PERJANJIAN KERJA SAMA antara AKADEMI KEP

Teks penuh

(1)

PERJANJIAN KERJA SAMA antara

AKADEMI KEPOLISIAN dan

PT. MEDIA SARANA DATA Tentang

SISTEM JARINGAN LAYANAN INTERNET NOMOR : PK / / /2016/ AKPOL NOMOR : MoU / / /2016/ Gmedia

Pada hari ini, tanggal bulan Tahun Dua Ribu Enam Belas, yang bertanda tangan di bawah ini :

1. N a m a : Dr. ANAS YUSUF, Dipl.Krim., S.H., M.H., M.M Pangkat : INSPEKTUR JENDERAL POLISI

Jabatan : GUBERNUR AKADEMI KEPOLISIAN

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama serta sah mewakili Akademi Kepolisian, yang berkedudukan di Jalan Sultan Agung Candi Baru Semarang, dalam naskah Perjanjian Kerjasama ini selanjutnya disebut sebagai PIHAK I .

2. N a m a : PRIYO SUYONO

Jabatan : DIREKTUR OPERASIONAL

Yang berkedudukan di Jl Kasipah No 29G Semarang, oleh karenanya sah bertindak untuk dan atas nama PT. MEDIA SARANA DATA, selanjutnya disebut sebagai PIHAK II.

Akademi Kepolisian dan PT. Media Sarana Data selanjutnya secara bersama-sama disebut sebagai PARA PIHAK, masing – masing dalam kedudukannya tersebut diatas sepakat untuk melaksanakan Perjanjian Kerja Sama sebagaimana yang tercantum dalam pasal – pasal di bawah ini :

(2)

KETENTUAN UMUM

Perjanjian Kerja Sama ini dibuat oleh dan antara PIHAK I dan PIHAK II dalam rangka berlangganan Jasa sebagaimana didefinisikan pada Pasal 2 berikut di bawah ini, termasuk segala lampiran-lampiran yang merupakan satu kesatuan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam Perjanjian Kerja Sama ini.

Pasal 2 Berlangganan pada Perjanjian Kerja Sama ini;

(3) Fasilitas adalah perangkat layanan sistem jaringan internet yang disediakan oleh PIHAK II berupa :

a. Wireless Backuplink b. Free BOD (1 per week)

c. Committed Support 7 x 24 x 365

d. Techical Support ready on Call 24hours (Priority 1) e. Hosting 5GB

f. Monthly MRTG Report g. Static IP Public

(4) a. Perangkat GMEDIA adalah alat-alat milik atau yang disediakan oleh PIHAK II yang ditempatkan dilokasi PIHAK I atau lokasi lain yang disediakan PIHAK I untuk pengoperasian Jasa.

b. Perangkat PIHAK I adalah alat-alat milik atau yang disediakan oleh PIHAK I untuk mendukung pengoperasian Jasa.

c. Perangkat PIHAK I dan Perangkat PIHAK II secara bersama-sama disebut sebagai Perangkat.

(5) Isolir adalah pemutusan sementara oleh PIHAK II, baik berdasarkan inisiatif PIHAK II sendiri ataupun berdasarkan permintaan PIHAK I atas Jasa yang digunakan oleh PIHAK I sebagaimana diatur lebih lanjut dalam lampiran Kontrak Berlangganan.

(6) Pemutusan adalah pengakhiran berlangganan Jasa sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Sama ini.

(7) Biaya Bulanan adalah biaya yang wajib dibayar setiap bulan oleh PIHAK I atas Jasa PIHAK II.

(3)

(9) Biaya Pemasangan adalah biaya yang dibayar oleh PIHAK I untuk pemasangan Perangkat dan Jasa pada lokasi PIHAK I.

(10) Service Level adalah tingkat layanan yang diberikan oleh PIHAK II kepada PIHAK I yang dinyatakan dengan perbandingan waktu “up- time” terhadap waktu operasional dalam setiap bulan.

(11) Tanggal Ready For Service (RFS) adalah tanggal tertentu yang disepakati oleh PIHAK II dan PIHAK I untuk operasional Jasa.

(12) Formulir Berlangganan adalah Confirmation Order Form yaitu lembar persetujuan terhadap jenis layanan dan harga antara PIHAK I dan PIHAK II. (13) BAA adalah Berita Acara Aktivasi, yaitu berita acara aktifasi yang

ditanda-tangani kedua belah pihak yang menunjukkan layanan telah diaktivasi oleh PIHAK II dan siap digunakan oleh PIHAK I (RFS)

Pasal 3 RUANG LINGKUP

(1) PIHAK II menyelenggarakan Jasa kepada PIHAK I termasuk pemasangan dan pengaktifan Perangkat yang dibutuhkan oleh PIHAK I untuk pengoperasian Jasa. (2) PIHAK I menerima pengoperasian Jasa, pemasangan dan pengaktifan Perangkat tersebut di tempat yang merupakan milik atau yang berada dalam penguasaan PELANGGAN dengan spesifikasi Jasa sebagaimana disebut dalam pasal 1 dan atau Deskripsi Jasa.

Pasal 4

HAK DAN KEWAJIBAN (1) Hak dan Kewajiban PIHAK II.

Hak :

a. Melakukan perubahan atas Jasa. Perubahan atas Jasa tersebut akan dilaksanakan baik atas permintaan PIHAK I ataupun atas kehendak PIHAK II untuk kepentingan kelangsungan dan kelancaran pengoperasian Jasa. Perubahan tersebut akan diberitahukan sebelumnya secara tertulis oleh PIHAK II kepada PIHAK I.

b. Mengunjungi lokasi PIHAK I setiap saat apabila dirasa perlu oleh PIHAK II guna keperluan pemeriksaan Perangkat dan/atau Sarana Pendukung demi kelangsungan pengoperasian Jasa.

(4)

a. Menyediakan perangkat Akses Point sejumlah 40 Unit

b. Menyedikan lokal link ke 30 gedung di dalam lingkungan Akpol (detail teknis dalam lembar terpisah

c. Memberikan pelatihan / training kepada staff Akpol (detail teknis dalam lembar terpisah)

d. Memelihara Perangkat PIHAK II.

e. Memperbaiki gangguan dan/atau kerusakan yang terjadi karena kesalahan PIHAK II tanpa membebankan biaya perbaikannya kepada PIHAK I. Dalam hal gangguan dan/atau kerusakan itu terjadi bukan karena kesalahan PIHAK II atau gangguan dan/atau kerusakan itu terjadi karena PIHAK I melakukan perubahan sistem seperti mengubah fungsi aplikasi, konfigurasi parameter komunikasi, dan/atau dalam penggunaan Perangkatnya, maka PIHAK II dapat atas permohonan PIHAK I memperbaiki gangguan dan/atau kerusakan tersebut dengan biaya sebagaimana disepakati oleh kedua belah pihak.

f. PIHAK II menyediakan pelayanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu untuk menerima pengaduan/keluhan dari PIHAK I apabila Jasa mengalami gangguan atau kerusakan.

g. Pemberitahuan terjadi gangguan atau kerusakan pada Jasa dapat disampaikan baik secara lisan termasuk dengan telepon maupun secara tertulis termasuk dengan fax atau surat.

h. PIHAK II tidak bertanggungjawab atas informasi atau data (termasuk dalam bentuk video dan/atau audio, atau bentuk lainnya) yang dikirim PIHAK I melalui Jasa.

(2) Hak dan Kewajiban PIHAK I. Hak :

a. Membayar Biaya Transaksi dan Biaya Pemasangan

b. Membayar Biaya Bulanan terhitung sejak Jasa menjadi berbayar (online billing).

c. Membayar biaya atas perubahan sebagaimana ditentukan dalam Kontrak Berlangganan.

d. Menjaga dan memelihara Perangkat

e. Memberitahu PIHAK II apabila terdapat perubahan pada pelaksanaan Jasa yang disebabkan oleh sebab apapun.

f. Memberi PIHAK II akses untuk melakukan perbaikan/maintaince secara berkala di lokasi pelanggan

(5)

a. PIHAK I wajib memenuhi Tanggal RFS yang sudah disepakati bersama. Jika PIHAK I tidak dapat memenuhi Tanggal RFS, maka tanggal penerbitan BAA efektif menjadi dasar penagihan dan Jasa menjadi berbayar (online billing), meskipun BAA tidak ditandatangani oleh PIHAK I. PIHAK I wajib membayar segala biaya seperti yang diatur dalam Perjanjian Kerja Sama ini.

b. PIHAK I dilarang untuk melakukan hal-hal berikut ini:

(i) Mengubah atau menghubungkan Jasa dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun terhadap spesifikasi Jasa sebagaimana tercantum dalam Perjanjian Berlangganan tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari PIHAK II.

(ii) Mengalihkan hak pakai Jasa kepada pihak ke tiga, baik untuk penggunaan secara tersendiri ataupun bersama-sama tanpa izin tertulis terlebih dahulu dari PIHAK II.

Pasal 5

TANGGUNG JAWAB ATAS PERANGKAT

(1) Perangkat PIHAK II dan segala fasilitas pendukungnya yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan Jasa tetap berada dalam kepemilikan PIHAK II.

(2) Perangkat, Sarana Pendukung dan segala fasilitas lainnya milik PIHAK I yang digunakan dalam rangka penyelenggaraan Jasa menjadi tanggung jawab dan tetap berada dalam kepemilikan PIHAK I.

(3) PIHAK I bertanggung jawab untuk memelihara Perangkat PIHAK II yang ditempatkan di lokasi (tempat) PIHAK I.

Pasal 6

PENGAKHIRAN BERLANGGANAN

(1) Apabila PIHAK I mengundurkan diri berlangganan Jasa sesudah ditandatanganinya kontrak maka:

(6)

b. Apabila Perangkat Milik PIHAK II sudah terpasang, maka PIHAK I wajib membayar 100% dari Biaya Pemasangan yang tercantum dalam kontrak dan invoice penagihan.

c. PIHAK I dapat, secara tertulis, memutuskan Jasa ini untuk masing-masing jaringan setelah berakhirnya jangka waktu berlangganan sesuai dengan Pasal 7 Perjanjian Kerja Sama ini. Permohonan pemutusan tersebut harus diterima Pihak I paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum pemutusan. Tagihan terakhir akan diperhitungkan secara proporsional dengan bulan berjalan apabila PELANGGAN mengajukan permohonan pemutusan sesuai dengan Pasal 9.2 Perjanjian Kerja Sama ini.

(2) Apabila terjadi pemutusan Jasa sebelum habisnya jangka waktu berlangganan, karena salah satu alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 6 ini, maka PIHAK I tetap berkewajiban membayar minimum Biaya Bulanan (termasuk Biaya Transaksi) sampai jangka waktu berlangganan berakhir.

(4) PIHAK I dapat melakukan pemutusan Jasa tanpa dikenakan kewajiban membayar minimum Biaya Bulanan sebagaimana dimaksud dalam ayat (4) Perjanjian ini, apabila:

a. Dalam hal terjadi gangguan atau kerusakan pada Jasa yang disebabkan oleh kesalahan PIHAK II, gangguan dan kerusakan yang mana menyebabkan avaibility kurang dari 99% selama 3 bulan berturut-turut. b. Bila pelanggan sudah mengirimkan 3x peringatan secara tertulis kepada

PIHAK II dan disetujui oleh PIHAK II berkaitan dengan gangguan koneksi internet pada sisi pelanggan

Pasal 7 JANGKA WAKTU

(1) Perjanjian Kerja Sama ini dilaksanakan selama 3 (tiga) tahun terhitung mulai tanggal 01 Januari 2017 sampai dengan tanggal 01 Januari 2020.

(7)

Pasal 8

BIAYA DAN CARA PEMBAYARAN

(1) Biaya.

a. PIHAK I wajib membayar Biaya Pemasangan, Biaya Bulanan dan atau Biaya Transaksi kepada PIHAK II sebesar :

Biaya Registrasi & Installasi Rp 6.500.000,-Biaya Bulanan Rp

65.000.000,-b. Biaya Pemasangan, Biaya Bulanan dan atau Biaya Transaksi seperti yang tercantum dalam Pasal 5 ayat 1 dibayarkan selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari sejak tanggal tagihan dalam mata uang yang tercantum dalam tagihan (invoice). Biaya-biaya tersebut harus tetap dibayar meskipun tagihan belum atau tidak diterima oleh PIHAK I oleh karena sebab apapun.

c. Biaya Pemasangan, Biaya bulanan, dan atau Biaya Transaksi mulai diberlakukan sejak Jasa menjadi berbayar yang dibuktikan dengan tanggal diterbitkannya BAA. Tagihan pertama akan diperhitungkan secara proporsional dengan bulan berjalan.

d. Pembayaran Biaya atas Jasa dilakukan dengan cara transfer ke rekening PIHAK II dengan nomor rekening dan nama Bank seperti tercantum dalam tagihan. Segala Biaya yang diterima PIHAK II harus bersih (net) dari biaya transfer atau biaya maupun pungutan lainnya. PPN (Pajak Pertambahan Nilai), meterai dan biaya lain-lain (apabila ada) adalah tanggungan PIHAK I.

(2) Cara Pembayaran.

a. Tagihan / Invoice biaya bulanan akan di kirimkan setiap awal bulan. b. Pembayaran biaya langganan bulanan dilaksanakan paling lambat

tanggal 25 (dua puluh lima) setiap bulannya.

c. Akademi Kepolisan mengirimkan bukti pembayaran kepada PIHAK II melalui Fax nomor : 024-8509696 , Email : Finance.smg@gmedia.co.id d. Pembayaran dilaksanakan dengan cara transfer kepada rekening PIHAK

II di :

Bank : BCA

Cab : Jendral Sudirman Yogyakarta No Rekening : 0377799899

(8)

Pasal 9 KEADAAN KAHAR

(1) PARA PIHAK tidak bertanggung jawab atas terhentinya atau tertundanya pemenuhan Perjanjian Berlangganan dalam hal terjadinya Keadaan Kahar antara lain bencana alam, (termasuk gempa bumi, tanah longsor, banjir, badai, angin topan, gangguan asmosferik), kebakaran, perang, huru-hara, pemogokan, pemberontakan dan epidemi.

(2) Semua kerugian dan biaya yang diderita akibat terjadinya Keadaan Kahar akan ditanggung sendiri oleh pihak yang bersangkutan.

Pasal 10

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Apabila dalam pelaksanaan Perjanjian Berlangganan ini timbul perbedaan pendapat atau perselisihan maka PARA PIHAK akan berusaha untuk menyelesaikan secara musyawarah untuk mencapai sepakat. Untuk itu pihak yang menuntut harus memberitahukan pihak yang lain secara tertulis. Apabila dalam waktu 60 hari sejak tanggal pemberitahuan tersebut perbedaan pendapat atau perselisihan belum dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat, maka penyelesaiannya dilakukan melalui Pengadilan Negeri Semarang.

Pasal 11 LAIN-LAIN

(1) Perjanjian Berlangganan ini tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia, termasuk peraturan serta kebijakan pemerintah lainnya mengenai telekomunikasi yang berlaku di Indonesia.

(2) Setiap pemberitahuan atau permintaan yang berhubungan dengan Perjanjian ini, disampaikan sesuai contact person dibawah ini:

• PT. MEDIA SARANA DATA •Akademi Kepolisian Semarang Jl. Jangli Dalam No.29J Semarang Jl. Sultan Agung Candibaru Tel: 024-8509595 Tel. 024 - ...

(9)

Pasal 12 PENUTUP

(1) Apabila terdapat hal-hal yang tidak / belum cukup diatur dalam perjanjian ini, maka dapat diatur selanjutnya dalam surat menyurat (addendum) yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan Perjanjian Kerja Sama ini. (2) Seluruh lampiran dalam Perjanjian Kerja Sama ini merupakan bagian yang tidak

terpisahkan dan menjadi satu kesatuan.

(3) Perjanjian Kerja Sama ini dibuat dalam rangkap 2 ( dua ) yang kedua-duanya ditandatangani oleh PARA PIHAK dan masing-masing bermaterai cukup serta mempunyai kekuatan hukum yang sama.

PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

GUBERNUR AKADEMI KEPOLISIAN PT MEDIA SARANA DATA

Dr. ANAS YUSUF , Dipl.Krim., S . H. , M.H., M.M PRIYO SUYONO

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...