelitian Internal.

Jakarta, 11 Desember 2021.

Pengusul,

Muhammad Laras Widyanto,SE.,MM.,Ak.,CA

(30)

LAMPIRAN 2

Gambaran IPTEK / Pengetahuan yang ditransfer kepada khalayak sasaran

Pengetahuan yang ditransfer ke khalayak sasaran adalah tutorial pengoperasian layanan pajak online yang terdiri dari:

1) Pendaftaran NPWP menggunakan eRegistration

2) Cara mendapatkan EFIN sebagai pin dalam mengakses layanan pajak online di web djponline.pajak.go.id

3) Cara setor pajak menggunakan eBilling pada web djponline.pajak.go.id 4) Cara lapor pajak menggunakan eFilling pada web djponline.pajak.go.id

(31)

LAMPIRAN 3

Lokasi Pelaksaan Kegiatan

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat rencananya akan dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom dengan panitia dari Tim 1 PKM-KDN Universitas Mercu Buana juga petugas di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Tangerang yang beralamat di Gedung Cisadane, Jl. KS. Tubun No. 1 Tangerang.

Gambar

Gambar 1. Layanan Pajak Online
Gambar 2. Jumlah UMKM Kota Tangerang

Referensi

Dokumen terkait

Semua data vegetasi tahun 1981 yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya dan data vegetasi tahun 2012 dihitung besarnya biomasa pohon dengan menggunakan persamaan allometrik

a) Pancasila yang memiliki 5 aspek rasional. Namun, kali ini kita akan membahas mengenai sila ke-2 yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sebelumnya telah kita

Sedangkan pada tahun 2017 jumlah data siswa tiap sekolah sama rata dari triwulan pertama hingga akhir dan jumlah dana yang diterima berdasarkan jumlah dana

Peningkatan ke Kapabilitas Proses Level 4 Penilaian kapabilitas proses level 4 dilakukan terhadap atribut proses PA 4.1 – process measurement untuk memastikan proses

(2005) found that the application of humic acid and Zn before sowing affects the activation of the growth of the roots and the top of the plant, thereby increasing the

Data yang didapat merupakan data kualitatif berupa grafik viabilitas aktivator kompos, tabel kemiringan kurva sebagai indikator pertumbuhan aktivator kompos dengan masa simpan

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada penelitian ini maka hasil yang bisa didapatkan meliputi empat hal yakni kondisi lubang sumur sebelum dan setelah

Menerangkan informasi tentang kegiatan sekolah dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, and unsur kebahasaan dalam teks pemberitahuan ( announcement ) lisan dan