• Tidak ada hasil yang ditemukan

Tugas Perprop tentang Riset Pasar

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "Tugas Perprop tentang Riset Pasar"

Copied!
9
0
0

Teks penuh

(1)

A. Riset Pasar

Riset atau penelitian sering dideskripsikan sebagai suatu proses investigasi yang dilakukan dengan aktif, tekun, dan sistematis, yang bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan, dan merevisifakta-fakta. Penyelidikan intelektual ini menghasilkan suatu pengetahuan yang lebih mendalam mengenai suatu peristiwa, tingkah laku, teori, dan hukum, serta membuka peluang bagi penerapan praktis dari pengetahuan tersebut.

Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat.

Jadi dapat kita katakan bahwa riset pasar adalah otak utama dalam berbisnis. Mengapa kita sebut otakny bisnis, karena ia merupakan bagian yang bertanggung jawab menentukan kemana langkah strategi bisnis kita kedepanya. Apa akibatnya jika kita tidak melakukan riset pasar setelah bisnis berjalan? Hasilnya adalah bisnis kita menjadi besar hanya dalam fikiran dan dunia kita sendiri. Kita tidak akan tahu bagaimana perkembangan pasar diluar sana, bagaimana perkembangan permintaan pasar terhadap produk kita sendiri, bagaimana pertumbuhan pesaing dalam dunia bisnis sejenis. Maka kita hanya tinggal menunggu waktu, kapan bisnis kita akan segera tutup.

(2)

rekomendasi. Riset pemasaran, menurut J.L. Meiji dibagi menjadi analisa pasar dan observasi pasar.

a. Analisa Pemasaran

Adalah penyelidiakan keadaan pasar pada suatu saat tertentu. Analisa pasar juga meliputi penyelidikan mengenai wilayah/teritorial, jalur/alur penjualan, konkurensi, daya beli, permintaan, penawaran, produk dan kebutuhan.

b. Observasi Pasar

Adalah suatu bagian dari penyelidikan pasar yang bertugas mempelajari gerakan dan perubahan yang terdapat di daerah penjualan. Observasi pasar ini dapat dilihat dari segi alur penjualan, permintaan dan penawaran.

Tabel 2.2

Perbedaan Sistem Informasi Pasar dan Riset Pemasaran Sistem Informasi Pasar Riset Pemasaran

Prodak/service yang laku adalah bukan prodak/service yang perfek - segala bisa - feature hiper komplit - very full customize tetapi yang laku adalah prodak/service yang disukai dan dibutuhkan oleh pasar atau masyarakat. Riset pasar dan strategi pemasaran sangat penting karena sebagai peletakan batu pertama untuk membuat prodak/service yang laku.

(3)

mungkin saja, hasil riset justru menemukan sesuatu yang dimanfaatkan di masa datang.

Riset mengumpulkan informasi baik secara kuantitatif dan juga kualitatif. Metode kuantitatif berfokus pada data bersifat angka, statistik,dan persentase. Data kualitatif berfokus mengenai alasan konsumen berperilaku dengan cara tertentu dan alasan pemilihan pengambilan keputusan dan fenomena sosial lainnya. Dengan menganalisa informasi yang tidak terstruktur seperti transkrip interview, repon survey pertanyaan terbuka, video, foto, dan berbagai media lainnya. Riset kualitatif dapat mengetahui perilaku konsumen dengan lebih baik. Perusahaan dapat menggunakan riset pasar kualitatif untuk menentukan strategi pemasaran dan produk terbaik yang cocok dengan target pasar. Bila berjalan dengan baik tentu saja dapat meningkatkan profit, sikap, dan persepsi konsumen terhadap perusahaan.

B. Langkah Riset Pasar

Inilah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan sebuah riset pasar :

a. Riset sekunder

Riset jenis ini lebih praktis karena dapat dilakukan dengan hanya meneliti data atau informasi yang tersaji dalam literatur atau sumber-sumber kepustakaan. Riset sekunder dibagi menjadi berikut:

 Demografi dan statisticLaporan riset yang telah ada

 Alat periset maketing

b. Primer

Sering perusahaan harus menjawab sebuah pertanyaan yang berkenaan dengan kebutuhan nyata konsumennya. Hal ini tentu tidak bisa diperolh dari sumber tertulis yang ada. Sebuah riset harus diadakan demi mengetahui keinginan konsumen. Meski lebih mahal dan memakan waktu, biaya dan tenaga, riset primer mampu memnjawab pertanyaan dengan lebih akurat. Cara-caranya adalah sebagai berikut:

(4)

 Menjawab surat elektronik pelanggan

 Membuat blog dan berkomunikasi dengan pengunjung di dalamnya

 Membuat Google atau Yahoo Groups

 Mengikuti dan berdiskusi dalam forum atau konferensi tatap muka

C. Golongan Riset

Sementara itu terdapat dua golongan riset yang dapat dilakukan adalah:

a. Kualitatif

Riset ini bersifat eksploratif. Hasil akan dijelaskan dalam bentuk paparan. Riset ini dapat dengan baik memberikan deskripsi riil tentang perilaku konsumen.

b. Kuantitatif

Riset jenis ini akan memberikan Anda hasil riset dalam bentuk angka-angka. Survei dan kuesioner merupakan bentuk paling lazim yang ditemui.Dapat ditarik kesimpulan bahwa setiap organisasi (usaha) membutuhkan riset dan anggaran yang kecil. Anggaran yang terbatas bukan merupakan alasan untuk tidak melakukan riset pasar. Dengan menggunakan sumber daya yang ada secara maksimal, Anda dapat mulai mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik yang dapat memosisikan Anda demi pertumbuhan pasar.

D. Point Dalam Riset Pasar

Nickey Skarstad menyebutkan 4 poin penting yang perlu diteliti saat penjual melakukan riset pasar. Diantaranya adalah :

a. Besarnya profit

(5)

Oleh sebab itu, riset mengenai perbandingan total biaya operasional dan besarnya profit yang didapat perlu dilakukan. Jika hasil riset membuktikan bahwa profit yang diperoleh tidak signifikan dengan biaya dan pengorbanan yang telah dilakukan, ada baiknya penjual mengkaji ulang harga jual yang dipatok. Tetapkanlah harga jual yang relevan dengan biaya operasional dan pengorbanan yang telah dikeluarkan.

b. Karakteristik konsumen

Riset pasar membantu penjual dalam memberikan gambaran tentang kondisi target pasarnya. Berapa rentang usia pembeli yang banyak berbelanja di toko onlinenya? Bagaimana kondisi ekonomi mereka? Di wilayah mana mereka tinggal? Apakah harga jual produk sesuai dengan daya beli konsumen? Apa pendapat para pembeli yang pernah menggunakan sebuah produk? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini bisa dijawab lewat riset pasar. Semakin baik penjual mengenal pembelinya, semakin mudah bagi sebuah produk untuk menjawab kebutuhan pembeli.

c. Karakteristik produk

Kelebihan dan kekurangan produk dapat diketahui dengan melakukan riset pasar. Menanyakan pendapat pembeli yang pernah berbelanja di toko online adalah umpan balik yang berharga bagi penjual untuk memperbaiki produknya. Ketika melakukan riset, penjual bisa bertanya kepada pembeli tentang nilai lebih dan aspek yang masih bisa dikembangkan terkait produknya. Hasil jajak pendapat pembeli tentang produk bisa dijadikan pedoman untuk mengembangkan produk menjadi lebih baik lagi.

d. Karakteristik kompetitor

(6)

kompetitor penting sebab penjual perlu mengetahui komeptitor seperti apa yang dihadapinya. Dengan mengetahui seluk-beluk bisnis kompetitor, penjual bisa menetapkan strategi yang tepat agar bisa unggul dalam persaingan bisnis online.

E. Cara Dalam Melakukan Riset Pasar

Berikut ini beberapa cara yang umum dilakukan dalam riset pasar : a. Lakukan survey pasar

Anda bisa mengetahui kondisi pasar dengan cara membuat survey, melalui angket, kuesioner atau wawancara langsung pada masyarakat. Dari kegiatan tersebut Anda bisa mengetahui minat dan kebutuhan konsumen, yang telah diwakili dari hasil survey yang didapatkan di lapangan. Semakin luas jangkauan masyarakat yang Anda survey, maka semakin valid pula hasil yang diperoleh.

b. Amati perkembangan pasar

Anda bisa melakukan riset dengan mengamati perkembangan pasar yang ada saat ini. Amati trend yang sedang banyak dicari masyarakat, dan amati pula produk-produk yang sudah ada di pasaran. Hasil pengamatan bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan, sebelum akhirnya melemparkan sebuah produk ke pasaran.

c. Lakukan uji coba pasar

Sebelum memasarkan produk baru, sebaiknya lakukan uji coba pasar di beberapa lokasi usaha, untuk mengetahui tanggapan pasar. Misalnya saja dengan menitipkan produk Anda di toko-toko atau warung yang ada di sekitar Anda, dengan demikian Anda bisa mengetahui respon pasar untuk menyempurnakan produk Anda sebelum ditawarkan ke pasaran yang lebih luas.

d. Perhatikan tingkat persaingan pasar

(7)

Mengingat adanya riset pasar sangatlah penting dalam memasarkan produk. Maka sebisa mungkin lakukan riset, sebelum Anda melangkah. Agar strategi pemasaran yang Anda gunakan tepat sasaran, dan memberikan hasil yang maksimal.

Riset pasar dapat menyediakan informasi kritis mengenai kebiasaan membeli, kebutuhan, preferensi dan pendapat mengenai nasabah dan calon nasabah yang ada. Ada banyak cara untuk mengadakan riset pasar, tetapi kebanyakan bisnis menggunakan satu atau lebih dari lima metode dasar:

a. Survey

b. Kelompok focus c. Wawancara pribadi d. Pengamatan

e. Ujicoba lapangan

Sifat dari informasi yang dibutuhkan dan jumlah uang yang Anda mau keluarkan akan menetapkan teknik mana yang Anda pilih bagi bisnis Anda.

a. Survey

Menggunakan daftar pertanyaan yang ringkas dan terus terang, maka Anda dapat menganalisis suatu kelompok contoh yang mewakili pasar sasaran Anda. Semakin luas contohnya, semakin handal hasilnya.

Survai pribadi adalah wawancara tatap muka. Survai tersebut memungkinkan Anda menyajikan contoh-contoh produk, pengemasan atau pemasangan iklan dan menghimpun umpan balik segera. Meskipun survai pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun survai tersebut juga mahal. Meskipun survai pribadi dapat menghasilkan tingkat tanggapan lebih dari 90 persen, namun survai tersebut juga mahal. Meskipun demikian, karena nasabah cenderung menolak pemasaran melalui telepon, maka mengajak orang untuk mengambil bagian dalam survai telepon adalah sulit.

(8)

15 persen. Walaupun pengembaliannya rendah, survai surat masih merupakan pilihan yang hemat biaya bagi bisnis kecil.

Survai online biasanya menghasilkan tingkat respons yang tak terduga dan data yang tidak dapat diandalkan karena Anda tidak memiliki kendali atas kumpulan responden. Namun survai online adalah cara yang sederhana dan murah untuk mengumpulkan bukti yang bersifat anekdot serta menghimpun pendapat dan preferensi nasabah.

b. Kelompok Fokus

Dalam kelompok fokus, seorang moderator atau fasilitator menggunakan panduan diskusi untuk memimpin diskusi di antara sekelompok orang. Sesi ini biasanya diadakan di lokasi yang netral, menggunakan teknik perekaman video atau kaset untuk merekam sesi diskusi. Kelompok fokus biasanya berlangsung satu atau dua jam, dan sedikitnya membutuhkan tiga kelompok untuk memperoleh hasil yang berimbang.

c. Wawancara Pribadi

Sama halnya dengan kelompok fokus, wawancara pribadi mencakup pengajuan pertanyaan yang tidak tersusun serta bersifat terbuka. Wawancara pribadi biasanya berlangsung sekitar satu jam dan direkam. Jenis survai ini menyediakan lebih banyak informasi subjektif dibandingkan dengan survai lainya. Biasanya hasil survai tersebut tidak mewakili suatu segmen yang luas dari jumlah penduduk; namun demikian menyediakan wawasan berharga kedalam sikap nasabah dan adalah cara yang sangat baik untuk membongkar segala persoalan yang berhubungan dengan pengembangan produk atau jasa baru.

d. Pengamatan

(9)

meyediakan gambaran yang lebih akurat kepada Anda mengenai kebiasaan penggunaan nasabah dan pola berbelanja.

e. Uji Coba Lapangan

Gambar

Tabel 2.2Perbedaan Sistem Informasi Pasar dan Riset Pemasaran

Referensi

Dokumen terkait

Planning merupakan fungsi manajemen yang berkenaan dengan pendefinisan sasaran untuk kinerja organisasi di masa depan baik untuk memutuskan tugas-tugas dan

Rata­rata Lama  Sekolah  dan  Pendapatan   Perkapita 

Dari pemahamann yang berkembang dikalangan pecinta alam alam DIY adalah masih banyak yang memahami sekber sebagai sebuah organisasi.. Memang sih Sekber PPA DIY untuk

Akhirnya emansipasi wanita jangan disalah artikan, atau diterjemahkan dalam bentuk yang kasar, wanita adalah sama dengan pria, yup wanita tak boleh dihinakan, karena wanita

1.. Journal Al-Ahkam Vol. XXI Nomor 2, November 2020 | 41 Pernikahan adalah suatu akad seorang wali dan seorang mempelai laki-laki disaksikan oleh dua orang saksi

(1) Kepala Seksi Pengembangan Anak, Remaja dan Pemuda mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam melaksanakan urusan Pengembangan Anak, Remaja dan Pemuda.. Melaksanakan

Sanad sahih memiliki tahap tingkatan yang berbeda, sesuai dengan kadar ke- d}a>bit}-annya dan keilmuan para perawi hadis tersebut. Hal ini secara mutlak menjadi

Menyadari begitu pentingnya Oekusi bagi Timor-Timur karena lahirnya Timor-Timur berawal dari Lifau (Oekusi) sehingga Oekusi tetap dipertahankan menjadi salah satu district dari