JUKNIS BLOCK GRANT - SKM-PBKL-PSB 2011 (Katpeng-Dafis)

Teks penuh

(1)

KATA PENGANTAR

Sejalan dengan pemberlakuan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang didukung dengan sejumlah peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang pemberlakuan 8 (delapan) SNP, maka Pemerintah perlu memetakan sekolah berdasarkan tingkat pemenuhan SNP yaitu sekolah yang sudah atau hampir memenuhi SNP dan sekolah yang belum memenuhi Standar Nasional Pendidikan.

Terkait dengan pemetaan tersebut, Pemerintah mengkategorikan sekolah yang telah memenuhi atau hampir memenuhi SNP ke dalam kategori mandiri, dan sekolah yang belum memenuhi SNP ke dalam kategori standar. Berbagai upaya ditempuh agar alokasi sumberdaya Pemerintah dan Pemerintah Daerah diprioritaskan untuk membantu sekolah/madrasah yang masih dalam kategori standar untuk bisa meningkatkan diri menuju kategori mandiri.

Untuk merealisasikan kebijakan dimaksud, sejak tahun 2010 Direktorat Pembinaan SMA telah melaksanakan program pembinaan SKM-PBKL-PSB di 132 SMA, dan pada tahun 2011 program tersebut akan tetap dilanjutkan. Sebagai salah satu bentuk dukungan dalam pelaksanaan program pembinaan SKM-PBKL-PSB di 132 SMA dimaksud, Direktorat Pembinaan SMA memberikan dana bantuan sosial kepada setiap sekolah pelaksana.

Agar dana bantuan sosial yang diberikan dapat digunakan secara efisien dan memperoleh hasil yang optimal sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah dan good govermance, maka perlu disusun ”Panduan Pelaksanaan Bantuan Sosial Program Pembinaan SKM-PBKL-PSB SMA Tahun 2011”. Panduan ini secara garis besar memuat informasi dan petunjuk teknis antara lain tentang latar belakang, dasar hukum, tujuan, sasaran, proses dan kriteria dan proses penetapan penerima bantuan, komponen pembiayaan, mekanisme pemberian bantuan, prinsip pengelolaan, pembinaan dan pengendalian serta pelaporan.

Semoga Panduan ini bermanfaat dan dapat membantu bagi semua pihak yang terkait, baik para pembina maupun pelaksana/penerima bantuan dalam keseluruhan proses pelaksanaan program dan pengelolaan dana bantuan sosial SKM-PBKL-PSB di 132 pada SMA tahun 2011.

(2)

Totok Suprayitno, Ph.D

E. Prinsip Pemberian Bantuan ... 7

F. Sifat Bantuan Sosial ... 8

G. Kriteria Penetapan Sekolah Penerima ... 9

BAB II PROGRAM PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL A. Komponen Kegiatan Program SKM-PBKL-PSB ... 10

B. Peruntukan Bantuan Sosial ... 10

BAB III MEKANISME PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN SOSIAL A. Penyusunan Proposal dan Rencana Kerja ……… 18

B. Asisitensi dan Sinkronisasi Program Kerja dan RAB Pelaksanaan Program Pembinaan SKM-PBKL-PSB di 132 SMA... 19 C. Penyaluran Bantuan Sosial ... 20

D. Persyaratan Administrasi ... 20

E. Pengelolaan Bantuan Sosial ... 21

F. Pembimbingan dan Pengendalian Program ... 22

G. Peran Instansi Terkait (Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, Sekolah dan Komite Sekolah) ... 23 H. Larangan ... 26

I. Sangsi ... 27

BAB IV PELAPORAN PELAKSANAAN DAN PENGGUNAAN BANTUAN SOSIAL

1. Daftar Nama 132 SMA Pelaksanaan dan Penerima Bantuan Sosial Program Pembinaan SKM-PBKL-PSB Tahun 2011 2. Contoh Proposal/Program Kerja Program Pembinaan

(3)

3. Contoh Surat Penjanjian dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Bantuan Sosial Program Pembinaan SKM-PBKL-PSB SMA Tahun 2011

4. Contoh Kwitansi Penerimaan Bantuan Sosial Tahun 2011 5. Contoh Lembar Legalisir Rekening Bank Penerima Bantuan

Sosial

6. Contoh Format Pembukuan Kas Umum Dana Bantuan Sosial 7. Contoh Laporan Perkembangan Program dan Penggunaan

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...