BAB I PENDAHULUAN. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar. perusahaan tersebut dapat tercapai.

Teks penuh

(1)

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Setiap perusahaan di era pasar bebas seperti saat ini harus senantiasa berusaha untuk dapat meningkatkan pangsa pasar dan meraih konsumen baru. Pada dasarnya, semakin banyak pesaing maka semakin banyak pula pilihan bagi pelanggan untuk memilih produk yang sesuai dengan harapannya. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usahanya dapat bertahan dan memenangi persaingan. Sehingga tujuan dari perusahaan tersebut dapat tercapai.

Strategi pemasaran merupakan tolak ukur perusahaan dalam proses penyampaian produk kepada pelanggan demi mencapai tujuan perusahaan yang berupa penjualan produk yang optimal. Sebelum produk diluncurkan perusahaan harus mampu melihat dan mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dengan baik. Konsumen sebagai individu dalam mendapatkan atau membeli barang telah melalui proses-proses atau tahapan-tahapan terlebih dahulu seperti mendapat informasi baik melalui iklan atau referensi dari orang lain kemudian membandingkan produk satu dengan produk lain sampai akhirnya pada keputusan membeli produk itu.

Keputusan pembelian merupakan perilaku yang dilakukan oleh individu- individu yang berbeda. Individu adalah konsumen yang potensial untuk membeli suatu produk tertentu yang ditawarkan oleh perusahaan atau yang ditemukan di pasar. Konsumen bebas memilih produk yang dibutuhkan

(2)

atau diinginkan. Layak atau tidaknya membeli produk itu melalui pertimbangan informasi-informasi yang ia ketahui dengan realitas produk tersebut setelah ia menyaksikannya. Pasar sebagai pihak yang menawarkan berbagai produk kepada konsumen harus dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian, mengetahui persepsi konsumen dalam menilai sesuatu yang berpengaruh dalam pembelian sehingga pemasar dapat merancang strategi pemasaran yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Diantara berbagai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih barang dan jasa, media iklan merupakan salah satu faktor yang efektif bagi perusahaan dalam memperkenalkan produk dan memberikan informasi pada konsumen. Kegiatan iklan dianggap sangat penting agar produknya sukses dipasar. Perusahaan berlomba-lomba membuat iklan untuk membangun posisi yang menguntungkan di pasar. Jika dilihat dari pengaruhnya, dampak iklan tersebut bisa positif dan negatif hal ini tergantung siapa audiensinya. Konsumen akan membeli dan memilih perusahaan dengan nilai iklan terbaik.

Nilai iklan merupakan faktor yang menyebabkan nilai iklan menjadi bernilai dan berharga di mata konsumen. Nilai iklan dapat dilihat dari sikap konsumen yang berbeda. Hubungan antara iklan dan nilai iklan serta ukuran aktual untuk mencapai pasar nyata akan diperlukan untuk menentukan apakah suatu iklan bernilai atau tidak dan memungkinkan untuk mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian. Nilai iklan merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam efisiensi pemasaran sebuah produk dan nilai iklan bagi konsumen serta dapat mempengaruhi strategi yang akan digunakan

(3)

sebuah perusahaan dalam mempromosikan produknya baik itu barang atau jasa.

Pada era globalisasi perkembangan bisnis internet semakin meningkat, didukung oleh semakin cepatnya memperoleh informasi melalui internet dan seiring dengan mobilitas masyarakat Indonesia semakin tinggi, sehingga semua dituntut untuk cepat dan praktis. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wiharsa dan Herizon (dalam Yanita 2009:2) berjudul Advertising Value

and Advertising on the web mengajukan pendekatan advertising value secara

menyeluruh bagi konsumen untuk memahami efektivitas iklan dari berbagai medium yang ada. Pendekatan ini didasarkan pada pandangan bahwa iklan pada dasarnya merupakan pertukaran komunikasi antara pengiklan dan konsumen.

Para pengiklan pun menempatkan informasi pada situs untuk mengundang pelanggan masuk kedalamnya dan mendapatkan informasi secara cuma-cuma. Salah satu situs yang telah memberikan pelayanan iklan tersebut adalah situs kaskus.us. Forum kaskus.us menarik perhatian jumlah pengguna internet yang terus meningkat. Desain iklan yang menampilkan banner iklan yang bergerak sangat mencolok dan menarik perhatian pengunjung situs.

Kaskus.us merupakan situs berbasis forum dan diskusi milik anak bangsa. kaskus.us berbeda dengan google dan yahoo yang merupakan situs yang diciptakan oleh bangsa asing. Situs ini sebenarnya hanya untuk pengguna berkewarganegaraan Indonesia, namun dalam perkembangannya kaskus.us juga berhasil menarik minat pengunjung dari negara lain seperti Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan berbagai negara lainnya. Pada awalnya forum

(4)

situs ini diciptakan oleh mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Amerika Serikat untuk mengobati kerinduan mereka pada tanah air dengan memperoleh informasi terkini seputar Indonesia dari pengguna situs kaskus.us di Indonesia. Pertukaran informasi ini pun meluas jadi beberapa topik forum seperti politik, berita, computer, jokes, movies, sports, games, supranatural,

otomotif, music, lounge, hingga forum jual beli.

Forum jual beli menjadi forum yang sangat diminati oleh pengunjung situs kaskus.us. Karena di forum jual beli tersebut pengguna dapat melakukan jual beli suatu produk atau jasa layaknya pasar. Forum jual beli memiliki berbagai sub forum yang pengelompokannya didasarkan pada jenis barang seperti otomotif, alat musik, olahraga, handphone, dan elektronik. Sub forum tersebut memudahkan pengunjung situs kaskus mendapatkan barang yang diinginkan. Sub forum handphone merupakan salah satu sub forum yang ditampilkan di forum jual beli, sub forum tersebut mengkhususkan pada jual beli barang dan jasa di bidang handphone seperti aksesoris, spareparts, jasa dan servis handphone, kartu perdana, hingga pulsa.

Forum jual beli turut menggairahkan bisnis online yang sangat lesu pada saat itu. Hal tersebut tidaklah mengherankan, karena citra bisnis online sangatlah buruk saat itu. Bisnis online banyak disalahgunakan pihak-pihak tertentu untuk melakukan kejahatan, seperti penipuan di internet. Namun forum jual beli kaskus.us yang memiliki standar khusus untuk meminimalisir kejahatan tersebut dan hasilnya cukup memuaskan dan berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap jual beli online.

(5)

Hal tersebut berimbas positif terhadap kunjungan di situs kaskus.us. Menurut situs Alexa yang menghitung rating kunjungan di situs seluruh dunia menempatkan kaskus.us di posisi 259 dunia dan posisi 7 di Indonesia serta mampu mengungguli situs favorit seperti wordpres.com dan twitter. Posisi kaskus.us di regional Indonesia dapat dilihat pada Tabel 1.1 berikut ini.

Tabel 1.1

Daftar Situs Terpopuler di Indonesia

Ranking Nama Situs

1 Facebook 2 google.co.id 3 Google 4 Blogger.com 5 Yahoo! 6 Youtube 7 kaskus.us 8 Wordpress 9 Detik.com 10 Twitter Sumber : alexa.com

Dari Tabel 1.1 diatas dapat terlihat situs kaskus.us sangat dikenal di Indonesia dan kaskus.us merupakan situs anak bangsa yang terpopuler, karena 6 situs yang memiliki peringkat diatas kaskus.us merupakan situs milik negara lain. Pada daftar 10 besar tersebut hanya 2 situs yang merupakan kreasi anak bangsa yaitu detik.com dan kaskus.us.

Kaskus.us merupakan salah satu situs popular yang sering dikunjungi masyarakat , karena situs berbasis forum ini memiliki sub forum Jual Beli yang dapat memfasilitasi bisnis jual beli masyarakat di dunia maya.

Perkembangan kaskus ternyata menarik minat beberapa user kaskus, khususnya di Medan untuk membentuk suatu komunitas. Atas dasar

(6)

ketertarikan yang sama terhadap situs kaskus. Komunitas ini diberi nama Regional Profesional Medan (RPM). Komunitas ini beranggotakan pemilik akun kaskus yang berdomisili atau pernah tinggal di medan dan kota-kota di Sumatera utara lainnya. Keanggotaan dapat diperoleh dengan mendaftar di

thread sensus dan mengikuti kegiatan yang diadakan forum regional tersebut.

Regional Profesional Medan dipilih sebagai subjek penelitian. Komunitas kaskuser Medan tersebut rutin memanfaatkan situs kaskus.us sebagai sarana jual beli barang dan jasa melalui internet.

Dari penjelasan tersebut maka peneliti ingin mengetahui pengaruh nilai iklan terhadap keputusan pembelian di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Nilai Iklan Terhadap

Keputusan Pembelian di Situs www.kaskus.us”.

1.2 Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas maka peneliti merumuskan masalah “Apakah variabel nilai iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di situs www.kaskus.us?”.

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel nilai iklan terhadap keputusan pembelian pada www.kaskus.us.

(7)

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan dalam melakukan penelitian ini adalah : 1. Bagi Dunia Periklanan

Untuk memberikan saran dan masukan mengenai nilai iklan yang nantinya dapat menjadi alternatif bagi perusahaan atau pemasar dalam membuat iklan produknya.

2. Bagi Peneliti Berikutnya

Penelitian ini merupakan suatu kesempatan bagi peneliti untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari bangku kuliah dan memperluas wawasan serta pola pikir dalam bidang pemasaran khususnya tentang periklanan maupun hasil-hasil penelitian terdahulu yang sejenis dengan penelitian ini .

3. Bagi Pihak Lain

Sebagai referensi yang nantinya dapat memberikan perbandingan dalam mengadakan penelitian pada masa yang akan datang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di