PERLINDUNGAN HUKUM EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL SUATU NEGARA BERDASARKAN DEKLARASI MATAATUA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP INDONESIA.

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

iv

PERLINDUNGAN EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL SUATU NEGARA BERDASARKAN DEKLARASI MATAATUA DAN

IMPLIKASINYA TERHADAP INDONESIA Theo Agustinus

110110060243

Abstrak

Indonesia merupakan Negara berkembang yang sangat kaya akan ekspresi folklore dapat dianggap sebagai suatu aset yang sangat bernilai menjadi rentan dengan sumber perselisihan hukum. Oleh karena itu Indonesia yang kaya akan folklore harusnya memberikan perhatian hukum yang lebih tajam. Dengan munculnya The Mataatua Declaration on

Intellectual and Cultural Property Rights of Indigenous Peoples maka

diharapkan negara-negara melindungi Kekayaan Intelektual Tradisional yang dimiliki oleh masyarakat adatnya dan mengembalikan serta menghormati hak mereka atas kekayaan mereka tersebut.

Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif analitis. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan yuridis normatif menggunakan data yang dianalisa secara normatif kualitatif, yakni pembahasan bertitik tolak dari peraturan-peraturan hukum yang ada dan data yang diperoleh kemudian dianalisa tanpa menggunakan rumus atau angka-angka sehinga dapat memberikan jawaban atas permasalahan yang ada. Pada akhirnya, jawaban tersebut dinyatakan dalam bentuk kesimpulan.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...